Penjelasan Manajemen Sumber Daya Manusia

0
Nilai Anda Untuk Artikel Ini
Sending
User Rating (5224 votes)

Bagi anda yang menekuni bidang HRD pastinya tidak asing lagi dengan yang namanya manajemen sumber daya manusia. Karena itu pekerjaan sehari-hari anda. Manajemen SDM dibutuhkan oleh setiap perusahaan atau lembaga untuk memajukan perusahaan dan lembaga tersebut. Karena kemajuan usaha tergantung kondisi sumber daya manusia di dalamnya.

Berbagai cara dilakukan oleh pihak perusahaan untuk  meningkatkan kualitas kemampuan sumber daya manusia dalam segi softskill maupun hardskill. Seperti melakukan pelatihan, workshop, seminar dan lain sebagainya. Perusahaan besar tak segan-segan mengeluarkan dana yang sangat besar untuk mengembangkan sumber daya manusia atau karyawannya. Hal ini akan memberikan timbal balik yang baik bagi perusahaan itu sendiri.

Untuk memajukan perusahaan bisa dilakukan dengan berbagai cara. Seperti menggalakkan promosi, marketing dan pemasaran. Dengan cara menambah karyawan pada bagian itu dan menambah anggaran keuangan untuknya. Selain itu, dapat pula mengganti sarana produksi dengan teknologi operasional terbaru dan modern yang lebih cepat dan efisien. Dan bisa juga dilakukan dengan mengadakan kerjasama dengan perusahaan besar.

Dari semua upaya yang bisa dilakukan untuk memajukan perusahaan maka yang paling penting adalah mengembangkan sumber daya manusia di dalam perusahaan itu sendiri. Untuk mendapatkan sumber daya manusia terbaik yang dapat berkontribusi sangat besar bagi perusahaan harus dimulai dari proses rekrutmen yang baik.

Penjelasan Lengkap Manajemen Sumber Daya Manusia

Penjelasan Lengkap Manajemen Sumber Daya Manusia

Pengertian manajemen sumber daya manusia menurut para ahli berbeda-beda. Namun berada pada satu titik yang sama yaitu bagaimana mengelola dan mengembangkan sumber daya manusia supaya lebih terampil, mandiri dan handal. Hal ini berguna bukan hanya untuk karyawan itu sendiri. Tapi  juga bagi perusahaan.

Baca Juga :  TMCblog Junjungan Para Blogger Otomotif



Untuk materi kuliah lengkap manajemen sumber daya manusia maka anda dapat memperoleh referensinya di Google dalam bentuk pdf, ppt maupun doc. Selain itu, ilmu manajemen SDM dapat pula dicari di buku maupun makalah yang membahas manajemen Sumber Daya Manusia.

Baca Juga : Penjelasan Tentang Google DMCA – Tips dan Defenisi

Perusahaan yang ingin maju harus berkorban dalam memberikan pelatihan usaha secara softskill dan hardskill pada para pegawainya. Sehingga karyawan dalam segi kemampuan, keahlian dan pengetahuan dapat berkembang. Selain itu, pembekalan mental yang baik dan motivasi yang tinggi harus terus digalakkan.

Ada sebuah kata mutiara bahwa maju mundurnya suatu perusahaan tergantung kualitas sumber daya manusia yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. Hal ini benar sekali. Dengan sumber daya manusia yang handal, kompak dan profesional maka perusahaan akan lebih cepat maju dan berkembang.

Sebuah perusahaan yang baik tidak bersifat pasif. Namun ia harus aktif dalam menciptakan sumber daya manusia yang handal. Ia bukan hanya merekrut tenaga karyawan yang berkualitas bagus dalam hardskill dan softskill. Tapi juga harus mampu mempertahankan karyawan yang ada dan mengembangkan keterampilannya dalam mental dan teknis.




Karyawan adalah manusia dinamis yang selalu berkembang dari waktu ke waktu. Sehingga tugas perusahaan untuk memaksimalkan perubahan itu ke arah lebih baik. Dengan memberikan berbagai pelatihan.

Sehingga bisa meningkatkan etos kerja yang baik dan produktifitas tinggi dari karyawan. Karyawan yang bagus adalah aset berharga bagi perusahaan. Yang harus dijaga dan dikembangkan secara baik.

Salah seorang konsultan SDM ternama, Elbert Hubbard mengatakan bahwasanya satu buah mesin dapat melaksanakan 100 pekerjaan manusia. Akan tetapi, tak ada satu pun mesin yang dapat menggantikan kerja satu karyawan yang hebat.

Oleh sebab itu, disinilah pentingnya sebuah perusahaan menciptakan tenaga kerja yang handal dan terampil. Yang semuanya itu diperlukan sebuah sistem manajemen sumber daya manusia yang baik, terencana, dan terstruktur dengan baik.




Sebuah perusahaan dapat berjalan baik haruslah memenuhi beberapa unsur. Seperti memiliki produk atau barang yang bagus, pemasaran atau marketing yang baik, komunikasi yang harmonis, adanya visi dan misi perusahaan, dan pengembangan sumber daya manusia yang handal. Jika anda ingin mengelola sebuah perusahaan yang sukses maka anda harus belajar mengembangkan sumber daya manusia.

