Pengunjung Blog Menurun Drastis : Cara Mengatasinya

Nilai Anda Untuk Artikel Ini
Sending
User Rating ( votes)

Salah satu hal yang banyak dikeluhkan oleh para pemilik blog adalah trafik pengunjung blog menurun drastis. Dari awalnya ribuan visitor perhari menjadi ratusan visitor. Dari mulanya ratusan pengunjung perhari menjadi puluhan pengunjung setiap hari. Hal inilah menjadi kontroversi apa yang menjadi penyebab trafik blog menurun secara drastis.

Penulis sendiri sudah beberapa kali mengalami kejadian ini. Dan mungkin juga anda. Dimana blog yang anda miliki atau kelola mengalami kejadian penurunan trafik yang sangat besar.

Hal tersebut tentu sangat tidak menyenangkan. Akan banyak dampak buruk dari penurunan trafik secara drastis yaitu dari segi penghasilan yang ikut turun drastis dan popularitas blog yang kian menurun. Yang terkadang membuat semangat ngeblog kita menjadi kendur atau lemah.

Kita akan merasa terheran sekali dengan penurunan trafik blog secara drastis. Padahal selama ini blog kita memiliki trafik stabil dikisaran 1000 UV. Namun saat ini hanya puluhan visitor unik perday.

Apa ada yang salah dengan blog? Atau ada optimasi yang salah? Ataukah google sedang memperbaharui algoritma baru? Padahal setiap hari kita senantiasa update artikel sebanyak 3 artikel.

Pengunjung Blog Menurun Drastis - Cara Mengatasinya - cover

Semua bertanya-tanya mengenai penurunan trafik blog miliknya secara drastis. Mereka bertanya kepada para ahli SEO dan master melalui forum.

Apakah penyebab pokok yang membuat trafik blognya turun drastis secara tiba-tiba dan tak masuk akal dalam jumlah besar? Mereka pun mengingat upaya terakhir yang dilakukan yang memicu trafik blog anjlok bak parasut.

Oleh sebab itu, penulis akan membahas beberapa penyebab utama suatu blog mengalami penurunan trafik secara signifikan.

Yang pastinya timbul pertanyaan “Bagaimanakah cara mengatasi hal demikian dimana pengunjung blog yang asalnya stabil jadi menurun drastis ?”.

Baca Juga : Langkah Awal Memulai Blog untuk Pemula

Sehingga penulis akan melanjutkan dengan cara mengatasi blog yang mengalami penurunan pengunjung secara drastis untuk kembali normal seperti sedia kala.

Baca Juga :  Cara Membuat Blog Terkenal Bertahan Lama

Cara Mengatasi Pengunjung Blog Menurun Drastis

Sebenarnya tidak ada yang pasti penyebab utama trafik blog menurun drastis, namun berdasarkan pengalaman dan pendapat para pakar SEO, itu bisa diakibatkan oleh :




1. Seringnya gonta ganti template blog

Beberapa orang melakukan gonta ganti template blog. Karena ingin mendapatkan template terbaik yang disukainya. Sekaligus supaya tidak bosan melihatnya.

Padahal hal itu bisa menjadi pemicu trafik blog anda menurun drastis secara signifikan dari asalnya yang stabil hingga trafik nol. Bergonta ganti template tanpa mensubmit ulang sitemap bisa mengakibatkan pengunjung blog menurun drastis.

Anda dapat saja sekali-kali mengganti template blog. Dengan syarat, setelah itu harus submit ulang sitemap ke Google Webmaster. Supaya blog anda dapat terindeks lagi dan template baru dapat dicrawl secara cepat

2. Error atau kesalahan di Google Webmaster Tools

Penyebab lain yang membuat trafik blog menurun drastis adalah adanya kesalahan atau error yang terdapat di Google Webmaster Tools.




Misalkan error di Security Issues atau adanya Malware di browser, page not found atau crawls yang error, HTML Improvement, Mising dalam Mising Author, dan Structured Data.

Oleh karena itu, sobat harus rajin mengecek dashbord atau halaman google Webmaster Tools untuk melihat seberapa banyak kesalahan atau error tersebut.

3. Melakukan keyword stuffing

Salah satu penyebab lain yang membuat trafik blog turun drastis dari yang biasanya stabil adalah melakukan keyword stuffing.

Keyword stuffing adalah mencatat keyword pada sebuah artikel secara berulang-ulang. Sehingga nampak tidak alamiah. Akibat dari tindakan ini adalah blog anda dianggap melakukan spam dan diberikan sanksi berupa deindeks artikel.

