Pengertian Kerjasama, Manfaat, dan Landasannya

Pengertian Kerjasama dalam kehidupan sehari – hari tentu memiliki arti yang berbeda-beda. Artikel ini akan membahas mengenai ruang lingkup secara luas mengenai kerjasama itu sendiri. Mendengar istilah kerjasama apa yang anda pikirkan?

Tentu saja ada sebagian orang yang mendefinisikan sebagai hubungan dua orang atau lebih untuk menjalin keterikatan yang bermanfaat bersama. Pelaku kerjasama itu sendiri adalah manusia. Yang mana manusia merupakan makhluk yang harus bersosialisasi. Ia tidak dapat hidup sendirian untuk memenuhi hajat hidup sehari-hari.

Kerjasama yang dalam bahasa inggris, cooperation yaitu suatu usaha yang dilaksanakan oleh sejumlah orang minimal dua orang untuk memperoleh tujuan yang ditetapkan bersama. Dari sini sudah jelas sifat kerjasama adalah menguntungkan para pihak yang terlibat di dalamnya.

Dengan melakukan kerjasama maka manusia menjadi lebih kuat. Kalau diibaratkan kerjasama manusia seperti sapu injuk. Jika ia sebuah lidi maka akan kurang berdaya. Sebaliknya jika lidi tersebut berjumlah banyak dan berada pada satu ikatan yang sama maka akan lebih berdaya dan memiliki kekuatan besar.

Pentingnya Kerjasama Secara Luas

Pengertian Kerjasama, Manfaat, dan Landasannya - cover

Kerjasama merupakan sarana untuk memperoleh tujuan bersama secara cepat dan mudah. Disinilah pentingnya kerjasama untuk menciptakan sebuah kekuatan besar. Dan kerjasama hal mutlak yang harus dilakukan manusia untuk mencapai tujuan secara mudah.

Baca Juga : Pengertian Distributor Secara Umum

Allah SWT sudah menciptakan manusia sebagai makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendirian. Ia harus berinteraksi dan bekerjasama dengan makhluk lainnya. Salah satu contohnya adalah pernikahan maupun jual beli. Sehingga ada satu bab fiqh mengenai muamalah.




Kerjasama adalah interaksi  sosial antara dua orang manusia atau lebih yang memiliki tujuan yang sama dan saling membutuhkan dalam rangka membantu satu sama lain. Sebagaimana Allah SWT berfirman: “Saling tolong menolonglah kamu dalam kebaikan. Dan janganlah kamu saling tolong menolong dalam berbuat kejahatan”.

Manusia yang rajin melakukan kerjasama dengan orang akan lebih memudahkan ia mendapatkan kesuksesan ketimbang orang yang tidak. Ada banyak aspek kehidupan yang bisa dilakukan proses kerjasama. Seperti kerjasama ekonomi, perdagangan, politik, budaya, dan lain-lain.

Pengertian Kerjasama berdasarkan landasannya

Landasan dasar manusia harus bekerjasama adalah peribahasa bijak yang mengatakan bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh. Manusia harus hidup rukun dan bekerjasama dalam menciptakan kehidupan yang lebih baik bersama-sama. Kehidupan yang saling bekerjasama dapat memudahkan manusia untuk mencapai tujuan.

Dan manusia menyadari bahwa suatu tujuan dapat lebih gampang dicapai melalui proses kerjasama.Contoh kerjasama yang dilakukan manusia berwujud dalam bentuk organisasi, komunitas, grup dan lain-lain. Bahkan negara Indonesia pun dapat berdiri dari hasil proses kerjasama.

Kerjasama yang dilakukan manusia umumnya berada dalam lingkungan sekitar. Dalam arti, interaksi kerjasama dilakukan dengan orang yang dikenal dan lingkungan sekitar. Misalkan lingkungan RT RW, lingkungan kampus, perusahaan, sekolah dll.

Ada banyak bukti manusia sudah ditakdirkan hidup di dunia untuk bekerjasama dalam kebaikan. Seperti untuk bisa mempunyai keturunan maka manusia perlu menikah dengan pasangannya. Untuk melakukan penjualan lebih banyak maka manusia perlu menjalin kerjasama dengan orang lain yang lebih pandai dalam menjual barang.

Pengertian Kerjasama Menurut Para Ahli

Salah seorang ahli atau pakar sosial, Pamudji memberikan pengertian kerjasama yang sesungguhnya yakni suatu kegiatan yang dikerjakan oleh dua orang manusia hingga lebih dalam rangka bekerja bersama untuk mencapai tujuan bersama. Jadi proses terjadinya kerjasama adalah adanya kesatuan pemikiran, cita-cita dan tujuan.

Yang dimulai dari adanya individu-individu. Yang berlanjut pada proses interaksi. Lalu adanya tujuan bersama yang menghasilkan komitmen untuk bekerja sama.

Hal yang sama diungkapkan oleh Charles H Cooley yang memberikan pengertian yang sama mengenai arti kerjasama. Beliau mengatakan dua orang atau lebih yang mempunyai tujuan bersama akan menciptakan sebuah ikatan kerjasama yang saling menguntungkan untuk mencapai tujuan bersama tersebut.




Baca Juga :  Usaha Yang Menjanjikan 2019 : Rekomendasi Penulis

Rosen berpendapat dari sudut pandang yang berbeda bahwasanya pengertian kerjasama secara khusus yaitu suatu sumber daya yang efektif sekali dan dibutuhkan manusia dalam memberdayakan ekonomi bersama. Misalkan proses jual beli.

