Tentang Ahrefs dan Semrush yang Harus Diketahui

Nilai Anda Untuk Artikel Ini
Sending
User Rating ( votes)

Pada kesempatan yang berbahagia ini, penulis akan menjelaskan seluk beluk yang penjelasan tentang Ahrefs dan Semrush. Ahrefs dan Semrush merupakan perangkat atau tools untuk menunjang kesuksesan SEO sebuah website atau  blog. Dimulai dari pengertian Ahrefs dan menjelaskan beberapa fitur maupun tools sangat penting yang terdapat di dalamnya.

Tentang Ahrefs dan Semrush Yang Perlu Diketahui

Tentang Ahrefs dan Semrush yang Harus Diketahui - cover

Ilmu Ahrefs dan Semrush umumnya dikuasai dan dipelajari lebih dalam oleh orang-orang IT dan pakar SEO. Namun tak ada salahnya bagi anda untuk mencoba mempelajari Ahrefs dan Semrush untuk menunjang keberhasilan dalam menerapkan teknik SEO pemula. Sehingga anda bisa dengan mudah membangun blog dari awal sampai besar.

Pengertian Ahrefs

Ahrefs adalah sebuah tools atau fitur yang sering dipakai oleh para ahli SEO dalam rangka mengoptimasi sebuah blog. Tools ini dipergunakan untuk melihat dan mengecek backlink pesaing atau disebut juga Backlink Checker.




Untuk mendapatkan fitur ini tidaklah gratis. Fitur ini dijual di pasaran dengan harga lumayan mahal sampai ratusan dollar amerika serikat dalam jangka waktu satu bulan.

Namun, jika anda beruntung dapat membeli fitur Ahrefs dengan harga lebih murah di berbagai forum. Misalkan nurzaga dan ads.id.

Baca Juga : Cara Para SEO Mengembangkan Website

Biasanya harga yang ditawarkan lebih murah dari harga pasaran sekitar 10 dollar amerika untuk waktu satu bulan. Inilah perangkat wajib yang harus dimiliki bagi anda yang ingin meraih kesuksesan dan kemudahan dalam membangun SEO yang powerfull.

Fitur Ahrefs seringkali dipergunakan oleh para blogger dan ahli seo untuk melihat backlink pesaing. Tools ini sangat populer dan terbaik untuk mengetahui backlink pesaing.

Namun bukan hanya itu, Ahrefs dapat dipergunakan untuk kepentingan seo yang lain. Karena di dalamnya terdapat banyak menu atau fitur bagus.

Baca Juga :  Cara Agar Website Terindex Google 2019

Fitur-Fitur Yang Terdapat Di Ahrefs

Untuk mengetahui secara lengkap, berikut ini menu-menu yang ada di Ahrefs yang bisa dimanfaatkan dalam membangun SEO, antara lain:

1. Site Explorer

Site explorer dipergunakan untuk melihat sejauhmana backlink yang dimiliki web kompetitor dari segi jumlah backlink dan kualitas.

Setelah mengetahui kelebihan senjata lawan maka anda dapat menggunakan senjata terbaik anda yang lebih unggul untuk mengalahkan blog atau website pesaing.




Fitur pokok Ahrefs ini berperan sangat penting untuk memperkuat seo blog. Untuk memakai fitur ini, sobat dapat mengunjungi situs resminya : Ahrefs.com/site-explorer. Lalu masukkan alamat atau halaman blog / website yang mau dieksplore blacklinks.

Dengan menggunakan menu Site Explorer maka anda dapat memperoleh informasi yang berharga, meliputi :

  • Referring page
  • Kata kunci yang berasal dari Google
  • Referring domain
  • Total backlink
  • Top pesaing
  • Top konten
  • Referring IP
  • Variasi anchor text
  • Type link seperti Gov, Edu, Nofollow, dan dofollow

2. Content Explorer

Menu yang berguna untuk menelusuri lebih dalam daftar konten website pesaing yang sangat viral dari peringkat satu sampai akhir.

Urutan konten viral atas dasar jumlah share konten di sosial media. Semakin banyak dishare maka konten itu menjadi paling viral.

Hal ini berguna bagi anda untuk membuat konten serupa yang diperkirakan akan sama viralnya dengan konten viral di blog pesaing.

