Spesifikasi Komputer Server Client yang Bagus

Bagi sobat yang bekerja sebagai karyawan bagian IT tentu memahami bagaimana tips dan cara memilih spesifikasi komputer server dan client yang bagus.  Namun bagi mereka yang pemula dan orang awam tidak mengetahui caranya. Bahkan masih banyak yang belum mengetahui apa itu komputer server dan komputer client.

Apa itu Komputer Server

Spesifikasi Komputer Server Client
Spesifikasi Komputer Server Client

Mendengar nama komputer pastinya anda sudah tak asing lagi. Minimal anda pernah mengenalnya di sekolah. Di tahun 2020, sekarang ini penggunaan komputer sudah sangat masif. Komputer banyak dipergunakan di kantor, perusahaan, sekolah, lingkungan universitas, pabrik, dan rumah. Namun jenis komputer yang paling sering dipakai oleh masyarakat adalah komputer server dan komputer client.



Untuk penggunaan Komputer Server banyak dipergunakan untuk kepentingan di warnet, laboratorium, pendidikan dan bisnis. Anda bisa membuat jaringan komputer server dan client. Komputer server merupakan jenis komputer yang memberikan pelayanan kepada beberapa komputer client.

Baca Juga : Panduan Memilih Dedicated Server Indonesia

Ciri-Ciri Spesifikasi Komputer Server Client Prima

Tanda komputer server dapat dilihat dari sifatnya berikut ini :

Berdiri sendiri

Ia tidak ketergantungan dengan komputer lain. Apabila tak ada komputer lain semisal client maka ia dapat berjalan sebagai pusat segala informasi dan data yang bisa diakses kapanpun oleh  komputer client. Hal ini berbanding terbalik dengan komputer client yang tidak bisa mandiri tanpa kehadiran komputer server.

Spesifikasi tinggi

Komputer server harus mempunyai spesifikasi tinggi. Supaya segala proses permintaan dari komputer client dapat dipenuhi secara baik. Mengingat komputer server sebagai pusat informasi dan data yang penting. Spesikasinya adalah kapasitas SSD dan RAM sudah besar.

Pendek kata, komputer server adalah komputer khusus yang dipergunakan untuk melayani komputer client. Bisa disebut juga sebagai pusat yang menyambungkan semua komputer client dalam satu jaringan yang sama. Penggunaan komputer server dan client seringkali dipakai pada berbagai universitas, perusahaan, sekolah, lembaga perpustakaan, warnet sampai badan pemerintahan untuk kepentingan pendidikan, keilmuan maupun bisnis.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Masuk Windows

Untuk penggunaan komputer server dan client di lingkungan sekolah SD, SMP, dan SMA seringkali digunakan dalam pelaksanaan ujian seleksi masuk sekolah ataupun kelulusan. Begitupula dengan perguruan tinggi negeri dan swasta sering memanfaatkan untuk ujian seleksi calon mahasiswa. Hal ini berbeda dengan tahun sebelumnya yang masih konvensional.

Fungsi dan Manfaat Komputer Server

Penggunaan teknologi komputer server dan client yang semakin menjamur di berbagai lembaga pendidikan ini, tak terlepas dari upaya pemerintah untuk meringankan dan memudahkan pekerjaan manusia. Hasil yang didapatkan lebih mudah dan akurat.

Komputer server mempunyai fungsi dan manfaat yang sangat banyak, antara lain :




Sebagai pelayan terhadap kebutuhan komputer client

Komputer server sebagai penentu kualitas layanan terhadap komputer client. Sehingga untuk melayani permintaan komputer client dengan baik dan maksimal maka komputer server mesti memiliki fitur dan resource atau sumber daya yang mumpuni dan handal dalam rangka mendukung pelayanan yang baik kepada konsumen.

Menghadirkan resource bagi komputer client

Ini sebagai bentuk pelayanan terhadap client. Yang meliputi penyediaan resource hardware, software maupun aplikasi terbaik.

Mengatur data dengan baik

Komputer server bertugas mengatur data secara baik dan benar. Karena hanya di komputer server yang terdapat semua jenis informasi dan data yang penting. Komputer server harus menjamin keamanan data dari serangan hacker dan virus.

Spesifikasi Jenis Komputer Server

Sebelum mengetahui spesifikasi Komputer Server Client atau komputer server yang tepat bagi anda maka anda perlu mengetahui beberapa jenis komputer yang kerap dijadikan server. Selama ini ada tiga jenis komputer server yang sering dipergunakan di masyarakat, antara lain :




Server Web

Komputer server yang bertugas  menjalankan aplikasi dan menampilkan halaman website. Komputer ini menyatu dengan browser. Seperti Safari, Opera, Mozilla Firefox, Chrome dan Internet Explorer.

