Peluang Usaha yang Menjanjikan : 5 Ide Modal Kecil

Sending
User Rating 5 (4 votes)

Menganggur memang merupakan beban yang berat, apalagi bagi seseorang yang memiliki banyak tanggung jawab. Banyak orang yang mengalami hal ini, padahal sudah berusaha mencari kerja ke sana ke mari dengan sunguh-sungguh tapi masih tidak mendapatkannya. Bagi Anda yang mengalami kondisi seperti di atas, sebaiknya Ada mencoba solusi yang lain yaitu dengan membuka usaha mandiri. Saat ini banyak kok peluang usaha yang menjanjikan dan bisa dijalankan dengan modal kecil.

Artikel ini akan menyajikan lebih kurangnya 5 ide terbaru peluang usaha berpotensi mudah laku di Indonesia. Tidak hanya itu, ide usaha ini akan menjadi suatu ide yang membuat anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

5 Ide Terbaru Peluang Usaha Yang Menjanjikan

Peluang Usaha Yang Menjanjikan Cover Article Seobigbang.com

Apa sajakah peluang usaha yang menjanjikan dengan modal kecil tersebut ?

Dapatkan jawabannya pada kelanjutan artikel di bawah ini.

1. Peluang Usaha Yang Menguntungkan : Bisnis Katering

Salah satu peluang usaha yang menguntungkan dan bisa dijalankan dengan modal kecil adalah bisnis katering. Bisnis katering memang cukup menjanjikan, karena merupakan kebutuhan pokok sehari-hari.

Saat ini banyak orang yang memiliki tingkat kesibukan tinggi sehingga tidak memiliki waktu untuk memasak, sehingga lebih memilih memesan makanan lewat jasa catering. 

Agar tidak membosankan dan tetap menarik minat, sebaiknya menu catering makanan yang ditawarkan dibuat beragam, mulai dari menu klasik hingga masakan khas daerah. Jangan lupa sediakan juga paket katering khusus menu diet atau bento untuk bekal sekolah anak.

Modal awal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis katering ini berkisar Rp.400.000. Modal ini hanya untuk persiapan menu sederhana yang dimasak sendiri tanpa menggunakan jasa koki. Contoh menu sederhana seperti nasi putih, oseng-oseng, sayur tumis, aneka olahan ikan atau ayam, kerupuk, buah, serta air mineral. 

Jika harga per porsi Rp.15.000 dan berhasil menjual 50 porsi dalam sehari, maka perhitungan keuntungannya sebagai berikut :

Paket Harga Per Porsi@Rp 15.000x50=Rp 750.000
Modal Bahan Baku=Rp 400.000
Keuntungan=Rp 350.000

 

Baca Juga :  Peluang Bisnis di Indonesia : Analisa Blibli & McKinsey

Jadi total keuntungan bersih yang didapatkan dalam sehari sebesar Rp.350.000.

Nilai yang lumayan besar bukan ?

2. Peluang Usaha Yang Menjanjikan : Menjahit atau Butik Kecil

Satu lagi peluang usaha yang menjanjikan dan juga bisa dijalankan dengan modal kecil adalah jasa menjahit atau butik kecil. Peluang besar ini disebabkan kebutuhan pakaian tidak lagi sekedar untuk menutupi tubuh dari panas dan dingin, namun juga sebagai penunjang gaya hidup. 

Apabila Anda memiliki kemampuan menjahit, cobalah membuka kios jahit atau butik di rumah. Tarif menjahit yang dibebankan bervariasi, tergantung model yang dibuat. Untuk tarif standar yang dibebankan untuk satu potong pakaian jahitan berkisar antara Rp 100.000-Rp 300.000. Biaya ini belum termasuk biaya material.

Modal awal yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini adalah sekitar Rp.3.000.000, dengan rincian biaya pembelian mesin jahit sekitar Rp 1,5 juta-Rp 2,5 juta, serta perlengkapan menjahit lainnya seperti benang, jarum, dan lain-lain yang bisa mencapai Rp 50.000-Rp 100.000.

Jika dalam sebulan Anda bisa mengerjakan 10 potong pakaian dengan tarif rata-rata Rp 200.000, maka besar pendapatan yang bisa Anda dapatkan sebulan berkisar Rp 2 juta. Dengan potensi keuntungan bersih sebesar ini, dalam dua bulan tentu sudah balik modal.

Agar usaha jahit yang Anda jalani bisa meraih kesuksesan, pastikan Anda selalu mengikuti perkembangan fashion terkini, baik dari segi teknik menjahit maupun model pakain yang lagi trend dan banyak permintaan. 

3. Reparasi Tas, Sepatu, dan Jaket Kulit

Peluang usaha yang menjanjikan berikutnya adalah jasa reparasi tas, sepatu, dan jaket kulit. Modal awal yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini tidak terlalu banyak, sementara potensi keuntungannya cukup besar.

