Penjelasan Lengkap Google Insight dan Google Trend

0
Nilai Anda Untuk Artikel Ini
Sending
User Rating (5382 votes)

Penjelasan lengkap Google Insight yang kepanjangannya Google Insight For Search adalah suatu layanan atau perangkat lunak yang dimiliki oleh perusahaan Google yang dapat dimanfaatkan oleh semua kalangan. Seperti blogger, pebisnis online dan lainnya. Jika dilihat secara sekilas, Google Insight hampir mirip dengan Google Trend. Walaupun tampak sama. Namun keduanya berbeda.

Google Insight lebih lengkap dalam memberikan data kata kunci yang populer saat ini. Kalau Google Trend adalah sebuah layanan untuk memahami topik apa yang tengah trend. Sedangkan Google Insight lebih mengarah kepada suatu riset kata kunci disamping alat untuk mengetahui sesuatu tema yang sedang trend dan populer di suatu wilayah.

Google Insight sangat bermanfaat bagi semua orang yang berkepentingan khususnya internet marketing, blogger, pebisnis online dll. Karena dengan menggunakan tool ini, seseorang dapat mengetahui  beberapa topik dan query yang sedang populer atau trend di suatu negara dalam rentang waktu tertentu. Kegunaannya hampir mirip Google Keyword Planner untuk melihat sejauhmana kata kunci yang banyak dicari orang di internet.

Penulis pun menggunakan bantuan Google Insight untuk mengetahui topik atau tema apa yang sedang trend di Indonesia. Kemudian menulis artikel di dalam blog atau website dengan judul atau tema yang sedang populer saat ini. Sehingga blog dapat dikunjungi banyak orang yang mencari informasi tersebut di dunia maya. Sebenarnya, anda bisa menggabungkannya dengan Google Keyword Planner untukmendapatkan hasil maksimal.

Google Insight akan mencantumkan beberapa istilah atau topik yang sedang trend berdasarkan kategori di suatu negara. Untuk halaman home adalah negara Amerika Serikat. Untuk bulan Juni 2019 sedang trend di Google adalah Taylor Swift, Women’s World Cup. Dengan satu juta penelusuran, NBA Award dengan 500 ribu lebih penelusuran, The Hills dengan 200 ribu penelusuran, danTana Mongeau dengan 100 ribu penelusuran.

Baca Juga :  Komunitas Blogger Indonesia : Blogger Harus Tahu

Baca Juga : Penjelasan Lengkap Google Bot untuk Pemula

Namun jika anda ingin membidik kata kunci populer di negara Indonesia. Dengan kata lain, apa saja topik yang sedang trend di tanah air maka Anda dapat mengubahnya dengan menekan gambar peta di pojok kanan atas.

Penjelasan Lengkap Google Insight

Penjelasan Lengkap Google Insight dan Google Trend - cover

Fungsi Google Insight banyak digunakan oleh kalangan blogger yang ingin mendapatkan pengunjung yang tinggi. Misalkan dalam memposting artikel tidaklah boleh sembarangan. Ia harus melakukan riset kata kunci yang memiliki tingkat pencarian tertinggi. Dan itu semua terdapat pada layanan Google Insight.



Misalkan kita mempunyai sebuah blog berita seputar Jawa Barat. Maka kita harus memilih judul artikel di seputar wilayah propinsi Jawa Barat yang sedang populer. Dan anda bisa melakukan riset keyword dengan Google Insight.

Kunjungi situs resmi Google Insight. Lalu pilih negara Indonesia.  Lalu pada kolom yang kosong masukkan kata “Cimahi”. Maka anda akan mendapatkan istilah yang sedang populer di kota Cimahi terbaru antara lain : Kandang Ayam Cimahi, Kabobs Cimahi, UMR Cimahi 2019, UMK Cimahi dan KQ5 Cimahi.

Lalu untuk berubah ke wilayah Bogor yang sedang trend maka anda bisa memasukkan kata “Bogor” pada kolom pencarian. Jika anda ingin lebih spesifik lagi yang paling populer maka anda bisa menulis secara lebih rinci.

Misalkan memasukkan kalimat “Stasiun Kereta api di Bogor”. Tekan tombol ENTER. Maka akan tampak kueri yang populer berkaitan dengan kereta api Bogor, antara lain : KRL Bogor anjlok, jadwal KRL Bogor Jakarta, dan KRL Bogor terguling kecelakaan.




Disinilah manfaatnya Google Insight bagi kalangan blogger sangat besar. Sebagai alat riset keyword layaknya Keyword Planner, Keyword.io, keyword traveler dan lain sebagainya. Sebab salah satu cara yang bisa ditempuh untuk mendapatkan banyak trafik dari suatu blog dengan cara memposting artikel yang sedang hot, trend atau populer saat ini.

