Penjelasan Lengkap Google Bot untuk Pemula

0
Nilai Anda Untuk Artikel Ini
Sending
User Rating (5301 votes)

Artikel ini akan mengulas topik mengenai penjelasan lengkap Google Bot untuk pemula, yang masih berkaitan dengan Google Insight, Google Blog, Google DMCA dan Google Drive maka saatnya lah untuk mempelajari dan mengenal Google Bot.

Google Bot merupakan salah satu layanan dari Google yang berfungsi untuk merayapi suatu blog atau website sehingga dapat tampil di halaman mesin pencarian Google. Para blogger profesional dan ahli SEO pastinya tidak asing lagi dengan istilah ini. Namun bagi kalangan awam merasa asing dengan istilah ini dan bertanya-tanya apa itu Google Bot.

Berdasarkan pengertian secara umum, Google Bot yaitu suatu bot atau spider yang merayapi web Google secara sistematis dan robotik. Sehingga dapat ditemukan atau muncul di mesin penelusuran. Istilah Google Bot tak terlepas  dari perayapan. Sedangkan crawl merupakan suatu mekanisme google bot  untuk mendapatkan laman terkini. Yang kemudian diinput ke indeks mesin pencarian Google.

Proses bot atau perayapan miliaran laman blog atau web terbaru dilakukan oleh Google menggunakan komputer yang jumlahnya sangat banyak dengan teknologi mutakhir. Dari tahun ke tahun, Google terus memperbaharui kinerja mesin bot. Sehingga didapatkan hasil perayapan yang akurat. Dan ini juga menunjukkan proses bot sangat kompleks.

Penjelasan Lengkap Google Bot

Penjelasan Lengkap Google Bot untuk Pemula - cover

Untuk lebih mudahnya cara kerja google bot maka anda bisa menyamakan kinerja google bot dengan beberapa komponen seperti automatic indexer, crawl, web robot, dan web spider. Sehingga dapat disimpulkan google bot bukanlah manusia melainkan sebuah robot yang telah diprogram secara terarah dan terencana.



Begitupula dengan mesin telusur yang lain seperti yahoo dan bing sama-sama menerapkan proses crawl menggunakan teknologi robotik yang canggih. Namun yang paling banyak digunakan orang dalam pencarian informasi di internet adalah mesin robotik penelusuran Google. Hampir 90 persen, orang mencari informasi di internet menggunakan mesin pencarian Google.

Baca Juga :  Penjelasan Lengkap Google Drive untuk Pemula

Baca Juga : Penjelasan Google Adsense Login Serta Youtube dan Payment

Google bot sebagai web crawl, spider web, robot bots bertugas mencari dan merayapi data pada setiap laman blog atau web yang terbaru. Baik berupa video, audio, ebook, gambar, teks, link internal dan eksternal dan lain sebagainya. Yang kemudian disave pada sebuah Google Cache.

Informasi yang sudah didapatkan lewat crawl dan perayapan kelak dipakai untuk aneka kepentingan. Misalkan proses indeks ke mesin pencarian berupa indeks video, audio, ebook, gambar, blog dan website dan lain-lain. Yang dimasukkan pada webarchive dan google cache. Kemudian dilakukan proses penyaringan data dan diranking berdasarkan kata kunci tertentu.

Proses google bot yang baik pada sebuah website atau blog akan membuat blog tersebut dapat tampil di halaman mesin pencarian Google dengan keyword tertentu. Misalkan sobat mempunyai blog baru maka blog anda belum dirayapi oleh google bot.




Namun setelah anda mendaftarkannya pada google bot maka secara otomatis laman blog anda akan dirayapi. Sehingga dapat ditemukan di mesin pencarian google di halaman tertentu berdasarkan keyword yang ditentukan.

Ada yang mengatakan proses goole bot adalah suatu proses yang tidak pasti. Sehingga hasil bot berupa index laman blog dan web. Yang dikenal dengan algoritma panda google sebagai suatu hal yang rahasia. Tidak ada satupun di dunia ini yang mengetahui proses peringkat di Google.

Proses google bot akan mendeteksi apakah suatu laman blog atau web mengandung konten duplikat atau tidak. Jika terindikasi mengandung konten duplikat maka tak segan-segan pihak Google akan memberikan teguran kepada pemilik blog. Bahkan tak jarang tanpa pemberitahuan menghapus tulisan atau blog tersebut di mesin telusur Google. Hal inilah yang disebut dengan layanan Google DMCA.

Dengan demikian, jelas sekali fungsi Google bot adalah memudahkan proses algoritma google sehingga dapat menempatkan laman blog berdasarkan kata kunci dan peringkat-peringkat tertentu. Selain itu, google bot berfungsi untuk proses index.

