Menyempurnakan On Page SEO Website

Diposting pada
Nilai Anda Untuk Artikel Ini
Sending
User Rating 5 (3 votes)

Sebelumnya saya sudah membahas mengenai tutorial seo on page. Pada artikel tersebut saya memberikan pembahasan mengenai langkah-langkah yang biasanya diambil oleh para blogger. Tutorial tersebut membahas secara umum. Tutorial kali ini adalah tentang bagaimana kita menyempurnakan On Page SEO website / blog yang kita miliki.

Seperti yang kita semua pahami, bahwa On Page SEO atau sering dalam penulisannya SEO On Page adalah suatu hal yang sangat penting. Penting di dalam membangun keyakinan kepada google dan para calon pengunjung website / blog kita.

Pada fungsi nya baik itu SEO On Page ataupun SEO Off Page adalah dua hal yang sama pentingnya. Kalian tidak bisa menitik beratkan hanya kepada satu hal, misal hanya fokus terhadap On Page SEO namun kalian tidak melakukan Off Page SEO. Hal tersebut tentu sangat buruk bagi website / blog kalian.

Menyempurnakan On Page SEO

Menyempurnakan On Page SEO - Cover artikel seobigbang

Tujuan dari kedua hal ini : On Page SEO dan Off Page SEO adalah satu hal yang sama, yaitu ingin memiliki dampak datangnya kunjungan atau visitor yang sangat banyak setiap harinya. Perbedaan diantara kedua nya adalah, Off Page SEO atau SEO Off Page akan lebih banyak menghabiskan biaya dibandingkan SEO On Page. Kenapa ? Karena dalam pelaksanaan fungsinya, SEO On Page merupakan suatu cara yang bisa dikategorikan ke dalam “pelicin” website. Sehingga mampu bersaing dengan kompetitor tanpa melakukan promosi.

Jadi On Page SEO atau SEO On Page merupakan salah satu bentuk promosi yang digunakan tanpa mengeluarkan biaya tambahan. Tutorial ini bisa dikategorikan sebagai hal tersebut. Karena dengan kalian menyempurnakan On Page SEO maka secara tidak langsung website kalian akan terpromosikan sendiri oleh mesin pencari google.

Mengapa demikian ? Karena website yang memiliki SEO On Page yang baik akan lebih mudah terbaca dan dikenali oleh Google. Jadi jika SEO On Page kalian sudah bagus, Off Page hanya lah sebagai “suplemen” atau penunjang agar  website kalian semakin dikenal google.

Di dalam menyempurnakan SEO On Page, kalian harus pahami beberapa hal seperti dasar atau faktor apa saja dari On-Page SEO. Lalu pahami juga penggunaan link di dalam artikel. Memahami keywords atau kata kunci yang ingin kalian angkat di dalam artikel atau website kalian. Termasuk panjang dan pendek artikel yang ideal bagi website kalian.

Mulai Membangun SEO

Membangun SEO sangat penting. SEO apapun harus anda jalankan untuk mempopulerkan website anda. Pada kasus ini kita akan membahas cara menyempurnakan On Page SEO, dengan cara-cara yang mudah dipahami dan mudah dilakukan. Biasanya dalam penyempurnaan On Page SEO yang optimal, maka anda perlu untuk optimasi tampilan website (kecepatan dan kemudahan akses konten). Serta keunikan dan gaya bahasa yang lugas pada konten atau artikel yang dibahas pada website anda.



Inti yang utama dalam membangun On-Page SEO dan beberapa faktor penting di dalamnya akan dibahas pada artikel ini. Metode implementasi nya pun akan coba kami bahas dengan cara yang mudah dipahami. Berharap apa yang seobigbang bahas mampu dilaksanakan tanpa kesulitan.

