Tips Menentukan Target Market untuk Bisnis Apapun

0
Nilai Anda Untuk Artikel Ini
Sending
User Rating (5853 votes)

Salah satu kendala yang kerap dialami oleh para pelaku usaha kecil dan menengah pemula di tanah air adalah tidak mengetahui  tips menentukan target market untuk bisnis apapun secara baik dan benar. Hal ini disebabkan kurangnya wawasan pengetahuan terhadap ilmu ini. Terutama bagi mereka yang baru terjun dalam bidang bisnis atau pemula.

Sebenarnya cara menentukan target pasar yang baik dan benar mudah sekali. Anda hanya cukup meluangkan sedikit waktu untuk memikirkannya. Jangan sampai anda salah dalam menentukan target pasar padahal bisnis telah berlangsung di pasaran. Karena bisa mengakibatkan bisnis anda sulit berkembang dan bahkan akan menderita kerugian.

Kesalahan dalam menentukan positioning target market akan berdampak pada kelangsungan bisnis anda. Oleh karena itu, anda perlu melakukan upaya menentukan target pemasaran yang benar sebelum memulai suatu usaha. Sebab seringkali dijumpai oleh penulis, beberapa usaha mikro, kecil dan menengah di Indonesia berjalan tanpa arah yang jelas yaitu belum mengetahui target market yang tepat untuk dibidiknya.

Penulis merupakan seorang pakar bisnis yang menggeluti bisnis secara otodidak. Pertama kali melakukan bisnis dan mengalami kegagalan. Salah satu penyebabnya adalah bisnis berjalan tanpa mengetahui target pasar yang disasar. Dengan demikian, bisnis yang dirintis langsung mengalami kegagalan atau kebangkrutan. Setelah itu, barulah penulis memahami begitu pentingnya menentukan target market sebelum bisnis dijalankan.

Tips Menentukan Target Market Untuk Bisnis Apapun

Tips Menentukan Target Market untuk Bisnis Apapun - cover

Ada dua pendapat mengenai pentingnya menentukan target pasar dalam usaha apapun. Kalangan pertama menyatakan sebelum memulai bisnis hendaknya direncanakan terlebih dahulu target market yang dituju. Sehingga anda tidak kesulitan dalam memasarkan dan menjual produk anda. Sedangkan kalangan kedua berpendapat tidak penting menentukan target pasar sebelum usaha dimulai. Yang lebih penting adalah memulai suatu usaha dengan sendirinya target pasar dibentuk.

Baca Juga :  Infolinks vs Google Adsense : Mencari yang Terbaik



Dari kedua pendapat tersebut, penulis lebih condong kepada pendapat pertama yang mengharuskan menentukan target market dulu sebelum suatu bisnis dijalankan. Sedangkan pendapat kedua hanyalah bagi mereka yang sudah ahli dan berpengalaman dalam bisnis.

Baca Juga : Tips Menambah Subscriber Youtube dengan Aman

Pangsa pasar terhadap suatu produk sangat luas. Semua orang di muka bumi bisa menjadi pangsa pasar. Namun tidak semua orang membeli produk anda. Disebabkan adanya produk pesaing dan pilihan lainnya. Oleh karenanya anda harus selektif dalam memilih target pemasaran yang tepat bagi bisnis anda. Misalkan kalangan anak-anak, remaja, orangtua, lansia dll.

Dengan pemilihan target market yang tepat akan memudahkan bisnis anda berlangsung lancar dan menguntungkan. Sebaliknya kesalahan dalam menentukan target pasar akan membuat barang yang anda pasarkan tidak laris manis di pasar. Yang pada akhirnya membuat bisnis anda berhenti di tengah jalan.

Untuk mengantisipasi kerugian, berikut ini tips menentukan target market untuk bisnis apapun yang sangat berguna bagi pemula, antara lain :

1. Menentukan target pasar

Sebelum memulai bisnis maka anda harus menentukan produk yang hendak dijual dan target pasar yang dibidik.  Untuk target konsumen yang dibidik kadang membuat pusing seorang pengusaha pemula. Namun dengan berjalan waktu, anda bisa mengetahui siapa sebenarnya yang menjadi target konsumen bisnis anda.

Untuk penentuan target market bisa ditentukan melalui cara ini, antara lain :




  • Berdasarkan geografi

Jika perusahaan anda berada di lokasi Bandung Jawa Barat maka yang menjadi target market bisnis anda adalah orang-orang yang berada di Bandung Propinsi Jawa Barat. Misalkan anda menjual alat cukur rambut khusus di daerah Bandung dan sekitarnya untuk pengiriman barang secara mudah dan gratis.

