Tips Mencegah Kehilangan Data 100 Persen Berhasil !

Nilai Anda Untuk Artikel Ini
Sending
User Rating ( votes)

Tips Mencegah Kehilangan Data 100 Persen Berhasil ! Betapa menjengkelkannya apabila kita kehilangan data yang sangat penting dan berharga bagi kita. Dan bagi orang yang sering menggunakan komputer atau laptop, peristiwa kehilangan data menjadi sebuah hal lumrah ketika komputer terserang virus hingga semua data penting hilang. Jika hal itu terjadi pastinya akan membuat bingung dan kesal kita. Terus kita melakukan berbagai cara untuk mencari data yang hilang.

Untuk langkah pertama yang dilakukan ketika data penting hilang adalah upaya untuk mengembalikan. Dengan cara mencari informasi di Mbah Google untuk mengembalikan data yang hilang.

Untuk mendapatkan data penting yang hilang di komputer, laptop maupun ponsel dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi.

Jika anda saat ini mengalami kejadian data penting hilang maka anda bukan sendiri. Jutaan orang lainnya pernah mengalami hal serupa. Namun dengan modal pengalaman itulah, membuat orang pada umumnya lebih mewaspadai data hilang.

Mereka melakukan aneka upaya untuk mencegah data hilang. Pendek kata kehilangan data di komputer, laptop dan smartphone pernah dialami penulis dan jutaan orang di dunia termasuk anda. Oleh sebab itu, diperlukan sebuah upaya untuk mencegah kehilangan data.

Penyebab Data Hilang

Tips Mencegah Kehilangan Data 100 Persen Berhasil - cover

Yang paling ditakutkan oleh seseorang yang mempunyai data sangat penting di komputer atau laptop adalah semua datanya hilang. Hal ini dapat diakibatkan banyak faktor.




Seperti melakukan kesalahan format ulang, memori harddisk yang rusak atau bad sector, orang lain menghapus data penting tersebut tanpa anda ketahui, pencurian data oleh orang lain dan terkena virus mematikan yang menghilangkan semua file penting.

Baca Juga : Situs Tempat Beli Pulsa Online Aman Terpercaya !

Penulis berulangkali mengalami kehilangan data penting di laptop atau komputer. Hal ini membuat penulis tersadar bahwa menyimpan data di laptop atau komputer maupun smartphone tidaklah aman. Diperlukan upaya tambahan untuk menjamin keamanan data penting tersebut agar tidak hilang.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Masuk Windows

Sebenarnya menjaga agar data penting tidak hilang sangat mudah ketimbang anda mencari-cari cara mengembalikan data hilang. Seringkali data yang hilang tidak bisa didapatkan lagi.

Seperti yang dialami oleh penulis, data yang tersimpan dalam hardisk komputer menjadi hilang. Disebabkan harddisk komputer rusak berat dan tidak bisa dipergunakan lagi.

Kemudian ada teman penulis yang menyimpan data penting berupa skripsi di komputer. Namun komputernya dicuri oleh orang sehingga semua data skripsi jadi hilang. Sampai dia harus menyusun ulang lagi.

Pendek kata, mengembalikan data hilang memerlukan upaya yang keras dan membutuhkan modal besar. Apalagi bagi seorang pemula pastinya akan lebih memilih mempercayakan pada usaha jasa pengembalian data hilang.

Pengamanan data sangat penting dan hal itu merupakan prioritas utama bagi seorang yang sering menggunakan komputer. Mengingat peristiwa kehilangan data pada komputer bisa terjadi sewaktu-waktu. Disebabkan faktor eksternal maupun internal.

Pada umumnya, seseorang mengerjakan tugas kantor,maupun menyimpan data skripsi yang penting di laptop. Selain itu, data penting yang disimpan dalam komputer bisa berupa gambar, foto, tulisan dan video kenangan.

Data dalam komputer tersebut nilainya tidak bisa diukur dengan uang. Sebab nilainya sangat besar. Oleh sebab itu, ia tidak ingin data yang tersimpan dalam komputer hilang. Apabila hilang data itu dapat membikin pemiliknya jadi stres.

Kerugian Data Penting Hilang

Ada banyak kerugian jika data penting dalam komputer hilang, antara lain :




1. Rugi ekonomi

Jika data penting yang ada dalam komputer berupa naskah novel atau buku yang memiliki nilai ekonomi tinggi kemudian hilang. Maka anda berarti telah rugi secara ekonomi.