Keuntungan Menyempurnakan On Page SEO

On Page SEO menyimpan banyak sekali keuntungan jika anda bisa melakukan itu semua dengan baik. Di bawah ini akan seobigbang berikan beberapa keuntungan dari penyempurnaan SEO On Page pada website :

  1. Mampu membuat ranking website anda menjadi lebih baik di SERP
  2. Membantu search engine dalam melakukan crawler konten anda dengan sempurna
  3. Mendatangkan kunjungan dalam jummlah besar ke website anda
  4. Jika anda seorang publisher, maka SEO On Page mampu meningkatkan CTR
  5. Semakin banyak pengguna pengunjung organik
  6. Tentu saja mengurangi biaya promosi website anda
  7. Yang terpenting adalah meningkatkan keuntungan dari semua bisnis yang terjadi pada website anda

Beberapa ilustrasi yang akan dijelaskan mengenai SEO On Page pada artikel akan mudah untuk dipahami. Kami berharap anda bisa langsung menyempurnakan SEO On Page pada setiap website anda.

 

Faktor Paling Dasar dari On Page SEO

Perlu dipahami bahwa dalam menyempurnakan On Page SEO pada suatu website, harus menguasai hal mendasar. Beberapa hal mendasar yang akan kita pelajari pada bagian ini merupakan hal dasar yang tidak boleh terlewatkan. Berikut hal mendasar yang seharusnya bisa kita pahami dengan mudah untuk mendapatkan SEO On Page terbaik.

Beberapa hal yang harus diperhatikan Post Title, Meta Description, Pemilihan Keywords, Alt Text, Kecepatan Website, dan beberapa hal yang akan dibahas di bawah.

Beberapa hal di atas sebenarnya sudah pernah kami singgung pada postingan sebelumnya mengenai SEO On Page Dasar.

Post Title

Suatu post title menjadi salah satu penentu kesempurnaan dari SEO On Page. Anda harus bisa memahami apa itu post title dan bagaimana cara optimasi nya dengan baik.

Sebelum anda melakukan publish content atau artikel, ada baiknya anda memastikan bahwa post title sudah benar.

Kami akan memberikan contoh seperti apa post title yang baik dan sehat bagi artikel anda. Anda bisa perhatikan contoh dari judul di bawah ini.

Menyempurnakan On Page SEO - Post Title

Terlihat bahwa gambar di atas menunjukan judul “Menyempurnakan On Page SEO Website” yang tidak terlalu pendek dan tidak terlalu panjang. Intinya anda harus menempatkan kata kunci yang anda inginkan atau yang anda bahas, dengan letak sebaiknya di awal kalimat judul.

Jadi, beberapa hal yang harus diperhiatikan terkait post title diantaranya :

  1. Berikan kata kunci / keyword di awal kalimat judul
  2. Judul jangan terlalu panjang, namun juga jangan terlalu pendek
  3. Perhatikan url yang dihasilkan, jika terlalu panjang maka akan menjadi tidak efektif

Title Tag

Masih banyak blogger yang tidak menganggap ini penting dan sebagian malah tidak mengetahui manfaat dari title tag. Title tag biasa digunakan oleh web ecommerce atau woocommerce atau toko online atau jasa tertentu yang ingin membuat clickbait title.

Menyempurnakan On Page SEO - Title Tag

Namun tidak sedikit juga blogger yang menggunakan title tag agar menarik pengunjung melakukan klik. Teknik title tag juga meningkatkan CTR – Click Through Rate pada SERP (bukan CTR adsense ya).

Meta Description

Meta description atau deskripsi yang akan ditampilkan oleh google pada SERP merupakan salah satu poin penting dalam menyempurnakan on page seo website anda. Pada dasarnya google hanya membaca meta description anda sepanjang 160 kata. Maka dari itu, sebaiknya anda membuat tidak melebihi 160 kata.



Tidak hanya google, namun manusia yang melihat meta description anda menjadi daya tarik yang akan di klik oleh calon pengunjung. Tips dari seobigbang dalam membangun Meta Description yang baik adalah :

  1. Jumlah kata tidak lebih dari 160 kata
  2. Berikan kata kunci atau keyword pada kalimat meta description
  3. Berikan kalimat click bait , misalkan jika anda berjualan kompor gas kaca. Maka berikan kalimat “Kami merupakan Perusahaan spesialis alat rumah tangga. Hanya hari ini Diskon 50% untuk semua Kompor Gas Kaca. Gratis Ongkos Kirim !” .

Optimasi Gambar / Image Optimization

Gambar menjadi salah satu penghambat website mendatangkan pengunjung yang banyak. Karena jika anda memiliki banyak gambar, maka hal tersebut bisa memperlambat website anda.