Dalam proses pembuatan website dan blog baru maka peran google bot sangat penting. Anda yang membikin suatu web dan blog baru harus memastikan laman blog atau web anda dapat terindeks langsung di mesin pencarian google dengan keyword tertentu.

Baca Juga :  Komunitas Blogger Indonesia : Blogger Harus Tahu

Waktu Google Bot Melakukan Perayapan

Ilmu mengen ai google bot adalah suatu ilmu yang merupakan bagian dari ilmu SEO (Search Engine Optimization). Ilmu dan cara kerja Google Bot dapat dipelajari oleh semua kalangan khususnya para pakar SEO untuk menempatkan blog dan webnya di perngkat satu google dengan kata kunci tertentu. Ada berbagai tempat untuk mempelajari google bot ini. Seperti forum di dalam negeri yaitu ads.id maupun forum luar negeri.




Banyak blogger profesional dan pebisnis online serta pakar SEO yang mempelajari kinerja google bot untuk membuat dan membangun blog money site. Baik berupa toko online dan google adsense. Dengan mengetahui kinerja google bot dan kapan google bot melakukan perayapan pada laman web dan blog maka para pakar SEO dan internet marketer akan melakukan cara SEO pada waktu yang tepat saat perayapan.

Berdasarkan para pakar SEO, Google bot melakukan perayapan pada setiap blog berbeda-beda jam waktunya. Anda bisa mengetahui kapan google bot merayapi laman blog anda. Dengan melihatnya di bantuan Google Analitics atau Webmaster tools.

Misalkan proses google bot pada website anda dilakukan pada jam 12 siang maka anda mesti memposting artikel konten satu menit sebelum jam 12. Supaya proses bot dapat berlangsung cepat dan berjalan lancar.

Untuk mengecek apakah laman blog atau website anda sudah dirayapi oleh google bot atau belum maka anda dapat mengeceknya di mesin pencarian google. Anda bisa menggunakan teknik ini.

Pada mesin pencarian Google ketikkan halaman blog atau website anda. Jika muncul di Google berarti laman blog atau website anda sudah dirayapi oleh google bot.

Fungsi Googlebot yang merayapi laman blog atau webcrawler setiap harinya didukung oleh robotik yang canggih. Cara kerjanya dimulai dari menemukan dan mengumpulkan laman-laman web dan blog setiap harinya.

Kemudian menyusunnya untuk penempatan atau peringkat di halaman mesin telusur Google.  Hal itu dilakukan setiap hari. Sehingga hasil perayapan tersebut diwujudkan dalam index Google yang diperbarui setiap hari.

Baca Juga :  Penjelasan Manajemen Sumber Daya Manusia




Proses bot atau perayapan yang dilakukan setiap hari terhadap trilyunan blog ataupun website baru tentu memakan waktu cukup lama. Karena sistem robotik sangat canggih sehingga proses perayapan dapat ditempuh dalam waktu singkat. Trilyunan laman baru dapat dirayapi dan ditemukan oleh Google bot dalam waktu cepat.

Contohnya sebuah blog setiap hari akan selalu dirayapi oleh Google bot. Setiap ada update artikel maka proses bot terus dilakukan.

Sehingga semakin sering update artikel di blog maka blog tersebut akan selalu dirayapi setiap hari untuk mengindeks laman-laman baru. Semua pengindeksan laman baru hanya membutuhkan waktu beberapa jam. Lama waktu perayapan tergantung Google bot dalam intensitas crawl.

Hubungan Google Bot dengan Webcrawl

Pengertian webcrawl yaitu sebuah script atau program di komputer yang berjalan secara sederhana dan otomatis. Seperti halnya Crawl Google yang yang setiap hari melaksanakan crawl dan scan ke segala laman web dan blog di internet melalui suatu metode khusus yang dinamakan algoritma Google. Hasil dari webcrawl berupa pengindeksan daftar laman blog atau website terbaru yang disusun berdasarkan tingkatannya.

Setiap satu menit, jutaan blog dan website baru lahir di dunia maya. Sehingga proses google bot berlangsung sangat banyak dan terus menerus dilakukan perhari dengan sangat banyak laman yang harus dicrawl. Perlu diketahui setiap hari Google merayapi semua laman blog atau website yang lama maupun yang baru.

Demikianlah penjelasan lengkap Google Bot yang dapat penulis sampaikan. Dengan mengetahui ini diharapkan para pembaca dapat memaksimalkan kinerja blog atau web anda dan dapat nangkring di peringkat satu mesin Google.

Silahkan nonaktifkan adblock anda untuk membaca konten kami.
Refresh