Tempat Wisata di Semarang yang Wajib Dikunjungi

Tempat wisata di Semarang merupakan salah satu tempat kunjungan liburan favorit masyarakat yang pastinya terletak di kota terbesar di Jawa Tengah yaitu semarang. Kota tersebut telah menjadi salah satu kota yang paling sering dikunjungi wisatawan, baik untuk keperluan bisnis ataupun sekedar pelesiran.

Kunjungan wisatawan yang tinggi itu didukung dengan banyaknya tempat wisata yang variatif disana.

Tempat Wisata di Semarang yang Wajib Dikunjungi

 

Para wisatawan dapat menemukan tempat wisata alam yang sangat indah, terdapat pula tempat wisata yang bersejarah, dan juga tempat wisata yang tepat untuk melihat pemandangan yang indah.

Kota Lama Semarang

Berkunjung ke Semarang tidak akan terasa lengkap jika tidak datang ke kawasan Kota Lama Semarang. Tempat wisata di Semarang tersebut memang telah lama dikenal sebagai tempat wisata yang paling populer di Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah.

Apalagi, kalau Anda adalah seorang yang gemar menelusuri tempat baru dan klasik maka tempat ini cocok untuk anda karna terdapat Deretan bangunan tua bergaya Eropa klasik.

Ada pula Kafe Spiegel yang menawarkan tempat kuliner unik dengan suasana bangunan klasik. Selain kafe Spiegel, deretan kafe lainnya yang juga menawarkan suasana ala zaman kolonial dahulu yang juga cukup banyak. Di antaranya adalah Kafe Nuris, Tekodeko, ataupun Retro Cafe.

Kampung Batik Semarang

Saat berkunjung ke Kota Lama, Anda juga bisa menyempatkan waktu untuk mampir ke Kampung Batik Semarang. Tempat wisata ini berada tidak jauh dari kawasan Kota Lama di semarang, dia terletak di Kelurahan Rejamulya, Semarang Timur.

Tempat Wisata di Semarang - Kota Batik 2

Wisatawan dapat menuju ke tempat wisata ini dengan dengan memalui jalur gang masuk yang terletak di samping Hotel Horison. Terdapat pintu gerbang bertuliskan Kampung Batik di sana.

Sesuai dengan namanya, Kampung Batik Semarang ini adalah suatu tempat wisata belanja pakaian batik karna menjadi pusat kerajinan batik asal Semarang. Anda akan menjumpai banyak deretan toko yang menawarkan berbagai jenis dan corak batik yang khas Semarang.

Batik Semarang identik dengan pola Tugu Muda, Lawang Sewu, pohon asem, burung blekok, dan sebagainya. Batik di semarang, memiliki ciri batik yang  cenderung memiliki warna yang terang.

Baca Juga :  Waptrick Gudang Video Gratis : Ini Cara Downloadnya

Adapun harga batik di Kampung Batik Semarang tidak terlalu mahal. Anda bisa menemukan ragam batik dengan banderol sekitar Rp50 ribu.

Di kampong batik, anda tidak hanya bisa membeli baju batik namun anda bisa juga belajar membatik sendiri serta melihat proses pembuatannya. Sebagai informasi tambahan, tempat ini buka dari pukul 08.00 hingga 18.00 WIB.

Umbul Sidomukti

Kunjungan anda ke Semarang akan terasa hambar jika anda tidak sempat mengunjungi gunung Umbul Sidomukti. Tempat wisata di Semarang yang satu ini terkenal sebagai suatu area wisata yang memiliki  fasilitas yang komplet.

Tempat Wisata di Semarang yang Wajib Dikunjungi 1

Umbul Sidomukti terletak di lereng Gunung Ungaran yang memiliki ketinggian mencapai 1.200 meter di atas permukaan laut (mdpl) sehingga memiliki suhu yang sejuk. Tidak heran jika para wisatawan yang datang merasa nyaman saat berada di kawasan wisata ini.

Tidak perlu khawatir dengan pilihan aktivitas selama berada di tempat wisata ini. Mulai dari kolam renang alami, kafe dengan pemandangan yang menyejukkan mata, fasilitas outbond, area berkemah, hingga pondok wisata bisa ditemukan di tempat wisata ini. Kalau mau, Anda juga bisa melakukan aktivitas trekking menyusuri kawasan di sekitar Umbul Sidomukti.

Museum Kereta Api Ambarawa

Wisatawan juga berkesempatan untuk merasakan pengalaman unik dengan cara menaiki lokomotif tua saat berkunjung ke Semarang dengan cara berkunjung ke Museum Kereta Api Ambarawa.

