7 Cara Menambah Penjualan dengan Instagram

Memaksimalkan Instagram untuk menambah penjualan akan dibahas dalam artikel ini. Promosi bisnis secara online, sekarang dapat lebih efektif dengan menggunakan Instagram Bisnis. Sebagai salah satu marketing platform yang sudah banyak disukai, Instagram Bisnis mempunyai penawaran dengan berbagai fitur khusus yang tak bisa ditemukan di akun personal.

Tetapi anda harus bisa menjaga akun Instagram anda dengan baik. Karena hacker akan mencari cara untuk melakukan hack Instagram yang memiliki banyak followers. Oleh sebab itu anda perlu mempelajari cara bagaimana hacker melakukan hack Instagram seseorang.

Dengan Instagram Bisnis, anda bisa mudah untuk melakukan branding dan menjangkau konsumen lebih luas. Bahkan bila anda mempunyai website, Instagram Bisnis dapat menjadi platform pendukung guna meningkatkan traffic dan leads web anda. Bagaimana memaksimalkan Instagram untuk menambah penjualan?

Lantas, apa saja sih manfaat dari Instagram Bisnis dan bagaimana caranya untuk memaksimalkan setiap fiturnya? Pada artikel ini akan kami bahas. Penasaran? Ikuti terus artikel kami sampai habis ya.

Manfaat Instagram Bisnis

Menambah Penjualan

Menurut penelitian, 60% konsumen sering menemukan produk baru melalui Instagram. Yang artinya, Instagram memang layak untuk dijadikan platform tempat untuk mempromosikan bisnis secara online. Pertanyaan selanjutnya bagaimana memaksimalkan Instagram untuk menambah penjualan?

Sebelum membahas mengenai cara untuk memaksimalkan Instagram untuk menambah penjualan. Anda perlu tau beberapa manfaat dari Instagram Bisnis seperti berikut:

1. Instagram Insights

Keuntungan pertama yang dipunyai oleh akun Instagram bisnis ialah Insights. Insights adalah sebuah tools analytics yang mampu menunjukkan data dari setiap aktivitas yang terjadi di halaman akun anda.

Di sini, anda dapat melihat performa dari Instagram bisnis secara eksplisit.  Jelas saja, fitur ini tidak akan ditemukan ketika menggunakan profil pribadi.

2. Instagram Ads

Fitur Instagram bisnis selanjutnya ialah Instagram ads. Dengan bantuan ads, anda mempunyai kesempatan lebih untuk menjangkau lebih banyak konsumen. Anda pun bisa menargetkan konsumen lebih lebih spesifik, bisa berdasarkan usia, demografi, behavior dan sebagainya.

Kemudian setelahnya iklan anda pun bisa muncul otomatis pada berbagai titik saat konsumen meng-scrolling down pada timeline Instagram mereka. Anda pun dapat memunculkan iklan di sela-sela stories mereka.

3. Tombol Kontak dan Email

Fitur ini bisa anda dapatkan ketika menggunakan profil bisnis di Instagram. Pengunjung yang mampir dapat lebih gampang untuk bisa menghubungi anda dengan adanya tombol kontak dan email.

Baca Juga :  6 Cara Hack Whatsapp Dengan Mudah

Sekilas, tombol tersebut terlihat sepele. Tetapi, tombol tersebut dapat memudahkan pengunjung yang membutuhkan bantuan anda secara mendesak. Bahkan dapat menjangkau anda lebih cepat, jika ada yang berniat mengajak kolaborasi.

4. Info Kategori Bisnis

Fitur Instagram bisnis terakhir yang dapat anda gunakan ialah menampilkan informasi mengenai kategori dari bisnis yang anda jalankan. Informasi ini secara otomatis muncul di atas bio profil anda, sehingga pengunjung dapat mengenal bidang bisnis yang anda punyai. Dari sini lah banyak orang memanfaatkan Instagram untuk memaksimalkan Instagram untuk menambah penjualan.

