Sukses Membuka Bisnis di Sosial Media Tahun ini

Sukses membuka bisnis di sosial media saat ini merupakan hal yang diinginkan oleh sebagian besar pebisnis online pemula yang mencoba peruntungannya di dunia maya. Pada jaman dahulu, untuk memulai bisnis tidak semudah sekarang ini.

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan yakni modal usaha yang sangat besar terutama sewa lokasi usaha. Adapun lokasi usaha yang strategis dari dulu sampai sekarang, harga sewanya sangat mahal.

Sehingga hanya sebagian orang berduit yang bisa membuka bisnis di lokasi strategis. Namun sekarang situasinya berubah. Siapa pun bisa menjadi pengusaha dan mempunyai toko yaitu toko online di media sosial.

Media sosial mempunyai banyak fungsi dalam kehidupan manusia. Ia bisa dipergunakan sebagai tempat pemasaran online, membantu mempertemukan orang dengan teman lama maupun sahabat lama. Selain itu, yang tak kalah penting media sosial dapat berperan sebagai media bersosialisasi dan bisa dijadikan toko online atau sarana menghasilkan uang dalam jumlah besar.

Kiat Sukses Membuka Bisnis di Sosial Media 

Sukses Membuka Bisnis di Sosial Media - cover

Saat ini sudah tidak usah heran kalau ada orang yang berpenghasilan puluhan juta rupiah per bulan hanya dari bisnis di media sosial. Sebagian ada yang menjalani bisnis sosial media secara sampingan. Dan sebagian lagi ada yang menjadikan sebagai pekerjaan utama. Contohnya, salah seorang kenalan penulis, hanya dengan berjualan sepatu di Facebook, ia bisa meraih untung Rp 10 juta per bulan.

Itu merupakan salah satu contoh seseorang yang berpenghasilan Rp 10 juta per bulan. Masih banyak kawula muda lain yang berpenghasilan lebih besar dari itu hanya dengan bisnis di sosial media. Seperti penulis sendiri yang terjun dan menekuni bisnis di sosial media Facebook dengan pendapatan yang cukup lumayan besar.

Baca Juga : Cara Dapat Endorse di Instagram Mudah dan Cepat

Sosial media di dunia jumlahnya cukup banyak dan beragam. Namun hanya sebagian kecil yang banyak dipergunakan orang dan populer. Seperti Facebook, Twitter, telegram, Instagram, Youtube, Whatsapp dan lain sebagainya. Dari satu media sosial seseorang dapat menghasilkan uang banyak. Apalagi menggunakan semua medsos tersebut.

Baca Juga :  Cara Hack Instagram Berhasil Dan Mudah

Sukses membuka Bisnis di Sosial Media Facebook

Pada media sosial Facebook, anda dapat dengan mudah menghasilkan uang dengan cara sebagai berikut:

1. Berjualan online

Anda membuat akun atau halaman mengenai produk yang anda jual. Kemudian secara berkala, anda mempromosikannya. Untuk menentukan produk apa yang cocok dijual di Facebook maka anda harus melalukan riset terlebih dahulu. Cara paling mudah adalah mengamati beberapa barang yang terlaris di media sosial Facebook.

2. Membuat halaman

Anda pun dapat membuat halaman di Facebook. Yang kemudian diisi dengan berbagai video original dan bermanfaat bagi orang lain. Lalu anda daftarkan untuk mengikuti adsense. Setiap video anda yang orang lain tonton maka anda akan memperoleh penghasilan.

3. Buzzer

Apabila pengikut anda sudah banyak di sosial media dan anda sudah mulai dikenal oleh masyatakat netizen maka tak salahnya anda menjual jasa buzzer atau selegram. Jasa untuk mempengaruhi orang lain dalam membeli suatu produk yang benar-benar bagus dan bermanfaat bagi orang lain.

Pendek kata, ada berbagai macam barang yang bisa anda jual di berbagai sosial media seperti Youtube, dan Facebook. Begitu pula ada berbagai topik yang bisa anda jadikan sebagai konten pada halaman FB dan channel youtube anda untuk menghasilkan uang. Seperti politik, ekonomi, keuangan, motivasi, selebritis, musik, kuliner, dll.

Memulai Usaha di Sosmed

Dalam memulai bisnis di media sosial ada beberapa hal yang mesti anda pikirkan. Salah satunya yang paling utama adalah menentukan jenis usaha dan jenis produk yang hendak dijual. Untuk mengetahui produk terlaris maka anda bisa melakukan riset kecil-kecilan terlebih dahulu.

Ada berbagai macam cara untuk menghasilkan uang atau bisnis di media sosial. Seperti berjualan barang, adsense, buzzer atau influencer dan lain sebagainya. Kalau anda memilih berjualan online maka anda harus menentukan barang apa yang hendak dijual. Lalu apakah anda berperan sebagai reseller, pree order atau sekedar dropshipper? Semua itu harus dipikirkan secara matang sebelum membuka bisnis media sosial.

