Strategi Menciptakan Topik Konten Populer

Strategi menciptakan topik konten susah-susah gampang karena anda harus tahu dasar atau maksud dari konten itu sendiri. Ada berbagai hal yang perlu dipertimbangkan dan perhatikan.

Topik konten diperlukan dalam berbagai bidang yang berkaitan dengan bisnis internet dan bisnis online. Misalkan pembuatan sebuah channel youtube, pembuatan blog dan website, pembuatan halaman Facebook, pembuatan toko online di media sosial dan lain sebagainya.

Strategi Menciptakan Topik Konten Populer

Strategi Menciptakan Konten Populer - cover

Untuk menciptakan topik konten maka sebaiknya anda memilih topik yang berdasarkan bakat dan minat. Barulah kemudian berdasarkan tingkat pencarian tertinggi dengan tingkat persaingan sangat rendah.



Hal ini supaya memudahkan blog atau channel website serta media sosial milik anda cepat populer dan cepat mendapatkan banyak pengunjung dalam waktu singkat.

Peralatan ataupun tools yang dipergunakan untuk mengetahui suatu topik mempunyai tingkat pencarian tertinggi dengan persaingan rendah adalah Google Keyword Planner yang dilengkapi dengan Google Trends dan Google Search.

Baca Juga : Strategi Mempromosikan Konten Blog Paling Jitu

Setelah memastikan topik konten memiliki tingkat pencarian yang tinggi dengan kompetisi rendah maka berikutnya dimasukkan dalam domain pada sebuah blog atau dijadikan nama pada channel youtube atau dijadikan nama pada akun media sosial.

Dengan pemilihan topik yang benar berdasarkan riset sebelumnya menggunakan Google Keyword Planner dan Google Trends maka sangat mudah bagi medsos, channel youtube maupun blog anda untuk populer dan dikunjungi banyak orang. Sehingga penghasilan online anda dapat meningkat dari hari ke hari. Fokus saja pada konten berikutnya.

Selepas menemukan topik yang tepat maka selanjutnya mengisi konten yang menarik, bermanfaat dan lebih bagus ketimbang pesaing. Jumlah konten yang diupdate setiap hari harus lebih berkualitas bagus dan lebih banyak dari pesaing. Setelah itu, promosikan konten dengan jalur yang baik dan tepat.

Untuk menciptakan topik konten haruslah didasarkan atas hal-hal berikut ini, antara lain :

1. Minat

Baca Juga :  Membuat Website Dengan Artikel SEO Friendly 2019

Membuat konten haruslah berdasarkan atas topik yang diminati. Sehingga bekerja dan mengisi konten tidak terpaksa. Namun dilakukan secara sukacita. Sekarang yang jadi pertanyaan, apa topik yang anda minati? Itulah yang harus dijadikan topik dalam konten media sosial anda.



2. Bakat

Apa yang orang lain memuji anda? Apakah itu keahlian atau olahraga yang anda tekuni? Jika anda mempunyai suatu bakat atau keterampilan dalam suatu olahraga atau bidang maka anda dapat menjadikan bidang itu sebagai topik konten blog atau channel youtube.

Akibat Kesalahan Menentukan Topik Konten

Strategi Menciptakan Konten Populer - Salah menentukan Konten

Ada banyak kerugian dan akibat buruk dari kesalahan menentukan topik konten. Misalkan anda menciptakan topik konten yang tak sesuai dengan minat dan bakat.

Seiring berjalan waktu, anda akan merasakan kebosanan dalam mengisi konten. Yang akhirnya berhenti di tengah jalan.

Bisa dikatakan ada tiga hal yang membuat seseorang berhenti ngeblog ataau ngeyoutube dalam mengisi konten, antara lain :

1. Kehabisan gagasan

Dengan kehabisan gagasan maka apalagi yang harus anda isi konten dalam blog atau channel youtube. Hal inilah yang sering membuat seseorang berhenti untuk blogging dan nge youtube. Padahal kesuksesan sudah di depan mata.

Untuk mengatasi kehabisan ide maka anda harus banyak membaca atau melihat konten tentang topik blog yang dimiliki pesaing. Sebuah kata bijak mengatakan lebih banyak input maka akan lebih banyak output. Kehabisan ide bisa disebabkan oleh anda yang jarang melihat konten blog atau channel youtube pesaing.