Besarnya potensi dari peluang usaha yang menjanjikan ini disebabkan banyaknya pengguna sepatu, tas, dan jaket saat ini. Penggunanya pun umum, mencakup laki-laki dan wanita, tua maupun muda. Tentu saja seiring dengan perjalanan waktu, benda-benda tadi mengalami kerusakan dan tidak tahu mau diapakan. Nah, di sinilah peluang besar bisa Anda dapatkan dengan cara membuka gerai atau bengkel reparasi tas dan sepatu.

Di awal-awal usaha sebaiknya Anda kerjakan sendiri dulu. Setelah berkembang, barulah Anda bisa pekerjakan orang yang lain yang bisa membantu Anda dalam pekerjaan ini. Modal awal yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini sekitar Rp 4 juta-Rp 5 juta.  Modal awal ini dibutuhkan untuk sewa tempat usaha, mesin jahit, serta alat-alat jahit lainnya.

Jika dalam sebulan Anda bisa mengerjakan 50-100 produk dengan tarif reparasi berkisar Rp.20.000–Rp.250.000, maka potensi omzet dalam sebulan berkisar Rp 3 juta–Rp 5 juta. Dengan potensi omzet sebesar ini, maka dalam 4-6 bulan sudah bisa balik modal.

4. Laundry

Ide terbaru peluang usaha yang menjanjikan berikutnya yang potensi omzetnya tidak kalah dari tiga usaha sebelumnya khusunya bagi Anda yang tinggal di kota-kota besar adalah membuka jasa laundry. Jasa laundry juga bisa menjadi salah satu investasi jangka panjang untuk anda karena jasa ini tidak akan tergerus waktu. Modal awal yang dibutuhkan untuk usaha ini tidak terlalu besar, meskipun tentu saja masih jauh lebih besar dari tiga usaha sebelumnya.

Besarnya potensi dari peluang usaha yang menjanjikan ini disebabkan masyarakat perkotaan, misalnya keluarga yang tinggal di apartemen, mahasiswa, atau pegawai kantoran, umumnya memiliki tingkat kesibukan yang tinggi sehingga tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaian sendiri.  Dengan adanya jasa laundry, tentu mereka merasa terbantu dan memanfaatkan jasa tersebut. 

Modal awal yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini sekitar Rp 8,5 juta-Rp 10 juta, yang digunakan untuk :

  • Mesin cuci otomatis kapasitas 8 kg (sekitar Rp 6 juta)
  • Setrika
  • Mesin Pengering (sekitar Rp 2,5 juta)
  • Timbangan 15 kg
  • Sabun cuci, pewangi, ember besar, gantungan baju, dan lain-lain

Jika dalam sebulan sebuah mesin cuci bisa mengerjakan 10-20 kg pakaian, dimana tarif  loundry per kilo berkisar Rp 5000-Rp 8000, maka potensi omzet sebulan mencapai Rp 1,5 juta-Rp 3,6 juta. Dengan potensi omzet sebesar ini, maka dalam 4-6 bulan sudah bisa balik modal.

5. Cuci Kendaraan Bermotor

Peluang usaha yang menjanjikan berikutnya pada artikel kali ini adalah jasa cuci kendaraan bermotor. Modal awal yang dibutuhkan untuk jasa ini tidak terlalu besar, hanya berkisar Rp 5 juta–Rp 7 juta untuk pembelian kompresor, alat steam, alat-alat pendukung lainnya, serta biaya operasional bulanan.

Besarnya potensi dari peluang usaha yang menjanjikan ini disebabkan banyaknya kendaraan bermotor yang berlalu-lalang di jalan setiap hari, apalagi di kota-kota besar. Banyak dari pemilik kendaraan tersebut memiliki rutinitas yang padat sehingga tidak memiliki waktu untuk mencuci sendiri kendaraannya. Saat kendaraannya kotor, tentu dia akan membawa kendaraannya ke jasa cuci kendaraan bermotor.

Jika setiap hari rata-rata 10 buah motor yang dicuci dengan tarif sebesar @Rp 6000 dan 3 buah mobil dengan tarif @Rp 15.000, maka potensi omzet dalam sebulan berkisar Rp 3.150.000. Dengan potensi omzet sebesar ini, maka dalam 6 bulan sudah bisa balik modal.

Sampai di sini kiranya penjelasan tentang 5 peluang usaha yang menjanjikan dengan modal kecil kali ini. Semoga artikel ini bisa memberikan inspirasi bagi Anda yang baru ingin memulai sebuah usaha namun belum bisa memutuskan jenis usaha yang tepat. 

0 thoughts on “Peluang Usaha yang Menjanjikan : 5 Ide Modal Kecil

Leave a Reply