Tren Dunia Publishing 2020 Menurut Google Partner

Apakah anda mengetahui secara jelas bagaimana membaca tren dunia publishing 2020 bagi pubsliher google adsense? Artikel ini bukan dimaksudkan kepada bagaimana cara membuat artikel sesuai tren, melainkan apa sih tren yang sedang berlangsung guna meningkatkan earning dari google adsense di Indonesia.

Tren Dunia Publishing 2020

Tren Dunia Publishing 2020 - cover

Seobigbang akan membahas tren permasalahan para publisher di tahun 2020, yang hal ini masih merupakan tren dunia publisher 2020 di Indonesia.

Permasalahan AMP

Seperti yang anda ketahui AMP merupakan salah satu issue terbaik dan terbesar bagi publisher d Indonesia, karena sebagian besar publisher di Indonesia belum mengetahui apa itu AMP.

Baca Juga : Alternatif Selain Google Adsense

AMP adalah suatu metode yang digunakan pada suatu web, untuk mendapatkan pengalaman kecepatan akses website cepat bagi pengguna. Simple nya AMP bertujuan agar pembaca website atau blog anda tidak kabur saat loading, karena AMP bisa membuat website atau blog anda lebih 25% – 45% lebih cepat dibandingkan jika pengguna melakukan akses pada URL biasa yang tidak AMP.



Pada suatu kesempatan webinar yang dilakukan oleh Google Adsense pada tanggal 16 Januari 2020 kemarin, salah satu guest speaker (dari AdAsia) berbicara mengenai AMP.

Tren Dunia Publishing 2020 - Masalah AMP
Sumber : AdAsia

Gambar di atas menjelaskan bahwa AMP akan lebih baik mendapatkan viewability sekitar lebih banyak 25% dibandingkan tidak menggunakan AMP.

Jika anda sudah develop AMP pada website anda, namun masih belum mendapatkan perubahan yang baik pada earning anda. Hal tersebut mungkin karena beberapa hal yang dijelaskan oleh PROPS di bawah ini.

Isu terkait pengembangan AMP di tahun 2019 lalu, dirasa masih akan ditemukan pada tahun 2020 ini. Karena penanganan nya belum jelas tentang bagimana implementasi AMP yang sebenarnya.

Baca Juga :  Menghasilkan Uang dari YouTube Adsense 2019

Tren Dunia Publishing 2020 - Masalah AMP 2

Gambar di atas oleh PROPS menjelaskan bahwa terdapat 4 pengembangan AMP page yang tidak sempurna, yaitu :

  1. Tidak memasang canonical link
  2. Tidak menempatkan skema / struktur data
  3. Mendorong traffic AMP tidak secara bertahap (Utamakan halaman dengan traffic paling tinggi dulu)
  4. Tidak merubah image menjadi versi AMP
Prediksi Tren Publisher Google Adsense by Geniee
Sumber : Geniee

Geniee memprediksi bahwa penggunaan AMP pada tahun 2020 cukup besar, karena disamping beberapa poin yg seobigbang sudah jelaskan di atas, mengenai : speed website menjadi lebih cepat, viewability yang semakin besar, dan user experience pun meningkat.



Monetasi AMP

Salah satu tren dunia publishing 2020 yang sudah dibahas sebelumnya adalah AMP. AMP ini sangat dianjurkan bagi siapapun yang memiliki website atau blog karena terdapat segudang keuntungan yang sudah dijelaskan di atas.

Namun sayang sekali jika AMP anda tidak di monetasi, atau dengan kata lain tidak dimaksimalkan fungsi nya untuk menambah pundi – pundi uang anda.

Tren Dunia Publishing 2020 - Monetasi AMP by PROPS
Sumber : PROPS

Pada webinar kemarin tanggal 16 Januari 2020 yang membahas tentang Tren Dunia Publishing tahun 2020, PROPS memberikan penjelasan tentang study case pendapatan iklan di AMP, yang hal ini sebenarnya membuktikan bahwa AMP juga bisa di monetasi.

Beberapa peluang monetasi AMP pun dijelaskan, diantara nya adalah :

  • Parallax
  • Sticky Ads (sekarang sticky ads sudah boleh hanya saja jangan menutup konten)

Tren Publishing 2020 : Invalid Traffic

Invalid traffic bagi publisher di tahun 2019 sangat banyak terjadi, dan seobigbang merasa pada tahun 2020 invalid traffic akan kembali banyak ditemukan. Karena publisher masih menggunakan beberapa cara yang mereka anggap dapat mendatangkan traffic dan earning yang besar.



Ada beberapa hal yang bisa anda perhatikan mengenai invalid traffic ini, seperti yang sudah dijelaskan oleh salah satu google partner di Indonesia bahwa invalid traffic bisa disebabkan karena begitu banyaknya (mendominasi) traffic yang datang adalah berasal dari sosial media.

