Tren Pasar dan Investasi Saat ini

Bagi seorang pebisnis mengetahui tren pasar dan investasi saat ini sangat penting untuk menunjang kesuksesan sebuah usaha. Sebab apalah jadinya jika seorang pengusaha hanya menjual barang yang tak trend? Pastinya usaha akan sepi pembeli. Membaca tren bukan hanya pada sektor bisnis tapi juga dapat pada sektor investasi.

Trend investasi saat ini mulai beralih ke investasi online. Hal ini seiring dengan berkembang majunya teknologi informasi dan komunikasi secara online. Ada banyak keuntungan melakukan investasi online seperti tidak perlu keluar rumah, modal yang dibutuhkan relatif kecil dan keuntungan bisa diawasi secara langsung.

Tren Pasar dan Investasi

Tren pasar dan investasi - cover

Jaman sekarang investasi online akan semakin berkembang pesat. Bagaimana tidak? Saat ini berbagai pembayaran uang bisa dilakukan secara online menggunakan mata uang digital. Belanja cukup menggunakan uang digital secara online. Misalkan Gopay, Ovo, Bitcoin, Paypal, Alertpay, dan lain sebagainya.



Investasi merupakan sarana untuk meningkatkan nilai aset anda. Ada banyak jenis investasi di abad modern ini seperti saham, reksadana, deposito, forex dan lain-lain. Namun dalam memilih investasi online di tahun 2020 ini pastikan aman dan terpercaya serta menguntungkan.

Penjelasan Investasi

Apa yang anda pikirkan ketika mendengar nama investasi? Salah seorang dari anda mungkin berpikir sesuatu harta yang berkembang. Kalau diibaratkan seperti setangkai pohon padi yang mempunyai satu bulir padi. Kemudian dari satu bulir tumbuh ratusan bulir. Terdapat berbagai macam investasi di negara Indonesia yang dapat anda lakukan seperti investasi emas, saham, reksadana, bisnis, deposito, properti, dll.

Baca Juga : Mengenal Google My Business Secara Umum

Pengertian investasi terdiri dari dua macam yakni secara umum dan sempit. Adapun pengertian investasi secara umum adalah suatu kegiatan mengembangkan harta benda atau uang yang anda miliki. Dari asalnya Rp 1 juta menjadi Rp 2 juta dan selanjutnya. Adapun sarana meningkatkan investasi atau uang bisa dalam bentuk saham, investasi properti rumah dan tanah atau investasi emas.

Baca Juga :  9 Cara Membangun Bisnis Online Paling Jitu !

Sangat rugi jika anda mempunyai uang Rp 100 juta tapi dibiarkan mengendap di rekening tabungan yang hanya menghasilkan profit Rp 20 ribu perbulan. Kalau diinvestasikan dalam deposito syariah maka uang sebesar itu akan menghasilkan laba sebesar Rp 700 ribu perbulan. Bandingkan? Untung mana investasi atau menabung uang di bank?

Tren Pasar dan Investasi Emas

Fungsi investasi sangat penting. Supaya harta kita tidak tergerus oleh arus inflasi. Salah satu investasi yang menguntungkan adalah emas. Dengan menabung emas maka harta benda akan bertambah seiring kenaikan harga emas dunia. Salah satu tempat yang tepat untuk investasi emas batangan atau koin emas adalah Pegadaian atau Bank Syariah Mandiri.

Emas merupakan logam mulia yang paling bernilai di dunia dan juga sebagai tren pasar dan investasi yang paling diminati. Orang-orang kaya di dunia ini berinvestasi dengan emas dan identik dengan emas. Hal ini tak terlepas karena emas adalah jenis investasi yang membuat harta benda seseorang bertambah banyak.



Saat ini berbagai lembaga dan perusahaan menyediakan layanan investasi emas dengan sistem pembelian cicilan maupun tunai. Misalkan tabungan emas yang diselenggarakan oleh BSM atau lembaga Pegadaian.

