Tips Jual Emas Tanpa Surat : Cara Termudah !

Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang tips jual emas tanpa surat. Emas ialah sebuah logam mulia yang paling disukai banyak orang. Karna selain  memiliki bentuk yang indah juga emas bisa menjadi salah satu  investasi yang cukup berhargaKalaupun ada itu hanya sedikit.

Pasalnya harga emas cenderung selalu naik, sementara untuk penurunan harga emas sangat jarang terjadi. Selain itu emas tidak dikenakan pajak. Sehingga tidak perlu harus mengurus pajak setiap tahunnya. Sebaiknya jika Anda ingin investasi emas dalam isahakan dalam bentuk batang saja.

Tips Jual Emas Tanpa Surat

Tips Jual Emas Tanpa Surat - Cara Termudah 1

jika Anda ingin menjual emas tanpa surat, perhatikan beberapa tips berikut ini agar anda dapat mengetahui perhitungannya  apakah rugi atau untung. Sangat disayangkan bukan jika emas yang Anda beli dengan harga yang tinggi  mendapatkan penawaran harga yang rendah.

Perhatikan Kurs Emas

Penting untuk anda mengetahui harga emas saat ini sebelum anda menjualnya tanpa surat. Harga ini akan sangat mempengaruhi berapa uang yang Anda dapatkan dari penjualan emas tersebut.

Apabila memang memungkinkan untuk menjual emas tanpa memiliki kelengkapan surat pada saat kurs emas sedang tinggi, maka harga yang ditawarkan juga tidak terlalu murah.

Perhatikan Keadaan Emas

Tidak memiliki kelengkapan surat emas memang sebuah kondisi yang tidak menguntungkan. Namun jika memang kondisi emas yang Anda miliki masih dalam keadaan yang bagus tentu harga yang ditawarkan tidak begitu anjlok.

Berbeda dengan jika kondisi emas yang Anda miliki sudah penuh dengan goresan, kusam dan terdapat beberapa cacat seperti hilang permatanya dan yang lainnya  maka tentunya harga yang ditawarkan akan semakin turun dan Anda semakin rugi besar.

Ada baiknya sebelum Anda menjualnya sebaiknya anda mencucinya agar emas yang Anda miliki bersih dan bersinar lagi. Dengan begitu, sedikit menutupi keadaan emas Anda yang sudah cukup kusam.

Ketahui Kadar Murni

Kadar emas murni yang ada di dalam emas dengan mengetahui kadar emansnya itu akan mempengaruhi harga emas yang ditawarkan. Semakin tinggi kadar emas yang ada di dalamnya dalam hal ini 24 karat maka semakin tinggi pula harga yang diberikan.

Baca Juga :  Cara Berjualan di Shopee dengan Mudah untuk Pemula

Tips Jual Emas Tanpa Surat - Cara Termudah 2

Akan tetapi jika emas anda tidak memiliki kelengkapan surat tetap saja harga yang ditawarkan berbeda jika Anda memiliki kelengkapan surat-surat dari emas tersebut. Sebaiknya memang menjual dengan kelengkapan surat jika tidak ingin rugi besar.

Jual Pada Toko Asal Anda membeli Emas

Meskipun tidak mampu menolong banyak untuk persoalan harga emas yang ditawarkan pada kasus menjual emas tanpa surat. Namun dengan tips jual emas tanpa surat pada toko dimana Anda mendapatkan emas sedikit menolong meskipun tidak banyak. Namun menjual pada toko lain dengan tanpa kelengkapan surat tentunya akan memberikan potongan yang lebih besar.

Pada dasarnya surat-surat keterangan emas atau apapun itu merupakan sebuah dokumen yang sangat penting. Menjual emas tanpa surat bisa jadi Anda terkena kasus pidana karena dianggap sebagai penadah barang curian.

Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya simpan surat-surat penting tersebut dalam sebuah tempat yang aman. Aman yang dimaksud adalah tempat yang kering dan tidak lembab. Karena pada tempat yang lembab dapat merusak surat tersebut. Selain itu hindarkan dari air dan hewan pemakan kertas (rayap) karena hal tersebut dapat merusak keadaan surat penting. Misalnya surat emas.

Menjual Emas Tanpa Surat

Berikut ada beberapa tips jual emas dengan harga tinggi dan cara menaksirnya :

Update harga terbaru emas

Pastikan anda sudah kantongi informasi harga logam mulia terbaru. Kalau perlu informasinya dari tangan pertama. Misalnya kontak ke Antam yang biasanya jadi patokan harga emas

Keliling ke toko emas yang lain

Kalau mau dapatkan harga terbaik, enggak ada salahnya anda keliling dulu ke beberapa toko emas. Memang butuh effort sih, tapi setidaknya bisa dapat info tambahan kalau lain kali mau jual lagi sudah menemukan toko emas yang kasih harga terbaik.

