Sejarah Kesuksesan Perusahaan Google

Nilai Anda Untuk Artikel Ini
Sending
User Rating ( votes)

Semua perusahaan tidak bisa langsung menjadi perusahaan besar salah satunya adalah sejarah kesuksesan perusahaan google. Melainkan harus melalui proses yang cukup lama. Dimulai dari skala usaha yang masih kecil hingga membesar. Begitupula yang dialami oleh Perusahaan Google.

Perusahaan teknologi dan internet terbesar di dunia ini dimulai dari sebuah garasi kecil hingga mengukir sebuah cerita bersejarah tentang keberhasilan Google menjadi perusahaan besar skala internasional. Tentu saja, kesuksesan Google Inc tidak terlepas dari andil para pendirinya yaitu Larry Page dan Sergey Brin.

Apabila mendengar kata Google maka setiap orang pasti mengenalnya. Google sebuah perusahaan raksasa dengan aset dan penghasilan pertahun sampai triliunan dollar AS. Ada lagi yang mengenal Google sebagai mesin pencarian canggih di internet yang pintar dan hebat. Setiap pertanyaan apapun yang diajukan setiap orang dapat dijawab oleh Google dengan baik.

Kisah Sejarah Kesuksesan Perusahaan Google

Sejarah Kesuksesan Perusahaan Google - cover

Berdasarkan data, Google merupakan situs atau mesin pencarian yang paling populer dan terbanyak di akses oleh semua orang di dunia ini. Mereka mengakses Google setiap saat, setiap hari dan kapanpun serta dimanapun menggunakan smartphone, laptop, netbook, dan komputer untuk mencari berita dan info terbaru.




Jika anda mempunyai berbagai pertanyaan apapun maka mesin pencarian Google akan memberikan semua jawabannya dengan baik. Inilah yang membuat Google lebih pintar dari manusia.

Apabila ada sesuatu hal di muka bumi ini yang anda tak  mengerti dan tak ketahui maka anda bisa meminta bantuan Google untuk menjelaskan apa yang anda tidak tahu sama sekali itu.

Google akan membantu anda semua dari berbagai kalangan seperti ibu rumahtangga, mahasiswa, pelajar, karyawan dll dari bodoh menjadi pintar.

Dari tidak tahu menjadi tahu. Segala informasi ada di google. Pendek kata, untuk mencari informasi terhadap suatu hal maka anda bisa bertanya kepada ahlinya.

Baca Juga : Peluang Bisnis Menguntungkan di Jakarta

Dan Google menjadi ahlinya dan sumber informasi yang lengkap dan akurat serta mudah. Caranya dengan memasuki situs resminya yaitu Google.com. Kemudian mengetikkan sesuatu hal yang ingin anda pelajari. Lalu tekan Enter.

Baca Juga :  Mengenal Lebih Dalam Pribadi Sandiaga Uno

Saking pintarnya google dalam mengetahui dan menyajikan berbagai informasi terbaru yang lengkap sekali di dunia ini, membuat banyak orang yang memberikan julukan Google sebagai Mbah Google.

Pengertian mbah adalah sesuatu orang yang pintar, dewasa dan bisa dipercaya. Dan pesaing Google sebagai mesin pencarian adalah Yahoo, bing, yandex dll.

Namun Google sebagai sebuah robot pencarian super canggih dan pintar serta dapat dipercaya sudah membuktikannya sebagai yang terbaik di dunia.

Manusia modern saat ini hidupnya tidak terlepas dari penggunaan produk-produk Google. Selain menyediakan layanan mesin pencarian tercanggih dan paling akurat, Google juga menyediakan layanan Google Plus yang sekarang sudah berakhir, google youtube video, google play, google chrome, google account, google mail disingkat Gmail, google maps, google drive dan lain sebagainya.

Sejarah kesuksesan perusahaan google sebagai perusahaan multinasional asal Amerika Serikat ini sepertinya tidak pernah berakhir. Kesuksesan demi kesuksesan terus diraihnya dengan berbagai produk baru yang diciptakannya dan mampu memikat banyak pengguna di seluruh dunia.




Lalu siapakah orang yang membuat perusahaan Google dari perusahaan kecil menjadi perusahaan raksasa di dunia?

Ternyata, ada dua orang tokoh utama dibalik penemuan dan keberhasilan perusahaan Google yaitu Sergei Brin dan Larry Page. Mereka berdua mampu membuat suatu karya cipta yang luar biasa hebat hingga tersohor yaitu mesin pencarian Google.

Profil dan Biografi Pendiri Google, Larry Page

Pria yang akrab disapa Larry Page ini merupakan salah seorang pendiri perusahaan Google. Dan sekarang ia menduduki Jabatan sebagai Presiden Utama layanan-layanan Google Inc.

Beliau memiliki nama lengkap Lawrence Edward Page dilahirkan dan dibesarkan di Michigan Lansing. Pada tahun 1973, ia dilahirkan dari keluarga yang sederhana.

Ayahanda tercinta bernama Carl Vincent Page yang bekerja di Universitas Michigan sebagai seorang profesor terkemuka dalam bidang ilmu komputer. Hal ini membuat darah ilmu komputer melekat kuat pada anaknya, Larry Page.

Apalagi ibunda tercintanya bernama Gloria Page yang juga seorang tenaga pengajar di Universitas Michigan dalam mata kuliah ilmu pemograman komputer. Sehingga ilmu komputer menjadi bagian keseharian dalam kehidupan Larry Page di lingkungan keluarga. Dan disinilah Larry page mengenalnya sejak ia kecil.