Sehingga trafik organik blog sangat tinggi. Untuk menggunakan tool ini, anda dapat langsung mengunjungi situs resmi di Ahrefs.com/content-explorer. Kemudian memasukkan alamat blog pesaing untuk melihat sejauhmana artikel yang paling viral di blog kompetitor

3. Position Explorer

Menu yang berguna untuk melihat kata kunci apa saja yang didapatkan blog pesaing hingga mendapatkan trafik yang lumayan besar. Selain itu, akan dicantumkan juga kata kunci yang paling populer, halaman yang terbanyak menyumbangkan pengunjung, jumlah pengunjung dengan kata kunci tertentu dan lainnya.




Fitur tambahan Ahrefs lainnya adalah Domain Comparison Tools, New and lost link, Batch Analysist dan Link Intersect.

Pengertian Semrush

Setelah mengenal apa itu Ahrefs beserta menu-menu dan fitur yang terdapat di dalamnya, penulis akan melanjutkan dengan pembahasan mengenai Semrush.

Baca Juga :  Tutorial SEO Off Page Paling Up To Date

Semrush adalah salah satu tools atau alat tambahan untuk mendukung proses seo suatu website atau blog lebih mudah dalam rangka untuk mendapatkan banyak pengunjung.

Semrush ini banyak dimanfaatkan oleh kalangan pakar seo dan blogger profesional untuk keperluan riset kata kunci. Kalau bisa dibilang software ini tak jauh beda dengan halnya fitur Ahrefs.

Namun yang menjadi perbedaan antara Semrush dan Ahrefs adalah dari segi biaya pendaftaran. Untuk bisa menggunakan fitur Ahrefs maka seseorang harus membeli fitur tersebut dengan jangka waktu satu bulan.

Sedangkan untuk menggunakan fitur Semrush atau mendaftarnya (Semrush Register atau Signup) tidak dikenakan biaya sepeserpun atau gratis.

Sesuatu yang gratisan banyak dicari orang. Apalagi bagi kalangan blogger pemula yang sedang belajar seo dan tidak mempunyai modal uang yang mencukupi.

Fitur Semrush merupakan tools yang sifatnya gratis dan dapat dimanfaatkan untuk meriset kata kunci. Cara menggunakan Semrush cukup mudah. Sobat cukup memasukkan kata kunci yang mau diriset.

Ada banyak kalangan yang memilih menggunakan Semrush ketimbang tools lain. Hal ini berdasarkan fakta bahwa Semrush dapat membantu ranking suatu blog menjadi ranking satu di mesin pencarian google.

Selain itu, Semrush mempunyai fitur tambahan yang super lengkap.Dari adanya fitur volume pencarian, persaingan iklan, minimal kata, dan filter BPK/CPC.

Semrush mempunyai 2 versi yang bisa anda pilih yakni versi berbayar dan versi gratisan. Untuk membeli versi  Semrush berbayar dengan beragam fitur yang sangat lengkap maka anda bisa mengontak penyedia atau penjual fitur Semrush terpercaya yang bisa anda dapatkan di forum ads.id. Sedangkan untuk mendapatkan Semrush gratis dapat pula melalui forum ads.id .

Cara Daftar Semrush yang Gratisan

Jika anda belum mempunyai uang yang cukup untuk membeli Semrush original yang harganya cukup mahal di pasaran maka anda jangan cemas. Sebab saat ini ada sejumlah Semrush yang gratisan.



Namun karena sifatnya gratisan maka fitur yang terdapat di dalamnya agak terbatas. Berikut ini cara daftar Semrush yang gratisan, antara lain :

  1. Siapkan komputer atau netbook yang sudah terkoneksi dengan jaringan internet
  2. Kunjungi situs resmi Semrush yang beralamat di semrush.com
  3. Pada bagian pojok kanan atas, klik menu login
  4. Klik menu register atau signup
  5. Anda diharuskan mengisi alamat email yang masih aktif
  6. Mengisi password
  7. Lalu centang tulisan I Agree to the Terms and Conditions and Privacy Policy. Kemudian tekan CreateMy Account
  8. Berhasil. Sobat telah sukses membikin akun Semrush secara gratis
Baca Juga :  Belajar SEO Pemula dengan Baik dan Benar

Cara Riset Keyword Dengan Semrush

Setelah sobat mempunyai akun Semrush, anda bisa memanfaatkan akun ini untuk melakukan riset kata kunci. Berikut ini cara riset keyword dengan Semrush secara mudah tanpa ribet bagi pemula yaitu dengan membuka aplikasi Semrush.

Lalu memilih menu Keyword analytics. Yang dilanjutkan klik Keyword Magic Tool. Kemudian memasukkan kata kunci yang hendak diriset.

Sekian artikel singkat tentang ahrefs dan semrush, semoga bermanfaat dan mampu memberikan pengetahuan tambahan bagi pemula.