Memahami Google Hummingbird Lebih Dalam

Diposting pada
Nilai Anda Untuk Artikel Ini
Sending
User Rating 5 (1 vote)

Dalam memahami google hummingbird sebenarnya tidak perlu dipusingkan oleh para penikmat SEO. Pasalnya, tidak seperti pembaruan pada google panda dan google penguin yang sebelumnya dirilis sebagai pengaya untuk algoritme Google yang telah ada.

Hummingbird diclaim merupakan perombakan total algoritme inti tersebut. Meskipun diyakini bahwa terdapat banyak komponen algoritme inti ini tetap utuh.

Namun google hummingbird memberi isyarat komitmen Google pada pemahaman yang semakin canggih tentang maksud kueri penelusur dengan tujuan untuk mencocokkan mereka dengan hasil yang lebih relevan.

Memahami Google Hummingbird

Memahami Google Hummingbird Video

Jadi kesimpulannya, Google Hummingbird merupakan perpaduan dari google panda dan penguin dengan beberapa metode algoritma yang diterbarukan dari google dan diharapkan mampu menghasilkan hasil yang lebih relevan atau baik dari sebelumnya.

Google mengumumkan Hummingbird pada tanggal 26 bulan September tahun 2013. Namun pada kenyataannya, sebenarnya hummingbird sendiri sudah ada sekitar sebulan sebelumnya.

Sementara pembaruan algoritme sebelumnya seperti Panda dan Penguin memicu laporan signifikan tentang kehilangan kunjungan pada website dan peringkat website.

Namun segi baiknya adalah Hummingbird tampaknya tidak memiliki dampak negatif yang drastis pada web umum yang telah ada. Hal tersebut dipahami sebagai memiliki pengaruh positif pada keakuratan basis pengetahuan Google yang dikenal sebagai “knowledge graph” atau “grafik pengetahuan.”

Namun, komunitas SEO Lokal telah memiliki teori nya sendiri terhadap Hummingbird, dan hal ini sudah bisa dirasakan oleh mesin pencari google dengan domain lokal.

Mengenal Algoritma Terbaru Google Hummingbird

Setiap tahun Google selalu mengeluarkan update adanya perubahan pada algoritmanya. Walaupun yang berubah hanya sebagian kecil saja (minor update). Namun Google juga melakukan perubahan besar pada algoritmanya. Misalnya seperti Google Panda, Google Penguin, Google Hummingbird, Google Fred, dan lain sebagainya.

Pada dasarnya algoritma pencarian ialah istilah teknis guna merujuk pada panduan yang telah Google gunakan untuk memilih banyaknya web serta informasi yang ingin anda dapatkan.

Sedangkan pengertian algoritma sendiri ialah rancangan prosedur perhitungan yang dilakukan sedikit demi sedikit untuk sistem otomatisasi dari suatu proses.

Alasan Google mesin pencari membuat suatu algoritma karena akan mustahil jika kita melakukan pengecekan untuk semua halaman web satu demi satu. Dalam proses kerjanya, Google telah membuat suatu algoritma guna mengelola data dari  setiap halaman situs web maupun blog.

Ada yang memprosesnya dengan menggunakan nama domain, link, onpage, konten, serta popularitas dan lain sebagainya. Kita telah mengenal beberapa nama algoritma dari Google yaitu algoritma Google Caffeine, Google EMD, Google Panda, Google Penguin, dan lainnya. Namun saat ini kita akan mengulas tentang perubahan serta penggunaan pada sebuah Algoritma Google Hummingbird.

Baca Juga : Belajar SEO Pemula dengan Baik dan Benar

Pengertian Algoritma Google Hummingbird

Google Hummingbird ialah sebuah algoritma yang telah dikembangkan oleh Google. Untuk bertujuan mencari website yang lebih mengedepankan kecepatan maupun ketepatan.

Algoritma yang satu ini akan memungkinkan Google untuk menyegarkan kembali indeks serta mesin pencari buatan mereka.

Google Hummingbird ialah algoritma milik Google yang terbaru dan dibuat oleh Google. Serta diluncurkan pada tanggal 27 September 2013.