Bahkan, wisatawan dapat memilih, naik kereta uap atau kereta yang menggunakan mesin diesel. Tersedia dua rute kereta wisata yang bisa dipilih, yakni Ambarawa-Tuntang dan Ambarawa-Bedono. Sebagai catatan, rute Ambarawa-Bedono hanya menyediakan perjalanan dengan kereta uap.

Tempat Wisata di Semarang - Museum Kereta Api 3

Tempat wisata di Semarang ini dulunya merupakan lokasi Stasiun Ambarawa, yang dibangun pada tanggal 21 Mei 1873 oleh Raja Willem I dari Belanda. Stasiun tersebut ditutup pada tahun 1976 dan secara resmi mulai berubah fungsi menjadi museum.

Baca Juga :  Tempat Download Film Gratis Terupdate

Di tempat wisata di Semarang ini, wisatawan bisa melihat sebanyak 21 lokomotif yang memiliki peran penting dalam masa perjuangan kemerdekaan, terutama sebagai sarana transportasi para tentara.

Museum Kereta Api Ambarawa yang berlokasi di Kabupaten Semarang ini juga menjadi satu di antara tiga tempat yang menyimpan lokomitif uap bergerigi buatan Hannoversche Maschinenbau AG.

Kabarnya, hanya ada tiga kereta uap model seperti ini yang masih tersisa. Dua kereta lainnya tersimpan di Swiss dan India. Berkunjung ke tempat wisata di Semarang ini, wisatawan pun memiliki kesempatan langka berfoto bersama dengan kereta kuno.

Benteng Pendem Ambarawa

Selagi berada di wilayah Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, Anda juga bisa menyempatkan datang ke Benteng Pendem yang juga disebut dengan nama Benteng Willem I.

Benteng ini dibangun oleh Belanda pada tahun 1834. Meski telah berusia lebih dari 1 abad, bangunan benteng ini masih berdiri kokoh. Namun, ada hal yang harus diperhatikan jika berkunjung ke tempat wisata di Semarang ini.

Benteng Pendem Ambarawa sebenarnya berada di wilayah Kompleks Lapas Kelas II Ambarawa, oleh karna itu setipa pengunjung diharuskan untuk meminta izin terlebih dulu jika ingin masuk.

Kampung Pelangi

Kampung Pelangi merupakan pilihan tempat wisata yang terbaru di Kota Semarang. Keberadaannya menyaingi Kampung Jodipan di Kota Malang. Seperti halnya Jodipan, kampung yang sebelumnya disebut dengan nama Kampung Gunung Brintik ini dulunya dikenal sebagai kampung yang sangat kumuh.

Adanya Proyek renovasi di Pasar Bunga Kalisari yang berada tepat di depan kampung pun membuat tempat ini bertransformasi langsung sehingga memiliki penampilan yang menarik. Keberadaan Kampung Pelangi ini berhasil menarik perhatian dunia.

Tidak heran kalau para wisatawan pun banyak berdatangan. Hal ini memberikan dampak yang sangat positif terhadap perekonomian warga. Selain itu, warga juga mulai menyadari keuntungan yang bisa diperoleh dari aktivitas menjaga kebersihan lingkungan.

Hutan Pinus Kayon

Pilihan terakhir untuk anda yang ingin menghabiskan waktu liburan di Semarang yaitu berkunjung ke Hutan Pinus Kayon. Kawasan wisata yang terletak di lereng Gunung Batur dan masuk dalam wilayah Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang ini sangat cocok untuk para pencinta alam.

Baca Juga :  Waptrick Gudang Lagu : Download Musik Gratis

Wisatawan kerap menghabiskan waktunya untuk berkemah di sini. Anda tidak perlu khawatir, saat berkemah di tempat wisata di Semarang ini, sumber air bersih dapat ditemukan dengan mudah.

Deretan pohon pinus yang sangat banyak membuat tempat wisata di Semarang ini memiliki suasana yang hampir mirip dengan Hutan Pinus Mangunan yang ada di Jogja dan Gunung Pancar di Bogor.

Para wisatawan yang adatang akan dapat memilih berbagai lokasi yang bagus untuk istirahat dan menikmati suasa alam yang tenang.

Bahkan, terdapat pohon pinus yang memiliki bentuk batang unik, melengkung seperti sebuah kursi alami. Pohon inilah yang menjadi lokasi favorit tempat untuk bersandar dan menikmati suasana alamnya.

Demikianlah beberapa informasi tentang tempat wisata di kota Semarang semoga dari informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda terima kasih.