Panduan Google Webmaster Tools untuk Pemula

0
Nilai Anda Untuk Artikel Ini
Sending
User Rating (5547 votes)

Panduan google webmaster tools untuk pemula sangat diperlukan bagi anda yang baru berkecimpung di dunia blogging. Artikel ini kami harap mampu membantu anda untuk melakukan index dan lain sebagainya dengan Google Webmaster Tools.

Bagi anda yang berkecimpung dalam kegiatan SEO sehari-hari pastijnya tidak asing lagi dengan layanan Google Webmaster Tools yang disingkat GWT. Tools ini menjadi pegangan sehari-hari bagi para pakar SEO setelah Bing Webmaster Tools.

Namun bagi seorang pemula banyak yang belum mengenal dan memahami GWT ini. Apa itu Google Webmaster Tools, apa fungsi dan bagaimana panduannya?

Sebenarnya cara menggunakan tools ini sudah banyak beredar di berbagai forum bisnis online di dunia maya. Seperti  ads id. Baik berupa thread atau ebook maupun artikel.

Google Webmaster Tools merupakan tool yang dimiliki oleh perusahaan Google yang dapat digunakan secara gratis oleh siapapun juga terutama kalangan blogger profesional, konten marketer, internet marketer, pebisnis online dan lain-lain untuk memantau perkembangan website ataupun blog miliknya. Sehingga blog atau web dapat dimaksimalkan lebih lanjut.

Secara susunan bahasa, Google Webmaster Tools terdiri dari empat kata yaitu Google yang berarti sebuah mesin pencarian yang sangat populer di dunia.

Web yang mengandung arti sebuah media informasi digital. Master berarti guru atau ahli. Dan tools adalah peralatan.

Baca Juga : Mengenai Cara Pembayaran Google Adsense

Dengan demikian, secara istilah, Google Webmaster Tools adalah peralatan yang dimiliki oleh perusahaan Google yang bersifat perangkat lunak dan dapat dipergunakan secara gratis oleh pakar dalam dunia web.

Panduan Google Webmaster Tools untuk Pemula

Panduan Google Webmaster Tools untuk Pemula - cover

Salah satu yang diharapkan oleh pemilik blog adalah blognya dapat tampil peringkat pertama mesin telusur google dengan kata kunci yang ditargetkan. Karena hal ini akan memudahkan mendatangkan lebih banyak trafik dan jualan lebih laku jika blog dijadikan toko online.

Baca Juga :  Memahami Google Hummingbird Lebih Dalam




Namun impian tidak selamanya sesuai harapan. Seringkali jauh panggang dari api. Manusia hanya sekedar berusaha. Tapi Allah SWT yang menentukan.

Terkadang blog atau website yang anda miliki berada di luar halaman satu atau dua google. Hal ini mengakibatkan blog dan website anda sepi pengunjung. Kalau hal ini terjadi ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Cara yang paling mudah untuk menempatkan blog atau website anda berada di peringkat pertama google atau paling tidak di halaman pertama google adalah dengan menggunakan layanan google adwords.

Cara ini tidaklah gratis. Namun anda harus membayar sejumlah uang supaya blog ataupun website anda dapat muncul di halaman pertama google dengan keyword tertentu.

Teknik google adword terbukti dapat menghasilkan banyak pengunjung tertarget. Namun bagi yang memiliki modalkeuangan terbatas, sangat disarankan menggunakan cara lain yang tak kalah efektif yaitu dengan teknik SEO.

Teknik Search engine optimization adalah proses memaksimalkan sebuah website atau blog dengan SEO offpage dan onpage. Supaya dapat tampil di halaman pertama google dengan kata kunci tertentu secara gratis.

Manfaat Google Webmaster Tools

Sebelum membahas cara menggunakan Google Webmaster Tools, alangkah baiknya kita menjelaskan dulu beberapa manfaat layanan Google Webmaster Tools, antara lain :




1. Dapat meningkatkan PR Website

Dengan cara menghapus beberapa metadeskripsi duplikat, konten duplikat maupun broken link. Sehingga HTML berjalan lebih sempurna dari sebelumnya.

2. Laporan website terinci dan lengkap

Memberikan laporan data secara lengkap mengenai perkembangan blog sobat. GWT dapat menyaksikan perkembangan blog dan website anda secara menyeluruh.

Dari mulai laporan kesalahan url, server dan crawl. Kemudian dilanjutkan dengan laporan keyword yang dituliskan pengunjung di google untuk mengunjungi blog anda, jumlah url yang terindeks mesin pencarian google, url yang dicekal dan lain sebagainya. Yang semua itu ditampilkan secara lengkap dalam bentuk angka dan grafik.

3. Melakukan evaluasi atas website anda

Melakukan evaluasi terhadap performa blog dengan melihat laporan-laporan yang diberikan oleh Google webmaster tools. Misalkan pada laporan GWT ditampilkan kecepatan loading website atau blog sobat ketika diakses pengunjung.

