Mengenal Internet Marketing Sebagai Efisiensi Bisnis

Pernah mendengar tentang internet marketing ? Ingin mengenal internet marketing dan menguasainya ? Silahkan baca artikel berikut..

Era sekarang, perkembangan teknologi memang sangatlah pesat tidak hanya interaksi dengan orang lain yang semakin dimudahkan namun juga dalam berdagang, untuk para pedagang ataupun perusahaan, internet marketing adalah salah satu cara dari pebisnis untuk bisa melebarkan usaha mereka ke dunia maya supaya produk yang mereka jual dapat lebih dikenal oleh masyarakat lokal maupun internasional.

Dalam mencari uang pun dapat menjadi sangat mudah bila ada nya sarana internet. Sejalan dengan perkembangan teknologi pada saat ini, marketing model seperti ini semakin menarik para pebisnis untuk melakukan bisnis di internet.




Maka dari itu, pada kesempatan kali ini, kami telah merangkum berbagai macam topik mengenal internet marketing yang bisa anda manfaatkan. Kira-kira apa saja ya?

Mengenal Internet Marketing

mengenal internet marketing cover

Apa sih pengertian dari internet marketing itu? Internet marketing dapat diartikan sebagai salah satu teknik pemasaran online yang mengacu pada iklan dan usaha pemasaran yang menggunakan web dan email guna mendorong penjualan lewat perdagangan elektronik (e-commerce).



Marketing ini dinilai lebih efektif dan efisien daripada melakukan pemasaran konvensional, seperti promosi melalui radio, surat kabar atau televisi, hal ini dikarenakan biaya dari internet marketing ini murah dan lebih mudah untuk bisa mencari calon konsumen atau pembeli.

Secara umum, pengertian dari mengenal internet marketing menurut Kotler dan Armstrong ialah internet marketing ini merupakan jenis usaha dari perusahaan guna memasarkan produk dan jasanya serta membangun hubungan dengan konsumen melalui media internet.

Bentuk pemasaran ini pada dasarnya adalah situs publik yang sangat besar pada jaringan komputer dengan berbagai tipe yang berbeda serta berasal dari berbagai negara di seluruh dunia satu sama lainya ke dalam satu wadah informasi yang sangat besar.

Jenis-Jenis Internet Marketing

jenis jenis mengenal internet marketing

Ternyata klo sudah mengenal internet marketing, jadi dapat mengetahui bahwasanya hal tersebut memiliki beberapa jenis yang bisa dipahami secara lebih spesifik, seperti web marketing, email marketing dan sosial media marketing :

Baca Juga :  Teknik Promosi Terbaik Dan Paling Efisien



Web Marketing

Web marketing merupakan teknik pemasaran dengan menggunakan media website. Terdapat beragam contoh dari pemasaran yang menggunakan media website yang tentunya sering kita jumpai di internet, seperti salah satunya adalah situs affiliate marketing atau situs yang memberikan penawaran berupa produk orang lain untuk dapat dijual kembali. Jenis ini merupakan bagian dasar dari mengenal internet marketing.

Ciri khusus dari situs affiliate marketing ini ialah tampilannya yang hanya mempunyai 1 kolom saja, hal ini bertujuan untuk dapat membuat pengunjung fokus pada inti dari artikel tersebut.

Email Marketing

Mengenal internet marketing yang selanjutnya adalah dengan memahami fungsi dari email marketing atau pemasaran lewat media email memang tidak seterkenal atau tak sepopuler web marketing, walaupun demikian bukan berarti email marketing tak efektif untuk dapat menjaring pelanggan.




Pendapat tersebut sama sekali tidak benar, padahal justru email marketing dinilai oleh para internet marketer profesional merupakan salah satu media promosi online terbaik.

Pernyataan tersebut pastinya bukanlah tanpa alasan, mengingat bahwa email adalah salah satu media komunikasi online yang bersifat cukup pribadi, yang mana artinya pemasaran dengan email sangatlah efektif untuk melakukan penawaran secara pribadi atau dapat dibilang sebagai penawaran yang ekslusif.

Social Media Marketing

Social media adalah salah satu contoh dari teknik pemasaran online yang lumayan disukai oleh para internet marketers saat ini, alasan utamanya tidak lain dan tidak bukan ialah karena mempunyai biaya promosi yang relatif murah, bahkan bila seluruhnya dikerjakan secara manual, maka tak akan ada biaya sama sekali atau gratis.




Media sosial dikenal mempunyai kekuatan yang bisa dimanfaatkan sebagai media promosi yang pasti tidak dapat diragukan lagi, hal ini karena jumlah dari pengguna media sosial yang selalu bertambah setiap waktu, membuatnya sebagai salah satu tempat yang paling tepat guna melakukan promosi online dan juga merupakan tahapan menengah dari mengenal internet marketing.

Baca Juga :  Perdagangan Internasional : Pengertian dan Teori

Tools Internet Marketing

Sekarang ini sudah terdapat puluhan atau bahkan ratusan tools guna mendukung aktifitas mengenal internet marketing yang akan anda lakukan, tetapi tidak semua tool tersebut dapat anda gunakan secara gratis, sebagian besar dari tools tersebut memerlukan biaya yang bisa dikatakan relatif mahal.

