Penggunaan Android Device Manager untuk Pemula

Penggunaan android device manager sudah sangat masif pada saat ini. Adapun beberapa cara menggunakan nya pun bermacam-macam, karena kebanyakan orang melakukan “oprek” terhadap android nya.

Perkembangan teknologi ponsel pintar melaju pesat sekarang ini. Berbagai smartphone terbaru lahir dan dirilis menggantikan generasi sebelumnya.

Dan saat ini tengah dipersiapkan ponsel pintar terbaru yang tembus pandang dan dapat dilipat. Seiring dengan semakin canggihnya smartphone yang hadir, harga ponsel pintar pun semakin mahal.

Penggunaan ponsel pintar di Indonesia sudah sangat marak dan menjadi sebuah gaya hidup tersendiri di jaman modern saat ini.

Fenomena saat ini di jaman modern, kalangan anak-anak, pelajar, mahasiswa, pekerja kantoran, buruh, ibu rumahtangga, pengusaha dan orang lanjut usia sudah familiar dengan penggunaan ponsel pintar.

Untuk kalangan anak-anak dan remaja bahkan sudah sering dijumpai sedang bermain dengan smartphone android sekedar bermain game maupun nonton video youtube.

Hal itu bisa kita saksikan di lingkungan sekitar. Mungkin itu tetangga maupun orang terdekat di lingkungan sekitar kita.

Yang namanya anak-anak terkadang sehabis bermain game atau menonton video youtube sembarangan dalam menyimpan smartphone.

Penggunaan Android Device Manager untuk Pemula - cover

Bahkan ponsel pintar mereka dipinjam oleh orang lain. Inilah yang membuat smartphone android dapat cepat hilang akibat lupa menyimpan dan dicuri oleh orang yang usil.

Baca Juga : Panduan Penggunaan Google Place – Step by Step

Berdasarkan pengamatan penulis, di Indonesia ada berbagai jenis smartphone android yang dijual di pasaran terdiri dari, antara lain :

  • Ponsel pintar kelas premium yang ditawarkan dengan harga mahal
  • Smartphone android kelas menengah yang dijual dengan harga sedang
  • Ponsel pintar kelas bawah yang dijual dengan harga murah meriah

Bagi anda yang memiliki ponsel pintar kelas premium yang harganya sangat mahal pastinya sangat berhati-hati dalam menyimpan smartphone.



Bahkan melindunginya dengan sangat baik menggunakan pelindung dan aksesoris lainnya. Berbeda halnya jika anda menyimpan ponsel pintar yang harganya murah.

Penggunaan smartphone di masyarakat saat ini bukan hanya untuk kepentingan sarana komunikasi dan chatting yang gampang, praktis dan cepat.

Baca Juga :  Masuk Safe Mode Windows 7 : Ini Cara Terbaiknya !

Namun sudah banyak hal yang dapat dilakukan dengan ponsel pintar. Seperti bisnis online, aktif di sosial media, menulis dokumen, bermain game dan lain sebagainya. Sehingga sangat mudah sekarang ini bagi anda untuk mendapatkan orang yang sedang bermain-main dengan smartphone android mereka.

Namun yang namanya musibah bisa saja terjadi sewaktu-waktu tanpa kita sadari. Misalkan smartphone sobat yang telah dijaga sebaik mungkin tiba-tiba terbentur dan jatuh sehingga mengalami kerusakan.

Dan bisa juga ponsel pintar yang anda miliki hilang karena terjatuh di tempat yang tak diketahui, atau dicuri oleh orang yang jahat. Kalau hal ini terjadi maka ada cara untuk mengatasinya.

Untuk mengatasi ponsel pintar yang hilang akibat dicuri orang atau lupa menyimpannya, anda memerlukan suatu program aplikasi yang dikenal Android Device Manager.




Software yang sering disingkat ADM ini merupakan suatu aplikasi yang akan membantu anda melacak keberadaan ponsel pintar milik anda yang hilang.

Android Device Manager merupakan aplikasi yang diciptakan oleh perusahaan Google untuk membantu banyak orang dalam rangka mengetahui keberadaan ponsel pintarnya. Software ini disupport oleh teknologi mutakhir yang dapat mengetahui keberadaan sebuah ponsel pintar yang hilang.

Bukan hanya itu saja. Bahkan dengan menggunakan aplikasi Android Device Manager dapat melaksanakan pencegahan factory reset, melakukan penguncian ponsel, dan penghapusan terhadap data smartphone yang hilang dalam jarak sangat jauh sekalipun.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa fungsi dan manfaat dari aplikasi Android Device Manager, antara lain :

  1. Melacak ponsel pintar yang hilang secara mudah dalam kondisi aktif dan tak aktif
  2. Mengetahui peta lokasi ponsel pintar pasca direset
  3. Mendapatkan data dari ponsel pintar yang hilang
  4. Mengendalikan ponsel pintaryang hilang dari jarak jauh bahkan merusaknya dengan menghapus semua datanya
Baca Juga :  Cara Membalik Layar Laptop Yang Jarang Diketahui

Penggunaan Android Device Manager

Bagi anda yang belum menguasai cara penggunaan android device manager untuk mengembalikan smartphone yang hilang maka berikut ini caranya : Download aplikasi Android Device Manager.



