Penjelasan Lengkap Google Drive untuk Pemula

0
Nilai Anda Untuk Artikel Ini
Sending
User Rating (5318 votes)

Seobigbang.com akan membahas dengan baik mengenai penjelasan lengkap seputar Google Drive agar pemula di dunia maya bisa memahami nya, terutama pada bagian kegunaan dan fungsi utama dari Google Drive itu sendiri. Perusahaan Google konsisten untuk selalu terus menerus melahirkan produk layanan terbaru mereka yang terbaik. Yang sebagian besar disukai orang.

Dari mulai layanan mesin pencarian, email, google maps, google my business, google place, google blog, google adsense, google adwords, google DMCA, Google Bot, Google Insight, Google Docs hingga google Drive.

Yang cukup terkenal dari semua layanan google yang canggih dan gratis tersebut adalah Google Drive. Adapun pengertian Google Drive yang disingkat Gdrive adalah suatu layanan yang bermanfaat sebagai media untuk menyimpan file berupa gambar, foto maupun dokumen secara online dengan sistem cloud atau awan.

Saat ini penggunaan Google Drive sudah banyak dilakukan orang dari semua kalangan. Seperti kalangan mahasiswa untuk mengerjakan tugas kuliah, para karyawan kantoran, pelajar, pebisnis, pengusaha dan lain sebagainya.

Disebabkan tuntutan bisnis dan jaman yang semakin canggih membuat aktifitas mengakses informasi terbaru harus dilakukan secara cepat dimana saja dan kapan saja lewat penggunaan tablet, ponsel pintar, laptop dan netbook. Semua itu dapat terwujud dengan penggunaan layanan Google Drive.

Seperti yang penulis alami ketika bekerja di perusahaan kuliner Sale Pisang Ambarsari sebagai administrasi. Setiap hari mengirimkan laporan data perusahaan yang meliputi stok pisang mentah, penjualan sale bulan ini, jumlah produksi harian dan lain sebagainya setiap hari. Dan semua itu dilakukan dan disimpan di Google Drive. Sehingga dapat disaksikan secara cepat oleh bos di tempat jauh sekalipun.

Baca Juga :  Kemudahan dan Kegunaan Mandiri Internet Banking

Penjelasan Lengkap Google Drive untuk Pemula

Penjelasan Lengkap Google Drive untuk Pemula - cover

Berdasarkan pengamatan penulis, fungsi Google Drive hampir mirip Dropbox. Akan tetapi, Google Drive mempunyai konsep yang lebih menarik dan kelebihan yang tidak dimiliki oleh Dropbox. Tak terlepas dari produsennya adalah perusahaan Google yang memiliki nama besar sebagai perusahaan raksasa teknologi terbesar di dunia.



Memang banyak media penyimpanan online di dunia ini seperti Dropbox dan pesaing lainnya. Namun yang paling memberikan kenyamanan, kemudahan dengan beragam fitur lengkap adalah Gdrive yang dimiliki Google. Kapasitas penyimpanan sangat besar hingga 15 GB dan dapat terus ditingkatkan sampai unlimited.

Baca Juga : Penjelasan Lengkap Google Insight dan Google Trend

Adapun yang membuat persamaan antara Google Drive dengan Dropbox adalah hadirnya fasilitas berbayar dari keduanya. Penggunaan Google Drive bersifat gratis dan tidak selamanya free. Penggunaan Gdrive gratis hanya dalam pemakaian kapasitas tertentu sampai 15 GB. Selanjutnya untuk menyimpan data di Gdrive dalam kapasitas lebih dari 15 GB dikenakan biaya penambahan kapasitas memori sampai 100 Tb.

Semua data yang disimpan dalam Google Drive bisa dalam format apapun. Seperti video, rekaman, audio, gambar, desain, cerita, foto, dokumen dan lain sebagainya. Apalagi Google Drive terintegrasi langsung dengan layanan google lainnya. Misalkan Google Maps, Google Search, Google Email, dan lain-lain.

Seiring dengan tuntutan jaman, Google Drive hadir dalam bentuk mobile. Sehingga akses Gdrive dapat melalui ponsel pintar. Hal ini tentu memanjakan para penggunanya yang suka berpindah-pindah tempat.  Kapanpun dan dimanapun ia mau, ia bisa mengakses data di Gdrive dan mengeditnya.

Fitur google drive sangat handal. Salah satunya adalah fitur API’s yaitu sebuah layanan yang dikhususkan bagi para pengembang yang handal. Dimana fitur ini mampu diintegrasikan dengan aplikasi-aplikasi lain pihak ketiga.

