Penyebab Kegagalan Dalam Bisnis Dan Usaha

Nilai Anda Untuk Artikel Ini
Sending
User Rating ( votes)

Sebagian besar sudah memahami dari penyebab kegagalan dalam bisnis dan usaha. Siapa sih yang tidak ingin untung dan sukses dalam setiap bisnis? Pastinya semua orang yang terjun dalam dunia bisnis ingin mendapatkan kesuksesan. Namun keinginan tersebut terkadang tidak terlaksana.

Karena banyak pelaku bisnis yang justeru mengalami kegagalan. Dimana bisnisnya mengalami kebangkrutan, sepi pembeli dan tidak berkembang. Manusia hanya bisa berharap. Sedangkan Allah SWT yang menentukan.

Jika anda mengalami hal yang sama. Seperti bisnis mengalami kegagalan maka anda jangan putus asa dan kecewa. Karena untuk meraih kesuksesan dalam berbisnis memerlukan perjuangan, kerja keras dan sikap pantang menyerah. Anda bisa melakukan intropeksi bagian mana yang menjadi penyebab utama kegagalan bisnis.

Setelah mengetahu penyebab kegagalan bisnis dan usaha maka anda dapat mengatasi dan memperbaikinya supaya bisnis anda bisa berkembang lebih besar. Namun yang lebih mudah tentu saja mencegah timbulnya penyebab kegagalan tersebut terjadi dalam bisnis.

Penyebab Kegagalan Dalam Bisnis Dan Usaha

Penyebab Kegagalan Dalam Bisnis Dan Usaha - cover

Sebenarnya tidak ada yang namanya kegagalan dalam bisnis. Yang ada hanyalah sebuah keberhasilan yang tertunda. Suatu waktu, dengan sikap kerja keras, ulet, pantang menyerah, rajin dan sering berdoa pastinya bisnis yang anda jalani akan berhasil dengan sempurna.




Kegagalan dalam sebuah usaha dan bisnis bagi seorang pemula adalah suatu peristiwa yang wajar. Dikarenakan kurangnya ilmu dan pengalaman. Bahkan seorang yang berpengalaman pun terkadang mengalami kegagalan dalam bisnis yang dilakoninya.

Berjalan waktu, dengan bekal kegagalan yang dialami oleh seorang pemula melahirkan ilmu dan pengalaman baru. Itulah yang akan membuat bisnis dan usahanya akan sukses di masa mendatang. Sebagaimana sebuah petuah bijak : “Seorang yang cerdas tidak akan jatuh dua kali.”

Ada banyak contoh usaha gagal yang ada di dunia ini. Umumnya bisnis yang baru dirintis. Dan sebagian kecil  lagi bisnis yang mengalami keberhasilan.

Berbagai pakar bisnis dan motivator begitu mudahnya memotivasi manusia untuk berbisnis dan cara serta strategi untuk sukses. Tapi apakah semuanya bisa menjamin kesuksesan dan diwujudkan dalam kehidupan nyata. Tentu saja tidak.

Baca Juga : Cara Membuat Blog Terkenal Bertahan Lama

Seringkali apa yang diucapkan oleh motivator tidak sesuai dengan kenyataan dan lapangan yang ada. Mereka tidak merasakan betapa mudahnya sebuah bisnis gagal.

Dan betapa sulitnya suatu usaha mendapatkan kesuksesan. Mereka memberikan tips dan strategi bisnis supaya sukses. Tapi setelah diterapkan di lapangan sangat susah dan gagal. Lalu apa yang salah?

Bisnis terbagi dalam macam-macam yang rumit. Seperti bisnis modal kecil, bisnis modal besar, usaha lama, bisnis yang baru, dan lain sebagainya. Semua itu dapat sukses dan gagal ditentukan oleh pelaku itu sendiri. Ada juga bisnis yang sukses dan gagal.

Kalau bisnis gagal yang salah adalah orang itu sendiri. Kemudian ia dapat belajar dari kegagalan tersebut. Dengan cara melihat penyebab sebuah bisnis mengalami kegagalan tersebut dan tak mengulanginya.

Contoh bisnis yang gagal tidak mungkin disebutkan satu persatu di halaman ini. Karena sangat banyak. Namun hal ini sudahlah cukup untuk menjadi pelajaran bahwasanya penyebab suatu bisnis gagal banyak sebabnya.




Dan yang penting adalah sikap kita terhadap kegagalan. Janganlah kegagalan bisnis membuat kita putus asa dan menyerah. Justeru kegagalan bisnis merupakan langkah awal untuk meraih kesuksesan dalam setiap bisnis.

Mayoritas bisnis yang sukses diawali dari beberapa kegagalan. Mereka tidak putus asa dan dapat terus bangkit. Kegagalan usaha dan bisnis hanyalah memberikan bekal ilmu berharga bagi kita dalam menempuh bisnis yang sukses di masa depan.

Jika anda masih gagal dalam menjalani bisnis saat ini maka teruslah lakukan pembenahan. Lihat beberapa penyebab bisnis dan usaha mengalami kegagalan dan berbenahlah hingga bisnis yang anda lakoni dapat sukses. Lakukan evaluasi penyebab bisnis gagal secara kontinu.