Untuk mendapatkan aplikasi Android Device Manager secara mobile maka anda bisa mengunjungi Google Playstore. Pada kolom pencarian ketikkan Android Device Manager. Tekan ENTER maka akan tampak aplikasi Google Temukan Perangkat Saya. Lalu klik tombol Install.

Setelah pemasangan ADM berhasil maka akan ada pemberitahuan untuk mengisi akun google anda. Klik tombol Lanjutkan. Lalu masukkan password akun google anda. Lakukan login sampai masuk ke halaman utama Android Device Manager di perangkat android sobat.

Anda akan mendapatkan pemberitahuan permohonan : “Ijinkan Temukan Perangkat Saya untuk mengakses lokasi perangkat ini?”. Tekan tombol Ijinkan.

Dilanjutkan dengan pemberitahuan Persyaratan Layanan yang menyatakan : “Dengan menggunakan aplikasi ini maka anda setuju untuk mengijinkan Google menggunakan data lokasi perangkat. Lokasi perangkat adalah perkiraan dan tidak selalu akurat.

Jika anda yakin perangkat anda dicuri, hubungi penegak hukum. Dan jangan mencoba untuk mengambilnya sendiri”. Tekan saja tombol “|Terima”.

Pastikan fitur pelacakan lokasi sudah aktif di perangkat smartphone anda untuk memudahkan pelacakan ketika smartphone android hilang via google maps.

Pada layar smartphone sebelah kiri terdapat dua gambar yakni gambar bingkai smartphone dan di sebelahnya ada gambar smartphone berwarna.

Coba klik atau tekan gambar smartphone yang berwarna. Pastinya anda akan mendapatkan peta lokasi keberadaan ponsel pintar anda saat ini yang ditandai dengan lingkaran hijau.




Di halaman Android Device Manager atau Temukan Perangkat Saya maka anda akan diberikan dua pilihan yaitu Putar Suara dan Aktifkan Opsi Amankan & Hapus.

Untuk membunyikan ponsel pintar anda yang hilang maka anda bisa menekan tombol “Putar Suara”. Akan ada pemberitahuan bahwasanya untuk menghentikan suara, tekan tombol daya di perangkat.

Namun jika anda tak dapat menemukan keberadaan perangkat smartphone android yang hilang maka anda bisa melindungi data di dalamnya. Dengan cara menekan tombol “Aktifkan Opsi Amankan dan Hapus”.

Baca Juga :  Situs Tempat Beli pulsa Online Aman Terpercaya

Untuk lebih mengamankan data-data yang ada di dalam ponsel pintar anda yang hilang maka anda bisa memakai metode pengamanan kunci layar.

Pola kunci layar bisa berupa pemindai sidik jari, pola tertentu, password maupun pin. Langkah ini bisa ditempuh untuk menghindari pencurian data dan penyalahgunaan data dari smartphone anda yang hilang.

Pada halaman utama Android Device Manager pada pojok kanan atas terdapat tiga titik vertikal maka anda bisa menekannya. Di situ terdapat lima opsi yang bisa dipilih yakni untuk alihkan akun, segarkan, ganti nama perangkat, harus masuk dan bantuan dan masukan.

Jika anda belum paham sama sekali tentang apa itu Android Device Manager, manfaat, fungsi dan penggunaannya maka tekan saja tombol : Bantuan dan Masukan. Anda akan mendapatkan petunjuk dan informasi mengenai ADM beserta fungsi dan cara penggunaannya.

Penggunaan aplikasi Android Device Manager bisa berjalan secara baik dan lancar jika memenuhi hal-hal berikut ini, antara lain : adanya ijin untuk menghapus data dan mengunci ponsel pintar dari administrator Android Device manager, GPS atau fitur lokasi senantiasa menyala, dan ponsel pintar tersambung dengan koneksi internet yang cepat dan stabil. Hal tersebut akan memudahkan pelacakan smartphone android hilang dan mengamankan data di dalamnya.

Dengan hadirnya layanan Android Device Manager maka anda tidak usah risau lagi jika ponsel pintar anda hilang. Sobat bisa secepatnya menggunakan aplikasi ini untuk menemukan smartphone anda kembali. Cara ini sudah membantu banyak pengguna smartphone yang hilang untuk mendapatkan kembali ponsel pintar miliknya.

Penggunaan android device manager yang penulis lakukan menggunakan Samsung J2 Prime. Namun pada dasarnya semua sama saja, aplikasi ini bisa digunakan pada smartphone merek atau jenis lain yang terbaru. Seperti Oppo, Advan, Vivo, Evercross, Huawei, dan merk lainnya.