Bertepatan dengan ulang tahun Google yang ke 15. Perubahan yang terjadi ini sangatlah memiliki peran yang penting karena sangat mempengaruhi di dalam hal pencarian pada Google sebesar 90%.

Algoritma yang satu ini juga bertujuan untuk penggunaan suatu perangkat mobile dalam sistem pencarian. Dengan algoritma Hummingbird maka faktor responsive design menjadi sesuatu yang sangat penting. Dibandingkan dengan yang sebelumnya.

Sehingga sekarang ini sangatlah penting untuk memastikan halaman web kita responsive untuk semua ukuran layar ponsel. Selain untuk menambahkan pentingnya halaman web yang mobile friendly. Algoritma Google Hummingbird juga mengusung konsep pencarian yang kontekstual.

Jadi Google saat ini tidak hanya menampilkan hasil pencarian sesuai dengan keyword yang kita masukkan saja tetapi juga yang berhubungan.

Tidak hanya itu, Google juga menyimpan bermacam-macam elemen penting miliki algoritma pencarian versi sebelumnya.

Dapat dikatakan bahwa algoritma Google Hummingbird telah mencakup keseluruhan fungsi kekuatan elemen yang penting dari algoritma pendahulunya.

Cara Kerja dan Fitur Algoritma Google Hummingbird

Fitur yang ditampilkan oleh Google ini memang sangat mengejutkan. Karena anda sudah bisa berkomunikasi secara langsung dengan mesin pencarian milik Google. Dengan kata lain Google akan mengindeks sebuah fokus keyword serta menerapkan long tail keyword.

Update tersebut membuat sistem pencarian pada Google tidak hanya memahami kata demi kata, namun berusaha untuk memahami keseluruhan kata yang dimaksud pada mesin pencarian.

Sehingga sangat berpengaruh pada Long Tail Keyword di sebuah situs web maupun blog dengan artikel viral.

Jadi para user yang tidak begitu memperhatikan adanya penerapan di Long Tail Keyword akan mendapatkan masalah dengan mesin baru dalam algoritma Google Hummingbird ini.

Dampak Google Hummingbird pada Web Dan Blog

Dampak ini sebenarnya tidaklah akan kita rasakan secara langsung. Karena ini bukanlah update yang ditujukan untuk pemangkasan web maupun blog spam secara masal. Karena update yang kali ini lebih kepada upgrade dari merubah kata, menjadi kalimat.

Sehingga jika web ataupun blog anda terlalu banyak mengincar keyword, maka jangan terlalu berharap halaman web atau blog anda akan bisa berada di page one.

Karena seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya Google akan merubah algoritma dari sebuah kata menjadi kalimat. Sebenarnya ini agak sedikit membingungkan.

Namun pada kenyataannya tidaklah sepenuhnya seperti itu. Selama kita menggunakan teknik White Hat serta tidak melanggar aturan yang telah ditetapkan Google.

Maka selama itulah algoritma Google tidak memberikan dampak apapun pada web atau blog anda. Intinya kita semua harus memahami google hummingbiard serta mengikuti segala maksud.

Dan juga tujuan setiap update algoritma tersebut. Seperti misalnya Google Panda, Penguin, Google Hummingbird, Fred, dan lain sebagainya.

Bagaimana Google Hummingbird Bekerja ?

Kami mencatat bahwa Hummingbird dapat dengan mudah mengklasifikasikan halaman web yang memiliki konten yang komprehensif. Serta lengkap pada topik terbatas di atas dalam SERP tersebut.

Dengan kata lain, jika situs web tersebut telah memiliki banyak konten yang sangat bagus dan mendalam. Tentu saja situs web tersebut akan memiliki peringkat yang bagus dalam hasil pencarian.

Tapi konten seperti apa tepatnya yang diinginkan oleh google ?

Untuk menunjukkan kepada Anda bagaimana tepatnya algoritma pencarian Hummingbird berfungsi, mari kita lihat topik yang cukup populer yaitu “personal finance”.

Kami memilih beberapa situs yang paling otoritatif terkait dengan topik tersebut, sehingga akan ada beberapa masalah yang tumpang tindih.

