Panduan Penggunaan Google Place : Step by Step

Panduan penggunaan google place sangat cocok di era digital saat ini yang kian canggih, sistem pemasaran tidak mengandalkan secara offline. Namun lebih banyak mengandalkan sistem online dan internet.

Salah satu alat di internet yang banyak digunakan oleh kalangan pengusaha untuk mempromosikan usahanya adalah website atau blog. Banyak pebisnis yang membuat blog atau website untuk dijadikan toko online dalam menjual produk.

Saat ini membuat situs web atau blog sudah sangat dimudahkan. Misalkan blogger.com menyediakan blog gratisan yang tak kalah bagus dengan blog wordpress self hosted berbayar. Dengan kemampuan sedikit terhadap utak atik template maka penampilan blog gratisan tak kalah menawan dengan blog tld berbayar.

Untuk membuat blog dan website dapat dilakukan dalamwaktu kurang dari setengah jam. Apalagi untuk membuat blog diblogspot, dalam hitungan kurang dari lima menit sudah bisa tercipta satu buah blog berplatform blogger. Untuk membuat blog di blogspot tidak dipungut bayaran alias gratis, mudah dan sederhana.

Ada banyak kepentingan bagi seseorang membuat blog gratisan atau website. Seperti untuk menyalurkan bakat dan hobi menulis atau jurnalistik, untuk kepentingan bisnis online seperti publisher google adsense, PPC, affiliate marketing maupun untuk meningkatkan kredibilitas. Dan itu semua bisa dilakukan dengan layanan Google Blog.

Disamping layanan Google Blog, perusahaan Google inc menyediakan layanan Google Place. Google Place adalah suatu layanan dari Google sama seperti fungsi blog atau website yang dapat dipergunakan untuk mempromosikan suatu bisnis dan usaha.

Baca Juga : Panduan Google Webmaster Tools untuk Pemula

Panduan Penggunaan Google Place untuk Pemula

Panduan Penggunaan Google Place - Step by Step - cover

Ada yang menyamakan Google Place dengan Google Maps. Keduanya adalah layanan yang berbeda. Google Place adalah Google My Business yang berfungsi untuk meningkatkan pelanggan secara gratis dengan cara menampilkan profil bisnis anda di Google Place atau Google My Business.

Baca Juga :  Bisnis Affiliasi Indonesia Terpercaya



Dengan menggunakan layanan dan mendaftarkan bisnis anda pada Google Place, maka usaha bisnis anda akan tercantum pada searh engine google.

Yang meliputi gambar bisnis anda, lokasi bisnis anda beserta alamat lengkap, jam buka dan jam tutup usaha anda, nomor telepon perusahaan dan ulasan dari beberapa orang yang menjadi konsumen.

Jangan ditanya kehebatan Google Place dalam meningkatkan konsumen dan pelanggan bagi bisnis anda. Hal ini telah penulis alami. Ketika usaha penulis sepi pembeli maka penulis mencoba mendaftarkan bisnis lokal pada Google Place.

Satu hari kemudian datang seorang konsumen. Dan begitupula di hari selanjutnya selalu ada konsumen yang datang langsung ke lokasi usaha.

Manfaat Google Place

Manfaat penggunaan Google Place dapat dijadikan sarana berpromosi terhadap bisnis lokal milik anda. Sehingga bagi kalangan pengusaha, layanan ini sangat penting untuk meningkatkan omset usaha.

Caranya dengan memasukkan usaha anda pada google place. Yang membuat lokasi usaha bisnis lokal anda tercantum pada peta google place. Yang menjadikan bisnis anda cepat terkenal dan mendatangkan banyak pelanggan.

Cara Menghasilkan Uang Dari Google Place

Google Place adalah sarana promosi bagi bisnis-bisnis lokal untuk mendaftarkan namanya di mesin pencarian Google dengan kata kunci tertentu.

Penggunaan Google Place sebagai sarana promosi bisnis akan jauh lebih efektif jika digabungkan dengan pembuatan toko online di blog atau website.

Bagi anda yang ingin menghasilkan uang dari Google Place caranya sangat mudah. Anda bisa membuat bisnis-bisnis lokal terlebih dulu secara kecil-kecilan.

Pilihlah jenis usaha yang anda senangi dengan produk yang mudah terjual di internet, awet, tahan lama, cukup laris dan harga terjangkau.

Kemudian bisnis lokal yang telah anda ciptakan didaftarkan pada Google Place (Google My Business) sehingga dapat ditemukan orang di mesin pencarian Google ketika seorang mengetikkan kata kunci tertentu dari bisnis anda.

Baca Juga :  Tips Menentukan Target Market untuk Bisnis Apapun




Jika mereka membutuhkan produk sobat maka akan secara langsung menghubungi anda untuk melakukan transaksi pembelian.

