Panduan Pemula : Cara Membuat Blog Secara Gratis

Nilai Anda Untuk Artikel Ini
Sending
User Rating ( votes)

Panduan cara membuat blog secara gratis dari seobigbang ini sangat penting bagi pemula yang baru terjun dalam dunia blogging. Dibandingkan yang gratisan, membuat blog menggunakan hosting dan domain berbayar tentu jauh lebih baik dan terlihat lebih profesional.

Hanya saja, terkadang sebagai blogger pemula yang masih kurang modal butuh untuk menggunakan blog gratisan seperti blog yang berplatform blogspot.com dan wordpress.com. Selain kedua platform itu tentu saja masih ada platform gratisan lainnya yang bisa kamu coba.

Meskipun gratisan, tetap berkualitas dan potensial untuk digunakan. Buktinya, banyak blogger sukses mendulang rupiah dan dollar di internet hanya dengan menggunakan blog gratisan.

Hal yang Perlu diperhatikan Memulai Blogging

Panduan Pemula - Cara Membuat Blog Secara Gratis - Cover

Tentunya hal tersebut bisa terwujud jika kamu sungguh-sungguh dan memiliki mindset yang benar dalam melakukan kegiatan blogging.

 




 

Apakah mindset yang benar dalam menggeluti dunia blogging ? Nah, saya rasa pertanyaan ini akan saya jawab di bawah ini. 

1. Menentukan tujuan ngeblog

Agar bisa sukses dalam membangun dan mengembangkan sebuah blog sehingga berkembang dan menjadi besar, maka langkah awal yang sangat penting dan harus dilakukan adalah menentukan tujuan ngeblog. Sebelum memulai membuat blog, ada baiknya kamu terlebih dahulu menentukan tujuan dari ngeblog itu sendiri.

Tentukan tujuannya, apakah sekedar ingin berbagi informasi, sekedar iseng, sekedar melatih kemahiran menulis, ataukah untuk mendapatkan penghasilan? Perlu ditentukan terlebih dahulu, agar kegiatan ngeblog lebih terarah.

2. Konsisten

Hal berikutnya yang juga tidak boleh dilalaikan dan harus diperhatikan adalah konsisten. Jika tidak konsisten dan mudah menyerah, maka kesuksesan akan semakin menjauh.

Ingat! Ngeblog itu bukan kegiatan yang cukup dikerjakan hanya dalam satu hari, dua hari, setahun, dua tahun langsung berhasil.

 

Baca Juga :  Cara Membuat Blog Safelink Sesuai TOS Google




 

Tidak, karena inti dan poros kesuksesan serta keberhasilan sebuah blog tergantung dari kesungguhan dan konsistensi kamu dalam membangun dan mengembangkannya hingga benar-benar berhasil.

3. Buat konten yang menarik dan berkualitas

Konten adalah raja. Ungkapan ini benar, karena inti pada sebuah blog adalah konten. Tanpa memiliki konten, mustahil blog bisa memiliki pengunjung.

Nah untuk itu, seorang blogger harus bisa menyediakan suatu konten atau artikel yang menarik serta memiliki kualitas, agar pengunjung bisa merasakan manfaat dari apa yang kita tulis, disamping hal tersebut mampu menjadikan pengunjung menjadi lebih betah dan juga nyaman untuk berkunjung lagi.

Karena memiliki konten yang menarik dan berkualitas. Sehingga dapat tercipta adanya sebuah “returning visitor” yang merupakan pengunjung loyal blog anda.

Perlu diketahui bahwa konten itu tidak melulu isinya cuma tulisan. Hal ini dapat pula dilengkapi dengan data-data pendukung diantaranya adalah gambar, grafik, tabel, dan lain sebagainnya.

 




 

Hal ini terkadang penting dan dibutuhkan sebagai bukti keakuratan data, sehingga tulisan akan semakin menarik, kaya, informatif, juga berbobot.

4. Jangan terburu-buru untuk monetize

Banyak pemula ketika membuat blog, sudah terburu-buru dan terfokus untuk memonetize blognya dengan segera daftar adsense. Ini pemahaman yang sungguh keliru.

Jika langsung mendaftar, maka peluang diterima sangat kecil. Selain itu Google juga sudah menentukan syarat-syarat untuk mendaftar adsense diantaranya yaitu suatu blog memiliki standar minimal blog yang sudah berumur lebih dari enam bulan.

Memang benar adsense merupakan salah satu sumber penghasilan yang cukup besar dan dapat dijadikan utama bagi sebagian besar blogger di dunia.