Baca Juga :  Cara Membalik Layar Laptop Yang Jarang Diketahui

Server Email

Sebuah server komputer yang bertugas melayani penerimaan dan pengiriman email.

 Baca Juga : Bisins Online Memalui Android Google Playstore

Server FTP

Komputer server yang bekerja untuk mengirimkan file lewat sebuah software bernama Protokol Transfer File.

Spesifikasi Komputer Server dan Client yang Bagus

Bagi anda yang membutuhkan suatu komputer server untuk dipergunakan untuk perusahaan dan bisnis maka anda harus melakukan seleksi atas spesifikasi komputer server yang layak. Karena setiap spesifikasi komputer server ada yang cocok untuk kebutuhan game. Dan ada yang tepat untuk perusahaan.

Berikut ini beberapa tips dan cara memilih spesifikasi komputer server yang tepat bagi anda, antara lain :




1. CPU handal

Pastikan di dalam komputer tersebut disematkan CPU berkecepatan super tinggi. Supaya proses melayani komputer client berjalan baik dan cepat.  Sementara itu, CPU adalah otak dari suatu prosesor komputer. Ada dua jenis CPU yang terdapat di dunia ini yaitu AMD dan Intel. Anda bisa menggunakan CPU merk AMD atau Intel.

Berdasarkan penilaian orang CPU jenis Intel lebih baik dari CPU jenis AMD. CPU Intel memiliki kecepatan sangat tinggi dalam memproses data ataupun baca dan tulis.

2. RAM

RAM merupakan singkatan dari Random Access Memori. Perangkat ini sebagai memori yang mempunyai kapasitas terbatas.  Jika anda menggunakan RAM untuk kepentingan server maka anda mesti membeli VPS minimal 1 GB.

3. Kapasitas

Berikutnya yang perlu diperhatikan dalam pemilihan komputer server adalah melihat kapasitas yang dimilikinya. Anda tidak bisa lagi memakai HDD yang mempunyai kapasitas kecil dalam komputer sobat. Namun anda mesti membeli SSD untuk media penyimpanan yang lebih besar.

Spesifikasi Komputer Client yang Bagus

Salah satu pemanfaatan teknologi komputer server dan client adalah penggunaan pada sektor dunia pendidikan. Apabila dilihat sesuai sejarah. Pada waktu dulu sebelum tahun 2015, sistem ujian nasional dijalankan secara konvensional yakni menggunakan lembaran kertas dan pensil 2B untuk pengisian jawaban.

Baca Juga : Cara Gampang dapat Uang dari Online

Seiring dengan perkembangan teknologi pendidikan yang sudah maju, di tahun 2015 sistem ujian nasional dirubah dari sistem konvensional menuju modern.

Baca Juga :  Penggunaan Android Device Manager untuk Pemula



Sistem yang dijalankan lebih modern yakni menggunakan sarana komputer yang dinamakan sistem CAT atau Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Komputer yang dipergunakan adalah komputer server sebagai sarana utama dan beberapa komputer client.

Berikut ini spesifikasi komputer client yang dipergunakan dalam Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), antara lain:

  1. Komputer desktop atau laptop Rp 3 juta
  2. LAN Card Rp 150.000
  3. Harddisk dengan kapasitas 10 GB Rp 650.000
  4. Web Browser Exambro Terbaru Rp 200.000
  5. Sistem operasi MAC/LINUX/Windows 8/ Windows 7/Windows XP Rp 100.000
  6. RAM sekurang-kurangnya 512 MB Rp 400.000
  7. Processor Single Core Rp 500.000
  8. Monitor sekurangnya 11 inchi harga Rp 750.000
  9. Earphone atau headset Rp 50.000
  10. Biaya lain-lain

Biaya yang dikeluarkan untuk membeli komputer client diperkirakan sekurang-kurangnya Rp 100 juta dengan jumlah komputer client sebanyak 19 unit.

Pada tahun 2005, penggunaan komputer server dan client menjadi trend. Hal ini dengan adanya peraturan pemerintah tentang ujian nasional berbasis komputer  membuat setiap sekolah wajib menyediakan perangkat komputer server dan client dengan jumlah seperti yang disyaratkan oleh Kementerian Pendidikan Republik Indonesia.

Selain itu, sekolah diwajibkan menyediakan tenaga proktor dan teknisi yang memahami dan terampil dalam bidang IT pada waktu pelaksanaan UNBK.  Jumlah tenaga teknisi paling sedikit satu orang per lokasi tes.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 32102

No votes so far! Be the first to rate this post.