Panduan Lengkap Bing Webmaster Tools Pemula

Panduan Lengkap Bing Webmaster Tools ini memudahkan anda dalam mengembangkan website atau blog anda. Perlu diingat cara yang dibahas ini adalah cara untuk pemula, jika anda sudah ahli dalam bidang ini, maka anda bisa jadikan ini salah satu referensi tambahan anda saja.

Bing Webmaster Tools sama seperti Google Webmaster Tools yang merupakan aplikasi perangkat lunak yang wajib dimiliki oleh setiap pengelola blog atau website yang ingin memaksimalkan blog mereka di mesin pencarian bing.

Perangkat ini sering digunakan oleh para ahliseo atau webmaster untuk meriset kata kunci disamping melihat perkembangan kinerja blog atau websitenya.

Panduan Lengkap Bing Webmaster Tools

Panduan Lengkap Bing Webmaster Tools Pemula - cover

Konten merupakan raja dari sebuah website dan blog. Tanpa adanya konten maka blog dan website tersebut akan sepi pengunjung. Dengan banyaknya konten maka pengunjung akan datang secara melimpah.




Hal ini sebagaimana sering diungkapkan oleh para ahli seo dan webmaster bahwa konten adalah raja. Bentuk konten saat ini berbagai macam.

Bisa berupa teks, video, audio, gambar dan lain sebagainya. Namun umumnya konten dalam sebuah blog atau website adalah teks berupa tulisan artikel.

Baca Juga : Cara Mengembalikan File Terhapus di HP Android

Untuk membuat artikel tidak mudah. Terlebih dahulu harus mempersiapkan sumber referensi disamping menentukan kata kunci. Penentuan kata kunci terkadang membutuhkan waktu yang cukup lama.

Dan ini sering disebut kegiatan riset keyword. A da banyak aplikasi yang dapat membantu kegiatan riset kata kunci ini. Salah satunya adalah bing webmaster tools.

Untuk menentukan keyword yang akan kita tulis gampang sekali diperlukan sebuah riset yang mendalam. Bukan hanya memakan waktu satu langkah dua langkah.

Namun harus dilakukan beberapa langkah. Supaya kata kunci yang didapatkan benar-benar terbaik, tertarget, dengan tingkat pencarian tinggi dan tingkat persaingan rendah. Selain itu, penentuan kata kunci, Anda bisa melihat dari tema yang sobat sukai maupun produk yang akan dipromosikan.

Riset kata kunci berkaitan dengan jumlah trafik yang akan didapatkan. Selama kata kunci yang ditulis tepat maka dengan sendirinya jumlah pengunjung blog akan semakin banyak.

Baca Juga :  Panduan Pemula : Cara Membuat Blog Secara Gratis

Sebaliknya jika kata kunci yang ditulis berkualitas kurang bagus maka dengan sendirinya blog akan sepi pengunjung. Di sinilah riset kata kunci harus benar-benar mendalam dan teliti.

Kegiatan riset kata kunci merupakan bagian dari teknik SEO yang sangat menyenangkan untuk dibahas dan dipelajari. Ilmu ini terus berkembang dari waktu ke waktu. Salah satu hal yang mendasar dari penentuan riset keyword adalah memilih keyword yang sedang dicari banyak orang.

Paling pokok yang harus dimulai dari riset kata kunci adalah menentukan kata kunci yang mau sobat tulis berdasarkan niche blog yang sobat miliki dan sukai. Dilanjutkan dengan penulisan artikel yang disertai kata kunci itu berikut tambahan queries untuk mendukung teknik SEO.

Contohnya : Niche blog anda adalah es krim rumahan. Maka kumpulan kueri yang bisa didaftarkan adalah harga es krim rumahan, es krim pot, es krim neopolitan, agen es krim, pabrik es krim, cara membuat es krim, resep es krim murah yang enak, dan lain sebagainya.




Berikutnya anda menggunakan bantuan aplikasi gratis untuk riset kata kunci selanjutnya. Anda bisa menggunakan aplikasi riset kata kunci. Seperti Soovle. Buka browser laptop anda. Kemudian kunjungi Soovle.com.

Pada kolom pencarian yang kosong, ketikan : es krim rumahan maka anda akan mendapatkan berbagai ide kata kunci. Seperti : es krim rumahan tanpa mixer, es krim rumahan untuk dijual, es krim rumahan yang lembut, es krim rumahan sederhana dan lain-lain. Anda bisa memilih keyword yang panjang dan menarik untuk ditulis dijadikan sebuah artikel.

Penjelasan Singkat Bing Webmaster Tools

Siapapun yang memiliki blog pastinya membutuhkan tool SEO yang dapat membantu meningkatkan kinerja blog. Baik peralatan SEO yang disediakan online maupun offline. Salah satunya bing webmaster tools yang dapat dipergunakan untuk melihat dan mengevaluasi performa search engine optimization blog sobat.

Bagi anda yang belum mengetahui apa itu bing webmaster tools. Secara mudahnya, Bing webmaster tools adalah suatu perangkat lunak yang dapat dipergunakan secara gratis untuk pemilik blog dalam meningkatkan kinerja blognya di halaman pencarian bing.

