Strategi Mempromosikan Konten Blog Paling Jitu

0
Nilai Anda Untuk Artikel Ini
Sending
User Rating 5 (5809 votes)

Berikut akan dibahas strategi mempromosikan konten blog yang paling jitu dan dibutuhkan bagi setiap blogger. Terdapat 7 Strategi jitu di dalamnya. Membuat sebuah konten blog apa pun itu dalam bentuk tulisan, gambar, audio maupun video merupakan unsur paling penting dalam sebuah blog. Begitupula dalam sistem pemasaran di internet. Sebab konten adalah raja.

Oleh karenanya, banyak internet marketer dan blogger yang fokus dalam membuat konten yang benar-benar berkualitas baik. Mereka ada yang menghabiskan waktu berminggu-minggu hanya untuk membuat satu artikel terbaik.

Namun dibalik pentingnya sebuah konten atau artikel, ada yang lebih penting dari itu. Apakah itu? Yaitu promosi. Karena apalah manfaatnya jika konten blog bagus tapi tidak banyak dilihat orang. Sebaik apapun konten artikel yang anda tulis dan posting di blog jika tidak ada yang membacanya maka sia-sia. Tujuan penulisan artikel untuk mendapatkan pengunjung dan penjualan tidak akan tercapai dengan baik.

Baca Juga : Langkah Membuka Bisnis Menurut Para Ahli

Mempromosikan suatu konten blog sangatlah mudah saat ini. Seiring munculnya berbagai media sosial, forum, website dan marketplace. Tujuan promosi konten artikel itu sendiri supaya mendatangkan trafik dan artikel banyak dibaca orang. Sehingga maksud penulisan artikel seperti untuk berjualan atau promosi produk tertentu dapat tercapai.

Setiap harinya seorang blogger atau internet marketer menulis artikel baru di blog untuk mengupdate blog mereka sekaligus menambah banyak pengunjung. Artikel yang ditulis bukan sembarang artikel. Terkadang merupakan artikel promosi dan penjualan suatu barang.

Baca Juga :  Cara Menulis Artikel SEO Friendly Terbaik Tahun ini

Sehingga penulisan artikel ditulis sebaik dan semenarik mungkin untuk mendatangkan penjualan. Dan membuat beberapa artikel di blog setiap hari tidaklah cukup. Namun harus dibarengi dengan promosi konten artikel tersebut.

Strategi Mempromosikan Konten Blog

Strategi Mempromosikan Konten Blog Paling Jitu - cover

Salah seorang pakar internet marketing, Derek Halpem mengungkapkan strategi mempromosikan konten blog. Yang pertama, membuat artikel berkualitas baik dalam jangka waktu dua hari.




Lalu pada 5 hari selanjutnya dipergunakan untuk mempromosikan konten blog. Jadi waktu yang paling banyak dihabiskan untuk mengupdate blog adalah mempromosikan konten artikel. Karena ini posisinya lebih penting ketimbang menulis konten artikel.

Sudah kita ketahui bersama sesuai data yang diberikan oleh pihak blogspot bahwa dalam satu detik jutaan blog baru lahir. Hal ini membuat setiap anda menulis satu buah artikel di blog kemudian mempublishnya maka jutaan artikel sudah dipublish secara bersamaan pula.

Kalau diumpamakan, konten artikel di blog anda bagaikan sebutir pasir di hamparan pasir pantai. Lalu bagaimana artikel anda dapat ditemukan oleh pengunjung? Tentunya dengan cara promosi supaya konten blog anda dapat dilihat banyak orang dan tujuan anda tercapai.

Bagi anda yang mempunyai blog baru dan konten baru maka jangan fokus pada penulisan artikel saja. Anda harus menambahkan dengan cara promosi konten blog supaya dapat dibaca banyak orang.

Baca Juga : Daftar Wisata Alam

Cara promosi konten blog tidak boleh berlebihan apalagi spam sehingga bisa mengganggu orang lain dan pengguna internet lainnya. Namun lakukan promosi konten dan iklan secara sopan dan pada tempatnya.

Berikut ini strategi mempromosikan konten blog, antara lain :

1. Promosi konten bukan blog

Hal pertama yang harus dipikirkan adalah sobat mempromosikan konten blog bukannya mempromosikan blog. Sehingga anda tidak melakukan kesalahan dalam promosi konten. Misalkan mencantumkan link blog di sejumlah website yang menuju Homepage. Tapi anda mencantumkan link langsung yang menuju konten blog anda.

