Penjelasan Apa Itu PPC dan Manfaatnya Bagi Pemula

Nilai Anda Untuk Artikel Ini
Sending
User Rating ( votes)

Apa itu PPC ? Mungkin pertanyaan itu seringkali muncul dibenak seseorang yang belum begitu mengenal seputar blogger dan internet marketing. Rasa penasaran Anda wajar, penulis sendiri dan mungkin hampir semua blogger di awal-awal kegiatan blogging juga merasa penasaran dan ingin mencari tahu apakah yang dimaksud dengan PPC.

Baiklah, agar Anda tidak terus penasaran dan bertanya apa itu PPC ? Maka sebaiknya seobigbang menjelaskannya di bawah ini.

Pernahkah Anda melihat di sebuah blog atau website adanya sebuah gambar tertentu yang di pojok kanan atas gambar tersebut dengan tulisan kecil yang berbunyi “iklan” dengan tanda panah kecil yang mengarah ke bawah?

Kalau pernah, coba Anda dekatkan krusor komputer Anda ke gambar tersebut dan lihat  di bagian paling bawah kiri browser Anda, akan terlihat tulisan googleadservices.com.

Terlihat bukan? Nah iklan tersebut merupakan salah satu jenis ikan yang masuk dalam  kategori PPC.

Penjelasan Detail Tentang Apa itu PPC ?

Penjelasan Apa Itu PPC dan Manfaatnya Bagi Pemula - Cover

PPC adalah singkatan dari pay-per-click, yaitu sebuah jenis periklanan yang memberikan komisi setiap kali iklan mereka di klik. PPC bisa juga disebut sebagai suatu cara untuk membeli kunjungan atau kunjungan ke sebuah website dan bukan mendapatkan traffic organic.

Lebih lanjut tentang apa itu PPC, perlu diketahui bahwa PPC sendiri terdiri dari beberapa macam iklan, yaitu:

1. Search Advertising

Ini merupakan istilah untuk satu jenis PPC yang paling terkenal. Anda sendiri pasti pernah melihatnya. Ini adalah jenis iklan yang muncul pada halaman pencarian yang merupakan hasil pencarian menggunakan mesin pencari seperti Google dan Bing.




Pada iklan jenis ini, pemasang iklan (Usaha yang mengiklankan produk atau jasanya) baru akan membayar biaya advertisingnya saat iklan diklik. Jenis PPC yang satu ini memang dapat disebut sebagai salah satu jenis PPC yang mampu menghasilkan traffic website dengan cepat.

Untuk melakukan search advertising di Google, Anda bisa memanfaatkan produk advertising Google yaitu Google Ads. Untuk Google Ads aka nada pembahasan lebih lanjut tentang itu.

2. Social advertising

Pernahkah melihat iklan ketika Anda sedang scroll feed Instagram atau Facebook Anda? Kalau iya, nah iklan itu juga termasuk jenis PPC, meskipun orang-orang banyak yang menyebutnya dengan social media marketing.

Sebagaimana search advertising, pengiklan baru akan membayar pemasangan iklannya jika ada yang mengklik link yang disertakan di postingan social media tersebut.

3. Remarketing

Pernahkah Anda mengunjungi sebuah website dan melihat iklan mereka muncul di website lain atau feed social media Anda? Nah itulah yang disebut dengan remarketing. Ini juga menjadi salah satu metode PPC yang dianggap paling efektif, dikarenakan strategi ini menargetkan orang-orang yang memang sudah tertarik dengan website, brand, atau bisnis Anda.




Jenis iklan PPC yang bernama Remarketing ini lebih bersifat mengingatkan pengunjung website agar kembali lagi ke website Anda dan melakukan transaksi.

4. Display advertising

Display advertising akan memperlihatkan iklan Anda di semua website partner Google. Anda tentunya bisa memilih audience iklan agarlebih efektif dan lebih tepat sasaran, sehingga Anda tidak akan membuang waktu dan biaya. Dengan menggunakan text dan gambar, iklan Anda tentunya akan menjadi lebih menarik.

5. Google shopping

Saat Anda mencari informasi mengenai produk tertentu di Google, terkadang Anda melihat kotak-kotak yang mengarahkan Anda ke halaman produk yang Anda cari di berbagai website e-commerce.




Nah itulah Google Shopping dan juga merupakan salah satu jenis PPC. Saat iklan diklik barulah pengiklan akan membayar biaya iklan tersebut.

