Panduan Pemula : Cara membuat blog di Google

0
Nilai Anda Untuk Artikel Ini
Sending
User Rating (5963 votes)

Bagi anda yang belum memahami cara membuat blog di google, mungkin bisa membaca artikel ini. Karena membahas cara pemula dalam membuat blog. Artikel ini sengaja penulis buat sebagai panduan bagi para blogger pemula yang masih belum mengetahui cara membuat blog gratisan di Google.

Cara Membuat Blog di Google

Panduan Pemula - Cara membuat blog di Google - Cover

Perlu diketahui bahwa ada 2 cara membuat blog di Google, yaitu membuat blog melalui blogger.com dan sites.google.com. Jika kamu membuat blog gratisan di blogger.com, alamat blog kamu nantinya berekstensi blogspot.com (luar negeri) atau blogspot.co.id (indonesia).




Contohnya : namadomainpilihanku.blogspot.co.id. Adapun jika kamu membuat blog gratisan melalui sites.google.com, nantinya blog kamu akan bertuliskan sites.google.com/view/……(judul postingan kamu). Contohnya : https://sites.google.com/view/cara-membuat-blog-diblogger.

Jika kamu ingin serius melakukan kegiatan blogging, maka sebaiknya kamu membuat blog di Google melalui blogger.com. Ada beberapa kelebihan yang akan kamu dapatkan ketika membuat blog gratisan di blogger.com, yaitu :

  1. Gratis tanpa biaya.
  2. Lebih disukai mesin pencari Google
  3. Bisa didaftarkan ke google adsense
  4. Fitur yang disediakan sangat lengkap
  5. Sangat mudah dan praktisan digunakan meskipun oleh pemula
  6. Dan lain-lain

Hal-Hal Penting Sebelum Ngeblog



Sebelum masuk kepada penjelasan langkah demi langkah cara membuat blog di Google, di bawah ini akan saya sebutkan 5 tips penting yang harus kamu perhatikan jika ingin menjadi blogger yang sukses.

1. Tentukan topik dan tujuan

Sebelum mulai menekuni dunia blogger, sebaiknya kamu sudah menentukan topik dan tujuan kamu dalam melakukan kegiatan tersebut. Apakah kamu terjun ke dunia blogger karena sekedar hobby, ingin menghasilkan uang, atau hal-hal lainnya.

Jika kamu memiliki tujuan yang jelas, kamu akan memiliki motivasi untuk mengembangkan blog yang sudah kamu buat. Untuk menjadi blog yang terkenal dan sukses, maka kamu seharusnya konsisten dalam update konten dan tekun, membuat dan merakit blog yang anda inginkan.

Untuk pemilihan topik bisa kamu seusaikan dengan keahlian atau hobi kamu. Jika kamu menyukai dunia kecantikan wanita, maka sebaiknya buat topik mengenai tips kecantikan, review produk kecantikan, dan lain-lain.




Baca Juga :  Tutorial Lengkap : Cara Membuat Website Dengan PHP Dari Awal Part 1

Jika anda memiliki keahlian di bidang bengkel mobil, maka bisa membuat blog yang khusus membahas seputar mobil, perawatan mobil, service mobil, dan lain-lain.

2. Menggunakan template blog yang baik

Setelah kamu sudah menentukan topik yang akan dibuat, berikutnya adalah menetukan blog yang akan digunakan. Dalam hal ini kita hanya membahas tentang platform yang disediakan oleg google, yaitu blogspot dan sites.google.com.

Untuk platform blogspot.com, saat ini sudah sangat banyak template/themes gratisan dan berbayar yang bisa kamu terapkan pada blog kamu.  

Tentu saja templat/themes yang baik bukan sekedar tampilannya yang indah diliat. Lebih dari itu, kamu juga harus memperhatikan sisi keramahan template tersebut untuk mesin pencari seperti Google.

3. Belajar menulis artikel

Konten adalah raja. Keberadaan konten pada sebuah blog merupakan hal yang urgen atau krusial. Sebuah blog tidak akan bisa bertahan tanpa adanya konten berkualitas yang terupload padanya.




Jika kamu memiliki keahlian untuk menulis artikel sendiri, maka itu lebih baik. Tapi jika kamu tidak mampu menulis sendiri, sebaiknya kamu meminta bantuan dari jasa penulisan artikel yang sudah banyak tersebar di internet saat ini. Tapi saran saya, sebaiknya kamu belajar cara menulis artikel yang baik dan benar.

4. Belajar mempromosikan konten

Setelah artikel atau konten kamu terpublish di blog yang kamu miliki, maka hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mempromosikan konten tersebut. Dalam hal ini ada 2 cara promosi konten yang bisa kamu lakukan, agar artikelmu dikenal orang, yaitu dengan cara online atau offline.

Cara offline bisa anda lakukan dengan cara mencantumkan alamat website/blog anda pada suatu brosur atau pamflet, dan lain sebagainya. Sedangkan cara online adalah dengan memanfaatkan sosial media yang anda miliki.

Tujuan dilakukannya promosi konten tersebut karena tentu saja supaya blog anda memiliki banyak visitor yang datang setiap harinya.




