Panduan Penggunaan Google Docs untuk Pemula

Panduan penggunaan Google docs untuk pemula pada artikel ini sangat berguna bagi anda yang sedang mempelajari salah satu fasilitas anyar Google. Step by step dijelaskan secara naratif tanpa membuat bingung pembaca.

Perusahaan raksasa teknologi terbesar di dunia, Google Inc telah mengeluarkan layanan Google Docs.  Fasilitas ini telah ada sejak lama.

Namun bagi sebagian orang masih belum mengenalinya secara baik. Apa itu layanan Google Docs? Apa saja kegunaannya? Semua itu akan terjawab setelah anda membaca artikel ini sampai tamat. Untuk mengetahui pengertian Google Docs secara bahasa sangat gampang.

Google Docs adalah suatu layanan aplikasi yang dimiliki Google yang membantu seorang penggunanya dalam mengelola dokumen. Untuk software ini menggunakan aplikasi Microsoft Office. Yang meliputi presentation untuk keperluan presentasi, spreadsheet untuk mengolah lembar kerja dan yang paling utama adalah sebagai word processor atau pengolah kata.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh Google Docs untuk memudahkan pemakainya dalam mengelola dokumen. Seperti untuk melakukan pengeditan dokumen, membuat dokumen, dan menyimpan dokumen data perkantoran yang sifatnya umum.

Panduan Penggunaan Google Docs

Panduan Penggunaan Google Docs untuk Pemula - cover

Bagi seorang penulis maupun blogger, aplikasi Google Docs sangat dibutuhkan untuk membantu menyelesaikan penulisan artikel secara mudah dan nyaman.




Untuk penggunaan Google Docs sama seperti menggunakan aplikasi Open Office pada Linux dan Microsoft Office di Windows.

Sehingga jika anda sudah sering menggunakan software Microsoft Office di Windows akan mudah menggunakan Google Docs dalam aktifitas manajemen dokumen.

Baca Juga : Mempelajari Cara Godaddy Auctions Terbaru

Untuk menggunakan layanan Google Docs tidak dipungut biaya atau gratis. Bahkan anda tidak perlu mendownload aplikasi ini.

Fitur-Fitur Google Docs

Sejarah lahirnya Google Docs melalui proses yang panjang. Dimulai adanya produk baru bernama Google Spreadsheet dan Writely. Untuk aplikasi Writely merupakan suatu web untuk mengolah kata buatan perusahaan ternama, Upstartle yang dirlis di bulan Agustus 2005. Sedangan Spreadsheet dirilis pada bulan Juni 2006 oleh Google Labs Spreadsheets.

Baca Juga :  Peluang Usaha Makanan : Usaha Kuliner Paling Laku

Lalu apa yang bisa dilakukan dengan Google Docs atau fitur apa saja yang terdapat di dalamnya? Berikut ini sejumlah fitur yang terdapat pada aplikasi Google Docs, antara lain :

  1. Translate atau menerjemahkan dokumen
  2. Layanan see revision history
  3. Download file
  4. Dapat bekerja secara online maupun offline dokumen
  5. Mengelola hak ases
  6. Melakukan upload file
  7. Menyimpan dokumen atau mengeditnya

Keunggulan Google Docs

Adapun yang menjadi keunggulan Google Docs, antara lain :




1. Kehilangan data dapat dihindari

Seringkali data dokumen dalam komputer menjadi hilang diakibatkan oleh virus maupun harddisk yang rusak. Kalau ini terjadi umumnya data yang hilang tersebut tidak dapat dikembalikan.

Kecuali anda mempunyai data back up atau cadangan. Di sinilah pentingnya fungsi Google Docs yang bisa mencegah data dokumen hilang akibat harddisk komputer rusak.

2. Gratis dan mudah

Penggunaan Google Docs bersifat gratis dan sangat mudah digunakan oleh siapa saja. Bahkan bagi orang yang pemula sekalipun.

3. Layanan lengkap

Ada banyak layanan yang disediakan Google Docs untuk keperluan dokumen. Seperti untuk membuat dokumen spreadsheet dengan menggunakan Microsoft Excel.

Untuk membuat gambar-gambar bisa juga dengan menggunakan program Corel Draw, Photoshop dan Paint. Bisa juga dipergunakan untuk membuat dokumen berupa text. Misalkan menggunakan aplikasi Microsoft Word.

Dan bisa juga dipergunakan untuk membuat dokumen presentasi. Misalkan Microsoft Power Point. Selain itu, Google Docs dapat pula dipergunakan untuk membuat form quesioner.

4. Praktis

Untuk mengakses Google Docs dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Karena menggunakan sistem online yang bisa diakses oleh laptop, komputer anda maupun menggunakan ponsel pintar android yang sudah terinstall Google Docs mobile.




Dengan menggunakan Google Docs maka anda dapat membuat dokumen di mana saja dan kapan saja yang sangat cocok untuk keperluan penulis online.

Baca Juga :  Teknik Spamming WhatsApp Meningkatkan Penjualan

Dengan memakai aplikasi ini, kegiatan menulis menjadi lebih produktif dan menyenangkan yang dapat dilakukan di smartphone, di rumah maupun ketika dalam perjalanan.