Apa Kegunaan Dari Google Drive

Bagi seorang pemula yang belum mengenal betul apa itu google drive pastinya bertanya-tanya,”Apa saja kegunaan dari google drive?”. Google drive memiliki banyak kegunaan yang dapat dimanfaatkan setiap orang sesuai kebutuhannya, antara lain :




  1. Data yang berupa informasi dalam bentuk doc, power point, foto, gambar, audio maupun video yang tersimpan di Google Drive sangat aman dan tidak akan hilang sampai kapanpun juga. Sehingga salah satu cara mencegah data anda hilang di komputer maka anda bisa melakukan penyimpanan data di Google Drive
  2. Data yang disimpan di Google Drive dapat diakses kapan saja dan dimana saja memakai komputer pc, perangkat smartphone android maupun laptop. Sehingga sangat cocok digunakan oleh mereka yang memiliki tingkat mobilitas sangat tinggi
  3. Semua jenis file bisa disupport, diakses dan dibuka lewat Google Drive. Meliputi file doc, amr, jpeg, dan format lainnya
  4. Memori Google Drive memiliki kapasitas sangat besar. Sehingga anda bisa lebih leluasa menyimpan dan mengirimkan file berkapasitas besar sekalipun di Google Drive dalam bentuk dokumen, video, foto dan gambar. Yang kemudian bisa dibagikan data tersebut kepada orang lain yang anda kehendaki. Data yang disimpan di Google Drive bisa mencapai 15 GB bahkan lebih.
Baca Juga :  Penjelasan Manajemen Sumber Daya Manusia

Fungsi Utama Google Drive

Sebagian manusia untuk menyimpan data penting supaya aman dan terjaga melakukan berbagai cara. Salah satunya menyimpan data penting di ponsel pintar atau komputer. Cara tersebut kurang aman sebab suatu waktu komputer dan smartphone bisa rusak yang membuat data hilang.




Teknik paling aman untuk menjaga data berharga anda tetap aman dan tak akan hilang selamanya adalah menggunakan fasilitas layanan Google Drive.

Dengan menyimpan data penting berupa dokumen atau foto dan format file lainnya di Gdrive secara online bukan hanya mengamankan data tersebut selamanya dari kehilangan akibat laptop dan komputer rusak. Tapi juga akan membuat sobat dapat mengakses file-file itu kapan saja dan dimana saja menggunakan ponsel pintar, tablet android, laptop, netbook dan komputer desktop.

Untuk terhubung dan menggunakan layanan Google Drive, komputer anda harus terkoneksi dengan jaringan internet. Baik menggunakan paket data kuota internet dari provider maupun menggunakan layanan hotspot wifi gratis yang umumnya terdapat di tempat publik.

Sementara itu, berkaitan dengan fungsi Google Drive, berikut ini beberapa fungsi lengkap Google Drive yang perlu anda ketahui, antara lain :




1. Untuk menyimpan data

Salah satu fungsi utama Google Drive adalah untuk menyimpan data secara online. Baik dalam bentuk gambar, foto, dokumen dan video. Setelah menyimpannya, seseorang dapat mengaksesnya kapan saja dan dimana saja. Seperti di kantor maupun di rumah serta diperjalanan. Dan mustahil data tersebut hilang kecuali atas permintaan penyimpannya. Kapasitas penyimpanan Google Drive mencapai 15 GB dan dapat ditingkatkan secara berbayar.

2. Membuat dokumen

Google Drive bisa pula dijadikan tempat untuk membuat dokumen di internet disamping untuk menyimpan file. Misalkan membuat slide presentasi maupun spreadsheet atau lembar kerja.

3. Mengedit dokumen

Setelah membuat doklumen di Google Drive, seseorang bisa melakukan pengeditan. Dokumen yang diedit bisa berasal dari Google Drive itu sendiri maupun dari impor aplikasi lain.

Dengan fungsi tersebut di atas, Google Drive sangat cocok digunakan oleh para karyawan kantoran yang bekerja sebagai administrasi yang sehari-hari membuat laporan kerja di kantor. Dengan menggunakan Google Drive, proses pembuatan laporan dan data penting sangat aman dan mudah diakses dimanapun tanpa terkungkung oleh ruang dan waktu.

Baca Juga :  Promo Indomaret : Diskon Tahun 2019

Kelebihan Google Drive

Sama seperti layanan Google yang lain, Google Drive mempunyai sejumlah kelebihan dan keistimewaan yang tidak dimiliki pesaing, antara lain :

  1. Segala file format apapun seperti video, dokumen, foto dan lainnya dalam jumlah banyak sekalipun bisa disimpan pada satu wadah yang sama.
  2. File bisa diakses kapan dan dimanapun. Selain itu, file dapat dishare. File yang disimpan dalam Gdirve dapat diakses setiap saat. Inilah yang dibutuhkan oleh manusia di jaman modern ini yang semakin sibuk dan super cepat dalam mengerjakan sesuatu pekerjaan.

Dibalik kelebihan Gdrive terdapat sebuah kekurangan yakni ketergantungan sekali terhadap koneksi internet untuk penyimpanan data maupun akses data di Google Drive.

Itulah penjelasan lengkap Google Drive. Apa yang penulis sampaikan jika masih ada kekurangan bisa anda tambahkan sendiri. Anda dapat menggunakan layanan Gdrive ini secara gratis untuk kegiatan pendidikan maupun bisnis.

Silahkan nonaktifkan adblock anda untuk membaca konten kami.
Refresh