Baca Juga :  Internal dan Eksternal Linking : Bahaya atau Tidak ?

Jika kecepatan loading terlihat agak lambat maka anda bisa meningkatkannya dengan berbagai cara. Salah satu caranya dengan mengganti template yang fast loading.

4. Pemberitahuan adanya malware atau serangan virus

Malware adalah satu jenis virus yang sangat membahayakan bagi kinerja suatu blog. Blog yang terinfeksi malware akan mengalami penurunan pengunjung secara drastis.

Oleh sebab itu, dengan menggunakan Google webmaster tools, anda akan mengetahui adanya malware atau tidak di blog anda melalui pemberitahuan dari GWT yang dilakukan secara rutin.

Namun untuk mendapatkan laporan terkena tidaknya blog atau website sobat dari malware pastikan blog sobat sudah terdaftar dan terverifikasi di Goole Webmaster Tools.

Dengan demikian, setelah anda mengetahui bahwasanya blog atau website sobat terkena malware maka secepat mungkin bisa menghilangkan virus tersebut untuk menjaga performa blog atau website anda tetap baik.

5. Melakukan konfigurasi menyeluruh

Google webmaster tools dapat juga dimanfaatkan untuk keperluan konfigurasi. Misalkan mensetting parameter url, mengelola daerah yang mau dibidik, dan lain-lain.




Untuk mendaftarkan blog atau website anda ke Google webmaster tools maka langkah pertama adalah mengunjungi situs resminya di : google.com/webmasters/tools/home?hl=id

Itulah beberapa manfaat google webmaster tools yang bisa anda gunakan untuk mengembangkan blog atau web anda, Selanjutnya kita akan membahas bagaimana cara mendaftarkan blog atau website kita di Google Webmaster Tools.

Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Search Console

Untuk mendaftarkan blog atau website anda ke Google Webmaster Tools sangat mudah. Anda diwajibkan mempunyai akun google untuk memudahkan proses pendaftaran.

Jika anda belum mempunyai akun google atau gmail maka sobat dapat membikinnya dahulu sebelum melakukan pendaftaran blog ke Google webmaster Tool.

Berikut ini langkah-langkah mendaftarkan blog atau web anda ke GWT, antara lain :



  1. Buka browser di komputer
  2. Masuk ke mesin pencrian google. Ketikkan : “Google webmaster tools” pada kolom pencarian. Lalu tekan tombor Enter
  3. Akan tampak beberapa website. Klik tulisan Google Search Console yang berada di peringkat pertama Google. Perlu diketahui, seiring dengan perkembangan jaman, Google Webmaster tools mengalami perubahan dalam segi fitur maupun nama. Untuk nama Google Webmaster Tools digantikan dengan nama Google Search Console yang lebih dinamis dan lengkap serta terbaru
  4. Anda akan mendapatkan halaman utama Google webmaster tools atau google search console dengan semboyan Tingkatkan performa anda di google penelusuran
  5. Pada bagian kiri halaman, klik tombol “Mulai Sekarang” yang berwarna biru
  6. Di kolom kosong, sobat bisa mengisikan dengan alamat url blog sobat
  7. Sobat akan diarahkan pada halaman verifikasi. Proses verifikasi dapat dilakukan dengan metode alternate metthod. Kemudian klik tombol Verifikasi. Maka anda akan mendapatkan kode yang harus anda tempel pada HTML blog anda melalui menu tools atau Template bagi blogspot. Lalu tekan tombol Save.
Baca Juga :  Cara Membuat Blog Terkenal Bertahan Lama

Setelah blog anda berhasil didaftarkan dan diverifikasi maka akan tampak nama blog anda di halaman utama Google Search Console yang berisikan laporan mengenai perkembangan website atau blog sobat dan fitur-fitur yang tersedia.

Yang meliputi :

  • Sekilas, kinerja
  • inspeksi url
  • Sitemaps yang berguna untuk mengindeks semua artikel di blog sobat
  • Crawler access
  • HTML Improvement
  • Crawl Stats
  • Crawl Error
  • Link to your site
  • Search analytics dan Sitelinks.

Klik menu Sekilas maka akan tampak laporan sekilas kinerja blog anda dalam bentuk total klik penelusuran web, halaman yanag valid, dan halaman yang error.

Untuk mengetahui lebih lengkap laporannya maka anda bisa klik tulisan berwarna biru di sebelah kanan halaman bertuliskan “Buka Laporan”. Anda bisa juga melihat kinerja blog anda dengan klik menu Kinerja.

Akan tampak performa website anda dalam tiga bulan terakhir dari segi total klik, total tayangan, CTR rata-rata dan posisi rata-rata.

Itulah panduan Google Webmaster Tools untuk pemula yang berguna bagi anda dalam memantau perkembangan website anda. Semoga bermanfaat.

Silahkan nonaktifkan adblock anda untuk membaca konten kami.
Refresh