  • Berdasarkan demografi

Selain itu, anda dapat menentukan target konsumen berdasarkan jenis kelamin. Apakah produk anda dipasarkan untuk menggaet konsumen laki-laki ataukah perempuan? Kemudian penentuan target market bisa berdasarkan pendapatan. Seperti untuk kalangan menengah ke atas ataukah kalangan menengah ke bawah.

  • Berdasarkan usia

Penentuan target pasar bisa juga berdasarkan usia. Seperti usia anak-anak, remaja dan ibu-ibu atau bapak-bapak. Contoh target pasar makanan kerak telor adalah kalangan anak-anak sekolah.

Baca Juga :  7 Langkah Termudah Cara Jualan di Tokopedia

2. Memahami kebutuhan target market

Setelah menentukan target konsumen berdasarkan usia, penghasilan, maupun jenis kelamin dan lokasi maka berikutnya adalah memahami kebutuhan target market tersebut. Salah satu caranya dengan melakukan riset produk. Kemasan produk yang bagaimanakah yang disukai oleh konsumen.

Selain itu, anda dapat melakukan polling di forum maupun blog anda untuk mengetahui seberapa baik produk yang akan anda jual. Misalkan di forum ads id, kaskus maupun media sosial. Kemudian anda bisa mengikuti pameran maupun bazzar untuk mengetahui kebutuhan target pasar sekaligus melakukan tes terhadap produk yang anda jual.




Untuk cara praktek di lapangan adalah anda melemparkan sebuah produk baru di pasaran. Kemudian anda menunggu respon para calon konsumen. Misalkan produk yang anda jual di pasaran adalah es krim. Para konsumen yang mencicipi es krim buatan anda akan memberikan komentar terhadap es krim anda sekaligus mengutarakan kebutuhan mereka. Seperti rasa es krim kurang enak sehingga anda bisa membuat es krim yang lebih enak.

3. Melakukan evaluasi secara berkala terhadap target market

Setelah melakukan pendalaman mengenai kebutuhan target pasar maka berikutnya secara rutin anda melakukan evaluasi. Untuk menjamin kebutuhan target market masih relevan. Sebab sangat mungkin kebutuhan target market berubah seiring dengan perkembangan jaman. Di sinilah arti pentingnya bisnis anda sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Dengan mengetahui kebutuhan konsumen yang saat ini berubah maka anda dapat dengan mudah menentukan langkah bisnis anda di masa mendatang.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa 90 persen usaha kecil menengah yang baru berdiri di Indonesia langsung bangkrut. Sedangkan sisanya 10 persen masih bisa berjalan lancar. Salah satu sebab banyak usaha startup yang mengalami kebangkrutan adalah tidak adanya perencanaan yang matang mengenai target market yang dituju.




Sangat menyedihkan jika usaha yang baru anda rintis mengalami kebangkrutan di tengah jalan. Usaha mandeg dan tak menguntungkan. Karena yang rugi adalah diri anda sendiri. Dimana telah mengeluarkan biaya yang besar untuk membeli berbagai perlengkapan usaha. Sedangkan pemasukan tak ada sama sekali. Oleh sebab itu, teliti dulu sebelum memulai bisnis dan siapa yang menjadi target konsumen usaha anda.

Baca Juga :  Cara Membuat dan Contoh CV Yang Menarik

4. Penentuan strategi pemasaran

Salah satu aspek yang sangat penting dalam dunia bisnis adalah penjualan dan pemasaran. Perbedaan keduanya sangat jelas bahwa penjualan adalah bagaimana menjual sebuah barang kepada orang lain. Sedangkan pemasaran adalah bagaimana proses menjual barang kepada banyak orang.

Setelah mengetahui target pasar yang anda tuju berikutnya adalah menentukan strategi pemasaran yang hendak diterapkan. Anda bisa menggunakan strategi pemasaran direct selling, door to door, keliling, sistem arisan, MLM, online, dan lain sebagainya.

Jika anda menargetkan pasar kalangan remaja yang berada di umur 17 tahun sampai 23 tahun maka sangat tepat menjalankan strategi pemasaran lewat media sosial. Karena kalangan umur tersebut banyak menghabiskan waktu di internet atau media sosial seperti Facebook, twitter, dan instagram.

Demikianlah tips menentukan target market untuk bisnis apapun secara baik dan benar. Dengan demikian, anda bisa bersikap bijak terhadap suatu bisnis dan tidak tergesa-gesa dalam menjalankannya sebelum menentukan siapa yang menjadi target konsumen anda. Selamat mencoba !

Silahkan nonaktifkan adblock anda untuk membaca konten kami.
Refresh