Memahami Google Hummingbird - Bagaimana Hummingbird Google Bekerja

Perbedaan Sandbox dan Hummingbird Yang Harus Kita Ketahui

Perbedaan sandbox dan hummingbird seperti yang telah dijelaskan sebelumnya ialah sandbox merupakaan mekanisme keamanan guna memisahkan suatu program yang sedang berjalan.

Istilah ini kerap digunakan untuk mengeksekusi kode kode yang belum diuji, ataupun program yang tidak dipercaya yang berasal dari pihak ketiga serta pemasok yang tidak terverifikasi, maupun pengguna dan situs web yang tidak terpercaya.

Sandbox biasanya telah menyediakan sumber daya yang dikontrol ketat untuk program tamu agar bisa berjalan pada komputer. Seperti misalnya menyediakan ruang gerut pada cakram serta memori.

Akses jaringan maupun kemampuan untuk memeriksa sistem penyedia dan membaca dari perangkat masukan biasanya tidaklah diperbolehkan atau sangat amat dibatasi. Di dalam kasus ini sandbox ialah contoh spesifik dari virtualisasi.

Teknologi yang dimiliki oleh sandbox kerapkali digunakan untuk menguji suatu program yang tidak terverifikasi yang bisa saja mengandung virus ataupun kode kode jahat yang lain, tanpa harus membiarkan perangkat lunak tamu bisa membahayakan perangkat penyedia.

Contoh sandbox yaitu pembatasan akses jaringan (jail), dan ruang nama. Jika anda memiliki firasat bahwa website anda terkena sandbox. Maka harus segera bertindak untuk membebaskan website dari sandbox.

Algoritma Baru : Google Knowledge Graph

Untuk memahami sepenuhnya tujuan di balik Google Hummingbird. Sangat penting untuk mengetahui terlebih dahulu tentang fitur dari algoritma baru ini, yaitu google knowledge graph dan semantic search.

Setahun sebelum rilis Hummingbird, Google meluncurkan knowledge graph (dalam artian bukan grafik yang sebenarnya). Melainkan sebuah fitur mengenai SERP yang dirancang khusus untuk memberikan jawaban yang cepat dan akurat atas pertanyaan pengguna.

Anda dapat melihat si “knowledge graph” ini beraksi pada halaman hasil yang dihasilkan saat melakukan pencarian dengan kata kunci “cara membuat kue” SERP tidak hanya berisi hasil organik standar dan tautan ke situs web yang sesuai, tetapi juga berisi kumpulan data grafik pengetahuan yang kaya, termasuk jawaban kotak dengan resep, panel pengetahuan mengenai ringkasa dari cara membuat kue tersebut.

Memahami Google Hummingbird - Cara membuat kue - Google Knowledge Graph

Lihatlah hasil dari kata kunci “cara membuat kue” di atas. Dapat terlihat bahwa google menampilkan informasi akurat tentang hal yang dibutuhkan dari kata kunci tersebut. Hasil tersebut merupakan bukti bahwa google knowledge graph bekerja.

Fitur Canggih Google : Semantic Search

Penelusuran semantik berupaya mencocokkan hasil SERP yang sesuai dengan bahasa kueri pengguna Internet di luar makna kata kunci individual. Tidak hanya itu knowledge graph ini juga mampu memprediksi konteks yang lebih luas. Seperti konteks secara eksplisit yang menginginkan hal tertentu.

Semantic Search dapat dideskripsikan sebagai upaya google, untuk menghasilkan hasil yang paling akurat dari berbagai hasil yang dihasilkan. Yaitu dengan memahami :

  • Maksud pencarian tersebut
  • Konteks pertanyaan atau pernyataan yang terjadi
  • Hubungan antar kata yang ada
  • Dalam istilah orang awam, pencarian semantik atau semantic search yaitu berusaha memahami bahasa alami seperti yang dilakukan manusia.

Misalnya, jika anda bertanya kepada teman Anda “Apa mamalia terbesar?” . Dan kemudian mengikuti pertanyaan itu dengan “Seberapa besar?” . Teman Anda akan mengerti bahwa “itu” mengacu pada mamalia terbesar yang ada yaitu paus biru.