Tetapi untuk bisa mendapatkan penghasilan dari blog, banyak cara yang lainnya selain adsense. Banyak cara yang bisa dilakukan agar blog kita bisa menghasilkan uang.

Salah satunya ialah menerima Job Review, guest post, dan bisa juga Content Placement dari advertiser yang ingin bekerja sama dengan kita.

5. Jadikan ngeblog sebagai sarana melatih kemampuan menulis

Ya kegiatan ngeblog dapat juga menjadi sarana untuk melatih dan mengembangkan kehandalan dalam menulis. Meskipun blog yang kamu buat belum bisa menghasilkan uang, tetapi paling tidak kemampuan menulis kamu jadi lebih terasah dan berkembang seiring berlalu nya waktu. Jika sudah mahir dalam menulis, tidak menutup kemungkinan kamu bisa jadi penulis buku.

 

Baca Juga :  Menyempurnakan On Page SEO Website




 

Setelah kamu mengetahui mindset yang benar dalam menjalankan aktifitas sebagai blogger, selanjutnya di bawah ini saya akan menjelaskan langkah-demi langka cara membuat blog secara gratis.

Cara Membuat Blog Secara Gratis di Blogspot

Untuk cara membuat blog gratisan yang akan saya bagikan kali ini adalah cara membuat blog gratisan di blogspot. Adapun langkah-langkah pembuatannya adalah sebagai berikut :

Silahkan kunjungi alamat situs  www.blogger.com. Setelah itu cari tombol Sign up (daftar) yang terletak di pojok kanan atas

Setelah tombol sign up diklik, nantinya akan muncul aplikasi pendaftaran untuk pembuatan akun gooogle. Silahkan lengkapi aplikasi tersebut :

  • Pengisian tersebut terdiri dari name, Isi nama depan dan nama belakang kamu.
  • Selanjutnya pada choose your username, isi sesuai dengan keinginanmu, username ini bebas dan nantinya berfungsi sebagai email login agar kamu bisa mengakses ke dashboard blogspot blog gratisan kamu dan bisa juga untuk login ke Gmail
  • Pada Create a Password, isi password yang sesuai keinginanmu. Ingat, sebaiknya password tersebut mudah diingat. Pada confirm your password silahkan isi dengan password yang sama dengan password pada kolom pada create a possword tadi

 




 

  • Pada birth day isi tanggal lahir kamu
  • Pada Phone, isi dengan nomor ponsel yang kamu inginkan
  • Pada curent your email, dikosongkan saja
  • Pada type the two pieces of text, ketikan dua buah teks kode yang ada di atasnya. Selanjutnya beri tanda centang pada dua kotak kecil di bawahnya

Selanjutnya yang paling terakhir dalam cara membuat blog secara gratis ialah anda bisa klik pada tombol Next step. Setelah kamu mengelik pada tombol next, akan muncul perintah untuk melakukan verifikasi akun.

Silahkan masukan nomor ponsel kamu, lalu klik tombool Send Verifikation Code. Nanti kamu akan mendapat sms dari google yang berisi  kode aktifasi.

Setelah kode verifikasi terkirim di nomor kamu, selanjutnya masukkan kode verikasi sms di atas pada kolom yang tampil, lalu klik tombol Verify. 

Jika langkah sebelumnya betul-betul berhasil, kamu akan menjumpai halaman Google Profile. Untuk menambahkan foto silahkan klik add profile photo, jika ingin langsung ke langkah selanjutnya silahkan klik tombol Next Step.

Selanjutnya akan tampil halaman yang menerangkan kalau kamu telah memiliki sebuah akun google  berupa alamat email yang bisa digunakan untuk login ke Gmail.com dan blogger.com, selanjutnya silahkan klik tombol Back to blogger.

 

Baca Juga :  Mempercepat Loading Website Wordpress Pemula




 

Setelah itu kamu akan di bawa masuk ke halaman utama Dashboard blogger. Di dalam dashboard ini kamu bisa melakukan berbagai hal seperti membuat blog, menulis posting, mengatur tema dan lain-lain. Untuk membuat blog pertama kali klik tombol Blog baru.

Setelah tombol blog baru diklik, akan munculjendela pembuatan blog. Pada bagian Judul isi  Judul blog kamu, lalu pada bagian alamat isi dengan alamat blog yang kamu inginkan.

Setelah kamu melakukan semua langkah-langkah di atas, maka blog kamu sudah berhasil di buat. Untuk menulis posting silahkan klik tombol Pensil, sementara untuk melihat tampilan blog yang masuk kosong (belum ada artikelnya) silahkan klik tombol lihat blog.

Semoga bermanfaat.