5. Mempelajari SEO dan desain blog

Kemampuan yang tidak kalah penting untuk kamu miliki jika ingin serius dalam dunia blogger adalah Seo dan desain blog. Desain blog berfungsi agar kamu bisa melakukan desain sesuka hatimu pada blog pribadi yang kamu miliki.

Adapun SEO yang merupakan singkatan dari search engine optimization adalah sebuah upaya yang dilakukan untuk meningkatkan peringkat sebuah blog di mata mesin mencari seperti Google dan yang lainnya.

Detail Cara Membuat Blog di Google

Setelah mengetahui 5 tips penting yang harus diperhatikan jika ingin menjadi blogger yang sukses, di bawah ini akan saya sebutkn detail cara membuat blog di Google menggunakan sites.google.com atau blogger.com.

1. Cara Membuat  Blog di Google Menggunakan sites.google.com

  • Ketikkan sites.google.com di browser yang kamu pakai, lalu enter
  • Setelah terbuka, kamu akan diminta untuk login menggunakan akun gmail kamu
  • Setelah masuk menggunakan akun gmail kamu, selanjutnya kamu akan masuk ke halaman utama sites.google.com




  • Selanjutnya klik “Buat situs baru” yang bersimbolkan tanda tambah berwarna-warni dalam lingkaran yang terletak di pojok kanan bawah
  • Setelah diklik, kamu akan masuk ke halaman blog sites.google.com

Setelah masuk ke dalam, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan, yaitu:

  • Mengisikan nama situs kamu di kolom “Masukkan nama situs” yang terdapat di pojok kiri atas. Kamu juga bisa menambahkan logo situs jika kamu menghendaki
  • Masukkan judul halaman di kolom besar “Judul Halaman Anda” yang sudah disediakan
  • Selanjutnya arahkan krusor ke bawah, nanti akan muncul tombol “Tambahkan Folder”. Klik tombol tersebut
  • Selanjutnya akan muncul kolom untuk memasukkan artikel yang mau diposting. Silahkan masukkan artikel kamu di dalamnya, lalu lakukan pengeditan
  • Untuk memasukkan gambar ke dalam postingan, klik tombol”Gambar” yang berada di sebelah kanan atas
  • Jika kamu ingin memindahkan gambar di atas, tengah, atau bawah, kamu tinggal mendrag gambar tersebut dan membawanya ke tempat yang kamu inginkan dalam postingan
  • Setelah semua pengeditan sudah selesai, silahkan klik tombol “Publikasikan” yang berwarna biru dipojok kanan atas




  • Selanjutnya kamu diminta untuk mengedit atau memasukkan alamat web yang kamu inginkan. Jika kamu ingin mengeditnya, tinggal kamu masukkan saja alamat yang kamu inginkan
  • Selanjutnya klik tombol “Publikasikan” yang berwarna biru di pojok kanan bawah
  • Selesai

Demikianlah cara membuat blog di Google di sites.google.com. Sangat mudah bukan?

2. Cara Membuat  Blog di Google Menggunakan Blogger.com

  • Ketikkan blogger.com di browser yang kamu gunakan, lalu login menggunakan username (alamat email) serta password gmail
  • Lakukan perubahan bahasa ke bahasa Indonesia agar proses pengolahan blog di blogger nantinya bisa lebih mudah
  • Selanjutnya tentukan jenis profil pengguna, yang berfungsi sebagai identitas pengarang, penulis atau pengelola blog. Pilihan profile di sini ada dua, yaitu profile google plus atau profil blogger (profil terbatas)Jika ingin membuat profil google+, maka pilih akun google plus (+)




  • isilah formulir data google plus yang disediakan. Isikan nama, jenis kelamin, dan tanggal lahir pada kolom yang diminta. Setleah selesai, klik create profil. Pada halaman selanjutnya silakan klik tanda “+” jika mau ingin menambahkan photo pada tampilan profil google plus >>> pada menu pop up pilih gambar yang kamu suka >>>klik open. jika kamu tidak ingin menambahkan gambar langsung saja klik save
  • Langkah selanjutnya silahkan klik tombol bertuliskan “Lanjutkan ke blogger”. Pada menu pop up yang muncul klik mengerti atau tanda silang>>>klik mengerti sekali lagi. Kemudian klik “Buat Blog Baru”
  • Setelah itu lakukan pengisian formulir dengan data blog sesuai dengan yang kamu inginkan sebagai pengelola pada form yang disediakan. Tapi usahakan agar kamu mengisi alamat (domain) dengan nama domain yang berisikan kata kunci yang kamu targetkan.
  • Setelah alamat yang kamu ingin masukkan dinyatakan tersedia, selanjutnya isilah judul blog yang kamu inginkan. Pastikan judul blog yang diberikan sebaiknya berkaitan domain yang telah di buat
  • Selanjutnya pilih salah satu jenis template yang disediakan dengan cara mengkliknya.
  • Setleah itu klik buat blog
  • Setelah kamu sampai pada tahap ini, berarti blog gratis kamu sudah selesai.

Demikianlah artikel tentang cara membuat blog di Google pada artikel kali ini. Semoga artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat khususnya bagi Anda yang belum mengetahui cara-cara di atas.

Silahkan nonaktifkan adblock anda untuk membaca konten kami.
Refresh