Namun juga, ada beberapa tools mengenal internet marketing secara gratis yang bisa anda coba, berikut kami sertakan tools yang dapat dicoba gratis untuk internet marketing anda :




  • Web Optimization ToolsTools yang berguna untuk mengoptimalkan kinerja dari website, anda dapat menggunakan beberapa tools online gratis dibawah ini
  • Open Site Explorer : Open Site Explorer (OSE) ialah tools yang berguna untuk meningkatkan SEO blog anda
  • Google Analytic : Tools buatan Google ini dapat anda gunakan untuk mengecek aktifitas pengunjung yang ada pada blog anda
  • Google Trends : Tools yang juga besutan Google ini dapat anda gunakan untuk mencari tahu apa saja yang menjadi trend pada suatu negara
  • Email Marketing ToolsTools yang dapat digunakan untuk membantu anda dalam melakukan promosi melalui media email, anda bisa menggunakan tools marketing online berikut ini
  • MailChimp : berguna untuk mengirim ratusan email secara otomatis terhadap subcriber anda
  • HemingWay : merupakan tools marketing online yang dapat membantu anda untuk membuat penawaran yang menarik
  • Social Management Tools : Jika anda mempunyai akun sosial media yang cukup banyak, pasti anda akan merasa kerepotan, bukan? untuk itu anda bisa mencoba beberapa tools guna mengelola akun media sosial Anda. Anda pun bisa menggunakan beberapa tools internet marketing seperti Tweepi, HootSuite, Bitly ataupun yang lainnya.

Manfaat Mengenal Internet Marketing

manfaat mengenal internet marketing

Dibanding dengan pemasaran secara konvensional, pastinya internet marketing ini mempunyai kelebihan tersendiri. Beberapa manfaat dari internet marketing yang bisa anda dapatkan sebagai calon internet marketer diantaranya :



Tidak Lagi Ada Batasan Waktu

Anda bisa memperhatikan cara-cara orang dalam melaksanakan marketing sebelum adanya internet. Rata-rata, pemasaran secara konvensional mempunyai keterterbatasan oleh waktu.

Contohnya adalah iklan di televisi atau radio, tentu ketika mulai memasuki tengah malam akan berkurang keefektifan dan ketersampaian pesan terhadap calon konsumen.

Maka berbeda dengan internet marketing ini, dalam bisnis ini anda dapat melaukakn iklan kapanpun. Ietiap individu atau perusahaan mampu memasarkan produknya yang bisa dilihat 24 jam tanpa batasan waktu, apalagi jika didukung dengan terus meningkatnya pengguna jumlah gadget sekarang ini.

Baca Juga :  Cara Mendapatkan Investor Bisnis : Terbaru 2020 !

Pasar dapat Dijangkau Lebih Luas

Dunia sekarang ini berada di genggaman anda. Biaya guna memasarkan produk terhadap konsumen lokal maupun konsumen yang berada di lain daerah sekarang dapat anda lakukan dengan harga yang sama.




Semakin luasnya pasar yang dapat anda jangkau dengan sistem ini, maka semakin meningkat pula calon konsumen yang berpotensi untuk mempunyai ketertarikan pada produk yang dipasarkan.

Menekan Biaya Pemasaran

Jika dulu untuk memasarkan produk diperlukan berbagai biaya yang banyak seperti mencetak brosur, banner, dan lain sebagainya, sekarang dengan mengenal internet marketing, pebisnis dapat menekan biaya keuangan dan dapat dialihkan ke arah yang lebih efektif supaya produk dapat diketahui oleh lebih banyak orang.

Penghubung yang Efektif

Dengan adanya internet, maka setiap orang bisa berhubungan dengan orang lain walau harus terpisah jarak yang bahkan jauh sekalipun dan tentu saja hal ini meningkatkan peluang bisnis.




Begitu pula dengan internett marketing ini, penjual barang dapat terhubung dengan orang-orang di luar provinsi, luar negara, bahkan sampai lintas benua sekalipun dengan hanya bermodalkan layar laptop atau handphone dan internet saja.

Sangat efektif jika dibanding dengan komunikasi secara konvensional yang jika diibaratkan seperti surat, dimana bisa membutuhkan waktu beberapa hari dan bahkan mingguan untuk bisa sampai ke tujuan.

Kesimpulan

Sebagai pebisnis, efisiensi kerja merupakan salah satu hal yang mendasar dan sangat penting untuk bisa dilakukan. Dengan mengenal internet marketing sendiri ternyata mempunyai tingkat efisiensi yang sangat tinggi, dengan hanya bermodalkan akses internet maka seluruh pekerjaan dann bahkan sampai biaya lebih efisien dibandingkan dengan pemasaran konvensional.



Maka dari itu untuk anda sekalian yang belum mencoba, segeralah mencoba untuk masuk ke dalam bisnis internet marketing. Demikian artikel ini kami buat, semoga dapat bermanfaat untuk anda pembaca setia sekalian. Selamat berbisnis!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 666

No votes so far! Be the first to rate this post.