4. Terdapat link spam dalam jumlah banyak

Hal berikutnya yang tidak disukai mesin pencarian google adalah suatu artikel di blog yang mengandung banyak link keluar. Hal ini akan dianggap perbuatan spam.




Apalagi link website atau blog yang dituju adalah website atau blog yang kurang dipercaya atau terlarang. Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam menyimpan link keluar dari blog anda.

Baca Juga :  Tentang Ahrefs dan Semrush yang Harus Diketahui

Pastikan anda mencantumkan link keluar hanya kepada blog atau website terpercaya seperti Mitra Google.

5. Komentar spam

Jangan anda sombong dengan banyak komentar di blog anda. Yang menandakan blog anda populer dan masuk ke halaman satu google.

Postingan anda yang mendapatkan banyak komentar dari para pengunjung biasanya disertai link yang ditanamkan oleh pengunjung. Seperti link promosi, penjualan, atau lainnya yang bersifat spam yang tidak tersangkut paut dengan isi artikel anda.

Komentar yang sifatnya spam di blog anda bisa menjadi pemicu atau penyebab trafik blog anda menurun secara drastis. Berdasarkan ketentuan Google yang tak suka dengan link spam.




Oleh karena itu, cara mengatasi komentar dan link spam maka anda bisa membuat kotak moderasi di dalam blog anda. Sehingga komentar yang sifatnya spam dapat dihapus dalam artikel anda.

Pendek kata, untuk blog yang menurun drastis trafiknya disebabkan oleh komentar spam maka anda bisa mengatasinya dengan membuat kolom komentar yang dimoderasi. Sehingga link spam tidak bisa muncul di halaman blog sobat.

6. Backlink yang tak natural

Penyebab utama lain yang membuat blog mengalami penurunan trafik secara drastis dari yang asalnya stabil adalah penanaman backlink yang banyak dalam tempo cepat.

Hal ini akan dideteksi oleh Google dan dianggap spam. Cara mengatasi hal demikian adalah tidak melakukan banyak backlink sekaligus apalagi backlink berkualitas rendah. Pilihlah backlink ke website berkualitas baik dalam jumlah sedikit dulu.

7. Tidak rutin update blog

Berikutnya yang menjadi pemicu sebuah blog mengalami penurunan trafik secara besar-besaran adalah jarangnya suatu blog diupdate artikelnya.

Yang membuat pihak Google marah dan mendepak blog anda di halaman satu google menjadi halaman dibawahnya. Cara mengatasinya yaitu dengan sesering mungkin update blog minimal tiga artikel perhari dengan kualitas artikel yang bagus di mata pembaca dan mesin pencarian google.




Kualitas artikel yang bagus dapat dilihat dari ciri-ciri yaitu mempunyai gagasan dan ide baru, belum banyak ditulis orang, bukan artikel lama yang dimodifikasi ulang, penyampaian informasi dilakukan secara runtut dan lengkap.

Baca Juga :  Cara Agar Website Terindex Google 2019

8. Pembaharuan Algoritma Google yang baru

Blog yang memiliki trafik besar tiba-tiba secara mendadak memiliki trafik yang sangat kecil. Ini bisa merupakan pertanda bahwa Google sedang melakukan perubahan algoritma Google yang baru dari yang lama. Yang membuat terjadinya perubahan pada peringkat blog, dan posisi SERP secara meyeluruh.

9. Optimasi SEO yang keliru

Selanjutnya, penyebab pengunjung blog menurun drastis adalah adanya penerapan teknik SEO yang salah dan berlebihan.



10. Kurang promosi

Penyebab trafik blog turun drastis adalah kurang promosi dari blog bersangkutan. Biasanya proses promosi blog secara  online dan offline dilakukan satu kali saja tanpa proses yang berkelanjutan dan konsisten. Sehingga mudah dilupakan orang.

11. Persaingan yang semakin tinggi

Dengan tingkat persaingan blog yang semakin tinggi membuat artikel anda yang dulunya page one atau peringkat satu di google terdepak ke halaman dua google atau di bawahnya.

Solusi dari ini adalah meningkatkan kuantitas dan kualitas artikel untuk diposting di blog anda hingga bisa mengalahkan para kompetitor.

Demikianlah penyebab pengunjung blog menurun drastis dan cara mengatasinya yang bisa saya sampaikan. Mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi anda semua khususnya yang sedang mengalami penurunan trafik blognya secara besar-besaran.