Optimasi gambar tidak hanya tentang size atau ukuran pada gambar, namun terdiri beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya :

  1. Ukuran file gambar yang digunakan. Seobigbang biasanya sebelum upload gambar yang digunakan, kami melakukan kompres pada gambar. Biasa kami melakukan kompres gambar ke situs penyedia kompres gambar. Ada banyak situs penyedia kompres gambar, anda masukan saja kata kunci “image online compression”
  2. Berikan Alt Image. Kenapa memberikan Alt Image ? karena agar google bisa melakukan index terhadap gambar anda untuk dimasukan ke dalam google image.

Menyempurnakan On Page SEO - Alt Image

Kecepatan Website

Kecepatan website tentu menjadi salah satu tolak ukur kesuksesan on page seo. Sebagus apapun konten dari suatu website yang dihasilkan, jika kecepatan website nya buruk maka hasilnya akan buruk. Jika anda ingin mengetahui apakah website anda tergolong ke dalam website yang lambat atau cepat, anda bisa mencoba nya di link berikut : https://gtmetrix.com.

Menyempurnakan On Page SEO - Optimasi Speed Website

Website di atas sangat penting untuk anda ketahui, karena hasil yang dikeluarkan pun bisa menjadi bahan evaluasi anda. Search engine google maupun lainnya sangat menyukai website yang cepat dan mudah diakses. Karena sebelum pengunjung mengetahui website anda, robot mesin pencari akan terlebih dahulu mengunjungi website anda. Robot tersebut datang untuk menggali data kata kunci pembahasan website anda, serta melaporkan kecepatan website anda.



Anda juga harus berhati-hati dalam memilih hosting, terkadang On Page SEO anda sudah baik namun hosting anda buruk.

Baca juga : Cara Memilih Hosting Terbaik Menurut Seobigbang

Desain Website Yang Responsive

Desain website yang responsif juga menjadi tolak ukur di dalam menyempurnakan on page seo. Intinya anda tidak perlu membuat sebuah website yang terlalu canggih dan rumit penampilannya. Para pengunjung biasanya tidak begitu menilai penampilan website anda. Yang membuat pengunjung datang terus menerus ke website anda adalah karena :

  1. Konten yang anda bahas mendalam dan menarik bagi mereka
  2. Tampilan yang mudah untuk akses konten
  3. Memiliki kontras atau jenis warna yang tidak mencolok (simple but elegant !)
  4. Menu jelas, kategori jelas, dan disediakan beberapa widget yang mendukung pencarian informasi

Mobile usage compatible juga menjadi pertimbangan baru dalam dunia blogger. Pasalnya kini google lebih menyukai website yang sudah mendukung AMP (Accelerated Mobile Pages). AMP bertujuan untuk membuat website anda lebih cepat diakses, baik oleh manusia maupun robot mesin pencari.

Semenjak update core terbaru, google lebih mengutamakan website yang mendukung AMP untuk nangkring di page on google.

Bagi anda pengguna wordpress, anda bisa menggunakan pluggin gratis AMP https://wordpress.org/plugins/accelerated-mobile-pages/. Plugin ini sangat berguna bagi anda yang ingin agar website anda mendukung AMP.

Bold & Italic

Atur lah format penulisan anda agar mudah dibaca. Format penulisan dapat terdiri dari paragraf, poin-poin dalam penyebutan bilangan tertentu, nomor urut, garis miring, bold, dan garis bawah. Masing-masing memiliki peran nya masing-masing.

Namun, ada satu format penulisan yang luput dari para blogger. Biasanya mereka tidak menghiraukan jumlah kata dalam satu kalimat. Usahakan maksimal adalah 20 kata dalam satu kalimat, hal ini lebih baik bagi anda dalam menyempurnakan on page seo.

 

SEO On Page Terhadap Link yang Ada

Anda harus juga memperhatikan link yang terdapat pada website. Karena link tersebut sebenarnya bagian dari SEO On Page, intinya adalah segala sesuatu yang berasal dari website anda adalah termasuk SEO On Page.

