Teknik Promosi Terbaik Dan Paling Efisien

Pernahkah anda mengetahui bagaimana teknik promosi terbaik dan paling efisien ? Pada artikel ini seobigbang akan menjelaskan hal tersebut dan diharapkan dapat menambah wawasan pembaca. Setiap orang pastinya mengenal apa itu promosi dan peranannya untuk mendongkrak penjualan.

Promosi merupakan bagian dari bisnis yang bertujuan untuk mengenalkan suatu usaha hingga terjadi penjualan. Ada berbagai cara dan teknik promosi yangdapat dilakukan seorang pebisnis lewat berbagai sarana. Tapi terkadang teknik promosi yang digunakan tidak efektif dan tak menghasilkan penjualan.

Di sinilah penulis akan menjelaskan beberapa teknik promosi terbaik sehingga bisnis yang anda lakoni bisa diketahui banyak orang dan laris manis atau penjualan meningkat dua kali lipat.  

Saat ini seiring dengan perkembangan jaman, ada 2 jenis bisnis yakni bisnis secara fisik dan bisnis online. Penerapan teknik promosi yang tepat pada kedua jenis bisnis itu berbeda-beda.

Ada sejumlah teknik promosi yang tepat bagi bisnis online. Dan ada yang tidak. Begitu seterusnya, ada cara promosi yang tepat bagi bisnis nyata dan ada yang tidak.

Teknik Promosi Terbaik Dan Paling Efisien

Teknik Promosi Terbaik Dan Paling Efisien - cover

Berikut ini beberapa cara teknik promosi terbaik dan paling efisien berdasarkan pengalaman penulis, antara lain :




1. Teknik promosi terbaik dengan membagikan brosur

Anda bisa membuat brosur yang berkenaan penjelasan tentang produk anda. Dalam brosur tersebut dijelaskan gambaran singkat produk anda yang meliputi kelebihan, cara penggunaan, manfaat, harga, foto produk, dan kontak yang bisa dihubungi.

Baca Juga : Pengertian Modernisasi Menurut Para Ahli

Kemudian brosur tersebut diperbanyak. Lalu dibagikan kepada target market yang anda tuju. Dengan adanya brosur akan menumbuhkan minat beli dari calon costumer.

Pembuatan brosur di komputer dapat menggunakan program microsoft publiser. Usahakan brosur berwarna dengan kata-kata sales letter yang menarik terjadinya penjualan.

2. Teknik promosi terbaik di Facebook

Cara promosi terbaik lainnya adalah berpromosi di media sosial facebook. Karena pengguna media sosial facebook disingkat fb sangat besar jumlahnya.

Menurut data akurat dari pemerintah, jumlah pengguna facebook di Indonesia mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Dan di tahun 2019 diperkirakan mencapai 60 juta pengguna yang tersebar di wilayah perkotaan dan desa.

Untuk promosi di facebook sangat mudah dan gratis. Apalagi adanya facebook lite yang dapat mengakses facebook secara gratis tanpa kuota internet.




Baca Juga :  Langkah Membuka Bisnis Menurut Para Ahli

Untuk promosi di facebook dapat menggunakan update status, halaman facebook maupun promosi di grup facebook. Pastikan promosi tertarget sesuai pasar yang anda bidik.

Selama promosi di facebook, orderan yang diperoleh penulis selalu mengalir setiap hari. Hal inilah yang membuktikan cara promosi terbaik dan paling efektif adalah menggunakan facebook.

3. Teknik promosi terbaik dengan beriklan di radio

Cara lain yang bisa ditempuh untuk mempromosikan bisnisdan usaha anda adalah berpromosi di radio. Saat ini menjamur stasiun radio skala nasional dan lokal.

Baca Juga : Informasi Seputar Ping Backlinks

Jika anda membidik market pasar di satu wilayah maka anda dapat beriklan di radio lokal setempat. Umumnya harga beriklan di radio lebih murah ketimbang beriklan di televisi.

4. Teknik promosi terbaik menggunakan media Televisi

Promosi di televisi cukup efektif untuk mengenalkan produk anda. Ada banyak stasiun tv yang dapat dipergunakan untuk berpromosi seperti RCTI, SCTV, Indosiar, Anteve, TransTV, Trans7, TV One dll. Namun jika anda membidik pasar lokal maka anda dapat beriklan di stasiun televisi lokal setempat. Seperti Bali TV, Bandung TV dan lain-lain.

5. Adakan promosi dengan diskon

Misalkan anda menjual sebuah barang atau produk jasa, digital dan fisik dengan harga diskon 30 persen. Hal tersebut akan menarik minat calon pembeli untuk membelinya.

