Panduan Pemula : Informasi Seputar EDU Backlinks

Jika Anda ingin mendapatkan sebuah backlink berkualitas yang dapat membantu meningkatkan peringkat website Anda di mesin pencari seperti Google dan yang lainnya, maka salah satu jenis backlink yang tepat adalah edu backlinks.

Sebagaimana yang telah diketahui bahwa backlink merupakan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan SEO (search engine opitimzation) sebuah website.

Cara kerjanya adalah url sebuah situs tertentu yang ditanam di website-website lainnya. Nah penanaman url situs pada situs lainnya terkadang pada kata-kata tertentu yang merupakan taget keyword dari backlink yang dijalankan. Salah satu contoh backlink adalah edu backlinks.

Kualitas backlink tidak ditentukan oleh banyaknya backlink tersebut, melainkan kualitas dari backlink yang mengarah ke website utama Anda. Ada beberapa jenis backlink yang berkualitas, diantaranya adalah edu backlinks dan gov backlinks.

Apa Itu Edu Backlinks ?

Informasi Seputar EDU Backlinks - Cover

Edu backlink adalah backlinks yang didapatkan dari situs-situs yang menggunakakan domain berekstensi .EDU. Umumnya domain seperti ini digunakan pada institusi pendidikan, seperti universitas, sekolah tinggi, dan situs-situs pendidikan lainnya. Ekstensi .EDU untuk situs-situs pendidikan di luar negeri, kalau dalam negeri ekstensinya adalah ac.id.




Lantas mengapa edu backlinks begitu powerfull dan diburu para blogger untuk menaikkan rangking website mereka di halaman mesin pencari? Tentu ini merupakan pertanyaan penting dalam hal ini.

Baca Juga : Cara Membuat Blog Secara Gratis

Sebagian orang percaya kalau Google menghargai jenis tautan tersebut semata-mata karena berasal dari domain .EDU dan lainnya? Padahal tidaklah demikian.

Sebab, nilai sebenarnya dalam backlink edu berasal dari tempat yang sama dengan situs otoritatif lainnya di web. Situs dengan domain edu biasanya memiliki otoritas tinggi karena sejak lama dadan memiliki banyak situs tepercaya dan berkualitas yang terhubung dengannya.

Tips Mencari EDU Backlink

Karena pentingnya edu backlinks, kita perlu mengetahui cara mendapatkan edu backlink tersebut. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu :

1. Mencari EDU Backlinks Dengan Google Search

Untuk mendapatkan backlinks .EDU bukan merupakan hal yang mudah. Cukup sulit untuk menemukannya, perlu sedikit trik dalam hal ini. Dengan memanfaatkan Google Search, kita bisa mendapatkan edu backlinks sebanyak mungkin.




Baca Juga :  Belajar SEO Pemula dengan Baik dan Benar

Baiklah. berikut ini langkah-langkah mendapatkan edu backlink :

1.Silahkan buka Google terlebih dahulu, lalu membuka search dan ketik query seperti dibawah ini :

  • site:.edu inurl:blog "post a comment"
  • site:.edu "Powered by ExpressionEngine" site:.edu inurl:blog "post a comment"
  • site:.edu inurl:blog "post a comment" -"comments closed" -"you must be logged in"
  • site:.edu "Powered by BlogEngine.NET" site:.edu inurl:blog "post a comment"

Jika Anda ingin menanam edu backlinks di forum profile, Anda perlu mengetikkan ke kotak query di bawah ini ke kotak pencarian Google :

  • site:.edu "Powered by vBulletin" inurl:"register"
  • site:.edu "Powered by SMF" inurl:"register"
  • site:.edu inurl:register.aspx
  • site:.edu "Powered by phpBB" inurl:"register"
  • site:.edu inurl:CreateUser.aspx
  • site:.edu inurl:"wp-signup.php"
  • site:.edu "Powered by PunBB" inurl:"register"
  • site:.edu "Powered by IPB" inurl:"register"
  • site:.edu "powered by vbulletin" inurl:"register.php"
  • site:.edu "powered by expressionengine"
  • "reply to post" site:.edu
  • "leave a comment" site:.edu

Keterangan : Jika Anda ingin mencari edu backlinks dengan keyword tertentu yang Anda inginkan, silahkan saja Anda memasukkan keyword Anda sebagaimana di bawah ini :




  • site:.edu inurl:blog “post a comment -"you must be logged in"-"comments closed""keyword anda"

Agar bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal, sebaiknya menggunakan Nodofollow Firefox Add-ons sehingga akan terlihat jelas blog mana yang menyediakan dofollow links dan mana yang tidak.

