4 Cara Mempercepat Koneksi Internet

Cara Mempercepat koneksi internet akan dibahas dalam artikel ini. Tidak bisa dipungkiri pada zaman sekarang internet memang benar-benar menjadi kebutuhan primer bagi khalayak masyarakat. Koneksi internet juga sangat dibutuhkan salah satunya untuk internet marketing bisnis.

Oleh dari itu tentunya semua pengguna internet memerlukan dan membutuhkan jaringan supaya koneksi internet mereka dapat terus diakses. Maka tidak heran jika koneksi internet WiFi lambat, akan banyak yang merasa tidak nyaman bahkan terganggu sebab berbagai aktivitas mereka menjadi terhambat.

Namun anda tidak perlu khawatir, pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi untuk anda mengenai Cara Mempercepat Jaringan Koneski Internet. Bagaimana caranya? Ikuti terus ya.

Kumpulan Cara Mempercepat Koneksi WiFi di HP Android & PC

Mempercepat Koneksi

Tidak hanya di perangkat Android saja, tapi juga mungkin kamu bertanya-tanya bagaimana kemudian mempercepat koneksi internet di PC? Sekarang kamu dapat mengetahuinya dengan melihat cara-cara yang telah kami rangkum sebelumnya. Ingin tahu? Baca sampai selesai, ya.

1. Mengubah DNS

Cara Mempercepat koneksi internet yang pertama adalah mengubah DNS. DNS atau Domain Name System adalah sebuah protokol yang mempunyai fungsi untuk bisa menerjemahkan halaman web ke IP address.

Namun yang perlu diketahui halaman web dari waktu ke waktu mengalami perubahan yang cukup signifikan dan akan membuat DNS bekerja keras dalam memuatnya. Dengan cara mengubah DNS juga merupakan tips cepat dan ampuh.

Metode ini dirasa dapat mempercepat koneksi internet sampai 20% dibandingkan bila kamu menggunakan DNS default. Ada sejumlah DNS alternatif yang dapat kamu digunakan, seperti OpenDNS atau Google DNS. Caranya :

  • Langkah 1 : Pada tampilan desktop Windows, kamu hanya perlu klik kanan di ikon Network yang ada pada bagian kanan kemudian buka pengaturan Open Network & Internet settings.
  • Langkah 2 : Pada jendela Network dan Internet, kamu bisa menuju bagian bawah lalu klik di opsi Network and Sharing Center.
  • Langkah 3 : Selanjutnya akan muncul lagi jendela Network and Sharing Center dan pada langkh ini kamu perlu klik pada opsi WiFi Connection yang ada di bagian kanan layar.
  • Langkah 4 : Maka akan muncul jendela WiFi Status yang akan menunjukkan status dari jaringan internet yang tengah kamu pakai. Pada langkah ini kamu perlu klik pada menu Properties yang berada di bagian bawah.
  • Langkah 5 : Selanjutnya kamu akan sampai pada jendela WiFi Properties. Pada item yang berada di kotak bagian tengah, kamu harus mencari dan pilih opsi Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4).
  • Langkah 6 : Pada jendela Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4), kamu pun perlu memilih opsi Use the following DNS server addresses: yang ada pada bagian bawah. Kemudian kamu bisa memasukkan OpenDNS alternatif, Preferred DNS server: 208.67.222.222 dan Alternate DNS server: 208.67.222.220. Apabila sudah kamu hanya perlu klik OK dan guna memperoleh hasil yang lebih maksimal kamu cuma perlu restart PC atau laptop kamu.
Baca Juga :  Penggunaan Android Device Manager untuk Pemula

2. Mengubah Bandwith

Cara Mempercepat koneksi internet yang kedua adalah mengubah Bandwith. Kamu tentunya akan kesulitan apabila mengotak-atik bandwith yang telah diberikan oleh ISP, namun ternyata Windows pun juga membatasi bandwith yang kamu miliki.

Sistem operasi Windows mempunyai fitur guna membagi bandwith kepada layanan Quality of Service (QoS) yang terdiri atas Windows Update dan program lainnya. Untuk dapat mempercepat koneksi WiFi pada Windows 10, kamu dapat mengatur dan mengubah setting pada bandwith kamu melalui langkah-langkah berikut:

  • Langkah 1 : Pertama kali kamu perlu membuka jendela Run menggunakan tombol kombinasi Ctrl + R pada keyboard. Kemudian bisa mengetikkan gpedit.msc dan tekan Enter.
  • Langkah 2 : Selanjutnya akan muncul jendela Local Group Policy Editor, pada langkah ini kamu perlu menuju ke menu Computer Configuration > Administrative Templates > Network > QoS Packet Scheduler.
  • Langkah 3 : Apabila kamu telah masuk pada menu QoS Packet Scheduler, kamu hanya perlu double klik kali di opsi Limit reservable bandwith.
  • Langkah 4 : Kemudian pada jendela Limit reservable bandwith, kamu dapat mengubah pilihan ke Enabled sampai menu pada bagian bawah dapat diakses. Dan pada bagian Options: kamu hanya cukup mengatur Bandwith limit menjadi (%): 0, lalu klik OK. Dan jika telah selesai, kamu hanya perlu rmeestart PC atau laptop kamu untuk memperoleh efeknya..