Sebelum 2013, mesin pencari google tidak akan mengerti konteks pertanyaan kedua.

Daripada menjawab “Seberapa besar paus biru,” Google akan berusaha mencocokkan kata kunci spesifik dari frasa “Seberapa besar” dan mengembalikan halaman web dengan kata kunci yang sama persis.

Tidak hanya beberapa hal di atas, namun semantic search juga memungkinkan Google untuk membedakan antara kelompok yang berbeda dari suatu kalimat. Seperti orang, tempat, dan hal-hal) dan menafsirkan niat penelusur, berdasarkan berbagai faktor termasuk :

  • Riwayat dari pencarian pengguna
  • Lokasi dari pengguna itu sendiri
  • Riwayat pencarian global
  • Variasi ejaan yang sudah ada

Misalnya, jika Anda menelusuri “diamondback” setelah melakukan 15 penelusuran pada ular, Google akan berasumsi bahwa Anda mungkin ingin belajar tentang ular derik sebagai lawan dari merek sepeda atau penjahat dari Luke Cage.

Keunggulan Lain dari Hummingbird

Salah satu tujuan utama Google Hummingbird adalah menerjemahkan suatu pencarian semantik (semantic search) dari sebuah konsep menjadi kenyataan.
Dan yang pada akhirnya akan menjadi standar pencarian yang digunakan.

Tentu saja hal ini dilakukan agar mendapatkan perkiraan maksud yang sebenarnya jauh lebih baik dari sebelumnya. Sehingga, untuk pertanyaan seperti contoh “tempat makan terenak di jakarta”.

Pengguna menerima beberapa restoran enak di Jakarta yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Ini tentu saja merupakan hasil yang sangat relevan dan hasil yang sebenarnya dibutuhkan oleh pengguna google.

Memahami Google Hummingbird - Tempat Makan Terenak di Jakarta

Cara Agar Pengunjung Web Meningkat

Berikut ini ialah beberapa hal yang harus diperhatikan guna meningkatkan traffic web anda ataupun pengunjung web meningkat.

Headlines

Headlines ataupun judul artikel ialah element yang penting pada sebuah konten. Karena headlines ialah hal pertama yang dapat menarik perhatian orang-orang untuk membaca konten yang ada di dalam web anda.

Apalagi jika anda membagikan konten anda ke social media. Pastikan juga headlines yang digunakan menarik perhatian pembaca serta dapat menggambarkan dengan jelas isi apa saja dari konten tersebut.

Long tail keyword

Salah satu cara untuk membuat traffic pada web anda bagus yaitu dengan memastikan anda fokus memililih long tail keywords. Pastikan juga keyword yang digunakan relevan serta berhubungan dengan topik yang anda buat.

Membuat konten yang berkualitas

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, konten yang tepat dan juga berkualitas merupakan hal penting guna meningkatkan traffic web anda. Konten berkualitas akan mudah menjadi viral, jika anda memahami cara membuat artikel viral. Yang perlu diperhatikan bahwa konten yang baik ialah konten yang memiliki sifat informatif sehingga perlu dilakukan beberapa riset yang mendalam.

Hal ini guna memastikan bahwa isi konten yang rinci, menarik, serta unik. Anda juga dapat menggunakan multimedia seperti halnya gambar, video, serta infografik untuk membuat konten yang menarik. Sebuah artikel yang lebih panjang dinilai lebih informatif.

Kuasai SEO On Page

Jangan lupa juga untuk mengaplikasikan teknik teknik dari SEO On Page. Pastikan anda telah menggunakan keyword yang tepat.

Alt text untuk gambar-gambar yang disertakan pada post anda, memasukkan eksternal dan juga internal link, meta description.

On Page SEO tidak memerlukan banyak waktu untuk diaplikasikan dan masih merupakan salah satu hal penting guna meningkatkan traffic website anda.

Baca Juga : Tutorial SEO Off Page Paling Up To Date

Sekian informasi dari seobigbang.com mengenai google hummingbird. Kami harap pembaca bisa memahami maksud dari tulisan kami. Silahkan berikan tanggapan ataupun pertanyaan pada kolom komentar di bawah artikel ini. Terima Kasih