Panduan Membuat Niche Blog Yang Menguntungkan

Nilai Anda Untuk Artikel Ini
Sending
User Rating ( votes)

Panduan membuat niche blog menjadi salah satu hal yang dicari oleh para blogger pemula. Tutorial ini lebih mengarahkan mereka kepada hal – hal yang memang mereka cari selama ini. Pada artikel ini, seobigbang akan membahas mengenai cara agar anda bisa menentukan niche blog yang menguntungkan.

Pada jaman dulu kemunculan blog hanyalah dijadikan sarana untukmenyalurkan hobi seseorang dalam menulis. Namun seiring dengan perkembangan jaman terbaru, kegiatan ngeblog dapat menghasilkan uang dalam jumlah besar. Sehingga berbondong-bondong orang membuat blog sekedar untuk memperoleh uang dari blog.

Penghasilan dari ngeblog bersifat pasif. Ketika tidur pun kita akan mendapatkan uang. Hal inilah yang membuat kegiatan blogging lebih menyenangkan terutama bagi seorang yang hobi menulis. Dari kegiatan menulis sekedar menyalurkan hobi menulis sekaligus dapat uang.

Perkembangan blog sekarang sangat pesat di seluruh dunia. Berbagai blog niche dengan berbagai jenis dan kategori tumbuh subur bak kacang di musim hujan. Blog bukan hanya digunakan untuk menulis diary atau catatan sehari-hari. Tapi juga dipergunakan sebagai mesin penghasil uang otomatis dan sarana untuk bisnis online.

Panduan Membuat Niche Blog Yang Menguntungkan - cover

Dahulu profesi atau pekerjaan seorang blogger begitu asing di telinga. Tapi saat ini profesi blogger tak aneh di telinga kita. Sampai-sampai sebuah stasiun televisi swasta menayangkan beberapa blogger yang sukses di Indonesia.

Gambaran singkatnya hanya duduk santai di kursi lalu menulis artikel sudah dapat menghasilkan uang jutaan perbulan. Begitu mudahnya profesi menjadi blogger dengan penghasilan jutaan perbulan.

Baca Juga : Larangan dalam Praktik Optimasi Paling Update

Dalam menjalani profesi blogger, ada banyak blogger yang mengalami kegagalan. Karir ngeblognya mentok. Penghasilan masih tetap nol dan trafik masih kecil. Diantara blogger gagal ada sebagian  blogger sukses yang menghasilkan uang jutaaan sampai ratusan juta rupiah perbulan. Merekalah yangmampu membuat niche blog terbaik yang mendatangkan banyak trafik pada blognya, mampu mendapatkan banyak pengiklan, dan lain-lain.

Baca Juga :  Mencari Jasa SEO Terbaik 2019

Jenis Dan Macam Blog

Ada dua jenis dan macam blog yang ada di dunia ini berdasarkan topik yang dibahas, yaitu :




Blog Gado Gado

Blog gado gado adalah sebuah blog yang membahas semua topik dalam satu blog.

Blog Niche

Blog niche disebut juga blog khusus yang membahas satu topik. Sehingga pembahasan tidak melantur ke mana mana. Tapi fokus pada satu topik. Seiring perkembangan jaman, blog niche berkembang sangat pesat saat ini hingga melahirkan jenis blog micro niche yang lebih khusus lagi berkaitan dengan booming monetisasi blog.

Kelebihan Blog Niche

Sangat bagus bagi anda untuk memilih membuat blog niche. Sebab potensinya sangat besar ketimbang blog gado-gado. Mesin pencari Google dan para pembaca lebih menyukai sebuah blog yang membahas suatu tema secara khusus dibandingkan blog gado-gado. Sehingga blog niche lebih mudah mendapatkan trafik dan pembaca perharinya.

Lebih mudahnya anda bisa melakukan perbandingan berikut. Pada saat bersamaan ada dua orang yang sedang mencari infornasi yang sama terhadap suatu topik yang sama. Mereka menggunakan google dalam mencari info tersebut.

Baca Juga : Bisnis Modal Kecil

Kemudian ada banyak blog dan membuka blog gado gado yang artikelnya membahas bidang tersebut. Lalu setelah selesai membaca, mereka beralih memilih blog niche yang membahas satu topik tersebut secara mendetail dan fokus. Maka blog mana yang mereka pilih dan blog mana yang mereka ingat selalu. Jawaban tentunya blog niche.

Jika dikaitkan dengan bisnis online, blog niche juga lebih menguntungkan dari blog gado-gado. Karena isi pembahasan sangat lengkap dan fokus serta tingkat kepercayaan publik lebih tinggi terhadap blog niche ketimbang blog gado-gado.




Misalkan anda membuka suatu usaha bisnis maka pembaca lebih percaya ke toko online yang lebih terfokus.

Bagi anda yang ingin menghasilkan uang dari ngeblog maka anda dapat memulainya dengan membuat blog niche yang populer dan banyak dicari orang. Seperti blog niche sepakbola, makanan, minuman, traveling, teknologi, kesehatan, tips dan trik dan lain-lain.