Sebenarnya tidak cuma pada PC atau laptop Windows saja, kamu juga memiliki sejumlah tutorial yang mudah untuk cara mempercepat koneksi internet pada Android bahkan tidak harus memiliki akses root.

Cara yang akan akan kami tulis kali ini terbukti lumayan ampuh untuk mempercepat koneksi WiFi pada handphone Android kamu. Penasaran? Simak terus langkah-langkahnya di bawah ini!

3. Setting Pengaturan Bawaan

Tanpa harus menginstall aplikasi tambahan, kamu dapat mempercepat koneksi WiFi kamu dengan pengaturan bawaan yang telah tersedia pada HP Android kamu,. Langkah-langkah yang dapat kamu lakukan pun relati sederhana.

Baca Juga :  Situs Tempat Beli pulsa Online Aman Terpercaya

  • Langkah 1 : Kamu silakan pergi pada menu Settings kemudian silakan pilih opsi WiFi guna membuka pengaturan pada jaringan WiFi di HP Android kamu.
  • Langkah 2 : Kamu hanya perlu scroll sampai bawah hingga mendapati pilihan Advanced settings guna pengaturan yang lebih lanjut dalam mengenai WiFi. Di sini kamu dapat mengatur dari optimasi jaringan WiFi pada pilihan WiFi assistant serta WiFi speed mode.
  • Langkah 3 : Buka pengaturan WiFi assistant dan kemudian silakan aktifkan supaya mampu secara otomatis ganti, dari jaringan WiFi ke paket data jika koneksi pada WiFi sedang buruk atau lemot. Kamu pun juga dapat mengaktifkan pilihan Show data usage warning guna memberitahukan informasi soal penggunaan internet kamu yang menggunakan paket data.
  • Langkah 4 : Kamu pun juga dapat mempercepat WiFi pada Android melalui pengaktifan pilihan WiFi speed mode yang berguna dalam memberikan prioritas bandwith untuk aplikasi tertentu. Pada langkah ini terdapat opsi Regular mode untuk membagikan bandwith antara aplikasi yang berjalan pada foreground dan background dengan berimbang.. Apa juga pilihan Extreme mode yang bakal mengutamakan bandwith di aplikasi yang berjalan pada foreground. Sementara untuk aplikasi background akan tidak dapat mengakses internet untuk sementara.

4. Aplikasi WiFi Switcher

Selain itu, kamu pun dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga guna mempercepat koneksi WiFi dengan kualitas sinyal yang maksimal. Dengan menggunakan aplikasi WiFi Switcher maka hal tersebut dapat dilakukan.

Aplikasi penguat sinyal WiFi yang satu ini mempunyai fungsi yang cukup baik untuk digunakan pada HP kamu. Lantas bagaimana cara menggunakannya? Di bawah ini:

  • Langkah 1 : Kamu perlu men-download dan meng-install aplikasi WiFi Switcher yang dapat kamu temukan pada PlayStore atau dapat mencari pada laman resminya.
  • Langkah 2 : Selanjtnya buka aplikasi WiFi Switcher dan pada awalnya kamu bakal dimintai permission guna mengakses lokasi. Kamu bisa tap pada opsi Allow. Silakan lakukan langkah berikutnya sampai kamu masuk pada tampilan utama aplikasi WiFi Switcher.
  • Langkah 3 : Kamu dapat mengatur jaringan WiFi dahulu yang diutamakan terhubung lebih dulu. Untuk bisa mengaturnya, kamu hanya perlu mengaktifkan tanda cek di bagian Preferred yang ada pada setiap jaringan WiFi yang ditampilkan.
  • Langkah 4 : Kamu pun juga dapat melakukan pengaturan yang lebih lanjut pada aplikasi WiFi Switcher dengan tap ikon tiga titik pada kanan atas kemudian bisa memilih pilihan Settings. Nah, pada langkah ini kamu hanya perlu memberikan batas minimal kekuatan jaringan pada WiFi kamu yang lemot. Kamu juga dapat mengaktifkannnya dengan opsi Ask Before Switching guna memberikan notifikasi penggantian WiFi dan Run in Foreground untuk dapat mencegah aplikasi tertutup yang disebabkan oleh sistem.
Baca Juga :  Tips Mempercepat Koneksi Internet 2019

Kesimpulan

Demikian artikel Cara Mempercepat koneksi internet. Memang internet sekarang menjadi hal yang utama dalam setiap lini kehidupan, untuk bekerja, untuk belajar serta keperluan yang lain lagi menjadikan internet sebagai kebutuhan primer era baru.

Bagi kamu yang mempunyai jaringan lemot dan ingin mempercepat koneksi maka kami berharap semoga dengan artikel kami yakni Cara Mempercepat Jaringan Koneksi Internet dapat bermanfaat untuk kamu semua. Tidak perlu risau lagi.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 877

No votes so far! Be the first to rate this post.