Perry dan Thomson melihat pengertian kerja sama sebagai sebuah tahapan dalam mencapai tujuan bersama.Yang ditandai dari proses perkenalan, koordinasi, sampai koalisi. Kerja sama merupakan organisasi yang memiliki kekuatan terbesar yang harus diberdayakan untuk kepentingan manusia itu sendiri.

Pengertian Kerjasama Berdasarkan Manfaatnya

Adapun manfaat kerjasama sangat banyak. Diantaranya :

1. Memperkuat jalinan silaturahmi

Dengan bekerjasama maka akan terjadi proses interaksi satu sama lain. Saling membantu dan bekerjasama tolong menolong dalam mencapai tujuan yang sama. Hal ini menimbulkan semangat persaudaraan yang kuat ketika di dalam organisasi ataupun diluar organisasi

2. Tujuan lebih cepat dicapai

Kerjasama akan membuat pencapaian tujuan bersama dapat diraih dengan lebih cepat dan lebih mudah. Disebabkan tersedianya sumber daya manusia yang lebih banyak

Macam Macam Kerjasama

Dalam tataran aplikasi, ada berbagai macam kerjasama. Berikut ini beberapa bentuk kerjasama yang ada di tengah masyarakat, antara lain :

1. Bargaining

Merupakan perjanjian nilai tawar menawar atas transaksi barang dan jasa

2. Koalisi

Merupakan gabungan dua kelompok atau lebih dalam rangka mencapai tujuan yang sama. Misalkan koalisi Amerika Serikat dan negara Uni Eropa, koalisi Arab Saudi dan negara Timur Tengah, koalisi partai politik PKS dan Gerindra untuk mencalonkan Prabowo sebagai Calon Presiden tahun 2019 dan banyak contoh lainnya

3. Kerukunan

Adapula kerjasama yang dilakukan di tengah masyarakat atas dasar kerukunan. Sebagai contoh adalah gotong rotong, kerja bakti dll.

Contoh Kerjasama Secara Umum

Untuk contoh kerjasama dapat kita saksikan di lingkungan terdekat kita. Misalkan di lingkungan masyarakat yang secara rutin mengadakan kerja bakti tiap hari minggu membersihkan lingkungan sekitar.

Baca Juga : Kemudahan dan Kegunaan Mandiri Internet Banking

Di sekolah terjalin kerjasama saling menjaga kebersihan kelas dengan diadakannya piket sekolah setiap minggu sekali, dan di rumah terlihat kerjasama yang apik dan bahu membahu antar anggota keluarga dalam membersihkan dan menjaga keamanan rumah.

Contoh Kerjasama Dalam Bidang Ekonomi

Kerjasama dapat dilakukan antara orang perorang, lembaga perusahaan dengan perusahaan lain hingga antara negara. Untuk kerja sama dalam bidang ekonomi dan bisnis haruslah didasarkan atas kepentingan bersama dan menguntungkan.

Contoh kerjasama dalam bidang ekonomi sangatlah banyak di dunia ini. Salah satu contohnya adalah perusahaan yang berdiri berdasarkan profit. Para karyawan bekerja secara profesional sesuai tugas dan wewenang untuk membantu perusahaan melayani konsumen. Atas hasil jerih payah tersebut seorang karyawan berhak mendapatkan gaji.

Cara Membina Kerjasama Yang Baik

Bagi anda yang ingin mengadakan kerjasama dengan orang lain, berikut ini kami berikan panduan melakukan kerjasama yang baik dan saling menguntungkan dengan orang lain yakni :




Baca Juga :  Peluang Bisnis di Indonesia : Analisa Blibli & McKinsey

1. Menentukan tujuan

Sebelum bekerjasama, anda dan orang lain harus sepakat atas tujuan yang sama

2. Proses kerjasama

Kerjasama dilakukan dalam kerangka satu tim penuh dengan kekompakan dan kebersamaan serta inisiatif sendiri. Sehingga kerjasama berjalan lancar.

Proses kerjasama yang dilakukan manusia berdasarkan keinginan sendiri dan pentingnya bersatu dalam meraih cita-cita bersama. Selain itu, sifat kerjasama adalah menguntungkan orang-orang yang terlibat di dalamnya. Dan kerjasama dapat dihentikan atau dilanjutkan tergantung keinginan manusia itu sendiri.

Baca Juga : Mengenal Stafaband

Di suatu lembaga perusahaan, organisasi, yayasan, rumah sakit dan lembaga lain umumnya proses kerja sama tercipta dengan sendirinya dan berjalan setiap hari.

Proses kerja sama tim berlangsung kompak dan seirama untuk tujuan yang sama. Hal inilah yang membuat sebuah lembaga maju mundurnya ditentukan oleh individu yang bekerjasama di dalamnya.

3. Menghargai perbedaan

Selama menjalani proses kerjasama mungkin anda mengalami perbedaan pendapat dengan anggota tim atau orang lain. Anda hendaknya menghargai pendapat orang lain beserta kebiasaannya untuk menjaga keharmonisan kerjasama.

4. Semangat tinggi

Dalam proses kerjasama dibutuhkan semangat tinggi dan antusiasme hingga tujuan dapat dicapai secara bersama dengan mudah dan ringan. Semangat untuk mengenal mitra kerjasama dan senang bekerja sama dengannya.

5. Kualitas kerjasama

Anda boleh bekerjasama dengan banyak orang. Namun yang lebih penting dari kuantitas adalah kualitas. Berikanlah kualitas kerjasama yang baik oleh anda.