Baca Juga :  Informasi Lowongan Kerja 2019 : Info Plus

Dengan rajin dan penuh semangat, Larry Page menyelesaikan semua jenjang pendidikan formal. Selepas menempuh pendidikan di East Lansing High School, ia melanjutkan ke Universitas of Michigan jurusan Rekayasa Komputer.




Sehingga setelah lulus S1, ia memperoleh gelar Bachelor of Science. Ia pun terus melanjutkan sekolahnya sampai jenjang S2 atau Ph.D dengan mengambil program studi Ilmu Komputer di Universitas Stanford. Sampai ia lulus dan mendapatkan gelar Professor dalam program studi Komputer Sains.

Berdasarkan Majalah Forbes, Larry Page berada diurutan ke-27 sebagai orang paling kaya di dunia. Total kekayaan yang dimilikinya mencapai 12,8 miliar dollar AS.

Profil dan Biografi Sergey Brin

Pendiri perusahaan Google Inc lainnya adalah Sergey Brin. Beliau bersama Larry Page mempunyai andil sangat besar dalam kemajuan Google saat ini.

Mereka berpartner secara baik dan menguntungkan sehingga mampu menciptakan sebuah karya besar yang dibutuhkan orang saat ini. Seperti mesin pencari Google, Google mail, Google Maps, Google Drive dan produk Google yang lain.

Sergey Brin lahir pada tanggal 21 Agustus 1973 di negara Rusia Moskow dari keluarga sederhana keturunan Yahudi. Beliau yang bernama lengkap Sergey Mikhailovich Brin dilahirkan dari ibunda bernama Evgenia Brin seorang pakar matematika dan ayahanda tercinta bernama Mikhail Brin.

Pada waktu usia enam tahun, Sergey Brin dibawa oleh kedua orangtuanya untuk pindah tempat tinggal ke negara Amerika Serikat tepatnya di Maryland. Di Maryland inilah, Sergey Brin bersekolah dari tingkat sekolah dasar di SD Paint Branch Montossori Maryland sampai SMP.

Sedangkan pada bangku sekolah SMA ia memutuskan sekolah di Eleanor Roosevelt. Pada tingkat universitas, ia menuntut ilmu di University of Marryland hingga memperoleh gelar Bachelor of Science dalam program keilmuan matematika dan komputer.




Selepas lulus S1, ia memutuskan untuk terus melanjutkan pendidikan ke S2 atau Master dengan bekal beasiswa yang diperolehnya dari National Science Foundation. Ia menuntut ilmu S2 di Standford University. Pada bulan Agustus 1995, Sergey Brin lulus dan mendapatkan gelar Master.

Baca Juga :  Daftar Promo Garuda Indonesia : Jakarta Bali Terjangkau

Itulah profil dan biografi dua orang pemuda yang kemudian mereka saling bertemu di tahun 1995 tanpa sengaja. Mereka berdua kerapkali melakukan diskusi dan debat panjang atas suatu hal. Pandangan dan pendapat mereka atas suatu masalah sangat berlainan termasuk dalam bidang komputer.

Sehingga menghasilkan debat dan diskusi panjang dalam bidang komputer. Dari perbedaan itulah yang membuat munculnya gagasan-gagasan unik dan baru. Pada akhirnya, mereka bersepakat untuk saling bersinergi.

Buku Pendiri Google

Yang dimulai dari menulis buku secara bersama-sama yang diberi judul : The Anatomy of a Large Scale Hypertextual Web Search Engine.

Kemudian di bulan Januari 1996, percobaan dan riset dilakukan secara terus menerus oleh Larry Page dan Sergey Brin untuk membuat suatu mesin pencarian di internet yang super canggih. Pada waktu itu mereka berdua berhasil menciptakan mesin pencarian di internet bernama Black Rub.

Penyempurnaan mesin pencari terus dilakukan sepanjang tahun dengan dukungan berbagai bantuan dana sebesar satu juta  dolar AS dari para investor.

Perusahaan Google berdiri pada tanggal 7 September 1998 di Menlo Park California Amerika Serikat. Dalam kurun waktu kurang dari satu tahun, perusahaan Google Inc mampu berkembang dan tumbuh sangat pesat di dunia.

Dalam jumlah karyawan dan aset pun terus bertambah banyak. Beberapa perusahaan besar dikuasainya seperti Blogger.com.

Dan tahun 2004, Perusahaan Google memutuskan untuk go public dan mencatatkan namanya di Bursa Saham dengan nilai saham yang fantastis yang membuat Larry Page dan Sergey Brin menjadi miliarder baru.

Tahun 2006, perusahaan Google menguasai situs Youtube. Yang dilanjutkan dengan membuat beberapa produk canggih terbaru. Seperti sistem android bagi handphone, playstore, Google plus, Blogger, Gmail dan banyak aplikasi yang lain. Pada bulan Juni 2007, nilai kekayaan Google meningkat pesat sampai mencapai 160 miliar dolar AS.

Kisah sejarah kesuksesan perusahaan Google terus berlanjut sampai saat ini. Hal tersebut tak terlepas dari berbagai ide cemerlang dan upaya yang dilakukan Larry Page dan Sergey Brin untuk menciptakan suasana lingkungan kerja yang nyaman dan tenang. Yang membuat karyawan bekerja secara menyenangkan tanpa ada tekanan.