Penjelasan Tentang Google DMCA : Tips dan Defenisi

0
Nilai Anda Untuk Artikel Ini
Sending
User Rating (5417 votes)

Bagi anda yang masih pemula dalam dunia blogging pasti sangat asing mendengar istilah DMCA? Apa itu DMCA? Bagaimana penjelasan tentang google DMCA ? Dan apa singkatannya dan kegunaannya untuk apa? Untuk itulah, penulis bersedia untuk menjelaskannya secara lengkap kepada pembaca semua. Dari mulai pengertian, tujuan, fungsi, cara mendaftarkan dan mengatasi DMCA. Supaya anda mengenal dan memahami istilah ini dengan benar.

Di tengah perkembangan teknologi digital yang sangat massif. Membuat bisnis mengalami kemajuan pesat. Berbagai bisnis yang bergerak dalam konten digital terus bermunculan dalam skala perorangan, kelompok, komunitas maupun jaringan perusahaan. Berbagai surat kabar cetak pun mulai beralih ke usaha industri konten digital. Yang kian hari prospeknya semakin cerah.

Namun dibalik melesatnya industri konten digital ada sisi buruk yang dilakukan oleh orang yang tak bertanggungjawab. Sehingga merugikan pihak pemilik industri konten digital yaitu berupa pencurian artikel. Artikel yang ditulis susah payah di copy paste oleh orang tak bertanggungjawab sehingga terjadinya duplikat konten yang tak disukai oleh mesin pencarian google.

Pencurian atau pembajakan konten artikel berupa video, audio, lagu dan tulisan merupakan masalah yang dilarang dilakukan. Karena perbuatan tersebut melanggar hukum negara berupa pencurian hak cipta dan perbuatan tak etis. Masalah copy paste konten dihadapi oleh semua blogger dan industri konten digital di dunia.

Penulis pun pernah beberapa kali mengalami pembajakan konten artikel. Yang berakibat rangking artikel di halaman Google turun tajam. Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah pencurian artikel dengan memasang kode anti copas di setiap postingan artikel maupun memakai DMCA Protection.

Baca Juga :  Penjelasan Lengkap Google Insight dan Google Trend

Baca Juga : Penjelasan Lengkap Google Drive untuk Pemula

Ada banyak alasan seseorang melakukan pencurian artikel. Salah satunya malas untuk membuat artikel yang original. Dikarenakan membutuhkan pemikiran yang dalam, waktu yang lama dan referensi yang banyak. Melihat maraknya pembajakan artikel, pihak Google inc memberikan perhatian khusus terhadap persoalan ini. Salah satunya dengan menyediakan layanan DMCA.

Penjelasan Tentang Google DMCAPenjelasan Tentang Google DMCA - Tips dan Defenisi - cover

DMCA merupakan singkatan dari Digital Millenium Copyright Act. Dari namanya sangat jelas bahwa perusahaan ini memberikan layanan perlindungan copy right (hak cipta). Konten artikel yang dicopy paste oleh orang yang tak bertanggungjawab bisa langsung dilaporkan pada DMCA untuk diberikan tindakan tegas.



Dengan demikian, sebuah konten yang dipasangi logo DMCA akan terhindar dari pembajakan artikel. Kalaulah dicuri artikel maka sang pencuri konten akan mendapatkan hukuman yang membuat ia jera atau tak melakukan kesalahan sama.

Perusahaan DMCA telah berdiri pada tanggal 12 Oktober 1998 dan terus bergerak untuk membasmi para pencuri artikel. Dengan hadirnya, perusahaan DMCA maka kita sebagai blogger akan merasakan ketenangan dan kenyamanan selama ngeblog.

Bagi anda yang tulisannya khawatir dicopy paste atau dicuri oleh orang lain maka anda bisa mengatasi dan mencari solusinya dengan cara mendaftarkan ke Google DMCA. Dan bagi setiap pemilik blog atau website sangat harus mendaftarkan diri dan memasang logo DMCA Protected. Supaya blog atau web anda terhindar dari pencurian artikel.

Memasang Google DMCA merupakan salah satu upaya untuk mencegah pencurian konten. Disamping menggunakan kode anti copas pada blog. Sebab jika anda tidak menggunakan layanan ini akan memudahkan para pencuri artikel untuk melakukan copy paste besar-besaran terhadap konten blog anda.

Menjaga Keamanan Blog

Keamanan blog merupakan salah satu prinsip yang harus diutamakan dan dipertahankan. Karena sia-sia saja jika blog yang anda bangun dan telah menghasilkan banyak uang tiba-tiba kontennya dicopas oleh orang lain. Blog anda bisa mengalami duplikat konten dan peringkat blog jatuh bebas. Oleh sebab itu, sebuah blog maupun website haruslah mempunyai perlindungan kuat dari ulah pencuri artikel maupun hacker.

