Panduan Pemula : Cara Membuat Blog di Blogger

Nilai Anda Untuk Artikel Ini
Sending
User Rating ( votes)

Pada artikel kali ini kami akan membagikan informasi seputar cara membuat blog di blogger, yaitu blog yang menggunakan platform blogspot.

Saat ini membuat blog semakin mudah karena bisa dilakukan menggunakan perangkat pc/laptop dan juga smarphone.

Banyak blogger yang senang membuat blog di blogger.com bukan saja karena gratis, tetapi juga kualitas layanan yang disediakan untuk pembuatan sangat memuaskan, belum lagi fasilitas dan kemudahan dalam proses pembuatan blog di blogger.com tersebut.

Selain itu, blog yang menggunakan platform blogspot juga lebih seo friendly dan lebih mudah terindeks dan mendapatkan peringkat di Google. Ya wajar saja, karena memang blogger.com adalah milik dari Google.

Cara Membuat Blog di Blogger Secara Gratis

Cara Membuat Blog di Blogger - Cover

Sebelum kita menyebutkan step by step cara membuat blog di blogger, perlu diketahui bahwa blog merupakan singkatan dari web log, yaitu aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web.




Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya harus seperti itu.

Di masa dahulu, blog hanya difungsikan sebagai diary online bagi pemiliknya. Namun, seiring dengan perkembangan zaman dan semakin canggihnya dunia internet, kini blog atau web blog sudah digunakan sebagai sarana untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Bahkan, sebagian blogger sudah menjadikan kegiatan blog sebagai pekerjaan utama yang menghasilkan passive income.

Kondisi inilah yang memicu munculnya para blogger baru yang semakin menambah semaraknya dunia blogging di tanah air, bahkan di dunia.

Tidak heran jika banyak para blogger pemula yang mencari panduan dan tutorial cara membuat blog di blogger.

Buat Gmail Terlebih Dahulu

Satu hal penting yang perlu diketahui pada cara membuat blog pada blogger adalah kamu harus memiliki akun Gmail (Google Mail) terlebih dahulu sebelum membuat blog di blogger.

Ini merupakan persyaratan utama dan mutlak jika kamu ingin memiliki blog gratisan di blogger.com.

Cara membuat gmail cukup mudah kok, tidak sulit. Adapun caranya adalah sebagai berikut :

  • Silahkan akses gmail.com di browser apapun yang kamu gunakan
  • Setelah terbuka, klik tombol “Buat Akun’ yang berwarna biru di pojok kanan atas
  • Selanjutnya isi data-data yang diperlukan, yang mencakup penulisan nama depan dan belakang, nama email @gmail.com, penulisan sandi dan konfirmasi sandi (tulis ulang sandi kedua kalinya). Setelah itu klik tombol “Berikutnya” yang berwarna biru di bawah sebelah kanan.
  • Setelah itu kamu akan diminta untuk memasukkan nomor hp untuk konfirmasi. Setelah dimasukkan, klik tombol “Berikutnya”



  • Selanjutnya masukkan 6 nomor kode veriifkasi yang dikirimkan ke nomor hp kamu ke kolom yang disediakan pihak gmail, lalu klik verifikasi
  • Setelah itu kamu akan diminta untuk memasukkan email pemulihan (optional), tanggal lahir, dan jenis kelamin. Setelah semua sudah dimasukkan, klik “Berikutnya”
  • Setelah itu, klik “Lewati”
  • Setelah itu muncul halaman privacy dan persyaratan, scroll ke bawah, lalu klik tombol “Saya Setuju”
  • Setelah kamu memiliki alamat email di Gmail.com, berarti kamu sudah memenuhi persyaratan untuk membuat blog di blogger.

Sebelum kamu membuat blog di blogger, sebaiknya persiapkan dulu logo unik untuk blog kamu nantinya. Hal ini penting agar blog kamu nantinya bisa tampil unik dan profesional. Tapi ini hanya saran saja, bukan merupakan keharusan.

Untuk membedakan blog anda dengan milik orang lain terlebih dahulu siapkan logo yang unik, menarik, yang merupakan ciri khas blog yang bakal anda kelola nantinya.

