Pengertian Modernisasi Menurut Para Ahli

Nilai Anda Untuk Artikel Ini
Sending
User Rating ( votes)

Pengertian modernisasi atau kata dari modernisasi sendiri merupakan suatu kata yang sudah tak asing lagi kita dengar di jaman serba canggih ini. Segala sesuatu barang dan pekerjaan selalu disertai dengan perlengkapan teknologi.

Semua perabotan dan peralatan rumahtangga telah dilengkapi dengan teknologi canggih. Hal ini tak terlepas dari modernisasi yang tiap hari diciptakan orang untuk mendapatkan hidup yang mudah, lebih baik dan menyenangkan.Modernisasi adalah sebuah kata indah yang diucapkan. Dan lebih indah lagi untuk dipraktekan.

Pengertian modernisasi secara umum adalah proses transformasi atau perubahan yang terjadi dari situasi klasik, tradisional yang versi lama atau jadul ke situasi baru yang lebih modern dan kekinian.

Dari penjelasan di atas, siapa sih yang tidak ingin mengalami modernisasi? Pastinya setiap orang menginginkan modernisasi dalam hidupnya untuk mencapai kehidupan yang lebih baik, lebih maju, nyaman, modern dan menyenangkan.

Pengertian Modernisasi Berdasarkan Manfaatnya

Pengertian Modernisasi Menurut Para Ahli - cover

Di tengah jaman milenium saat ini, kata modernisasi menjadi bagian dari keseharian hidup kita. Berbagai perusahaan, lembaga, kantor, dan negara melakukan penerapan teknologi modernisasi yang mengubah dunia menjadi lebih baik. Dimana sesuatu yang bersifat tradisional diubah menjadi sesuatu yang modern yang terbukti lebih hemat, praktis dan mudah.




Ada banyak manfaat modernisasi yang sekarang digalakkan orang, perusahaan, lembaga, kantor dan negara di seluruh dunia, antara lain :

  1. Meningkatkan kualitas hidup manusia. Orang yang menggunakan teknik modernisasi akan berbeda hidupnya dengan orang yang tak menggunakan modernisasi
  2. Meningkatkan pola pikir positif. Pola pikir yang kolot dan tradisional dapat diubah dengan modernisasi yang dapat beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

Baca Juga : Pengertian Kerjasama, Manfaat, dan Landasannya

Pengertian Modernisasi Menurut Para Ahli

Tidak lengkap rasanya kita mengetahui pengertian modernisasi tanpa menyimak pendapat para ahli. Berikut ini pengertian modernisasi menurut para ahli, antara lain :

  1. Widjojo Nitisastro, seorang ekonom dunia mengeluarkan pendapat arti modernisasi yang sesungguhnya adalah suatu perubahan menyeluruh dalam kehidupan seseorang atau masyarakat secara lebih luas dari gaya hidup yang tradisional secara teknologi dan sosial menuju gaya hidup modern dan dinamis dari segi sosial dan teknologi.
  2. Menurut Soerjono Soekanto, modernisasi yaitu sebuah proses transformasi teknologi dan sosial secara sistematis, dan terencana.
  3. Pengertian modernisasi menurut Wilbert E Moore adalah perubahan yang terjadi pada suatu masyarakat secara menyeluruh dari cara lama dan konvensional menuju cara modern yang lebih maju dalam aspek pemakaian teknologi.

Tanda Tanda Modernisasi

Seseorang bisa mengatakan sedang melakukan modernisasi atas suatu hal ditandai dengan ciri-ciri yang dilihat dari aspek organisasi sosial dan sosio demografi. Berikut ini ciri dan tanda modernisasi, antara lain :

  1. Transformasi gaya hidup, psikologi, ekonomi dan sosial masyarakat. Dimana terjadinya transformasi baru lewat tindakan dan sosialisasi. Contohnya pemakaian teknologi terbaru dalam seluruh aspek kehidupan manusia, pertumbuhan penghasilan yang tajam, urbanisasi dan lain-lain.
  2. Transformasi terhadap perilaku kekuasaan, lembaga kemasyarakatan, wewenang, interaksi sosial, pelapisan sosial dan norma sosial di tengah masyarakat.

Dampak Positif Modernisasi

Kehidupan sekarang ini tak terlepas dari pengaruh teknologi. Seperti adanya peralatan elektronik magic jar, kompor gas, blender, komputer, laptop, ponsel pintar dan peralatan lainnya tak terlepas dari penggunaan teknologi yang canggih. Sehingga modernisasi dalam kehidupan masyarakat adalah sebuah keniscayaan yang tak bisa dihindari.