Baca Juga :  Tips Menjual Barang di Shopee untuk Pemula

Cek respons toko emas

Anda jangan asal cek harga di toko emas saja, namun lihat juga responnya. Jika terlihat si pemilik toko emas sangat bernafsu terhadap barang yang dibawa, itu tanda nilai perhiasan emas jauh lebih tinggi dari penawaran yang diberikan. Ini tanda mesti ancang-ancang bargaining pas jualnya.

Bawa nota pembelian

Sebenarnya cara ini ada plus minusnya. Point plusnya bagi  si pembeli tidak perlu menaksir lagi kadar dan berat emas. Minusnya, si pembeli bakalan menawarkan harga yang tidak jauh dari nilai yang tertera di nota.

Walaupun  begitu, nota pembelian ini bisa jadi daya tawar untuk meyakinkan asal usul perhiasan emas itu jelas. Atau bisa dikatakan bahwa, perhiasan emas itu barang legal alias bukan hasil tindak kriminal.

Jual ke kolektor

Cara paling jitu kalau perhiasan emas punya nilai seni tinggi, unik, dan menarik. Terlebih kalau ada sejarah panjang dari perhiasan emas itu. Misalnya sudah berusia satu abad atau pernah ada sosok terkenal yang pernah memilikinya. Dengan menjualnya ke kolektor, maka perhiasan emas itu bisa dinilai lebih tinggi karena kandungan nilai sentimentilnya.

Adakan lelang

Enggak ada salahnya bikin lelang kecil-kecilan yang melibatkan teman-teman sendiri. Tawarkan ke mereka siapa yang bersedia menebus perhiasan emas lewat cara lelang. Tentu sebelum melakukan hal ini, minimal anda sudah punya kisaran harga perhiasan emas yang hendak dijual.

Cara Menaksir Harga Emas

Agar anda tidak mersa terkena tipu karna perhiasan emas dinilai jauh dari harga pasar, ada baiknya anda pahami terlebih dahulu cara menaksirnya. Dengan begitu sudah ketahuan ancar-ancar harganya sekaligus buat bahan tawar menawar ke calon pembeli berikut ada beberapa cara menaksir harga emas :

Ketahui harga terbaru emas murni

Misalnya harga emas murni yang sudah dirilis oleh Antam seharga Rp 500 ribu per gram. Ini bisa menjadi patokan pertama anda dalam menjual eTips Jual Emas Tanpa Surat - Cara Termudah 3mas tanpa surat.

Kadar kemurnian emas di perhiasan

Sebagai contoh perhitungan kadar kemurnian emas yang terdapat pada perhiasan sekitar 80 persen. Kemudian tentukan nilai yang sebenarnya dari emas itu dengan menggunakan rumus harga logam mulai x persen kadar emas.

Baca Juga :  Tips Cara Menghafal Alquran Mudah dan Cepat

Jika harga emas murni sebersar  Rp 500 ribu maka kisaran nilai perhiasan emas itu adalah Rp 500 ribu x 80 persen = Rp 400 ribu.  Makin tinggi kadar kemurnian emas makin tinggi nilainya.

Ketahui pertimbangan toko emas dalam menaksir perhiasan

Kebanyakan dari toko emas hanya mengejar kadar emas dalam perhiasan itu. Karna emas tersebut akan dilebur kembali. Walaupun begitu, tetap saja desain atau model perhiasan tetap bisa jadi pertimbangan dalam menaksir harga.

Pahami cara toko emas ambil keuntungan

Masing-masing toko emas punya kebijakan sendiri dalam menentukan keuntungan. Tapi rata-rata toko emas mengejar keuntungan 3-5 persen dari emas yang dijual. Jadi kalau kadar emas perhiasan yang mau dijual adalah 80 persen maka toko emas itu bakal nawarnya dengan kadar 75 persen.

Nah, sudah nambah ilmunya kan seputar jual beli perhiasan emas? Idealnya, beli perhiasan emas itu untuk jangka waktu lama. Artinya, kalau mau jual pastiin dulu ongkos bikin dan potongan harga yang jadi keuntungan toko emas udah ketutup sama kenaikan harga emas.

Demikianla beberapa ulasan mengenai cara mencual emas tanpa surat dan beberapa menjual emas dengan harga tinggi dan beserta cara menaksirnya. Semoga dari artikel ini dapat bermanfaat untuk anda terima kasih.