Tips Menjual Barang di Shopee untuk Pemula

Tidak sedikit orang berbelanja dan melakukan jual beli di shopee. Namun sebagian penjual tidak memahami dengan benar tips menjual barang di shopee seperti apa karena tanpa dihindari bahwa salah satu market place yang paling digunakan di Indonesia adalah Shopee.

Pada artikel ini, seobigbang akan menjelaskan bagaimana caranya anda sebagai penjual pemula yang ingin menjual apapun di shopee.

Tips Menjual Barang di Shopee untuk Pemula

Tips Berjualan Online dan Menjual Barang di Shopee 1

Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai langkah-langkah untuk mendaftar menjadi penjual di Shopee :

Membuat akun Shopee

Sebelum bisa membuka toko online di Shopee, anda wajib membuat akun terlebih dahulu. Proses pembuatan akun di Shopee juga cukup sederhana. Untuk membuat akun di Shopee, anda harus memiliki alamat email aktif dan juga nomor handphone. 2 hal tersebut akan selalu anda butuhkan, terutama ketika anda ingin menjual barang secara online.

Membuka toko

Setelah anda memiliki akun di Shopee, anda bisa mulai membuka toko dengan memilih menu khusus yang tersedia di dalam akun anda. Anda diwajibkan mengisi beberapa macam informasi mengenai toko online mulai dari nama toko dan deskripsi singkat mengenai toko online anda. Selain itu, anda juga disarankan untuk mengunggah foto profil untuk toko online anda.

Mengunggah produk

Jika anda sudah membuat toko online, selanjutnya anda bisa mulai mengunggah beberapa foto produk yang ingin anda jual di Shopee.
Dalam mengunggah foto produk ini, anda bisa menggunakan fitur mass upload. Fitur tersebut adalah fitur yang memudahkan anda mengunggah beberapa foto produk sekaligus.

Mulai promosikan produk anda

Setelah anda mengunggah foto produk, mengisi deskripsi produk, menentukan harga jual produk, selanjutnya anda bisa mulai mempromosikan produk anda. Shopee memberikan kesempatan untuk setiap penjual untuk mempromosikan 5 produk sekaligus dalam durasi 4 jam sekali.

Baca Juga :  Tutorial Membuat Iklan Adwords : Cara Mudah Pemula

Strategi Berjualan Online Di Shopee Bagi Pemula

Tips Berjualan Online dan Menjual Barang di Shopee 2

Banyak sekali strategi berjualan online di shopee yang banyak dari anda melupakan beberapa hal ini, diantara nya :

Tips menjual barang di shopee : Fitur Gratis Ongkir

Salah satu strategi berjualan online di Shopee yang sangat efektif untuk mendatangkan pembeli pertama adalah fitur gratis ongkir.

Pasalnya, dengan adanya fitur gratis ongkir, konsumen tidak akan merasa terbebani lagi ketika belanja online. Menariknya lagi, fitur gratis ongkir di Shopee ini baru bisa didapatkan oleh pembeli dengan syarat minimal pembelian.

Jadi selain konsumen untung, anda sebagai penjual juga akan mendapatkan keuntungan karena omset penjualan akan semakin meningkat dengan adanya fitur gratis ongkir tersebut.

Perbanyak produk

Salah satu penyebab kenapa penjual baru di Shopee sangat kesulitan mendapatkan konsumen pertama adalah karena jumlah produk yang dijual masih sangat sedikit. Jika produk yang anda jual hanya ada 2 macam, kemungkinan untuk mendapatkan pembeli jelas sangat kecil. Semakin banyak jenis barang yang anda jual, maka akan semakin cepat anda mendapatkan konsumen pertama.

Perbanyak jumlah follower toko

Shopee memiliki fitur follower seperti pada Instagram. Jumlah follower toko online di Shopee ini juga sedikit banyak mempengaruhi jumlah konsumen anda. Kenapa? Karena setiap follower toko online anda akan mendapatkan notifikasi setiap kali anda mengunggah produk baru.

Oleh sebab itu, salah satu strategi berjualan online di Shopee yang cukup efektif bagi pemula adalah dengan memperbanyak jumlah follower toko online.

Lalu bagaimana cara meningkatkan jumlah follower toko online anda? Caranya cukup sederhana. Anda hanya perlu follow terlebih dahulu akun toko online lain di Shopee.

Ikuti program khusus dari Shopee

Gratis ongkir baru satu macam program khusus yang dimiliki oleh Shopee. Sebenarnya masih ada banyak sekali program khusus dari Shopee yang bisa membantu meningkatkan omset penjual.

Baca Juga :  Cara Transfer Pulsa Telkomsel, Ooredoo, dan XL

Salah satu program khusus yang wajib segera anda ikuti adalah flash sale. Program khusus tersebut memang tidak bisa diikuti oleh semua toko online, namun jika sampai anda bisa mengikuti program tersebut, kemungkinan besar anda akan semakin cepat mendapatkan konsumen pertama.