Memaksimalkan Instagram

Untuk sebagian orang yang baru mempunyai akun Instagram Bisnis, seringkali muncul perasaan bingung mengenai langkah apa yang mesti dilaksanakan pertama kali. Apabila anda merasakan hal yang sama, kami mempunyai beberapa tips guna memaksimalkan Instagram untuk meningkatkan penjualan bisnis anda.

Namun perlu diingat, untuk dapat sukses menggunakan Instagram bisnis, sama halnya ketika anda menjalankan bisnis secara umum. Hasilnya tak dapat diraih secara instan.  Tetapi yang terpenting, anda telah menerapkan beberapa langkah dasar untuk memaksimalkan Instagram untuk menambah penjualan seperti yang tertera di bawah ini:

1. Menentukan Target Audiens

Cara memaksimalkan Instagram untuk menambah penjualan yang pertama adalah menentukan target. Menentukan siapa target audiens sebelum memposting konten adalah langkah wajib yang tak boleh dilewatkan.

Mungkin jika anda sangat terampil dalam menciptakan konten-konten eye-catching, namun kalau anda tak tahu siapa yang ditargetkan, untuk apa?  Anda dapat menggunakan waktu sebanyak mungkin guna melakukan riset konsumen yang tepat.

Cara lain yang dapat dilakukan ialah dengan mengecek kompetitor anda yang mempunyai bisnis yang sama. Perhatikan bagaimana mereka menyajikan konten, melakukan engagement, dan konsep apa yang mereka buat guna menguatkan branding.

2. Optimasi Profil Instagram Bisnis

Anda mungkin telah mengetahui jika Instagram bio hanya dapat diisi maksimal 150 karakter saja. Itu artinya, anda harus pintar-pintar untuk memanfaatkan ruang yang ada guna memperkenalkan bisnis anda ke konsumen.

Langkah ini memang dirasa cukup cerdik untuk digunakan. Tetapi, usahakan untuk dapat memberi kesan yang membuat konsumen ingin mencari tahu mengenai produk anda lebih dalam.

Baca Juga :  Tips Sukses Facebook Ads : Pemula Juga Bisa !

Atau anda dapat membuat branding hashtag dan meletakkannya pada bio. Hashtag akan memudahkan anda untuk mendapatkan user-generated content serta melacak sejauh mana brand anda dikenal khalayak ramai.

Optimasi profil Instagram bisnis menjadi cara kedua dari kami untuk memaksimalkan Instagram untuk menambah penjualan

3. Membuat Jadwal Posting

Cara memaksimalkan Instagram untuk menambah penjualan yang ketiga dari kami adalah membuat jadwal posting. Sebuah riset yang meneliti jika waktu yang ideal untuk memposting konten di Instagram adalah antara jam 09.00 – 11.00 pagi. Namun, apakah riset tersebut benar-benar akurat? Ternyata belum tentu.

Karena tidak semua jenis konten dapat memiliki target konsumen dengan perawatan yang sama. Maka dari itu, untuk bisa mengetahui kapan waktu yang pas dalam memposting konten ialah dengan melakukan percobaan.

Selanjutnya, anda dapat menganalisa hasil dari fitur Insights pada Instagram. Nah, saat anda telah paham dengan penetapan jam-jam yang pas untuk melakukan posting, berikutnya anda dapat membuat jadwal posting.

4. Buat Konten yang Menarik

Cara memaksimalkan Instagram untuk menambah penjualan yang keempat adalah konten yang menarik. Instagram ialah seluruhnya persoalan visual. Maka, sangatlah penting untuk anda mempersiapkan konten-konten  ynag semenarik mungkin guna menarik minat konsumen.

Di samping itu, memposting konten tak selalu mengenai promosi dari produk saja. Ada bermacam variasi konten yang dapat anda bagikan supaya tak terlihat monoton, seperti melakukan repost foto audiens, membuat video/IGTV, promosi diskon atau giveaway dan membuat Instagram Stories.

5. Membuat Instagram Stories

Fitur Instagram berikutnya yang tentunya tak kalah penting ialah Instagram Stories. Cara memaksimalkan Instagram untuk menambah penjualan yang kelima dengan membuat Instagram Stories.