Sudah sangat jelas manfaat dan dampak positif penerapan modernisasi dalam kehidupan manusia dan masyarakat secara lebih luas. Efek kebaikan modernisasi bisa diperoleh secara tak langsung dan langsung. Berikut ini beberapa dampak positif modernisasi yang perlu kita ketahui, antara lain :

  1. Pikiran dan wawasan masyarakat lebih terbuka. Dengan adanya modernisasi membuat masyarakkat lebih dapat menerima sesuatu hal baru terutama dalam teknologi.
  2. Meningkatnya berbagai disiplin ilmu terutama ilmu teknologi dan pengetahuan. Karena masyarakat sudah terbiasa untuk memacu diri menciptakan alat-alat modern dalam semua aspek seperti komunikasi yang semakin canggih, transportasi yang mutakhir, dan industri yang semakin maju.

Dampak Negatif Modernisasi Di Masyarakat

Disamping ada dampak positif, adapula dampak negatif dari modernisasi bagi masyarakat secara luas, antara lain :

  1. Semakin tinggi kesenjangaan antara orang kaya dan miskin dalam strata sosial dan ekonomi
  2. Meningkatnya angka kejahatan dan penipuan
  3. Mewabahnya pencemaran lingkungan hidup

Modernisasi Dalam Bisnis

Persaingan dunia usaha sangat ketat. Seiring dengan meningkatnya jumlah kompetitor dari hari ke hari. Bisnis yang selama ini dijalankan secara konvensional dan tradisional mulai beralih ke sistem modern.

Baca Juga : Informasi Lengkap Seputar Whatsapp Web

Segala peralatan menggunakan teknologi canggih. Hal tersebut cukup ampuh untuk bisa bersaing dengan kompetitor. Bahkan memenangkan persaingan bisnis.

Untuk memenangkan persaingan usaha sebagaimana analisa SWOT diperlukan sebanyak mungkin keunggulan dan kelebihan dari bisnis anda. Seperti yang sangat penting adalah kehadiran teknologi canggih modern. Yang lebih hemat, efisien dan lebih cepat.




Persaingan bisnis saat ini sangat kejam. Semuanya bersaing secara sehat. Yang kalah dalam soal harga, teknologi dan pemasaran akan mati dengan sendirinya.

Berbagai inovasi tetap diperlukan secara kontinyu supaya tetap eksis. Modernisasi terus diciptakan supaya bisnis dapat diakses secara cepat oleh konsumen, kapanpun, dimanapun dan fleksibel.

Modernisasi dalam bisnis mencakup seluruh hal yang sangat luas  mencakup peralatan dan perlengkapan fisik, alat promosi baliho, banner, peralatan kantor, alat produksi, teknologi pengemasan serta sistem cepat melayani konsumen.

Pergerakan bisnis sangat cepat. Sebuah bisnis yang bergerak lambat akan tertinggal oleh bisnis pesaing. Dengan jaman yang modern membuat sebuah usaha harus dikelola secara modern.

Dan teknologi canggih terus berubah membuat usaha harus terus menerapkan modernisasi. Seperti halnya budaya online.

Modernisasi juga mencakup cara promosi. Strategi promosi yang saat ini sebatas membagikan brosur, memasang pamflet dan baliho, dan cara tradisional lain sudah mulai ditinggalkan orang karena kurang efektif bahkan gagal.

Sekarang cara promosi yang paling efektif adalah promosi online menggunakan teknologi software maupun promosi di media sosial yang bersifat gratis.

Baca Juga : Daftar Perusahaan Tbk di Jakarta Berdasarkan IDX

Teknologi produksi akan membuat sebuah usaha dapat memproduksi barang dalam jumlah besar dengan waktu singkat. Ditambah lagi dengan teknologi robotik yang akan menghemat biaya tenaga kerja.

Dan cara promosi yang modern dapat menghemat pengeluaran biaya iklan dan meningkatkan angka penjualan di dalam negeri hingga ke mancanegara.

Modernisasi dalam teknologi promosi bisa melalui website, blog maupun toko online. Sehingga dapat menjangkau semua manusia di muka bumi asalkan tersambung dengan koneksi internet.

Sehingga pangsa pasar atau konsumen semakin luas dan besar. Keluhan konsumen dapat dilayani secara baik dan otomatis. Pengiriman barang sangat cepat melalui aplikasi internet atau chatting.

Bisnis yang modernisasi akan berusaha melayani konsumen dengan baik. Kepuasan konsumen terjamin dan mutu produk terbaik. Kedekatan dengan konsumen lebih kuat dan komplain dapat disalurkan lewat saluran media sosial.

Koordinasi antar karyawan dan pimpinan lebih terkoordinasi dengan baik. Dimanapun dan kapanpun koordinasi berjalan lancar. Sehingga kemajuan usaha lebih mudah diperoleh. Modernisasi membuat karyawan lebih produktif bekerja.