Untuk menyempurnakan On Page SEO, maka kalian harus juga memahami links yang ada pada website anda. Link di sini bukan lah backlink, karena backlink bukan termasuk ke dalam On Page SEO, melainkan Off Page SEO.

Membuat Inline Related Artikel

Mempersiapkan daftar link postingan atau artikel kita merupakan salah satu cara jitu yang bisa digunakan untuk memantapkan SEO On Page. Jika anda sudah membahas satu tema maka ada baiknya anda membahas kembali dengan isi yang lebih mendalam.

Misalkan, sebelumnya anda sudah membuat artikel yang berjudul “Apa itu Google Adsense ? Dan Bagaimana Cara Mendaftarnya ?” . Lalu anda bisa membuat artikel pendukung yang akan anda link-kan ke artikel tersebut dengan judul : ” Cara Menghasilkan Uang dengan Google Adsense”.

Sebaiknya anda melakukan publish tulisan anda secara bersamaan agar link tersebut menancap dengan sempurna.

Bagi anda yang masih kesulitan untuk membuat inline related link, anda bisa gunakan plugin nya : https://wordpress.org/plugins/intelly-related-posts/

Menyempurnakan On Page SEO - Inline related Article

Gunakan Social Sharing Plugin

Website yang memiliki plugin social share cenderung mendapatkan kunjungan lebih banyak, karena google lebih senang dengan website yang interaktif.

Menyempurnakan On Page SEO - Social Share

Harapan pertama dari adanya social share plugin ini adalah untuk membangun atau mendapatkan social signals. Karena website yang mendapatkan social signals akan menjadi lebih cepat viral nya. Dalam beberapa kasus, terdapat website yang tidak membutuhkan backlinks, namun hanya menggunakan social signals.

Pastikan URL Artikel Anda SEO Friendly

Jika anda adalah penggunakan plugin Yoast maka sudah sangat mudah bagi anda untuk melakukan optimasi terhadap url artikel. Karena di Yoast semua sudah jelas dan mudah untuk diaplikasikan. Namun masalahnya bagaimana jika anda tidak menggunakan Yoast ataupun bahkan bukan pengguna wordpress ?

Jika anda termasuk bukan pengguna wordpress atau bukan pengguna Yoast. Maka anda diwajibkan untuk memahami seperti apa SEO Friendly URL yang benar.

Prinsip-prinsip dari SEO Friendly URL :

  1. Jangan membuat link artikel yang terlalu panjang
  2. Jangan membuat link artikel yang terlalu pendek
  3. Berikan focus keyword artikel anda pada URL artikel anda
  4. Jangan menggunakan tanda baca pada URL anda

Anda bisa pelajari secara lengkap pembahasan mengenai SEO URL Structure di sini : https://neilpatel.com/blog/seo-urls/

Perbaiki Broken Links

Broken links sering menjadi kendala bagi blogger pemula. Karena hal ini dapat menjadi turunnya tingkat kepercayaan google terhadap website anda. Bagaimana tidak, saat artikel anda berhasil di index oleh google, namun beberapa hari setelahnya artikel anda lenyap. Penghapusan artikel juga akan memburuk citra anda di mata google. Atau bisa juga jika anda salah memberikan link yang saling terhubung di setiap post (inline related links), maka akan berdampak buruk bagi website anda.

Maka dari itu, penting itu selalu melakukan check terhadap total links di dalam website anda. Pastikan tidak ditemukan nya 404 error page, ataupun halaman lain yang tidak ada namun terindex google.



 

Keyword untuk Menyempurnakan On Page SEO

Suatu kata kunci atau keyword merupakan ujung tombak dari website anda. Jika anda memiliki website atau blog tidak memiliki keyword yang jelas, maka siap-siap website anda tenggelam. Kecuali anda memainkan website secara blackhat, nah itu berbeda lagi.

Macam-macam keyword pada suatu website berbeda-beda jenisnya dan semuanya memiliki tujuan untuk mengoptimasi keyword yang ada. Terdapat keyword placement, keyword density, LSI Keyword, dan sebagainya yang semua itu berguna dalam mendukung On Page SEO Strategy. Adapun konsep utama akan dibahas di bawah ini.