Untuk kalangan internet marketer, Google Insight juga sangat bermanfaat. Yang digunakan untuk melihat produk-produk yang sedang populer dan laris manis di pasaran.

Baca Juga :  Sejarah Kesuksesan Perusahaan Google

Misalkan anda fokus pada berjualan tas tapi bingung menentukan tas jenis apa yang sedang laku keras di masyarakat Indonesia. Maka anda bisa menggunakan Google Insight dengan mengunjungi website resminya.

Lalu memasukkan kata “Tas”dalam kolom penelusuran. Klik ENTER. Anda akan mendapatkan kueri yang berkaitan dengan tas yang sedang populer, antara lain : tas terbaru 2019, tas wanita terbaru, model tas terbaru, tas marhenj, dan tas gosh terbaru.

Semua kata kunci itu sedang naik tajam dalam mesin pencarian di Google. Anda bisa menulis artikel tentang itu untuk mendapatkan pembeli dari produk tas anda.

Dengan bantuan Google Insight, anda dapat mengetahui kata kunci apa saja yang sedang populer dan trend di dunia, negara tertentu, propinsi tertentu dan di daerah anda. Anda bisa memilih kata kunci yang sedang populer dalam kategori tertentu. Seperti kategori Belanja, Bisnis dan Industri, Buku dan Sastra, Hewan Peliharaan, Hobi dan Kesenangan, Hukum dan Pemerintahan, Ilmiah, Kesehatan, Makanan dan Minuman, Komputer dan lain sebagainya.

Di Google Insight juga dapat diketahui topik yang populer di suatu negara dalam kurun waktu 12 bulan terakhir, 30 hari terakhir sampai satu jam terakhir. Sangat sayang untuk dilewatkan layanan gratis ini oleh kalangan pebisnis online, pakar SEO dan blogger. Karena manfaatnya yang sangat banyak bagi mereka.

Berikut ini manfaat penggunaan Google Insight yang dapat kita rangkum, antara lain :




  1. Untuk mengetahui keyword apa saja yang sedang banyak dicari orang. Sehingga membantu anda untuk membuat artikel yang sedang banyak dibaca orang
  2. Niche mana saja yang sedang populer . Sehingga dapat membantu anda dalam membuat nama domain yang tepat bagi blog anda
  3. Kita dapat mengetahui topik yang sedang tren dan populer berdasarkan kategori, wilayah, dan pertanggal.

Cara Penggunaan Google Insight

Berikut ini cara penggunaan Google Insight yang mudah bagi blogger untuk penulisan artikel yang mendatangkan banyak trafik, antara lain :

  1. Kunjungi situs resmi Google Insight yang beralamat di : trends.google.com/trends/
  2. Klik pada pojok kanan atas gambar peta untuk memilih negara
  3. Pada menu Filter Negara ada beberapa negara yang bisa sobat pilih. Dari mulai negara Amerika Serikat, Afganistan, Afrika Selatan, Albania, Aljazair, Andorra, Angola, Anguilla, Antartika, Antigua dan Barbuda, Arab Saudi, Argentina, Armenia, Aruba, Australia, Austria, Azerbaijan, Bahama, Bahrain, Bangladesh, Barbados, Belanda, Indonesia dan negara lainnya di dunia
  4. Pilihlah negara Indonesia. Karena anda membidik keyword yang populer di Indonesia. Akan tampak beberapa kata kunci yang sedang trending saat ini di tanah air. Seperti Strong Girl do Bong Soon, BTS World, Vertical Limit, Jerry Aurum dan harga Samsung A30 beserta jumlah yang menelusurinya di mesin pencarian Google
  5. Anda bisa lebih spesifik lagi. Misalkan anda sedang mencari topik yang sedang populer di propinsi Jawa Barat Indonesia maka pada kotak kosong yang bertuliskan Masukkan topik atau istilah penelusuran, tuliskan kalimat “Jawa Barat”. Maka akan muncul topik dan kueri yang sedang trend dan meningkat tajam di Jawa Barat dalam penelusuran di Google. Seperti UMR Jawa Barat 2019, Calon DPD RI Jabar, PPDB SMA di Jabar dan lain sebagainya
  6. Kemudian ambil topik populer tersebut dan modifikasi sehingga menjadi judul menarik. Lalu dibuatlah artikel dari judul itu untuk diposting pada blog anda.
Baca Juga :  BNI Singapore Meluncurkan Aplikasi Mobile Remittance

Bagaimana mudah bukan memanfaatkan Google Insight untuk keperluan riset kata kunci?

Demikianlah penjelasan lengkap Google Insight yang berguna bagi kalangan ahli SEO, internet marketer dan blogger profesional. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda sekalian dan memberikan inspirasi bagi banyak orang.

Silahkan nonaktifkan adblock anda untuk membaca konten kami.
Refresh