2. Kualitas konten bagus

Bagaimanakah konten blog yang berkualitas baik? Konten blog yang baik dapat dilihat dari berbagai aspek. Pertama, adalah artikel buatan sendiri bukannya hasil copas. Kedua, pembahasan artikel sangat lengkap dan rinci serta point per point.

Baca Juga :  8 Cara Membuat Artikel Dengan Mudah Untuk SEO

Ketiga, isi artikel bermanfaat bagi orang lain dalam menuntaskan suatu masalah dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, konten artikel dilengkapi juga dengan gambar maupun video yang menarik.

Sebuah kata mutiara mengatakan bahwa konten is king. Konten berkualitas baik adalah raja.Hal itu benar sekali. Namun menurut penulis masih banyak blogger yang kurang peduli dengan kualitas konten artikel itu sendiri.




Konten artikel dibuat secara sembarangan, ada banyak salah ketik huruf dan angka, dan isi konten tidak nyambung dengan judul dan tidak bermanfaat sama sekali bagi pembaca.

Oleh sebab itu, pastikan anda membuat konten blog yang benar-benar asli, original, tulisan sendiri, bukan copy paste dan isinya berbobot dan berguna bagi pembaca.

3. Strategi mempromosikan konten blog dengan promosi manual

Di sebuah blog umumnya terdapat tombol tool promosi otomatis. Hal tersebut kurang baik jika dipergunakan untuk mempromosikan konten blog. Karena bisa dianggap spam apabila berlebihan. Sangat baik bagi anda untuk mempromosikan konten blog secara manual sehingga menjadi viral.

Konten blog sebisa mungkin memiliki tema atau judul yang sifatnya mendesak atau urgent sehingga memaksa orang untuk membacanya saat itu.

Selain itu, isi di dalam konten sebisa mungkin bersifat emosional, praktis dan kredibel sesuai data terpercaya. Dengan mempromosikan konten blog semacam ini dipastikan akan dipenuhi para pengunjung yang datang dan konten dibaca banyak orang.

4. Strategi mempromosikan konten blog dengan cara membuat email list

Daftar email merupakan salah satu media untuk mempromosikan konten blog. Setiap ada konten artikel yang baru maka anda bisa mempromosikannya kepada email list.

Baca Juga : Cara Berjualan di Shopee

Sehingga dalam sekali klik konten blog anda akan terdapat dijutaan email list. Dengan mudah, sobat memperoleh seribu pengunjung dari hasil promosi di email list.

5. Posting ke media sosial

Strategi mempromosikan konten blog yang paling umum dan disukai banyak orang adalah menggunakan media sosia. Seperti facebook, twitter, whatsapp, instagram dll.

Baca Juga :  Tahap Mencari Penulis Artikel Untuk Blog Anda




Anda bisa posting sebuah artikel di blog kemudian membagikannya di media sosial. Bagikan pula di berbagai grup medsos yang relevan dengan konten yang anda buat. Dan jangan lupa cantumkan link menuju konten blog.

6. Promosi di Forum

Ada berbagai forum yang bisa anda jadikan sarana mempromosikan konten blog. Salah satunya adalah kaskus. Berbagi konten blog di kaskus sangat baik untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog. Mengingat jumlah trafik forum Kaskus sangat besar perharinya.

7. Mengubah konten

Konten blog berupa artikel bisa anda ubah menjadi konten blog dalam bentuk lain. Seperti bentuk presentasi, audio, pdf, atau video yang isinya sama. Begitupula sebaliknya, konten video dapat diubah jadi konten artikel. Lalu publikasikan konten tersebut di berbagai tempat. Seperti di Youtube, Scribd,iTunes, Kompasiana, SlidShare dan website lainnya. Pada konten yang anda publikasikan tersebut jangan lupa untuk menanamkan link menuju blog anda.

Berkomentar di blog orang lain dan berusaha membantu menyelesaikan masalah orang lain. Dalam sebuah forum ataupun media sosial jika ada orang yang mempunyai masalah dan bertanya bagaimana mengatasi masalahnya dan kebetulan konten yang anda miliki berkaitan dengan itu maka anda bisa memberikan konten blog anda untuk memecahkan masalah mereka.

Demikianlah strategi mempromosikan konten blog secara online. Masih banyak cara lain yang bisa anda tempuh. Karena keterbatasan waktu dan halaman sudah cukup sampai di sini.Mudah-mudahan dapat membantu dan memberikan manfaat bagi anda semua.

Silahkan nonaktifkan adblock anda untuk membaca konten kami.
Refresh