5. Support

Aplikasi Google Docs dapat dijalankan di semua sistem operasi. Seperti Linux, Mac, Windows dan android dengan beraneka jenis dokumen yang dapat dibuat, diedit dan diunduh seperti pdf, ppt, xls dan doc.

Dengan kelebihan inilah membuat seorang pengguna dapat lebih leluasa menggunakan Google Docs untuk keperluan manajeman dokumen.

Sebagai hasil tangan buatan manusia. disamping kelebihannya, Google Docs mempunyai sejumlah kekurangan. Terutama dalam segi penggunaan yang mesti menggunakan koneksi internet terlebih dulu.

Namun lepas dari semua itu, Google Docs menjadi pilihan yang tepat untuk mengelola dokumen anda supaya lebih aman dan nyaman.

Syarat dan Fitur Panduan Penggunaan Google Docs

Untuk mulai menggunakan Google Docs seperti membuat dokumen maka anda terlebih dahulu harus mempunyai akun gmail yang masih aktif berfungsi baik. Karena kebijakan Google untuk mengintegrasikansatu akun gmail kepada semua layanan Google.

Berikut ini panduan penggunaan google Docs dari awal sampai akhir, antara lain :



1. Memiliki akun gmail

Saya asumsikan bahwa anda sudah memiliki akun gmail. Jika anda belum mempunyai akun gmail maka anda bisa membuatnya di gmail.com.

2. Perhatikan perintah pada Browser

Pada browser ketikan alamat : docs.google.com. Anda akan mendapatkan halaman utama Google Docs yang berbunyi : “Selamat datang di Google Dokumen”.

Yang dilanjutkan dengan keterangan bahwasanya Google Docs dapat dipergunakan untuk membuat dokumen baru secara cepat.

Dan dapat pula digunakan untuk membuka dokumen yang sudah ada secara cepat. Selain itu, dokumen yang sudah dibuat bisa dibagikan kepda orang lain untuk bersama-sama mengeditnya.

3. Login dengan Gmail

Jika anda belum masuk ke Google Docs maka anda terlebih dulu harus login menggunakan akun gmail. Masukkan alamat email anda dan password secara benar. Lalu tekan tombol “Masuk”.

4. Bisa membuat beberapa jenis document

Dalam halaman Google Docs akan tampak fitur untuk membuat dokumen baru, atau dokumen-dokumen terbaru milik anda. Ada berbagai jenis dokumen yang bisa anda buat di Google Docs.

Baca Juga :  15 Ciri ciri Orang Sukses Yang Bisa Kamu Tiru

Untuk melihat jelasnya, anda bisa melakukan klik pada lembaran kertas kecil berwarna biru di samping tulisan dokumen yang berada di pojok kiri atas.

Setelah melakukan klik, ada beberapa pilihan jenis dokumen yang bisa anda buat. Seperti dokumen word, spreadsheet, slide, dan formulir. Selain itu,, anda bisa melakukan setting terhadap akun google docs anda.

5. Membuat document baru berbentuk resume dan bahkan proposal

Untuk membuat dokumen text baru, anda bisa klik saja gambar plus besar di bawah tulisan Memulai dokumen baru. Yang dibawahnya ada tulisan kosong.

Setelah itu, ada lembaran kertas kosong yang bisa anda tulis untuk membuat dokumen file doc baru secara online. Namun jika anda ingin membuat dokumen baru yang lain maka anda bisa memilihnya sendiri. Seperti membuat dokumen baru dengan bentuk Resume, Surat maupun Proposal Proyek.

6. Membagikan dokomen Google Docs

Setelah membuat dokumen baru maka anda bisa memberikan nama dokumen tersebut. Lalu anda dapat membagikan kepada orang yang anda kehendaki dengan menekan tombol“Bagikan” yang terletak di pojok kanan atas. Masukkan alamat email orang yang ingin anda bagikan dokumen yang telah anda buat tersebut.

Panduan Penggunaan Google Docs : Cara Menghapus File Doc

Sekatang kita akan membahas cara menghapus file dokumen yaitu :

  1. Mengunjungi situs Google Docs di https://docs.google.com
  2. Lakukan proses login jika belum masuk ke akun google docs
  3. Sesudah memasuki halaman Google Docs maka anda pilih dokumen yang hendak dihapus
  4. Lalu tekan gambar titik tiga berjejer ke bawah. Anda akan mendapatkan beberapa pilihan. Seperti Ganti Nama dokumen, Hapus, Buka di tab Baru dan tersedia offline. Karena anda memutuskan untuk menghapus file doc tersebut maka anda pilih fitur HAPUS. Maka dokumen itu langsung terhapus dari halaman Google Docs dalam hitungan detik.

Demikianlah panduan penggunaan Google Docs yang bisa saya sampaikan secara ringkas. Selain bisa digunakan di komputer atau laptop, Google Docs dapat pula digunakan di smartphone atau ponsel pintar sistem android. Dengan mendownload terlebih dulu di Google Playstore secara gratis. Semoga bermanfaat.