Tips Mengembangkan Bisnis Properti PRO

Jika anda selama ini mandeg dalam berinvestasi dalam bidang properti maka anda perlu membaca artikel ini yang berjudul Tips Mengembangkan Bisnis Properti. Sehingga usaha properti anda dapat berkembang secara lebih cepat dan menguntungkan. Karena itulah yang diinginkan setiap orang yang menekuni usaha sektor properti. Baik berupa tanah, rumah, rumah kontrakan, kost-kostan, maupun apartemen dll.

Bisnis properti adalah sebuah usaha yang tak mengenal musim. Ia akan selalu dibutuhkan orang kapanpun selama manusia hidup di bumi. Karena kebutuhan properti seperti tanah dan rumah adalah kebutuhan mendasar sebagaimana kebutuhan akan makanan. Manusia berpijak pada bumi atau tanah. Untuk lebih jelas, kebutuhan dasar manusia terdiri dari : makanan dan minuman, rumah tempat tinggal dan pakaian.

Usaha dalam sektor properti adalah suatu jenis bisnis yang sangat populer di kalangan orang-orang kaya. Jika anda ingin kaya maka masukilah bisnis properti. Telah banyak orang miskin menjadi kaya raya berkat usaha properti rumah maupun tanah.

Dari asalnya pembelian tanah dan rumah hanya puluhan juta rupiah menjadi ratusan juta rupiah hingga milyaran rupiah. Karena ini sangat wajar mengingat harga properti tanah dan rumah setiap tahun mengalami kenaikan. Sebab sifatnya yang sangat terbatas seperti tanah.

Contohnya saja seorang ibu bernama Umi bertempat tinggal di sebuah rumah yang berdekatan dengan rel kereta api. Kemudian pihak PT Kereta Api Indonesia hendak memperluas wilayahnya sehingga rumah Umi terkena gusuran dari proyek Kereta Api tersebut. Setelah bernegosiasi panjang, akhirnya pihak PT Kereta Api Indonesia membeli rumah Ibu Umi seharga Rp 4 milyar rupiah.

Baca Juga : Cara Monetasi Channel Youtube Adsense Terbaru

Contoh orang kaya dari bisnis properti lainnya adalah seorang pria bernama Abah. Ia membeli sepetak sawah di daerah Kertajati Majalengka seharga Rp 10 juta yang diperkirakan terkena dampak proyek pembangunan Bandara Udara Kertajati. Benar saja. Sawah yang berada di Majalengka tersebut terkena gusuran proyek bandara yang membuat pihak Bandara membeli sepetak sawah tersebut sebesar Rp 1 milyar.

Tips Mengembangkan Bisnis Properti yang Tepat untuk Anda

Tips Mengembangkan Bisnis Properti PRO - cover

Coba hitung berapa keuntungan yang diperoleh oleh Ibu Umi dan Bapak Abah dari bisnis properti. Ratusan kali lipat hingga mereka menjadi miliarder.



Bukti yang lainnya adalah yang dilakukan oleh pria bernama Budi. Ia mengetahui bahwa di suatu daerah akan ada proyek pembangunan tol.

Baca Juga :  Bisnis Menguntungkan Di Bekasi : Info Terbaru

Oleh karena itu, ia segera membeli tanah di wilayah yang diperkirakan terkena pembangungan tol seharga Rp 10 juta. Benar  satu tahun kemudian tanah yang dimilikinya terkena dampak tol. Sehingga ia mendapatkan ganti rugi sebesar Rp 100 juta.

Di beberapa daerah di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Bali dan kota besar lainnya mengalami kenaikan harga properti sangat besar setiap tahunnya.

Disebabkan kepadatan penduduk yang sangat tinggi. Sehingga permintaan terhadap properti rumah dan tanah sangat tinggi. Hal inilah yang membuat peluang bisnis properti memiliki prospek cerah.

Saat ini fenomena terjadi dimana-mana baik di kota dan pedesaan terpencil. Dimana terjadinya berbagai pembangunan rumah, rukan dan perumahan sampai apartement. Kemudian disewakan maupun dijual dengan harga selangit.

Prospek cerah dalam bisnis properti secara perorangan maupun lembaga membuat banyak pengusaha yang melirik bisnis ini. Bisnis properti termasuk jenis usaha yang membutuhkan modal besar dengan keuntungan yang cukup besar pula.

Selain itu, permintaan yang sangat tinggi terhadap rumah dan tanah akan terus berlanjut hingga masa depan.  Di desa penulis pun bisnis perumahan sudah menjamur dengan uang muka sebesar Rp 5 juta dan cicilan perbulan hanya Rp 800 ribuan selama 15 tahun. Dan perumahan tersebut laris manis dibeli banyak orang terutama kawula muda dan pengantin baru bak kacang goreng di musim hujan.

Anda pastinya pernah mendengar berbagai seminar atau membaca buku yang sangat fantastis. Seperti cara mendapatkan rumah tanpa uang muka dan gratis.




Atau bagaimana cara menghasilkan passive income dari investasi rumah tanpa modal. Hal-hal yang bombastis dalam investasi properti merupakan hal yang bisa saja terjadi sebagai bentuk kelebihan dari bisnis sektor properti dalam bentuk bangunan dan tanah.

Saat ini umumnya pihak yang bermain dalam bisnis properti adalah mereka yang mempunyai modal uang besar secara individu maupun lembaga. Mereka sangat mudah menjalankan usaha properti dengan modal uang besar yang dimilikinya.

Dimulai dari perencanaan lokasi investasi properti. Dengan melihat letak lokasi yang strategis. Yang dilanjutkan dengan membuat perijinan usaha supaya legal. Sampai mendirikan perumahan di lokasi itu.