Baca Juga :  Cara Termudah Menguasai Blogger Bagi Pemula

Pesaing dari bing webmaster tool adalah google webmaster tools. Mesin pencarian google lebih populer ketimbang bing dan yahoo. Berdasarkan urutan popularitas mesin pencarian di dunia. Diurutan pertama, Google. Diurutan kedua adalah yahoo.

Dan urutan ketiga adalah bing. Walaupun dalam penggunaan di masyarakat, bing kalah telak dengan Google dan yahoo. Namun banyak orang juga yang menggunakan mesin pencarian bing untuk mendapatkan informasi di internet.

Bing webmaster tools fasilitas gratis yang disediakan oleh perusahaan Microsoft Inc dalam membantu pemilik blog mengoptimalkan blognya sehingga dapat tampil di halaman pertama bing dan dikunjungi banyak orang.

Penggunaan bing webmaster tools diperuntukan bagi pengelola blog profesional. Dimana dalam layanan gratisan ini akan ditampilkan laporan secara mendetail mengenai kinerja blog dalam segi search engine optimization. Yang kurang SEO dapat disempurnakan dan yang sudah baik dalam teknik SEO dapat ditingkatkan.

Panduan Lengkap Bing Webmaster Tools Pemula

Untuk mulai menggunakan perangkat bing webmaster tools untuk melihat perkembangan kinerja website atau blog anda sekaligus riset kata kunci maka anda diwajibkan daftar terlebih dulu. Untuk mendaftarkan blog atau website anda ke bing cukup gampang.

Pendek kata, untuk menggunakan bing webmaster tools, anda diharuskan mendaftarkan blog atau website terlebih dulu pada bing. Dan syarat untuk mendaftarkan blog anda di Bing webmaster tools adalah mempunyaki akun bing. Apabila sobat belum mempunyai akun bing maka anda dapat membuatnya secara gratis dengan klik tombol Sign Up.

Berikut ini panduan lengkap bing webmaster tools, antara lain :




  1. Buka broser di komputer. Lalu kunjungi Google. Ketikkan : Bing Webmaster Tools
  2. Pilih atau klik situs : Webmaster Tools-Bing di peringkat satu. Atau anda bisa langsung mengunjungi situs resmi bing di bing.com/toolbox/webmaster
  3. Anda akan mendapatkan halaman utama Bing Webmaster Tools. Klik tombol “Sign in” jika anda sudah memiliki akun bing untuk proses log in. Jika anda belum mepunyai akun bing maka anda bisa menghklik tombol “Sign Up” dibawahnya
  4. Klik Sign in maka anda dimintakan proses sign in dengan tiga opsi. Anda bisa sign in di Bing Webmaster tools dengan account Microsoft, Google dan Facebook. Pilih atau klik Google maka anda akan memasuki halaman akun bing webmaster tools menggunakan akun google
  5. Lakukan pendaftaran dan verifikasi blog atau website anda. Sehingga blog anda bisa muncul ditampilan halaman dashboard Bing Webmaster Tools dengan menu My Sites
  6. Isikan kolom yang kosong dengan url blog sobat. Tekan tombol “Add”. Sobat akan diminta untuk mengisi kolom-kolom kosong berkaitan dengan informasi blog sobat. Dan jangan lupa masukkan url peta situs blog anda
  7. Klik tombol “Verify Now”. Sobat bisa melakukan verifikasi blog dengan tiga cara yaitu memakai XML file verification, dns verification dan meta tag verification. Namun yang paling mudah dan direkomendasikan penulis adalah melakukan metatag verification karena lebih mudah. Dengan cara memasang kode pada HTML blog sobat.
Baca Juga :  Cara Membuat Blog Bule Traffic Tinggi Setiap Harinya

Proses verifikasi memakan waktu maksimal dua hari. Sambil mesin pencarian bing melaksanakan kegiatan crawling dan indexing terhadap website anda.

Setelah proses verifikasi berhasil maka secara langsung anda akan melihat laporan-laporan tentang perkembangan website anda. Yang mencakup : Clicks from search, Appeared in search, pages crawled, pages indexed, keyword organic, kata kunci yang terpopuler, inboud link dan lain sebagainya.

Klik nama blog anda di halaman utama Bing Webmaster Tools maka anda akan diarahkan pada dashboard. Akan tampak laporan aktifitas kinerja blog anda terbaru secara lengkap meliputi pages crawled, crawl errors, dan pages indexed beserta jumlah angkanya.

Kemudian di bagian bawah terdapat laporan mengenai kapan terakhir anda mengirim sitemaps ke Bing Webmaster Tools beserta jumlah inbound links yang terdapat di website anda.

Fitur-fitur disamping kiri halaman Bing Webmaster Tools dapat dimaksimalkan pula untuk kepentingan SEO blog. Seperti :

  • Configure my sites
  • Sitemaps
  • Ignore url parameters
  • Crawl control
  • Deep links
  • Block urls
  • Disavow links
  • Geo targeting
  • Verify ownersship
  • Connected pages
  • Users
  • Reports and data
  • Page trafic
  • Index explorer
  • Search keywords
  • SEO reports
  • Inbound links
  • Crawl information
  • Fetch as bingbot
  • Keyword research
  • SEO analizer dan lain-lain.

Demikianlah panduan lengkap bing webmaster tools yang dapat anda aplikasikan. Walaupun singkat, uraian ini mudah-mudahan dapat memberikan tambahan wawasan bagi anda sekalian.