2. Rugi waktu

Contohnya anda menulis skripsi di komputer secara lengkap sampai tuntas. Lalu tiba-tiba data skripsi hilang di komputer maka anda harus menulis ulang data skripsi itu. Dimana anda rugi waktu dengan banyaknya waktu terbuang akibat kehilangan data

3. Rugi tenaga

Kalau data kita hilang di komputer maka kita harus membuat data lagi seperti yang hilang. Dan hal itu membuat tenaga kita terkuras dua kali lipat.

Baca Juga :  Cara Mengembalikan File Terhapus Di HP Android

Seandainya tidak hilang data kita di dalam komputer maka kita tidak akan mengalami rugi ekonomi, waktu dan tenaga. Oleh sebab itu, anda harus mencegah kehilangan data yang akan dijelaskan selanjutnya.

Tips Mencegah Kehilangan Data 100 Persen Berhasil

Berikut ini tips mencegah kehilangan data 100 persen berhasil, antara lain :

1. Menyimpan di beberapa tempat

Apabila sobat mempunyai data penting sekali sangat baik untuk menyimpannya di sejumlah tempat. Dengan cara copy paste. Hal tersebut sangat berguna jika data hilang di satu tempat maka ada data cadangan di tempat lain. Misalkan di komputer anda menyimpan data penting di folder D dan E maupun menyimpannya di flashdisk.

2. Jangan menyimpan data di partisi C system

Partisi C adalah untuk system misalkan My Document. Dan seringkali seseorang menyimpan data penting di partisi C. Padahal ini sangat berbahaya.

Sebab jika diadakan install ulang maka data yang ada di partisi C akan terhapus semuanya. Oleh karena itu, jangan menyimpan data penting di partisi C.

Pilihlah menyimpan data di partisi D maupun E. Sehingga ketika terjadi penginstalan data anda akan aman dan tak hilang. Sebab penginstalan ulang akan menghapus semua data di partisi C kecuali D dan E.

3. Copy paste sesering mungkin

Setelah anda mengcopy paste file penting di beberapa tempat seperti di partisi D dan E untuk mencegah kehilangan data maka anda berikutnya harus bekerja lebih ekstra.

Dimana setelah melakukan pengeditan dan penambahan data di tempat penyimpanan pokok maka anda pun harus copy paste lagi di partisi D dan E.

4. Simpan di memori eksternal

Selain menyimpan data di memori internal harddisk seperti di partisi D dan E maka anda pun bisa menyimpan data penting di memori eksternal secara sekaligus seperti memori card, kartu memori, harddisk eksternal yang lain maupun flahsdisik.




Cara ini ditempuh untuk mencegah kehilangan data penting akibat komputer rusak. Sehingga tidak usah khawatir data penting dalam laptop hilang karena masih ada di tempat lain.

5. Copy Paste ke DVD atau CD

Baca Juga :  Penggunaan Android Device Manager untuk Pemula

Cara yang paling aman lainnya untuk mencegah kehilangan data adalah menyimpan data ke dalam bentuk CD atau DVD. Mengingat perangkat DVD atau CD termasuk kuat dan aman dalam menyimpan data sebanyak apapun dan tidak bisa terkena virus. Sebab seperti yang kita ketahui bahwa menyimpan data di partisi D dan E serta flashdisk belum menjamin keamanan. Terkadang file penting terhapus diakibatkan oleh virus yang mengerikan.

Perbanyak CD atau DVD yang berisi data penting tersebut. Lalu simpan di tempat aman yang jauh dari jangkauan anak-anak dan balita serta  tangan-tangan jahil. Sehingga CD dan DVD yang memuat data berharga dalam kondisi baik selamanya.

6. Simpan data penting secara online

Seiring dengan kemajuan teknologi maka anda bisa pula menyimpan data penting anda di media penyimpanan online. Seperti blog atau google drive. Cara ini terbukti ampuh menjaga keamanan data penting anda. Taruhlah di tempat yang aman dan rahasia.

Dengan menyimpan data secara online ada banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan. Seperti mudah diakses kapanpun dan dimanapun, file penting akan terjaga dengan baik selamanya, dan lain sebagainya.

Pada dasarnya, tips mencegah kehilangan data 100 persen berhasil adalah dilakukan dengan dua cara yaitu cara offline dan online. Misalkan dengan menyimpan di flashdisk, memori eksternal dan internal partisi D dan E, menyimpan dalam bentuk CD dan DVD serta menyimpan di Google Drive. Mudah-mudahan dengan mengikuti tutorial ini dapat berguna untuk perusahaan maupun individu sehingga dapat terhindar dari kehilangan file penting.