Pilih produk yang banyak dicari pembeli

Cara berjualan online di Shopee yang juga sangat efektif untuk mendapatkan konsumen pertama adalah dengan memilih produk yang banyak dicari pembeli.

Dengan menjual produk yang banyak dicari orang, memang anda harus bersaing dengan penjual lain. Namun jika harga yang anda tawarkan cukup murah, kemungkinan anda bisa memenangkan persaingan dan juga segera mendapatkan pembeli pertama. Jika anda sudah berhasil mendapatkan pembeli pertama dan penjualan mulai meningkat, anda juga perlu segera menerapkan cara yang jauh lebih efektif lagi.

Langkah-Langlah atau Tips Menjual Barang Di Shopee Lainnya

Tips Berjualan Online dan Menjual Barang di Shopee 3

Setelah kita telah mengetahui cara mendaftar sebagai penjual maka kika selanjutnya akan membahas langkah-langkah menjual barang di Shopee, kamu tidak akan seribet saat berjualan di situs belanja online lainnya.

Namun sebelum memulai kegiatan yang satu ini, pastikan kamu telah mempersiapkan beberapa poin penting berikut terlebih dahulu :

Siapkan produk-produk yang akan kamu jual. Lengkapi masing-masing produk ini dengan foto yang jelas dan layak untuk dipajang. Artinya, foto produk tersebut memang kamu buat sendiri dan bukan hasil editan dari foto milik orang lain.

Siapkan juga deskripsi produk yang jelas dan detail, sehingga calon pembeli akan mudah memahami dan mengenal produk kamu secara detail. Tidak terlalu panjang, namun deskripsi haruslah detail dan sesuai kenyataan.

Jika kedua hal di atas telah kamu siapkan dengan baik, maka kamu bisa melanjutkan proses ini ke tahap berikut ini :

  • Download aplikasi Shopee pada gadget ataupun laptopmu. Pastikan aplikasi terpasang dengan sempurna, sehingga bisa digunakan dengan baik.
  • Buka aplikasi dan mulai tambahkan produk yang akan dijual dengan cara memilih icon (+) yang terdapat pada bagian kanan bawah menu utama.
  • Upload semua foto produk yang telah disiapkan sejak awal pada galeri foto. Foto-foto ini juga bisa diambil dari Facebook atau bahkan Instagram secara online. Untuk masing-masing produk, kamu bisa mengupload maksimal 9 foto. Pastikan semua foto terupload dengan sempurna.
  • Tuliskan deskripsi pada masing-masing produk yang telah terupload.
  • Lanjutkan dengan mengisi semua kolom dengan baik, antara lain: kategori produk, merek produk, tanggal kadaluarsa (untuk makanan / minuman), harga, berat produk, estimasi pengiriman, serta yang lainnya secara detail.
  • Jika produk telah siap untuk dijual, lanjutkan dengan melengkapi profil toko Shopee kamu. Buatlah profil yang menarik dan meyakinkan, agar calon pembeli suka dan mau belanja di tokomu.
  • Lengkapi nomor teleponmu, sehingga pembeli bisa menghubungi / chat dengan mudah dan cepat.
  • Jangan lupa untuk memilih dan melengkapi pengaturan tokomu secara detail, termasuk bagaimana calon pembeli akan
  • Untuk yang terakhir, lengkapi juga nomor rekeningmu pada kolom yang tersedia, agar kamu bisa dengan mudah melakukan penarikan dana dari dompet Shopee tersebut.
  • Dana (uang penjualan) yang kamu dapatkan tidak akan masuk ke rekening pribadimu, tetapi akan masuk ke dompet Shopee milikmu terlebih dahulu. Selanjutnya, kamu bisa melakukan penarikan tunai, atau bahkan menunggu penarikan otomatis yang dilakukan Shopee secara berkala.
  • Jika semua langkah di atas telah selesai dengan baik, maka kamu bisa mulai berjualan di Shopee.
Baca Juga :  Syarat Monetasi Channel Youtube Adsense Terbaru

Berjualan Lebih Mudah dan Nyaman

Shopee memberikan kemudahan dan kenyaman untuk berjualan, bahkan bagi kamu para pemula. Lengkapi dan ikuti semua langkah yang ditetapkan, agar kamu bisa segara menjual produk kamu dengan mudah di Shopee.

Pastikan kamu menjual produk yang berkualitas, sehingga bisa bersaing dengan produk sejenis yang terdapat di sana.

Demikianlah beberapa ulasan mengenai cara menjual barang beserta langka-langkah mendaftar sebagai penjual di shopee semoga dari informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda terima kasih.