Baca Juga :  Informasi Seputar Lowongan Kerja 2019

Ilmu managemen sumber daya manusia atau human resource development merupakan salah satu cabang keilmuan yang disukai oleh penulis.

Karena ilmu ini sangat mudah dipelajari dan dikuasai serta umumnya dipelajari oleh kalangan manajer atau pemilik perusahaan. Ada banyak peluang pekerjaan dari seseorang yang menguasai ilmu ini.

Kualitas sumber daya manusia haruslah diprioritaskan oleh sebuah lembaga atau perusahaan. Sebab sebagus dan secanggih apapun mesin produksi kalau sumber daya manusia sangat lemah atau berkualitas buruk maka teknologi canggih itu tidak bermanfaat sedikitpun.

Begitupula dengan tempat kerja yang kondusif, jaringan internet stabil dan komputer yang mutakhir menjadi percuma tanpa adanya sumber daya manusia yang handal. Semua itu adalah sarana pendukung yang bisa bermanfaat maksimal dengan adanya karyawan selaku SDM.

Di sinilah perlunya sumber daya manusia yang handal disamping perangkat produksi canggih. Sumber daya manusia yang handal merupakan aset penting. Sehingga tak aneh antara satu perusahaan dengan perusahaan lain saling memperebutkan SDM yang handal dengan iming-iming gaji tinggi dan fasilitas atau tunjangan menarik.

Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia

Setiap upaya yang dilakukan memiliki tujuan masing-masing. Begitupula dalam manajemen pengembangkan sumber daya manusia. Adapun yang menjadi tujuan manajemen sumber daya manusia pada perusahaan menurut para ahli, antara lain :




1. Membantu perusahaan mendapatkan goal atau tujuan

Setiap perusahaan pastinya mempunyai tujuan dan target masing-masing. Dengan sumber daya manusia yang baik dan handal akan memudahkan perusahaan untuk mendapatkan tujuannya secara mudah dan cepat. Disamping melalui berbagai kebijakan perusahaan yang mendukungnya.

2. Memberikan motivasi

Manajemen sumber daya manusia bertujuan untuk memberikan motivasi pada para karyawan secara terus menerus untuk bekerja lebih baik dan produktif.

3. Mendapatkan dukungan penuh

Dengan adanya manajemen sumber daya manusia maka perusahaan berharap setiap personil dapat mendukung kinerja dan kemajuan perusahaan. Bentuknya bisa berupa semangat kerja tinggi, etos kerja baik, produktifitas kerja yang baik, dan jiwa inovatif yang timbul sendiri dari para karyawan dan lingkungan kerja yang nyaman.

Baca Juga :  Tumblr vs Medium : Perbandingan Dua Platform Populer

4. Pemecah masalah

Dengan sumber daya manusia yang baik dalam perusahaan maka setiap masalah yang timbul di perusahaan dapat teratasi dengan baik. Ada jalan keluar terbaik. Seperti masalah hubungan antara sesama rekan kerja, bawahan dan atasan, merasa tak berkembang, bosan dengan rutinitas pekerjaan dan lain-lain.

Dari uraian di atas, kita dapat mengetahui apa itu manajemen sumber daya manusia. Yang dimulai dari proses rekrutmen SDM yang baik dalam segi karakter dan latar belakang. Setelah menjadi bagian perusahaan maka tugas perusahaan adalah mengembangkan sumber daya manusia itu sendiri melalui berbagai program dan pelatihan.

Fungsi Manajemen SDM

Aa banyak manfaat dan fungsi pelatihan softskill berupa pelatihan kemampuan mental yang baik dan pelatihan hardskill berupa kemampuan teknis yang baik sebagai wujud manajemen sumber daya manusia, antara lain :

  1. Untuk meningkatkan loyalitas karyawan
  2. Meningkatkan produktifitas dan etos kerja yang baik bagi pegawai
  3. Memudahkan terbentuknya kerjasama tim yang solid
  4. Memudahkan karyawan melayani pelanggan dengan baik
  5. Mampu memperlakukan karyawan dan bawahan secara baik dan benar
  6. Memberikan pengetahuan dan keterampilan bagaimana cara mengatasi masalah secara mandiri
  7. Membekali diri dengan pola pikir yang besar dan positif

Demikianlah fungsi manajemen sumber daya manusia yang harus dilakukan secara berkala. Hal ini akan memberikan dampak manfaat bagi karyawan dan perusahaan. Biaya yang dikeluarkan dalam proses manajemen SDM berupa pelatihan merupakan sebuah investasi.

Demikianlah apa itu penjelasan lengkap manajemen sumber daya manusia beserta tujuan dan fungsinya. Mudah-mudahan dapat memberikan manfaat bagi para pembaca semua khususnya pihak pemilik dan manajer perusahaan.

Silahkan nonaktifkan adblock anda untuk membaca konten kami.
Refresh