Mengenal Google My Business Secara Umum

Mengenal Google My Business wajib diketahui oleh siapapun yang suka dengan blogging. Google my business merupakan bagian dari salah satu program yang dikembangkan oleh perusahaan raksasa Google. Adapun beberapa tips dan trik terkait hal tersebut akan dibahas lugas pada artikel ini. Perusahaan Google terus melakukan berbagai inovasi bagi pengembangan dunia usaha setiap orang secara internasional.

Salah satunya adalah dengan menghadirkan fitur layanan Google My Business atau Google Bisnisku. Ada sebagian orang bertanya-tanya, “Apakah Google My Business berbayar atau gratis?”. Ternyata Google My Business bersifat gratis dan bisa digunakan oleh setiap orang yang mempunyai suatu bisnis.

Suatu hari salah seorang teman penulis bernama Mas Zakka bertanya kepada penulis bagaimana cara mendaftarkan usahanya di Google My Business. Ia sangat berapi-api untuk mengenalkan usahanya ke daerah sekitarnya.

Namun sayang pengajuan usaha pada Google My Business selalu tertolak. Dengan alasan lokasi usahanya yang sangat jauh  dari jalan raya besar. Lain halnya dengan penulis yang selalu mudah untuk mendaftarkan usaha pada Google Bisnisku.

Pada saat sobat sedang mencari suatu jenis usaha yang sedang dibutuhkan dengan mengetikkan kata kunci di mesin pencarian Google maka anda akan mendapatkan berbagai jenis usaha yang dimaksud.

Namun jangan lupa pada kolom sebelah kanan tampak beberapa jenis usaha yang relevan dengan informasi yang detail. Meliputi layanan, jam operasional, ulasan, produk, alamat, peta lokasi dan lain sebagainya.

Pada suatu hari, langganan penulis banjir orderan disebabkan bisnis yang ditekuninya didaftarkan pada Google My Business oleh anak tercintanya. Setiap hari selalu ada pemesanan barang.

Setelah diteliti ternyata kata kunci yang ditargetkannya langsung mengarah pada halaman Google Bisnisku miliknya. Hal itulah yang membuat penulis mulai mendaftarkan bisnis penulis pada Google My Business. Dan dampaknya langsung bisa dimanfaatkan dengan banyak pengunjung, konsumen dan pelanggan yang datang ke lokasi usaha.



Bagi sobat yang mempunyai bisnis apapun juga. Seperti usaha kecil, usaha es krim, kuliner, perdagangan, jual beli, dan lain-lain sangat dianjurkan untuk menggunakan layanan Google Bisnisku untuk memperlebar jaringan bisnis.

Baca Juga :  Penjelasan Manajemen Sumber Daya Manusia

Apalagi bagi mereka yang merasakan kemandegan dalam usaha maka bisa mencoba menggunakan layanan gratisan ini. Walaupun gratisan, efeknya sangat bagus untuk perkembangan setiap usaha dalam menjangkau lebih banyak konsumen dan pelanggan.

Baca Juga : Fungsi Fetch as Google – Penjelasan Detail

Dengan menggunakan layanan Google My Business maka bisnis anda akan langsung berada di halaman pertama Google tanpa perlu repot mengeluarkan jurus teknik SEO dan mengeluarkan anggaran biaya untuk iklan Google Adwords. Asalkan kata kunci yang tertarget, populer dan minim pesaing.

Mengenal Google My Business

Mengenal Google My Business Secara Umum - cover - seobigbang.com

Google bisnisku atau dalam bahasa Inggris Google my Business merupakan suatu peralatan yang dapat dipergunakan untuk membuat bisnis anda terdaftar dalam mesin pencarian Google secara gratis.



Pada waktu, orang sedang mencari bisnis yang berkaitan dengan bisnis anda maka halaman utama Google Bisnisku milik anda akan muncul di mesin pencarian pada kolom sebelah kanan yang sangat lengkap besarta Google Maps.

Di tengah era digital saat ini, anda tidak bisa mengandalkan bisnis lagi secara offline. Melainkan harus mulai menjalankan suatu bisnis dengan online. Salah satunya menggunakan layanan marketing Google My Business yang dapat menjangkau orang di seluruh daerah dan dunia asalkan tersambung dengan internet.

Keuntungan Google My Business

Bagi anda yang sudah mempunyai suatu bisnis kecil-kecilan, menengah hingga skala besar sangat bagus untuk bisa memanfaatkan fitur Google My Business untuk memperluas jaringan pemasaran. Ada banyak keuntungan dan manfaat menggunakan layanan Google Bisnisku seperti yang penulis rasakan sendiri, antara lain :

Jangkauan pasar lebih luas

Dengan mendaftarkan bisnis anda pada Google My Business akan membuat bisnis atau usaha anda akan lebih mudah dikenali banyak orang di daerah sekitar, luar daerah hingga luar negeri. Sangat bagus jika anda mempunyai usaha offline lalu didaftarkan pada Google Bisnisku. Karena secara tak langsung, anda mengonlinekan usaha anda.

