Pentingnya Menguasai Aplikasi Akuntansi

Profesi pengusaha menuntut segala hal perlu dikuasai secara baik. Salah satunya kemampuan akuntansi. Pentingnya menguasai aplikasi akuntansi sangat dibutuhkan. Keahlian ini diperlukan untuk mengetahui sejauh mana perkembangan bisnis anda dan hendak dibawa kemana bisnis sobat.

Walaupun latar belakang pendidikan anda bukan dari ilmu akuntansi. Kemampuan akan ilmu akuntansi perlu dikuasai dengan baik untuk kemajuan bisnis anda.

Salah satu ilmu yang jarang dikuasai oleh seorang pengusaha dengan baik adalah ilmu akuntansi. Hal ini membuat keuangan usaha sedikit kacau dan bercampur baur antara keuangan pribadi dan usaha serta tak bisa merencanakan pengembangan usaha ke depannya. Paling baik juga mereka menguasai ilmu ini dari tingkat dasar.

Pentingnya Menguasai Aplikasi Akuntansi - cover

Persoalan keuangan usaha menjadi salah satu prioritas utama yang perlu diatur secara baik. Mengingat hampir sebagian besar perusahaan mengalami bangkrut atau gulung tikar dimulai dari pengelolaan keuangan yang kurang baik atau kurang terampil dan paham atas penguasaan ilmu akuntansi dalam dunia bisnis dan usaha.

Apapun jenis bisnis dan usaha yang ada di dunia ini pastinya tidak terlepas dari yang namanya kegiatan perhitungan untung dan rugi.

Kegiatan ini dapat dilakukan dengan baik jika seseorang menguasai ilmu akuntansi yang bisa dipelajari di sekolah formal maupun non formal. Misalkan autodidak atau menggunakan aplikasi akuntansi.

Pengertian Aplikasi Akuntansi

Bagi anda yang ingin mengetahui apa itu aplikasi akuntansi maka penulis akan menjelaskannya secara lengkap. Aplikasi akuntansi adalah sebuah software yang dapat dimanfaatkan untuk proses penghitungan dan pencatatan keuangan secara lebih mudah dan praktis.




Yang dinamakan proses akuntansi meliputi pembuatan buku besar, laporan kinerja keuangan, penggajian, angka penjualan, pembelian dan lain-lain.

Baca Juga : Cara Membangun Website Berita Traffic Tinggi

Perusahaan besar umumnya sudah menerapkan aplikasi akuntansi. Bahkan turut serta mengembangkannya. Hal ini dilakukan pula oleh usaha kecil dan menengah untuk memantau perhitungan keuangan perusahaan.

Baca Juga :  KlikBCA Individual : Pelajari dan Nikmati Manfaatnya !

Adapun software akuntansi bisa diperoleh dari perusahaan ketiga atau pengembang aplikasi akuntansi.

Dilihat berdasarkan jenisnya, aplikasi akuntansi terdiri dari software paket, aplikasi akuntansi customize dan paket custom. Aplikasi tersebut ada yang dapat didownload gratis.

Namun mayoritas tidak gratis melainkan harus dibeli dengan nominal uang tertentu. Dari mulai harga murah hingga ratusan juta rupiah per aplikasi akuntansi.

Perkembangan Aplikasi Akuntansi

Manusia dikaruniai oleh Allah SWT berupa akal dan kecerdasan. Namun di balik kelebihan itu, manusia diberikan sifat dasar rasa malas.

Hal tersebut membuat manusia terus berinovasi dalam menciptakan teknologi yang memudahkan kehidupannya. Sehingga suatu pekerjaan berat dapat dilakukan mudah.

Untuk melihat contohnya sangat mudah. Anda dapat menyaksikan beberapa karya manusia seperti mobil ataupun sepeda motor sebagai sarana transportasi manusia.




Kemudian perkembangan teknologi terus berlanjut yang mengarah pada dunia komputer dan akuntansi yang memudahkan manusia dalam menghitung lewat kalkulator.

Proses penghitungan yang bersifat sederhana berkembang terus menjadi komputer yang lebih canggih dalam menghitung segala yang rumit. Semua bisa dilakukan menggunakan software akuntansi.

Perkembangan software atau aplikasi akuntansi mengalami perubahan cepat. Yang dimulai dari pengembangan aplikasi Microsoft Office. Misalkan saja aplikasi Microsoft Word yang membuat manusia lebih gampang dalam membuat laporan tulisan dan pengetikan.

Kemudian dilanjutkan dengan software Microsoft Excel sebagai pengolah data atau akuntansi. Dan Microsoft power point yang berguna untuk media presentasi.

Untuk seorang pebisnis yang bergelut dalam dunia bisnis setiap harinya perlu menguasai ilmu akuntansi. Salah satunya dengan menguasai penggunaan aplikasi akuntansi yang terdapat di Microsoft Office. Sehingga proses pembuatan laporan keuangan dapat dilakukan secara mudah dan akurat.