Tren Dunia Publishing 2020 - non organik traffic sosial media
Sumber : ADOP

Non organik traffic yang datang dari sosial media menjadi salah satu ancaman terbesar anda sebagai publisher, memang saat ini tren yang berkembang adalah optimasi berlebihan melalui Facebook ads yang digiring ke Google adsense.

Baca Juga :  Penjelasan Google Adsense Login : Youtube dan Payment

Secara garis besar hal tersebut tidak merugikan google adsense, tapi hal tersebut merugikan publisher yang tidak menggunakan cara ini dan tentu saja merugikan advertiser.

Selain itu hal ini dianggap melanggar kebijajan Google Adsense (adsense policy) karena cara ini dianggap seperti anda membeli traffic dari pihak ketiga.

Cara Menghindari Invalid Traffic

Masih pembahasan invalid traffic yang dibahas oleh ADOP, kali ini ADOP juga menjelaskan bagaimana sih cara menghindari invalid traffic atau traffic yang tidak valid.

Cara Menghindari Traffic tidak valid dari ADOP
Sumber : ADOP

Terdapat 4 hal yang menjadi solusi utama bagi publisher untuk menghindari traffic yang tidak valid :

  1. Rajin melakukan pengecekan Google Analytic terkait performa traffic
  2. Tidak membagian URL artikel ke grup manapun yang tidak berkaitan dengan konten
  3. Tidak mengklik iklan sendiri
  4. Memastikan penempatan iklan sesuai dengan kebijakan Google

Tren Dunia Publishing 2020 : Monetasi Video

Hal ini pernah disampaikan oleh salah satu Google Partner di Indonesia yaitu PROPS yang membahas mengenai pesatnya pertumbuhan minat orang indonesia terhadap monetasi video. Hal ini juga yang menjadi dasar PROPS untuk membahas monetasi video sebagai tren dunia publishing 2020.

Prediksi Tren Publishing 2020 Google Adsense by Geniee
Sumber : Geniee

Bisa di lihat bahwa dari masa ke masa tren monetasi video semakin meningkat bahkan nilai USD nya pun semakin meningkat di tahun 2020.

Monetasi video sebagai tren publishing 2020
Sumber : PROPS

Jadi menurut PROPS terdapat beberapa keuntungan dari penempatan video yang di monetasi dengan baik, yaitu :

  • Revenue tambahan di luar iklan display
  • Penambahan time on site untuk kunjungan user ke website publisher

Monetasi Adsense dengan Flying Carpet

ini merupakan bagian bonus dalam artikel ini. Di mana seobigbang akan kembali menjelaskan setelah dijelaskan oleh tim ADOP yang merupakan salah satu Google Partner di Indonesia.



Apa itu Flying Carpet ads ?

Flying carpet adalah sebutan yang diberikan oleh ADOP terhadap Iklan yang baru akan terlihat saat pengguna menggulir halaman, dengan tampilan seperti meluncur seolah mengintip di halaman.

Baca Juga :  Optimasi CTR Google Adsense USA Dengan Mudah
Apa itu Flying Carpet by ADOP
Sumber : ADOP

Format Flying Carpet Ads

Tim ADOP memberikan penjelasan format ideal yang bisa digunakan untuk Flying carpet ads bagi publisher.

Format Ideal Flying Carpet Ads by ADOP
Sumber : ADOP

Contoh pemasangan flying carpet ads di dekstop

Contoh pemasangan flying carpet ads di dekstop by ADOP
Sumber : ADOP

Contoh pemasangan flying carpet ads di AMP

Contoh pemasangan flying carpet ads di AMP by ADOP
Sumber : ADOP

Keuntungan Menggunakan Flying Carpet Ads

Terdapat banyak keuntungan dalam menggunakan flying carpet ads untuk website anda, dan cara ini sudah digunakan oleh banyak website besar bahkan website berita nasional pun sudah menggunakan cara ini karena dinilai membawa banyak sekali keuntungan, yaitu :

  1. Tidak melanggar kebijakan google
  2. CTR lebih tinggi
  3. Viewability lebih tinggi
  4. Mudah terlihat oleh user
  5. E-CPM lebih tinggi
  6. Mudah dipasang
  7. Peluang mendapatkan premium deals dari advertiser
Tren Dunia Publishing 2020 - Keuntungan Menggunakan Flying Carpet Ads by ADOP
Sumber : ADOP

Baca Juga : Tips Menghasilkan Uang dari Google Adsense

Mendapatkan Premium Deals dari Advertiser

Pernah ga sih anda berpikir jika website atau blog anda mendapatkan iklan tidak hanya dari PPC (pay per click) yang anda pasang sebagai publisher ? tetapi juga mendapatkan pemasukan (earning) lain dari advertiser selain google ?

Nah dengan bagusnya traffic website atau blog anda ditambah dengan penyesuaian flying carpet ads pada blog anda bisa membuat para advertiser lain ingin memasang iklan nya pada website anda.

Tentu ini salah satu pemasukan tidak terduga dan bisa saja lebih besar dari pemasukan anda di Google adsense yang harus menunggu 1 bulan baru bisa cair uang anda.