Related Posts
Baca Juga :  Tips Sukses Facebook Ads : Pemula Juga Bisa !

Baca Juga : Cara Membuat Blog Pribadi di Instagram

Fenomena bisnis media sosial saat ini sudah booming dan merajalela. Semua orang bisa dengan mudah membuka bisnis sosial media. Seperti kalangan pendidik, karyawan, PNS, buruh pabrik, pengangguran ataupun ibu rumah tangga untuk menambah penghasilan keluarga. Lalu seorang pelajar membuka bisnis sosial media bertujuan untuk menambah uang saku dan uang jajan.

Lalu mengapa begitu banyak orang yang mulai bisnis di media sosial? Hal ini tak terlepas dari kemudahan yang diberikan oleh media sosial tersebut untuk kepentingan bisnis dan promosi usaha. Seperti tidak perlu modal besar untuk menjalaninya. Tidak perlu untuk menyewa sebuah ruko di tempat strategis dengan harga sewa selangit.

Alasan Bisnis Di Media Sosial

Bagi anda yang ingin memulai bisnis online di medsos, berikut ini alasan bagi anda untuk memulai bisnis di media sosial, antara lain:

1. Menghabiskan waktu di media sosial

Ada banyak alasan bagi anda untuk memilih bisnis sosial media. Karena kebanyakan anak muda saat ini menghabiskan waktunya terbanyak untuk kegiatan di sosial media. Mereka menghabiskan waktu untuk main hp seperti game online, eksis di sosmed dan lainnya. Inilah peluang bagus bagi anda untuk mulai bisnis sosial media.

2. Pengguna paling banyak

Para pengguna media sosial di Indonesia jumlahnya sangat besar mencapai 40 juta pengguna. Itu hanya untuk media sosial Facebook. Belum ditambah medsos yang lain. Hal tersebut sangat wajar karena jumlah penduduk Indonesia menempati urutan keempat terbanyak di dunia.

3. Gratis

Anda tidak dikenakan biaya hanya untuk berjualan barang di media sosial. Bahkan anda akan diberikan uang. Seperti monetisasi youtube ataupun facebook.

Alasan di atas itulah, yang membuat anda mesti melek dan memulai bisnis media sosial. Adapun untuk bisnis yang dijalani bisa berupa usaha jualan baju, usaha jasa pembayaran listrik, usaha penjualan pulsa, PPOB, token listrik, jualan sepatu, mesin cukur rambut, jualan aksesoris ponsel, jualan kuliner dan lain sesuai hobi dan bakat anda.

Baca Juga :  Cara Membuat Blog Pribadi di Instagram

Pondasi meraih sukses bisnis di Sosial Media

Dalam membuka usaha di media sosial supaya sukses dan laris manis serta menguntungkan, ada beberapa hal yang mesti dilakukan, antara lain:

1. Memilih satu jenis media sosial

Di Indonesia ada berbagai jenis media sosial yang paling banyak digunakan orang. Dalam memulai bisnis media sosial maka anda harus memilih salah satu media sosial yang anda fokus di dalamnya. Misalkan Facebook. Jangan sampai anda berjualan barang di berbagai media sosial yang membuat anda tak fokus.

2. Fokus

Anda mungkin belum mendapatkan penghasilan di bulan pertama dari bisnis di media sosial. Anda harus tabah dan sabar. Karena bisnis di sosial media membutuhkan kesabaran, ulet dan pantang menyerah. Belajarlah kepada orang yang sudah berpengalaman bagaimana cara mendatangkan penjualan.

Seiring berjalan waktu, anda yang menekuni bisnis di media sosial sekaligus sebagai karyawan pastinya disibukkan dengan dunia nyata. Anda tetap harus fokus pada bisnis online di medsos. Jangan sampai terlupakan dan terbengkalai. Uruslah bisnis anda maka bisnis anda akan mengurus anda.

3. Posting

Secara berkala anda mesti memposting mengenai produk yang anda jual di media sosial. Minimal satu hari tiga kali posting. Sehingga orang lain mengetahui produk yang anda jual. Kemudian membelinya.

4. Belajar

Segala sesuatu kesuksesan hanya dapat diperoleh dengan ulet dan belajar. Maka selama bisnis di media sosial, anda harus terus memupuk semangat belajar. Jangan pernah merasa puas dengan hasil yang ada.

Kalau anda saat ini mampu menjual barang 100 unit per bulan maka anda bisa belajar kepada orang lain bagaimana menjual barang 1000 unit per bulan. Tanamkan dalam diri bahwa belajar bisnis sosial media harus berjalan sepanjang masa.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.