Optimasi Heading Tags

Suatu heading tas seharusnya memiliki struktur yang jelas dan baik dalam penempatan H1, H2, H3, dan seterusnya sesuai dengan fungsi nya. Setiap heading tags memiliki fungsi berbeda yang berguna untuk meng-identifikasi konten anda pada search engine / google.

Anda jangan lupa menaruh focus keyword (kata kunci utama) anda pada heading tags yang tepat. Biasanya blogger ataupun moneysite lainnya, menempatkan focus keyword pada H1 ataupun H2 pada artikelnya.

Letakan Keyword di Kalimat Pertama

Jangan lupa untuk menempatkan kata kunci utama anda di paragraf pertama anda atau lebih mudahnya, yaitu pada 100 kata pertama. Mengapa ? karena biasanya selain google membaca meta description anda, google juga sering sekali membaca 100 kata pertama pada artikel anda. Hal ini yang membuat terkadang satu artikel muncul 2 versi tampilan berbeda di google SERP.

Gunakan Long-Tail Keywords / LSI keywords

Long-Tail Keyword ataupun LSI keywords ataupun sering juga disebut sebagai kata kunci turunan, memiliki sifat penggabungan beberapa keywords yang ada.

Perlu diingat bahwa Long-Tail Keywords tidak selalu kata kunci yang panjang, melainkan dua atau tiga kata kunci yang digabungkan menjadi 1 kata

Sebagai contoh :

Kata kunci pilihan 1 : Buku Merah

Kata kunci pilihan 2 : Buku Paling Mahal

Kata kunci pilihan 3 : Toko Buku

Maka, kata Long-Tail keywords yang baik adalah penggabungan dari ketiga kata kunci tersebut, menjadi : Toko Buku Merah Paling Mahal

Kata kunci / keywords tersebut lebih mudah naik ke posisi tinggi di Google SERP (Search Engine Result Page).

Menyempurnakan On Page SEO - Long Tail Keywords Graphic

 

 

On Page SEO dengan Content Writing

Content writing atau lebih tepatnya bagaimana cara menulis konten atau artikel yang baik ?

Hal ini sudah kami pernah bahas sekilas mengenai cara menulis artikel viralPada artikel tersebut dijelaskan bagaimana anda mampu mendapatkan ataupun menciptakan artikel viral berkualitas yang mampu mendatangkan pengunjung yang sangat banyak.

Terdapat beberapa hal yang harus anda perhatikan dikala anda ingin melakukan optimasi artikel atau content website anda, diantaranya :

Panjang Konten

Panjang konten atau lebih tepatnya banyak jumlah kata di dalam satu artikel harus memiliki standar minimal tertentu, yaitu minimal 500 kata. Jika anda mampu membuat artikel dengan jumlah kata minimal 1.000 dan 100% unik (cek di sini : https://smallseotools.com/plagiarism-checker/).

Mengapa harus 1.000 kata ? karena jika anda membuat artikel dengan jumlah kata sebanyak itu, maka nanti akan secara natural tercipta organic keywords yang akan terbaca oleh google.



Menyempurnakan On Page SEO - Panjang Artikel

Jika anda ingin mengalahkan kompetitor, anda harus membuat artikel dengan jumlah kata yang sangat panjang namun tidak membosankan. Anda harus membuat daftar isi saat anda membuat artikel yang sangat panjang. Tidak hanya itu, anda harus pastikan keyword density, pastikan juga harus ada keyword turunan atau keyword pendukung keyword utama anda.

Menggunakan sinonim dari salah satu kata di kata kunci yang anda targetkan dalam satu artikel. Misalkan Long-Tail Keyword anda adalah Toko Buku Merah Paling Mahal. Maka anda bisa gunakan sinonim dengan kalimat Menjual Buku Berwarna Merah Ekslusif.

Menggunakan Artikel Pendukung

Artikel pendukung adalah artikel dimana anda membuat artikel yang mendukung artikel lainnya. Jika anda pernah membahas artikel dengan judul “Cara Mendaftar Google Adsense” , maka selanjutnya anda bisa membuat artikel dengan judul “Optimasi Google Adsense”, di dalamnya masukan link ke artikel sebelumnya.