Sebab ia merasa harga tersebut lebih murah dan lebih hemat keuangan untuk membelinya saat itu.Berbagai jenis bisnis menerapkan teknik promosi terbaik untuk meningkatkan angka penjualan. Salah satunya teknik diskon atau potongan harga yang terbukti berhasil.




Promosi dengan pemberian diskon hendaknya tidak dilakukan setiap hari. Karena jika hal itu dilakukan akan menjadi sebuah rutinitas dan bukan kejutan.

Pemberian diskon hendaknya diberikan pada momen-momen tertentu. Seperti menjelang hari raya lebaran, menjelang tahun baru, menyambut natal, maupun ketika bulan Ramadhan dan lain-lain.

Baca Juga : Aplikasi Google Terbaik Yang Wajib Diketahui

Berikut ini beberapa kelebihan dari teknikpromosi diskon yaitu mampu mempertinggi kesetiaan pelanggan, mempertinggi perbandingan dari pengunjung jadi customer dan mampu menambah pelanggan atau konsumen baru.

Adapun yang menjadi kelemahan dari teknik promosi diskon adalah kebanyakan menarik pelanggan yangtak loyal, kesan toko anda yang kurang bagus karena jor joran memberikan diskon dan dapat memperkecil laba. Atas hal inilah, seringkali toko menaikkan harga jual produknya setelah memberikan diskon.

Sebenarnya tidak ada teknik promosi yang tepat bagi bisnis anda. Kecuali anda telah mencobanya. Silahkan anda praktekan teknik promosi satu persatu ke dalam bisnis anda. Lalu lihat teknik manakah yang memberikan hasil bagus. Dan itulah teknik promosi terbaik dan efektif bagi bisnis anda.

Teknik promosi terbaik menggunakan diskon bervariasi. Ada diskon berdasarkan prosentase. Misalkan diskon sebesar 20 persen atau 30 persen bagi setiap produk yang anda jual. Besaran diskon sesuai kehendak. Namun jangan sampai merugikan. Anda harus tetap memperhatikan margin keuntungan.

Ada juga teknik promosi terbaik menggunakan sistem diskon berbasis rupiah. Seperti contoh, seseorang mendapatkan potongan uang sebesar Rp 500 ribu setiap pembelanjaan minimal Rp 5 juta. Atau juga, pembelian dua barang memperoleh potongan sebesar Rp 200 ribu.

6. Kenalkan promosi anda menggunakan sistem endorsement

Berikutnya untuk teknik promosi efektif dan terbaik dapat menggunakan influencer yang meliputi seleb blogger, seleb youtuber, seleb instagram dll.

Dengan jumlah follower atau audiens yang banyak pastinya akan membuat penjualan toko online sobat meningkat pesat dan branding yang semakin kuat dari sebuah endorsement. Sebab banyak audiens dan pengikutnya yang ingin berbuat sama dengan sang idola dalam memakai suatu produk.

7. Perkuat promosi dengan pengiriman gratis

Pengiriman gratis merupakan bagian dari teknik promosi terbaik. Karena banyak orang yang berminat dengan sistem ini yang berusaha memanjakan konsumen.

Baca Juga : Tumblr vs Medium

Banyak konsumen merasa enggan untuk membayar biaya pengiriman yang mahal. Belum lagi ditambah dengan harga produk. Dengan sistem layanan pengiriman gratis maka konsumen akan lebih memilih membeli di toko online anda ketimbang di tempat lain.

Jika anda merasakan toko yang dikelola sepi pembeli maka anda bisa menerapkan sistem promosi ini yang efektif meningkatkan penjualan pada bisnis toko online sobat. Pengiriman gratis dapat diberikan pada toko anda selamanya atau pada momen tertentu. Misalkan pada menjelang tahun baru, natal, lebaran dan bulan Ramadhan.

Berbagai marketplace, toko online dan lain-lain menerapkan teknik promosi terbaik untuk menggaet banyak pelanggan. Misalkan promo Potongan harga bagi 100 pembeli pertama.

Ataupun potongan harga bagi yang baru pertama belanja di toko sobat. Ada lagi teknik promosi lainnya yang biasa diterapkan di minimarket, mall, departement store dll yang terbukti dapat menarik konsumen adalah beli dua gratis satu.

Demikianlah sejumlah cara teknik promosi terbaikdan paling efisien yang dapat sobat lakukan untuk meningkatkan penjualan dan mengembangkan bisnis anda.Yang dapat diterapkan pada bisnis online dan offline.

Dengan melakukan sistem promosi ini sebuah produkyang kurang laku menjadi sangat laku. Bagaimana juga teknik promosi terbaik tergantung kreatifitas pelaku usaha itu sendiri. Selamat mencoba ya.