Bagaimana, apakah penjelasan di atas sudah memberikan gambaran yang terang bagi Anda tentang apa itu PPC ? Kalau iya, kita lanjutkan penjelasan di bawah ini.

Pentingnya Menggunakan PPC

Pentingkah menggunakan PPC? Pertanyaan ini cukup penting. Jawabannya sangat penting. Meskipun website Anda sudah memiliki banyak pengunjung dari pencarian organic, beriklan menggunakan PPC tetap sangat penting. Hal tersebut disebabkan beberapa alas an berikut ini.

1. Konsumen lebih tertarget

Saat Anda memasang iklan PPC untuk sebuah produk atau usaha yang Anda jalankan, Anda boleh menargetkan audience dengan lebih tepat. Ada banyak pilihan saat Anda mengatur iklan melalui PPC, misalnya berdasarkan demographics, hobi, dan bahkan device apa yang mereka gunakan.

Karena sekarang semakin banyak orang yang mengakses website dari smartphone, hal ini menjadi keuntungan tersendiri saat Anda menargetkan para pengunjung yang mengakses menggunakan smartphone.




Selain itu, Anda juga bisa melakukan re-targeting (yang dilakukan di remarketing) untuk menarik kembali orang yang sudah mengunjungi website kita agar mereka melakukan transaksi.

2. Budget lebih terkontrol

Memasang iklan umumnya akan memakan anggaran yang sangatbesar. Kalau Anda menggunakan PPC, Anda bisa mengkontrol budget yang Anda keluarkan saat memakai iklan PPC.

Dengan PPC, Anda bisa mengatur budget bulanan dan hariannya agar Anda tidak over. Selain itu, budget pay-per-clicknya bisa diedit dan sesuaikan kapan saja.

Jadi kalau Anda ingin menambahkan budget saat melihat hasil yang postif, maka Anda bisa melakukannya kapan saja. Semakin tinggi budget Anda, tentu akan semakin sering ads Anda muncul.

3. Return on Investment (ROI) yang lebih besar

Salah satu alasan mengapa PPC popular tidak lain dikarenakan Anda hanya perlu membayar jika ada yang mengklik iklan Anda. Seperti yang telah dijelaskan di atas, dengan PPC, kemungkinan besar Anda akan mendapat ROI yang lebih besar. Iklan berbayar ini jauh lebih efektif karena audience iklannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

4. Memberikan Pengaruh yang sangat baik untuk SEO

Kita semua tentu mengetahui kalau aturan main SEO yang ditetapkan oleh Google sering berubah-ubah. Nah, menggunalkan PPC bisa membantu SEO website Anda jika Anda lakukan secara bersamaan.

SEO organic membutuhkan waktu untuk bisa selalu muncul di halaman pertama Google, sedangkan beriklan dengan PPC akan memberi Anda hasil instan.




Anda bisa langsung muncul di ranking pertama halaman hasil pencarian untuk keyword yang ditargetkan. PPC juga bisa menjadi riset untuk mencari keyword mana yang menghasilkan pengunjung website paling banyak. Nantinya keyword itu bisa digunakan di strategi SEO Anda.

5. Bisa langsung menghasilkan penjualan

Tujuan Anda membuat website penjualan yang berisi produk atau usaha yang Anda tawarkan tentunya agar produk dan jasa yang Anda tawarkan tersebut diketahui oleh para pengguna internet bukan?



Akan lebih bagus lagi kalau pengguna internet  mendapatkan informasi tersebut melalui halaman hasil pencarian Google. Tujuannya, agar produk atau jasa Anda bisa laku terjual dalam waktu cepat.

Sayangnya, saat website Anda baru running, tentu saja para pengguna internet akan sulit mengetahui produk dan jasa Anda melalui halaman hasil pencarian Google dikarenakan posisi website Anda belum memiliki rangking yang bagus di halaman mesin pencari seperti Google. Alhasil, penjualan sulit terwujud.

Solusi untuk masalah di atas adalah menggunakan PPC. Meskipun website Anda baru running dan baru terindeks di halaman mesin pencari atau belum memiliki peringkat yang baik di mesin pencari.

Tetapi melalui iklan PPC, dalam beberapa hari bisa saja langsung terjadi penjualan produk atau jasa Anda melalui website yang diiklan dengan PPC tersebut. Nah, di situlah letak keunggulan dari beriklan dengan PPC.

Uraian di atas tentunya semakin menambah kejelasan bagi Anda tentang apa itu PPC bukan? Oleh Karena itu, saatnya Anda mempertimbangkan untuk mengiklankan usaha atau jasa Anda melalui PPC tersebut.