Contoh Usaha Gagal

Cara menghasilkan uang terbagi dalam empat kategori yaitu menjadi karyawan, bisnis, investor dan profesional. Dari semua itu, profesi yang sangat menjanjikan adalah sebagai pelaku bisnis yang dapat menghasilkan uang besar dalam waktu singkat.

Namun terkadang dalam menjalankan sebuah bisnis tidak berkembang atau bisnis berjalan di tempat. Hal ini dikarenakan bisnis itu tidak mudah. Diperlukan beberapa  pikiran dan sikap positif.

Dalam menjalani bisnis dan usaha hasil yang akan diperoleh untung atau rugi. Semua pelaku bisnis ingin meraih keuntungan dan mencegah kerugian. Oleh karena itu, diperlukan sebuah managemen resiko supaya resiko kerugian bisa diperkecil bahkan ditiadakan. Sehingga usaha dan bisnis yang anda jalani dapat berkembang pesat, sukses dan menguntungkan. 

Berbagai teori bermunculan mengenai penyebab kegagalan dalam bisnis dan bagaimana cara mengatasinya. Ada yang berpendapat kegagalan dalam usaha adalah hal mutlak dan jatah yang harus dihabiskan sampai ia sukses.

Dalam arti, selama menjalani suatu bisnis tidak selamanya orang tersebut mengalami kegagalan. Di suatu waktu , dengan bekal keilmuan, keahlian dan pengalaman dari beberapa kali kegagalan maka bisnis yang dijalaninya akan berhasil.

Baca Juga : Cara Menentukan Judul Konten Agar Menarik

Untuk sukses dalam berbisnis haruskah melalui beberapa kali kegagalan? Hal tersebut tidak selamanya benar dan salah. Untuk sukses dalam berbisnis bisa langsung didapatkan dengan cara belajar dari kesalahan-kesalahan orang lain.

Anda tidak usah mengalami kesalahan dan kegagalan bisnis yang sama. Karena rasanya mengalami kegagalan bisnis sangat merugikan dari segi waktu, materi, dan tenaga.

Kegagalan bisnis adalah hal yang wajar. Yang dapat bersumber dari aspek eksternal dan internal. Sehingga anda harus menelusuri lebih dalam. Untuk lebih jelas, berikut ini beberapa penyebab kegagalan dalam bisnis dan usaha yang perlu anda ketahui, antara lain :

1. Kurang pemahaman terhadap bisnis yang dilakoni

Inilah penyebaba utama sebuah bisnis mengalami kegagalan. Seorang pelaku bisnis yang tidak mengetahui dan memahami terhadap alur usaha yang dilakoninya. Sehingga usaha mandeg dan tidak berkembang. Yang kemudian gagal dan bangkrut.

Oleh karena itu, sebelum memulai suatu bidang usaha maka anda mesti mempelajari seluk beluk bisnis tersebut. Dari awal produksi, harga yang diterapkan, permintaan pasar, pengemasan, pemasaran, penjualan, sistem promosi dan lain sebagainya.




Kebanyakan bisnis gagal karena tidak adanya kehendak dari pelaku bisnis itu sendiri untuk memahami alur bisnis yang ditekuninya. Oleh karena itu, sangat dianjurkan sebuah bisnis yang digeluti sesuai dengan passion, bakat, minat dan bidang keilmuannya.

2. Coba-coba dan iseng semata

Seringkali seseorang tertarik untuk membuka suatu usaha. Kemudian tanpa perencanaan matang, ia membuka usaha tersebut. Padahal belum mempunyai bekal keahlian dan pengalaman dalam bisnis tersebut.

Mereka hanya ingin mencoba dan iseng.  Sehingga setelah mengalami besarnya hambatan dan rintangan dalam usaha itu untuk meraih kesuksesan. Lalu mereka menutup usaha mereka. Hal itu akan membuat sebuah bisnis cepat gagal.

Penyebab kegagalan dalam bisnis dan usaha lainnya yaitu

  • Tidak menggunakan analisis SWOT
  • Kurang mampu mengelola keuangan dan administrasi yang baik
  • Tidak fokus dalam berbisnis, kurangnya kualitas sumber daya manusia
  • Tidak pandai mengelola modal
  • Kurang mempunyai pengalaman dalam penjualan dan pemasaran
  • Bekerjasama dengan orang yang salah dan tidak melek teknologi

Semua hal tersebut bisa diantisipasi dan dibenahi hingga meraih keberhasilan usaha. Perlu diketahui, sebuah bisnis bukanlah ajang untuk iseng dan mencoba. Sebuah bisnis haruslah dikerjakan dengan serius, sungguh-sungguh dan pantang menyerah.

Karena untuk sukses, tantangannya sangat berat yang dapat menguras pikiran, waktu dan tenaga.Oleh sebab itu, jangan menjadikan sebuah bisnis dan usaha sebagai ajang coba-coba atau iseng. Karena akan merugikan anda sendiri dari segi biaya, tenaga dan waktu.