Baca Juga :  Penjelasan Lengkap Google Bot untuk Pemula




Untuk melakukan hack terhadap sebuah web atau blog memerlukan keterampilan dan pengetahuan khusus. Yang tak semua orang bisa melakukannya.

Namun untuk mencuri artikel dengan cara copy paste artikel milik orang lain gampang sekali dilakukan oleh semua orang tanpa memerlukan keterampilan khusus. Inilah yang menjadi penyebab maraknya pencurian artikel dan duplikat artikel di dunia maya atau internet.

Konten dalam sebuah blog atau web adalah raja. Sebuah blog dapat memiliki banyak pengunjung dan earning seiring banyaknya konten artikel pada blog bersangkutan.

Sehingga beberapa orang berusaha menulis artikel yang ori untuk meningkatkan trafik blog. Namun ada sebagian orang yang malas menulis artikel dan memilih cara instant untuk menulis artikel di blog. Dengan melakukan copas artikel milik orang lain.

Fungsi dan Manfaat Google DMCA

Dengan memakai proteksi Google DMCA maka semua artikel yang terdapat pada website dan blog anda menjadi aman. Anda tidak perlu khawatir konten asli milik anda dibajak oleh orang lain. Kalau tetap terjadi pencurian artikel maka anda dapat melaporkannya ke Google DMCA. Tindakan tegas akan dilakukan Google DMCA sampai menghapus blog yang copas di mesin pencarian google.

Tips Menghindari Terkena Google DMCA

Betapa mengerikannya sebuah blog yang terkena Google DMCA yaitu blog tersebut bisa dihapus secara permanen oleh pihak Google, membuat kita harus hati-hati supaya blog kita tak terkena google DMCA. Berikut ini beberapa langkah yang bisa anda lakukan agar blog terhindar atau tak terkena Google DMCA, antara lain :




1. Membuat artikel yang original

Salah satu cara untuk menghindari terkena Google DMCA adalah menulis artikel original di blog. Baik berupa tulisan tangan sendiri maupun membeli dari jasa penulis artikel. Maksud artikel original adalah tulisan asli yang unik dan belum pernah dibuat sebelumnya di dunia. Untuk membuat artikel yang ori sangat mudah. Ada banyak sumber referensi berharga di google yang bisa anda ramu menjadi tulisan original yang bermutu buatan anda.

Baca Juga :  BNI Singapore Meluncurkan Aplikasi Mobile Remittance

2. Jangan melakukan copy paste artikel milik orang lain

Google sangat membenci tulisan duplikat. Misalkan artikel blog anda merupakan hasil dari copy paste artikel orang lain. Karena ini melanggar kebijakan Google DMCA. Yang akibatnya blog anda menjadi reputasinya rendah di mata google. Bahkan lebih parah lagi dapat dihapus di mesin pencarian google atau tidak terindeks lagi.

3. Tulis ulang

Apabila anda menyukai tulisan orang lain maka jangan pernah menjiplaknya mentah-mentah di blog anda. Namun anda harus menulis ulang artikel tersebut dengan bahasa sendiri. Adapun point dan idenya bisa saja sama. Hal ini dilakukan untuk menghindari plagiat yang bisa menyebabkan terkena Google DMCA.

Kiat Mengatasi Blog yang Terkena Google DMCA

Apabila anda terlanjur melakukan kesalahan dengan melakukan copy paste artikel milik orang lain. Yang kemudian dilaporkan oleh pemilik konten maka anda harus bersikap tenang. Sudah pastinya blog anda akan terkena Google DMCA. Sekarang yang jadi pertanyaan bagaimana cara mengatasi blog yang terkena Google DMCA?

Berikut ini kiat mengatasi blog yang terkena Google DMCA, antara lain :

  1. Secepat mungkin menghapus postingan artikel yang copy paste dari artikel milik orang lain. Jangan dibiarkan berlarut-larut. Karena sangat mungkin google akan memberikan sangsi berat terhadap blog anda berupa dihapusnya blog anda di internet
  2. Menghapus indeks konten copas dari google

Menghapus konten artikel copas yang terkena DMCA tidak cukup. Anda pun harus menghapus indeks konten dari Google supaya bersih sama sekali.

Demikianlah penjelasan tentang Google DMCA dari segi pengertian, definisi, fungsi, manfaat, cara menghindari dan mengatasinya. Semoga bisa memberikan manfaat bagi anda untuk mengatasi atau menghentikan pencurian dan pembajakan artikel yang kian hari semakin merajalela. Apakah blog anda sudah diproteksi dengan Google DMCA ?

Silahkan nonaktifkan adblock anda untuk membaca konten kami.
Refresh