Menurut riset,  39% dari pengguna Instagram mengaku bahwa mereka tertarik terhadap produk selepas melihatnya pada Instagram Stories. Oleh karena itu, fitur Instagram Stories bisa menjadi tempat yang tepat guna mempromosikan produk anda.

Anda dapat memanfaatkannya untuk bisa membagikan konten ke konsumen batas waktu 24 jam. Dan pada saat itu kreativitas anda diperlukan.

Dengan Instagram Stories, terdapat banyak sekali jenis konten yang dapat disajikan untuk menarik perhatian viewer. Contohnya dengan konten tentang testimoni produk, diskon, video behind the scene, tutorial, QnA, dan lain hal sebagainya.

6. Instagram Ads

Instagram Ads termasuk fitur Instagram yang juga banyak disukai oleh pebisnis. Fitur ini memang menawarkan alternatif untuk anda dapat memasarkan produk terhadap konsumen secara lebih spesifik.

Baca Juga :  Cara Membuat Blog Pribadi di Instagram

Penggunaannya pun tidak berbeda dengan Facebook Ads. Instgram Ads ini lah yang menjadi cara memaksimalkan Instagram untuk menambah penjualan selanjutnya dari kami. Anda dapat menargetkan konsumen dari demografi, interest, usia, gender dan behavior.

Terdapat dua cara yang dapat dilakukan untuk menjalankan iklan pada Instagram. Yang pertama ialah memanfaatkan dashboard dari Facebook Ads Manager. Dan yang kedua ialah dengan langsung mengakses pada Instagram. Anda pun dapat membuat konten dengan berbagai format.

7. Melakukan Analisa

Langkah terakhir yang wajib anda lakukan sebagai cara memaksimalkan Instagram untuk menambah penjualan ialah dengan menganalisa performa akun Instagram bisnis seecara menyelutuh.

Anda dapat melakukan hal ini secara berkala guna melihat seberapa besar pengaruh yang bisa didaparkan dari masing-masing konten dan campaign. Anda pun dapat menganalisa dengan membuka langsung pada fitur Insights di akun Instagram anda.

Dan apabila anda ingin mendapatkan hasil yang lebih spesifik, anda dapat menggunakan bantuan tools analytics lain, Hootsuite Analytics, Iconosquare, Sprout Social, Bitly, Keyhole, merupakan beberapa tool analytic yang dapat anda gunakan.

Agar hasil yang diperoleh dapat konsisten, anda bisdapata melakukan A/B testing untuk menguji strategi manakah yang paling efektif. Beberapa langkah yang dapat anda gunakan ketika A/B testing ialah :

  • Tentukan elemen yang akan dipakai, dapat berupa foto, video, IGTV, stories, caption ataupun hashtag.
  • Buat dua variasi konten yang berdasar konsep yang telah ditentukan.
  • Lakukan keduanya dan kemudian memilih yang memiliki konversi paling tinggi.
  • Buat inovasi dari hasil konten yang telah berhasil. Dan saksikan apakah ada perkembangan lain yang bisa didapat.
  • Lakukan analisa kembali dan membagikan hasil ke tim anda.
  • Mengulangi tahapan-tahapan dari awal.

Kesimpulan

Demikian artikel menambah penjualan dengan Instagram. Sosial media sekarang ini tidak hanya digunakan untuk berinteraksi secara pribadii satu sama lain, melainkan juga digunakan oleh para pebisnis untuk dapat memasarkan produk mereka.

Salah satu media sosial populer yang juga mempunyai salah satu pengguna tertinggi adalah Instagram. Instagram dapat memaksimalkan menambah penjualan bisnis anda dengan berbagai fitur yang ditawarkannya.

Mulai dari dengan membuat akun bisnis sampai menganalisa performa dari akun bisnis tersebut. demikian artikel ini kami buat, semoga dapat bermanfaat unuk anda sekalian. Selamat berbisnis!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 890

No votes so far! Be the first to rate this post.