Baca Juga :  Panduan Pemula : Informasi Seputar EDU Backlinks

Panduan Membuat Niche Blog Yang Menguntungkan

Bagi anda yang ingin menghasilkan uang dari ngeblog, berikut ini panduan membuat niche blog yang menguntungkan, antara lain :

Menentukan tema blog

Anda bisa membuat blog dengan tema khusus seperti teknologi, kesehatan, peluang usaha, kuliner, nama hotel, otomotif dan lain-lain disesuaikan dengan hobi dan minat serta keahlian anda dalam bidang tersebut.




Panduan membuat niche blog : Konsisten

Dengan membuat blog niche secara spesifik sesuai bakat, minat dan keterampilan anda pastinya menulis artikel berkaitan dengan tema tersebut akan sangat mudah, menyenangkan dan berkualitas baik.Sehingga memposting artikel setiap hari bukanlah hal sulit tapi sangat mudah.

Mendirikan komunitas

Membangun komunitas sangat bagus jika blog niche anda digunakan untuk sarana promosi online maupun monetisasi blog. Blog niche yang anda buat pastinya mempunyai pembaca setia.

Baca Juga : Ide Bisnis Kreatif “Contoh dari Usaha Kekinian”

Inilah yang membuat anda dapat membangun komunitas dengan sendirinya. Dan secara berkala dapat kopi darat untuk saling bertemu dan bersilaturahmi antara sesama komunitas.

Menjadi pakar

Blog bertema khusus atau blog niche sangat banyak jumlahnya di tanah air dan dunia. Mereka bersaing secara ketat untuk mendapatkan sebanyak mungkin pengunjung. Blog niche yang membahas topik tertentu dengan keahlian tingkat pemula, sedang dan tinggi yang akan memenangkan persaingan dengan bahasa ringan dan mudah dicerna.




Oleh karena itulah, anda mesti jadi yang terbaik dalam bidang tema yang anda bahas di blog dengan bahasa yang ringan dan fun.

Berdasarkan pakar pengembangan diri, seseorang yang terus menerus menekuni suatu bidang sebanyak 70 kali maka dengan sendirinya akan menjadi ahli. Dari situlah sangat jelas untuk menjadi pakar atau ahli dalam suatu bidang sangat mudah. Dengan mempelajari topik tersebut secara terus menerus dalam waktu lama. Dengan demikian, anda semakin menguasai bidang tersebut dan ahli serta kelak mendapatkan pengakuan dari masyarakat.

Panduan membuat niche blog : Riset Kata Kunci

Seperti yang seobigbang sudah jelaskan sebelumnya bahwa anda memerlukan suatu riset kata kunci / keyword pada blog anda. Anda bisa menggunakan riset keyword atau riset kata kunci dengan google keyword planner. Anda juga bisa menggunakan akun versi gratis dari keywordrevealer. Anda tinggal daftarkan dari beberapa email anda untuk mendapatkan akun gratis tersebut.

Baca Juga :  Informasi Seputar Ping Backlink : Amunisi Tambahan Blogger

Panduan membuat niche blog : Analisis SWOT

Sebuah blog juga perlu perlu dilakukan analisis SWOT untuk melihat kemajuan, kelebihan maupun kekurangan blog tersebut sama seperti bisnis fisik. Anda dapat melihat dari mana sumber trafik utama blog anda.

Baca Juga : Cara Membuat Blog Gratis




Dan anda bisa meningkatkannya lebih besar. Lalu bagaimana cara para pesaing yang ditempuh untuk menjaring banyak trafik dan blog niche mana saja yang menjadi ancaman bagi anda. Semua itu bisa dipelajari melalui analisa SWOT.

Menarik sponsor atau pengiklan

Hal yang paling utama untuk menghasilkan uangdari blog adalah memastikan blog niche dapat menarik iklan. Karena penghasilan dari ngeblog paling utama dan paling mudah melalui iklan. Seperti iklan google adsense, iklan mandiri, dll.

Dan berdasarkan penelitian, sebuah blog niche lebih menarik para pengiklan ketimbang blog personal yang umum atau gado gado. Sehingga peluang sukses blog niche lebih besar ketimbang blog personal umum.

Konten SEO

Blog niche merupakan blog yang SEO friendly. Karena adanya fakta bahwa mesin pencarian google lebih menyukai blog niche ketimbang blog personal dan umum. Setiap artikel yang diposting yang membahas topik tersebut akan dengan mudah masuk ke halaman pertama Google. Hingga trafik dapat dengan mudah bertambah banyak.

Konversi tinggi

Untuk blog niche memiliki tingkat konversi penjualan lebih tinggi ketimbang blog gado-gado. Disebabkan pengunjung yang sangat tertarget dan lumayan banyak.

Demikianlah panduan membuat niche blog yang menguntungkan yang dapat saya sampaikan. Ternyata sangat mudah. Yang terpenting adalah niat baik dan kerja keras.Bagaimana anda tertarik membuat blog niche?