Pentingnya Menguasai Aplikasi Akuntansi

Ilmu akuntansi adalah sebuah ilmu tentang perhitungan yang dapat dipelajari secara mudah. Berikut ini sejumlah dalil atau alasan pentingnya menguasai aplikasi akuntansi bagi setiap pengusaha Indonesia yang masih dalam tahap bisnis besar, pemula skala kecil dan menengah, antara lain :

Baca Juga :  Aplikasi Mobile Banking BCA : BCA Mobile Paling Terdepan

Pentingnya menguasai aplikasi akuntansi sebagai perencanaan anggaran keuangan

Sebuah bisnis yang baik haruslah direncanakan dengan baik dalam segi keuangan. Perencanaan anggaran keuangan mesti disusun secara baik  yang bersifat harian, mingguan, bulanan dan tahunan.

Contohnya, bisnis anda adalah usaha produksi makanan ringan. Maka perlu dilakukan perencanaan anggaran keuangan secara benar untuk membeli bahan baku, upah pegawai, biaya administrasi, beban produksi dan dana operasional. Yang membuat anda mengetahui dengan  pasti proyeksi anggaran keuangan yang perlu disisihkan setiap bulan untuk semua itu.

Melihat kinerja keuangan usaha

Hal penting lainnya dari seorang pengusaha mesti menguasai ilmu akuntansi dengan baik adalah adanya keharusan seorang pengusaha dapat melihat keuntungan dan kerugian usaha yang dijalaninya tersebut secara detail setiap bulan dan tahun.




Sehingga dapat diambil langkah strategis jika keuangan perusahaan mengalami kerugian. Dan dapat meningkatkan lebih banyak keuntungan apabila keuangan usaha terus tumbuh positif.

Dengan aplikasi akuntansi yang bisa anda download di Google Playstore secara gratis maka anda dapat mengetahui berapa besar laba yang diperoleh per bulan, per tiga bulan dan pertahun.

Begitu pula kerugian usaha dapat dihitung berapa besar per bulan, per tiga bulan dan pertahun. Sehingga keuangan perusahaan dapat terkontrol secara baik dan target laba di bulan atau tahun depan dapat dicapai secara baik pula.

Pentingnya menguasai aplikasi akuntansi untuk melihat arus kas

Sebuah bisnis dan usaha tak terlepas dari arus kas. Baik itu arus uang keluar maupun uang masuk. Dengan kemampuan ilmu akuntansi yang baik maka anda dapat mengetahui berapa arus kas masuk dan arus kas keluar dari usaha anda. Dan melihat seberapa besar laba usaha setiap bulan, dan tahun.

Mengurusi pembukuan dengan baik

Umumnya seorang pengusaha lebih menargetkan untuk mencapai laba atau omset sebesar mungkin per bulan dan pertahun. Mereka terus berupaya untuk menghasilkan penjualan dan keuntungan lebih besar lagi di masa depan.

Hal tersebut terkadang melupakan sistem pembukuan yang baik. Seperti pembukuan uang kas keluar, pembukuan uang kas masuk dan pembukuan uang kas masuk keluar.

Baca Juga :  Aplikasi iMobile BTN : Solusi Cerdas Pembayaran Instant

Baca Juga : Pentingnya Menguasai Aplikasi Akuntasi

Sehingga laporan keuangan bisa menjadi kacau dan berantakan. Dengan sistem pembukuan yang baik dapat menjadi acuan laporan keuangan secara akurat yang berguna untuk menentukan langkah selanjutnya dalam mengembangkan perusahaan.

Software Akuntansi Murah dan Gratis

Seiring dengan perkembangan bisnis yang semakin rumit membuat aplikasi akuntansi yang tersediia secara online di internet berbagai macam jenis dan spesifikasi.




Salah satu yang paling dasar adalah aplikasi Microsoft Office untuk proses akuntansi tidak memadai lagi. Saat ini telah muncul berbagai jenis aplikasi akuntansi tambahan yang lebih baik, lebih canggih dan akurat.

Software akuntansi terbaru ini bisa dipergunakan oleh siapapun dari mereka yang pakar akuntansi sampai orang awam sekalipun. Berikut ini beberapa software atau aplikasi akuntansi yang sangat tersohor di tanah air, antara lain :

  1. Zahir Accounting
  2. MAS
  3. Integrated System
  4. FINA
  5. Abipro
  6. Corcus
  7. Bee
  8. Acosys
  9. Accurate
  10. Easy Accounting System
  11. Limax
  12. Keysoft
  13. Jurnal ID

Dengan melihat banyak jenis aplikasi akuntansi maka anda harus bisa memilihnya sesuai keperluan anda. Selain itu, dengan memperhatikan kemampuan staff keuangan dan anggaran keuangan yang sobat miliki.

Demikianlah pentingnya menguasai aplikasi akuntansi bagi setiap pengusaha di Indonesia. Sehingga bisnis dan usaha bisa berjalan baik dan lancar dengan sistem pembukuan yang sangat baik. Yang membantu meningkatkan kredibilitas bisnis anda di mata bank dan investor.