Tips Sukses Facebook Ads : Pemula Juga Bisa !

Apakah anda sudah tahu apa itu facebook advertising dan bagaimana tips sukses facebook ads? Jika anda belum mengenalnya maka sudah tepat untuk membaca artikel ini. Umumnya setiap orang sudah memiliki akun Facebook.  Dan akun Facebook benar-benar powerfull. Ia bisa mempertemukan banyak orang dari lingkungan sahabat lama, teman sekolah dan lain sebagainya.

Berdasarkan riset, media sosial facebook merupakan jejaring sosial yang paling banyak digunakan orang di Indonesia dan dunia. Mereka tersebar sebagai pengguna aktif di kota besar sampai pelosok pedesaan terpencil. Pada tahun 2019 ini lebih dari 2,17 miliar orang di seluruh dunia yang menggunakan aplikasi media sosial Facebook di smartphone mereka. Dan jumlah tersebut terus naik pertahunnya di angka 15 persen.

Dengan jumlah pengguna terbanyak di Indonesia, Facebook jadi aplikasi medsos terpopuler di tanah air. Penulis merasakan kekuatan sangat besar dari Facebook. Beberapa uang sebanyak ratusan ribu rupiah perbulan didapatkan penulis dari hasil penjualan facebook marketing menggunakan halaman atau Fanspage FB.

Sebelumnya penulis tidak mengetahui bahwa Facebook bisa jadi sarana marketing dan menghasilkan uang secara online. Namun berkat meniru dan menduplikasi metode facebook marketing orang lain maka penulis bisa melakukannya baik sebagai pemilik produk, reseller maupun dropship.

Selama menggeluti facebook marketing, penulis menyadari kehebatan Facebook dalam menjangkau pasar lokal, daerah hingga nasional. Jika anda mempunyai suatu bisnis atau produk untuk dijual maka sangat tepat untuk mempromosikan di Facebook. Seperti menggunakan Fanspage, update status yang dilanjutkan dengan berbagi kepada orang lain, marketplace  fb sampai menggunakan cara berbayar facebook ads.

Apa Itu Facebook Ads

Tips Sukses Facebook Ads - Pemula Juga Bisa

Bagi anda yang belum mengetahui apa itu facebook ads maka ini adalah layanan periklanan berbayar yang disediakan oleh perusahaan Facebook untuk pebisnis kecil, menengah hingga besar sebagai sarana mempromosikan bisnis mereka. Sehingga dapat menjangkau pasar yang lebih luas lagi. Bukan hanya skala lokal, daerah, propinsi tapi mancanegara.



Pendek kata, jika anda ingin mendapatkan keuntungan berupa materi di media sosial maka anda bisa memulainya dengan bermain di Facebook ads.

Baca Juga :  Belajar Marketing Facebook untuk Pemula

Baca Juga : Tips Mengembangkan Bisnis Properti PRO

Facebook advertising disingkat facebook ads adalah sebuah fitur yang disematkan pada Facebook diantara banyak fitur lain. Dari namanya saja sudah sangat jelas, fitur ini dapat dimanfaatkan oleh para pebisnis atau para pelaku usaha kecil untuk memasang iklan mereka dengan biaya yang sangat terjangkau.

Sebenarnya fitur facebook ads muncul dengan sendirinya di akun facebook anda. Dengan syarat anda telah membuat halaman atau fanspage fb. Di fanspage itu terdapat tombol pilihan untuk beriklan di facebook ads dengan perincian harga dan jangkauan postingan.

Bagi anda yang memiliki modal uang sangat kecil maka facebook ads sangat cocok sebagai sarana beriklan efektif dan murah. Karena biaya pemasangan iklan di FB dimulai dari puluhan ribu rupiah, ratusan ribu rupiah sampai jutaan rupiah. Bagi sobat yang mempunyai modal terbatas sangat dianjurkan beriklan di facebook ads dengan biaya kecil dulu.

Keuntungan Facebook Ads

Selama ini penulis menggunakan halamanFacebook yang gratis untuk  mempromosikan usaha. Dan dampaknya sangat besar untuk meningkatkan keuntungan dalam jangka panjang yang disertai beriklan gratis di marketplace FB.

Beriklan gratis di fanspage sangatlah mudah dan gratis. Pembuatan halaman facebook bagi bisnis anda hanya membutuhkan waktu kurang dari satu menit. Dengan menekan tombol Creat Fanspage. Dilanjutkan dengan memberi nama halaman. Pastikan secara rutin, anda melakukan posting tulisan di fanspage sehingga meningkatkan jumlah like dan pengikut.