Teknik Membangun Backlink EDU yang Powerfull

Sekarang saya akan membagikan beberapa strategi yang dapat Anda terapkan dan cara mendapatkan edu backlinks yang powerfull. Perlu diketahui bahwa salah satu alasan kenapa domain edu dipandang memiliki otoritas yang baik karena tidak memiliki link keluar dari link yang jelek.

Baca Juga : Cara Menulis Iklan yang Menarik untuk Pemula

Untuk memperoleh backlink dari salah satu situs ini, Anda perlu memperhatikan beberapa hal penting. Di bawah ini akan saya sebutkan beberapa teknik berbeda yang dapat Anda gunakan agar bisa mendapatkan backlink yang Anda inginkan.

1. Tanam edu backlinks dari situs lokal

Jika situs Anda yang ingin mendapatkan backlink dari domain .EDU merupakan situs yang target bisnisnya lokal, sebaiknya Anda menanam backlinks dari situs-situs EDU lokal. Hal ini jauh lebih baik karena backlinknya tertarget.




Baca Juga :  Tentang Ahrefs dan Semrush yang Harus Diketahui

2. Berikan penawaran tertentu ke lembaga pendidikan tersebut

Jika bisnis yang Anda bangun menargetkan pasar lokal, misalnya toko online yang berjualan berbagai item untuk konsumsi masyarakat Indonesia, maka Anda bisa mendapatkan backlink berkualitas dari domain .EDU melalui content backlinks.

Caranya, cobalah menghubungi pihak lembaga pendidikan tersebut dan sampaikan kepada pihak lembaga tersebut kalau kepala sekolah dan para pengajar mendapatkan diskon dari produk yang Anda jual.

Setelah itu mintalah kepada mereka agar mengizinkan Anda untuk menuliskan artikel tentang produk Anda sebagai sumber informasi yang mungkin sewaktu-waktu dibutuhkan oleh para pengajar dan mahasiswa di lembaga pendidikan tersebut terkait produk Anda.

3. Tawarkan beasiswa

Cobalah menawarkan beasiswa  kepada pihak kampus. Beasiswa tersebut berasal dari Anda. Hal ini tentunya jika Anda memiliki banyak modal atau karena usaha Anda sudah mencapai tangga kesuksesan.

Mintalah kepada pihak kampus agar  memperbolehkan Anda untuk membuat artikel seputar penjelasan beasiswa yang Anda berikan . Di dalam artikel tersebut nantinya Anda bisa sisipkan link yang mengarah kepada website Anda.

Tips Membangun Backlink yang Natural

Agar edu backlinks yang Anda tanam terlihat natural di masa search engine seperti Google sebaiknya Anda mengikuti tips-tips berikut ini :




1. Jangan terlalu cepat membangun backlinks

Saat website Anda sudah lanching, hindari tergesa-gesa membangun backlinks. Ini penting agar backlink yang Anda bangun terlihat natural. Biarkan website Anda terindeks secara alami minimal selama sebulan, barulah Anda mulai memasang backlink untuknya.

2. Gunakan Achort Tulisan

Terkadang saat menanam backlink kita selalu membuat anchor text dari kata kunci yang ditargetkan. Nah, agar terlihat alami, sebaiknya gunakan anchor text yang berbeda, jangan sampai setiap menanam backlink anchor text sama terus. Hal ini penting dilakukan agar tidak melanggal peraturan Google.

3. Jangan terlalu membabi buta membangun backlink

Saat membangun backlink hendaknya dilakukan perlahan-lahan dan tidak tergesa-gesa. Jangan menanam backlin dalam satu waktu dalam jumlah yang banyak sekaligus. Hindari hal tersebut agar website Anda tidak terindentifikasi spam  oleh Google.

4. Gunakan backlink dofollow

Jenis backlink yang berkualitas adalah backlink yang didapatkan dari situs-situs yang berstatus dofollow. Sebab hanya backlink yang tertanam di situs yang berstatus dofollow sajalah yang teranggap backlink oleh Google.

Hanya saja, sebagian pakar internet marketing menyarankan untuk tetap menanam backlink dari situs-situs dofollow meskipun jumlahnya tidak banyak, dengan tujuan diversity backlinks.

Demikianlah informasi seputar edu backlink yang bisa saya bagikan kali ini. Semoga artikel ini menambah pengatahuan Anda dalam masalah ini.