Membuat logo blog dapat anda lakukan dengan beraneka cara, seperti memakai photo editor photoshop, corel draw, dan software edit photo lainnya.

Tapi untuk melakukannya anda harus memiliki sedikit kemampuan tentang desain agar bisa menghasilkan logo yang menarik.




Namun, tenang walaupun tidak memiliki keahlian maupun kemampuan dalam dunia edit photo kita tetap bisa membuat sebuah logo yang keren dengan tampilan yang menawan dan profesional secara gratis. silahkan anda buat situs Logaster.

Langkah Demi Langkah Membuat Blog di Blogger

Akhirnya kita masuk pada inti pembahasan cara membuat blog di blogger pada artikel kali ini. Silahkan kamu ikuti saja langkah demi langkah yang disebutkan di bawah ini.

Langkah Pertama

Langkah pertama ketikkan blogger.com di browser yang kamu gunakan. Karena kamu baru pertama kali blogger.com, maka harus harus melakukan login terlebih dahulu.

Masuk (login) menggunakan username (alamat email) serta password gmail yang sudah dibuat tadi.




Agar proses pengolahan blog di blogger nantinya bisa lebih mudah, sebaiknya rubah terlebih dahulu bahasa yang digunakan menjadi bahasa Indonesia. Caranya klik tanda segitiga kecil yang ada di pojok kanan atas.

Langkah Kedua

Selanjutnya kamu tinggal menentukan jenis profil pengguna, yang berfungsi sebagai identitas pengarang, penulis atau pengelola blog.

Jika kamu mau, kamu bisa membuat profil google plus atau profil blogger (profil terbatas).  Adapun cara membuat profil blog gratis di blogger adalah sebagai berikut :

  • Jika ingin membuat profil google+, maka pilih akun google plus (+)
  • Selanjutnya isilah formulir data google plus yang disediakan, biasanya datanya sudah terisi sama seperti data yang di gunakan saat membuat email
  • Isikan nama, jenis kelamin, dan tanggal lahir pada kolom yang diminta
  • Setelah selesai, klik create profil. Pada halaman selanjutnya silakan klik tanda “+” jika anda ingin menambahkan photo pada tampilan profil google plus >>>pada menu pop up pilih gambar yang anda suka >>>klik open. Atau jika anda tidak ingin menambahkan gambar langsung saja klik save




  • Langkah selanjutnya silahkan klik tombol bertuliskan “Lanjutkan ke blogger”. Pada menu pop up yang muncul klik mengerti atau tanda silang>>>klik mengerti sekali lagi. Kemudian klik “Buat Blog Baru”
  • Setleah itu isilah formulir dengan data blog sesuai dengan yang kamu inginkan sebagai pengelola pada form yang disediakan. Tapi usahakan agar kamu mengisi alamat (domain) dengan nama domain yang berisikan kata kunci yang kamu targetkan. Tapi bisa juga kamu isikan dengan nama kamu atau dengan sesuatu yang kamu sukai atau sesuai dengan keahlian kamu
  • Setelah alamat yang kamu masukkan dinyatakan tersedia, isilah judul blog yang kamu inginkan yang berkaitan dengan alamat domain yang telah di buat



  • Selanjutnya pilih salah satu jenis template yang disediakan dengan cara mengkliknya. Kemudian klik buat blog.
  • Setelah kamu sampai pada tahap ini, berarti blog gratis kamu sudah selesai. Untuk melihat tampilan blog yang baru saja kamu buat, silahkan klik menu lihat blog.

Setelah blog kamu selesai, berarti selesai sudah panduan cara membuat blog di blogger  pada artikel kali ini. Selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah membuat postingan atau entri di blog gratis yang sudah kamu buat tadi.

Untuk mengetahui cara membuat postingan di blogger, kamu langsung mempelajarinya dari berbagai tutorial yang ada di youtube.

Silahkan kamu akses youtube.com di browser kamu. Setelah terbuka, silahkan masukkan keyword (tanpa tanda petik) “cara mengisi postingan di blogspot” pada kolom pencarian di youtube, lalu tekan enter. Nah, akan muncul puluhan video yang berisi turorial cara mengisi postingan di blogspot yang bisa kamu ikuti.

Leave a Reply