Baca Juga :  BNI Singapore Meluncurkan Aplikasi Mobile Remittance

Memudahkan pelanggan atau konsumen untuk menemukan bisnis sobat

Penggunaan Google Bisnisku sangat mudah menggunakan smartphone. Pada saat seseorang membutuhkan informasi mengenai bisnis anda maka mereka akan mudah menemukannya.




Jika bisnis anda telah didaftarkan di Google My Business. Dengan mendaftarkan diri di Google My Business maka bisnis anda akan tersaji secara online dan selamanya yang memuat informasi kontak, jadwal, produk layanan dan lokasi.

Efektif dan Gratis

Penulis beberapa kali mendapatkan konsumen atau pelanggan dari Google My Business. Tampak efektif sekali penggunaan Google My Business untuk menjaring sebanyak mungkin konsumen ataupun pelanggan yang loyal. Selain itu, untuk mendaftarkan bisnis pada Google My Business bersifat gratis. Sudah dapat uang, gratis pula.

Informasi Lengkap

Memberikan informasi yang sangat komplit mengenai bisnis sobat yang meliputi deskripsi usaha, produk yang dijual, tombol “Call Now”, foto dan gambar produk, Direction, waktu sibuk, jam buka atau operasional usaha, ulasan dan lain-lain

Marketing Tools

Sebagai alat marketing dan promosi yang ampuh dan dapat diupdate perhari. Dapat dikatakan bahwasanya mengenal Google My Business dapat dijadikan saluran komunikasi yang mudah dan baik antara pemilik bisnis dan konsumen.

Syarat Bergabung Dengan Google Bisnisku

Pada dasarnya, Google My Business bisa dimanfaatkan oleh segala macam kategori yang kemudian dijadikan lahan bisnis dan usaha. Misalkan :




  1. Olahraga
  2. Hiburan
  3. Seni
  4. Institusi, organisasi dan perusahaan
  5. Merk atau brand produk
  6. Dan lain sebagainya

Untuk bergabung dengan Google My Business tidak mudah. Ada beberapa persyaratan yang harus disiapkan sebelum bergabung dengan Google Bisnisku, antara lain :

Mempunyai akun Google

Pastikan anda mempunyai akun Google sebelum memulai mendaftarkan bisnis anda pada Google Bisnisku. Karena ini merupakan syarat utama

Mempunyai lokasi bisnis yang jelas

Hal ini untuk memberikan alamat dan lokasi yang jelas yang membuat Google, konsumen dan pelanggan lebih gampang menemukan lokasi bisnis anda. Penulis mendaftarkan bisnis pada Google My Business dengan alamat yang jelas walaupun di pedesaan terpencil t tapi tetap diterima. Yang penting sekali lagi, alamat lokasi usaha yang jelas.

Baca Juga :  Komunitas Blogger Indonesia : Blogger Harus Tahu

Cara Membuat Google Bisnisku

Berikut ini cara mendaftarkan usaha anda pada Google My Business secara gampang dan cepat, antara lain :

  1. Jika anda belum mempunyai akun Google maka anda bisa membuat akun Google terlebih dahulu. Karena ini syarat utama untuk daftar Google My Business
  2. Login menuju akun google anda
  3. Setelah anda mempunyai akun Google maka anda bisa login
  4. Lalu klik “Daftar ke Google My Business”. Anda akan mendapatkan form dengan beberapa kolom kosong yang harus anda isi secara akurat dan lengkap. Seperti nama bisnis, negara, alamat, kota, propinsi, kodepos, nomor kontak dan kategori. Setelah terisi secara lengkap dan akurat maka klik “Lanjutkan”
  5. Isilah beberapa form yang kosong dengan data yang valid dan benar. Setelah semuanya selesai maka anda akan mendapatkan halaman utama Google Bisnisku. Anda dapat melakukan beberapa modifikasi tampilan halaman utama Google Bisnisku dengan cara klik menu “Edit”. Lakukan modifikasi halaman utama Google Bisnisku, misalkan dengan menambahkan jam operasional usaha, gambar, logo dan lain sebagainya
  6. Verifikasi. Jangan lupa untuk melakukan verifikasi lewat email  dengan cara klik tombol Verifikasi Now. Langkah ini cukup mudah bagi anda yang sudah terbiasa dengan bisnis online affiliate. Anda tinggal memasukkan alamat email anda. Klik Send Postcard.Kemudian pihak Google akan mengirimkan kode berisi lima angka pada email yang anda daftarkan tersebut. Masukkan kode lima angka tersebut di Google My Business untuk memastikan halaman Google My Business anda atau Maps dapat muncul di search engine google 24 jam non stop.

Demikianlah ulasan dengan mengenal Google My Business yang dapat dilakukan oleh siapapun dan kapanpun di mana saja. Anda bisa membuatnya menggunakan laptop, netbook maupun smartphone. Yang lebih mudah tentunya menggunakan smartphone.