Promosi gratis di marketplace dan halaman fb saja sudah sangat efektif dan menguntungkan. Apalagi jika anda menggunakan fitur facebook ads yang lebih ampuh menjaring sebanyak mungkin konsumen. Namun layanan ini berbayar dari biaya puluhan ribu sampai ratusan ribu rupiah tergantung jumlah orang yang hendak dijangkau dengan layanan ini.

Baca Juga :  Mengenal Fungsi Aplikasi Facebook Terbaru Tahun ini

Salah satu yang menjadi keuntungan ataupun kelebihan dari facebook ads adalah anda bisa membuat pengaturan atau mendesain iklan sendiri sesuai keperluan yang anda kehendaki. Sebuah iklan yang dirasa sangat efektif untuk menjaring pembeli.

Contoh, anda membuat iklan facebook ads untuk kalangan target tertentu. Seperti atas dasar hobi, pendidikan, karir, jabatan, geografis, wilayah, propinsi, status pernikahan, umur, jenis kelamin dan lain-lain.

Pada suatu kesempatan, penulis bertemu seorang pengusaha sepatu yang sukses. Pada awal perjalanan bisnisnya, ia mencoba menggunakan facebook ads untuk mempromosikan usaha sepatunya. Iklan dibuat berdasarkan target umur tertentu. Berjalan waktu, ternyata facebook ads terbukti menghasilkan banyak penjualan. Sehingga ia menjadi pelanggan setia facebook ads.

Tips Sukses Facebook Ads

Salah satu teknis sukses facebook ads adalah beriklan dengan biaya sekecil mungkin dan mendapatkan penghasilan sebesar mungkin. Hal ini bukanlah khayalan. Telah banyak pengusaha kecil yang membuktikan bahwa biaya beriklan di facebook ads sangat murah dan dapat ditutupi dengan keuntungan yang bisa berpuluh-puluh kali lipat dari biaya iklan.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini tips sukses facebook ads, antara lain :




Tips Sukses Facebook Ads #1 : Menentukan model iklan yang tepat

Dalam fitur facebook ads ada beragam pilihan model iklan yang bisa dibuat oleh para pengiklan. Seperti model iklan Advanced Options, Get More Page Likes, dan Promote Page Posts. Pilihlah model iklan yang tepat sesuai kebutuhan.

Advanced Options merupakan model periklanan yang pemasangnya dapat lebih leluasa memilih harga iklan yang mesti dibayar dan iklan mana saja yang mau dipromosikan. Sedangkan Get More Page Likes adalah model iklan yang memberikan kemudahan dalam pengaturan dalam hal pembuatan gambar, teks dan judul iklan. Terakhir, Promote Page Posts adalah iklan yang berasal dari postingan paling baru di halaman FB yang mau dipromosikan dengan biaya tertentu.

Tips Sukses Facebook Ads #2 : Menentukan target market iklan

Setelah menentukan model iklan yang dibuat maka berikutnya adalah menentukan target pasar yang hendak dibidik. Supaya iklan benar-benar tertarget dan menghasilkan penjualan secara ampuh dan enteng seoptimal mungkin. Karena facebook ads tidak ingin anda mengeluarkan biaya iklan yang besar tanpa menghasilkan keuntungan yang setimpal.

Baca Juga :  Cara Menutup akun Facebook Sementara / Permanen

Anda bisa menentukan target market berdasarkan wilayah, pendidikan, hobi, jenis kelamin dan usia. Misalkan target iklan adalah kalangan usia 17 tahun ke atas kalau berdasarkan umur. Sedangkan jika berdasarkan jenis kelamin maka anda bisa menentukan target iklan adalah kalangan perempuan. Hal tersebut tentu saja bergantung produk yang anda jual dan bisnis yang anda tekuni.

Tips Sukses Facebook Ads #3 : Menentukan jadwal tayang iklan dan harganya

Pengaturan target iklan dilanjutkan dengan penentuan jadwal iklan dan harga. Anda bisa memilih harga iklan sebesar Rp 60 ribu dalam satu hari dalam bentuk Cost per Clik (CPC) maupun Cost Per Mile (CPM).

Bagi anda yang menggunakan model iklan CPC maka setiap ada orang yang klik iklan anda di Facebook ads maka sobat mesti membayar biaya sesuai yang disepakati sebelumnya.  Namun umumnya biaya iklan facebook ads di tanah air sekitar 650 rupiah hingga Rp 1.550.

Adapun bagi para pemasang yang menggunakan model iklan CPM (Cost Per Mile) maka wajib membayar uang dalam nominal tertentu setelah terjadi seribu kali impresi atau penayangan. Sehingga walaupun tak ada yang klik iklan anda tetap saja anda harus membayar karena telah mencapai 1000 kali penayangan.

Itulah sekelumit tips sukses facebook ads. Walaupun singkat, mudah-mudahan bisa memberikan manfaat bagi para pembaca sekalian.