Untuk mulai menggunakan Google Place maka anda terlebih dahulu harus mengunjungi situs resmi Google Place di alamat : Google.com/place.

Ketikan alamat url tersebut di browser komputer atau laptop anda. Kemudian tekan Enter. Sobat akan mendapatkan halaman utama Google My Business atau yang sering dikenal Google Place.

Pada halaman utama Google Place, anda bisa mempelajari banyak hal. Seperti : bagaimana cara menggunakan layanan ini, FAQs and Support, dan kisah sukses.

Pada bagian di atas, ada pemberitahuan dari Google bahwasanya Google Place akan tersedia dalam aplikasi mobile yang dapat digunakan di smartphone. Hal ini lebih memudahkan penggunanya untuk meningkatkan lebih banyak konsumen.

Dapat Mempromosikan Bisnis Lokal

Akses Google Place bukan hanya bisa menggunakan komputer desktop, laptop, dan netbook. Namun sekarang bisa pula menggunakan ponsel pintar. Sehingga anda dapat mempromosikan bisnis lokal anda dalam genggaman tangan tanpa perlu keluar rumah. Bahkan untuk mendaftarkan bisnis lokal anda pada Google Place dapat menggunakan smartphone.

Diharapkan setelah bisnis lokal anda terdaftar di Google Place akan lebih banyak pelanggan. Karena bisnis lokal anda dapat gampang ditemukan di mesin telusur Google oleh para pemakai internet dengan keyword tertentu yang telah ditentukan.

Para pengguna internet yang sedang mencari informasi berkaitan dengan bisnis anda akan langsung mendapatkan lokasi bisnis lokal anda di internet yang terdekat dengan mereka berikut keterangan detail lengkap. Mereka bisa langsung mengontak anda untuk mengadakan pembelian.

Setelah mengunjungi itus resmi Google Place di https://business.google.com. Kemudian saatnyalah untuk mendaftarkan bisnis lokal anda kepada Google Place. Jika anda sudah mempunyai akun Google Place maka anda bisa masuk melalui Sign in.




Namun jika anda belum mempunyai akun, anda dapat memasuki akun halaman Google Place dengan mendaftarkan diri terlebih dulu. Dengan menekan tombol “START NOW” yang berwarna hijau yang terletak di pojok kanan atas halaman. Isikanlah kolom yang kosong dengan baik dan akurat.

Baca Juga :  7 Langkah Termudah Cara Jualan di Tokopedia

Yang meliputi negara. Pilihlah negara Indonesia. Lalu memasukkan nomor kontak telepon anda yang aktif. Lalu isikanlah informasi yang berkaitan lainnya. Misalkan jam kerja perusahaan, alamat bisnis, dan keyword yang berkaitan dengan usaha sobat.

Panduan Penggunaan Google Place dengan Kode PIN

Pihak Google Place untuk memastikan data yang anda berikan valid atau benar akan melakukan verifikasi. Dengan cara mengirimkan kode PIN pada kontak telepon anda lewat SMS ataupun telepon. Setelah anda mendapatkan kiriman kode verifikasi tersebut maka segera masukkan kode verifikasi tersebut pada halaman Google Place sobat.

Setelah melakukan semua di atas maka secepatnya bisnis lokal anda telah terdaftar di Google Place. Setiap pengguna internet dapat mengetahui keberadaan bisnis lokal anda melalui pencarian dengan alamat, nomor telepon maupun nama bisnis anda.

Untuk memaksimalkan kinerja Bisnis Lokal anda di Google Place atau Google My Business maka anda dapat mengupdate halaman google place anda setiap hari.

Dengan cara memposting hal-hal bermanfaat yang berkaitan dengan bisnis anda. Hal ini akan membuat halaman Google Place bisnis anda akan naik ke peringkat atas mesin telusur dan menarik semakin banyak calon konsumen.

Jika di Google Place ada nama bisnis lokal yang mirip dengan anda dan bisnis tersebut sudah tidak beroperasi lagi maka anda bisa melaporkannya kepada pihak Google Place.

Setelah mendapatkan laporan tersebut biasanya Google Place akan langsung menghapus bisnis lokal yang sudah tak aktif lagi. Sehingga bisnis lokal anda di Google Place dapat lebih maksimal menggaet konsumen.

Demikianlah panduan penggunaan Google Place secara singkat yang dapat penulis terangkan. Anda bisa mencoba untuk mendaftarkan bisnis anda pada layanan ini untuk meningkatkan pelanggan secara gratis. Dan anda dapat mengembangkan fasilitas inilebih lanjut dengan mencari sumber informasi lain dari internet maupun berguru pada para pakar Google Place.