Baca Juga :  Contoh Proposal Usaha Makanan Terbaru

Untuk anda pemula yang mempunyai modal kecil maka anda tetap bisa masuk dalam bisnis properti ini yaitu dengan menjadi makelar atau perantara. Misalkan ada salah seorang tetangga akan menjual rumahnya seharga Rp 100 juta maka anda bisa menawarkan kepada rekan lain yang sedang membutuhkan rumah di kawasan tersebut. Sebelumnya adakan kerjasama dengan pemilik rumah untuk bersedia membuat kesepakatan komisi atau bagi hasil jika rumah itu dapat terjual oleh anda. Contohnya 10 persen bagi anda.

Ketika seorang rekan kerja anda membeli rumah itu maka anda akan memperoleh komisi sebesar 10 persen atau Rp 10 juta. Waw lumayan bukan? Inilah yang menjadi kelebihan bisnis properti yaitu kerja minim tapi hasil maksimal.

Selama penulis berbisnis dalam sektor properti seperti tanah dan rumah maka penulis tak pernah mengalami kerugian. Walaupun investasi tanah terburuk tapi tetap saja ada selisih keuntungan dari peningkatan harga jual properti tanah dan rumah.

Bagi anda yang tertarik investasi dalam sektor properti, berikut ini tips mengembangkan bisnis properti untuk pemula yang dijamin untung besar, antara lain :

Penggunaan internet dimaksimalkan secara baik

Seiring dengan kecanggihan teknologi internet membawa perubahan dalam gaya hidup masyarakat dunia. Salah satunya orang lebih senang berbelanja secara online dan lebih banyak orang menghabiskan waktunya di internet untuk sosialisasi di medsos atau berselancar di dunia maya.




Bagi kalangan pedagang atau pengusaha maka kehadiran internet membuat mereka lebih leluasa dan mudah dalam berdagang.

Jika bisnis properti anda ingin lebih berkembang maka anda harus menggunakan teknologi yang ada. Misalkan anda hendak menjual satu unit rumah maka anda bisa mempromosikan iklan tersebut di grup jual beli rumah di media sosial Facebook, twitter, iklan baris online, forum, marketplace maupun blog.

Tips mengembangkan bisnis properti tanpa modal

Apakah bisa melakukan bisnis properti tanpa modal? Pada dasarnya semua bisnis yang dilakukan memerlukan modal berupa uang maupun keterampilan. Begitupula dengan usaha investasi properti. Namun jika anda tak memiliki modal uang untuk bisnis properti maka anda bisa meminjam atau menggunakan uang orang lain. Seperti yang penulis lakukan.

Pada suatu hari penulis hendak berinvestasi tanah di daerah Banjaran Bandung. Sebuah penawaran muncul datang dari sebuah iklan di radio mengenai dijualnya tanah seluas 10 tumbak seharga Rp 3 juta. Adapun uang yang dimiliki saat itu oleh penulis hanya Rp 1 juta. Oleh karena itu, penulis meyakinkan orangtua tercinta untuk memberikan bantuan modal uang untuk membeli tanah tersebut. Sampai akhirnya tanah itu menjadi milik penulis dan orangtua secara bersama-sama.

Baca Juga :  Daftar Biografi Orang Sukses Indonesia




Di sinilah pentingnya bagi seseorang yang hendak terjun dalam bisnis properti menguasai keterampilan bernegosiasi dan meyakinkan investor. Yang bisa mendanai segala proyek investasi properti anda. Untuk investor bisa berupa anggota keluarga, sanak kerabat, teman, sahabat dan kenalan maupun bank yang mempunyai modal uang yang berlebih dan menganggur.

Dalam jangka waktu satu tahun kemudian tanah tersebut hendak dijual lagi. Tentu dengan selisih keuntungan yang diharapkan. Melalui bantuan orang Banjaran akhirnya tanah tersebut dapat terjual seharga Rp 6 juta. Sehingga keuntungan investasi properti tanah sebesar Rp 3 juta. Yang kemudian laba dibagi dua dengan orangtua tercinta.

Membangun media penjualan

Sekarang jika anda hendak terjun dalam bisnis properti maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari berbagai penawaran investasi properti yang menarik. Ada banyak media yang bisa digunakan sebagai sumber informasi mengenai penawaran penjualan properti. Misalkan di bank seringkali ditampilkan beberapa rumah dan tanah yang sedang dilelang.

Selain itu, anda dapat mencari informasi mengenai penawaran penjualan properti di surat kabar, radio, majalah dan internet. Penulis sendiri seringkali menyaksikan penawaran investasi properti di grup Facebook. Bahkan ada properti rumah dan tanah yang dijual dengan harga sangat murah disebabkan pemilik properti sedang membutuhkan uang secara cepat. Tentu ini menjadi peluang bisnis properti yang menguntungkan bagi anda yang jeli melihat peluang sekecil mungkin.

Setelah anda membeli properti tersebut di bawah harga pasaran maka anda bisa menjual lagi kepada orang lain dengan beberapa sedikit perbaikan yang akan meningkatkan nilai jual properti anda secara signifikan. Untuk persentase keuntungan maka anda bisa mematok terserah anda sesuai harga di pasaran. Naikkanlah harga properti secara wajar dan pas. Jangan sampai berlebihan seperti terlalu mahal dan terlalu murah.

Di tengah jaman modern saat ini, sarana penjualan untuk properti yang paling efektif adalah menggunakan media sosial ataupun website properti khusus. Ini merupakan salah satu tips mengembangkan bisnis properti yang baik di era milenium.