2. Blog atau channel youtube sepi pengunjung

Seringkali dalam membuat konten blog atau youtube, seseorang merasa bosan dengan aktifitas yang rutin dilakukan tersebut. Apalagi hasilnya belum kelihatan. Di sinilah banyak orang yang mengalami futus.



Pada awal ngeblog atau youtube, anda begitu semangat dalam mengisi konten. Satu hari bisa mengisi 4 konten. Namun beberapa hari kemudian, anda sama sekali tak pernah mengisi konten kembali.

Baca Juga :  8 Cara Membuat Artikel Dengan Mudah Untuk SEO

Hal ini disebabkan banyak hal. Salah satunya tidak adanya pengunjung yang datang sehingga kurang memberikan hasil optimal. Di sinilah yang salah adalah topik yang dipilih yang tak sesuai bakat dan minat.

Sepinya pengunjung blog atau channel youtube cukup mengherankan. Padahal anda sudah rutin mengisi konten. Hal ini bisa disebabkan oleh topik yang salah. Yang anda tak menyukai dan tak ahli di dalamnya.

Selain itu, bisa disebabkan anda salah membidik kata kunci. Pilihlah kata kunci yang memiliki tingkat pencarian terbanyak dengan persaingan yang rendah. Supaya konten blog atau channel youtube anda dapat nangkring di halaman pertama google dan mendapatkan banyak trafik.

Topik merupakan elemen yang penting sekali dalam sebuah blog, channel youtube dan hal yang berkaitan dengan identitas atau konten. Kalau diibaratkan topik layaknya kepala. Yang konten-konten akan menyesuaikan sesuai tema atau kepala tersebut.

Ada berbagai macam topik yang bisa anda pilih. Misalkan teknologi, fashion, bisnis, tips dan triks, bisnis internet, pendidikan, agama Islam, olahraga dan lain-lain. Dari topik itu bisa menjadi topik baru. Seperti olahraga catur.

Mencari Content Yang Tepat

Sebaik apapun konten yang sobat tulis, namun jika tema yang dipilih tak menarik maka orang akan enggan membacanya. Oleh karena itu, pilihlah topik yang menarik. Dilanjutkan dengan konten menarik. Sempurnalah dan mudah untuk populer blog atau channel youtube anda.




Kalau  anda kesulitan untuk menentukan topik yang populer maka anda bisa melihat blog atau channel youtube milik orang lain. Anda bisa meniru topik mereka. Topik sama itu tak mengapa. Namun konten haruslah berbeda.

Penentuan topik yang populer untuk konten blog atau channel youtube dapat juga dipelajari dari forum, komunitas maupun Grup Facebook. Topik apa yang paling banyak ditanyakan dan dibahas oleh orang-orang di media sosial tersebut? Kalau anda sudah menemukan jawabannya maka itu topik yang baik dan potensial. Pendek kata, untuk strategi menciptakan topik konten terbaik maka anda bisa melihat apa yang sedang trend dibicarakan di grup atau komunitas.

Baca Juga :  Tips Mencari Konten Artikel Agar Viral

Setelah mempunyai topik, kemudian mengisi dengan konten. Terkadang seseorang bingung, konten apa yang harus diisi sesuai tema tersebut? Judul konten apa? Tenang saja. Apabila anda kehabisan ide maka anda dapat melihat blog pesaing untuk melihat konten-konten yang ada.

Caranya dengan mengunjungi Google Search. Lalu ketikan Blog…. (topik). Kemudian anda dapat memilih blog yang sangat populer. Lalu lihat pula postingan apa saja yang populer. Anda dapat meniru judulnya sedangkan isinya berbeda.

Bagi anda yang mau menjual barang secara  online pastinya kebingungan dalam memilih topik barang. Cara paling mudah adalah dengan melihat marketplace seperti tokopedia, shopee, bukalapak dan lain-lain. Lihatlah barang yang laris manis. Anda bisa memilih topik yang sedang laris manis.

Kesimpulannya, untuk mengisi konten blog atau channel youtube maka anda dapat melihat blog pesaing. Kemudian anda melihat pada bagian postingan terpopuler. Pilihlah keyword yang sama untuk mendatangkan trafik besar. Selain itu, anda dapat mengintip hitstat blog tersebut yang tak terkunci. Untuk melihat kata kunci yang paling populer di blog tersebut.

Demikianlah strategi menciptakan topik konten populer. Topik berbeda dengan judul. Sifat topik masih sangat luas. Dan judul adalah lebih sempit dari topik.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.