Lalu yang menjadi pertanyaan anda adalah apakah aman investasi emas? Investasi emas sangatlah aman dan menguntungkan. Anda tak akan mengalami kerugian selama investasi emas. Sebab harga emas jarang sekali mengalami penurunan. Tapi terus mengalami kenaikan setiap tahun. Apalagi saat situasi ekonomi yang tak menentu seperti yang terjadi akhir-akhir ini. Dijamin menguntungkan.

Investasi emas adalah investasi bersifat jangka panjang. Anda baru bisa menikmati laba atau keuntungan hasil investasi emas setelah menunggu beberapa tahun.

Investasi Bisnis

Cara membaca tren pasar dan investasi sangat gampang, anda hanya perlu memahami alur dengan mengamati sosial media dan marketplace ataupun forum yang memiliki “aroma” bisnis. Anda dapat melihat berbagai barang yang sedang trend melalui media sosial Facebook. Caranya dengan melihat daftar produk yang terlaris atau terpopuler di Facebook.

Baca Juga :  Daftar Usaha Kekinian di Tanah Air Paling Diminati




Sebuah bisnis tidaklah tetap. Tapi ia berkembang. Terutama bisnis yang berkaitan dengan dunia teknologi, dan fashion. Untuk dunia teknologi, dahulu sedang trend bisnis wartel (warung telepon). Kemudian dilanjutkan dengan bisnis yang trend adalah warung internet. Namun dalam beberapa kurun waktu, bisnis tersebut mengalami sepi pelanggan. Disebabkan adanya teknologi lebih canggih terbaru dan termurah.

Seorang pebisnis sukses ia mengetahui bisnis apa yang akan trend selanjutnya dan ia mempersiapkannya untuk menjadi pelopor yang dapat menguasai pasar kelak. Cara mengetahui trend tersebut bisa dengan membayangkan situasi masa depan yang akan terjadi. Misalkan saat ini sedang gencar pembuatan sepeda motor listrik maka dalam beberapa tahun ke depan usaha sepeda motor listrik akan menjadi trend. Anda bisa menjadi pelopor dalam bisnis sepeda motor listrik yang sebentar lagi akan tren.

Cara membaca trend yang mudah lainnya adalah menggunakan software atau aplikasi dari google. Namanya Google Trend. Di dalam komputer atau smartphone, anda bisa melakukan setting atau pengaturan supaya anda dapat mengetahui kabar berita atau trend terbaru. Cara ini bersifat gratis alias tanpa dipungut biaya. Misalkan pada Bulan Januari 2020 saat ini yang sedang trend adalah Perang Amerika Serikat dan Iran.

Tren Pasar dan Investasi Saham

Investasi saham adalah suatu investasi jangka pendek, menengah maupun jangka panjang. Anda bisa menanamkan uang anda pada saham perusahaan yang mapan. Seperti saham Garuda atau Indofood. Berjalan waktu, anda akan mendapatkan laba. Semakin lama anda investasi saham maka semakin besar profit yang anda dapatkan. Selain itu, sobat dapat menetapkan keuntungan investasi saham sesuai yang anda kehendaki.




Saham merupakan sarana investasi yang memiliki tingkat resiko kerugian sangat besar. Namun demikian, tingkat keuntungan pun lumayan besar. Salah seorang yang kaya raya berkat investasi saham adalah Warren Buffet.

Dalam menanamkan uang pada sektor saham tidaklah sembarang. Anda mesti mengetahui trend harga saham. Misalkan trend harga saham mengalami penurunan maka sangat berbahaya jika anda membeli saham ini. Namun jika anda dapat membaca trend harga saham itu akan meningkat maka anda dapat mengambil investasi saham ini.

Baca Juga :  Peluang Usaha yang Menjanjikan : 5 Ide Modal Kecil

Membaca perkembangan saham sangat penting. Supaya investasi yang anda tanamkan dapat berlangsung maksimal. Salah satu ayat dalam Al Quran yang turun pertama kali adalah Iqra yang artinya bacalah. Untuk investor saham yang masih pemula akan terasa sulit untuk membaca tren harga saham. Disebabkan kurang pengetahuan yang dimiliki.

Tren harga saham terbagi ke dalam tiga jenis yakni :




  1. Harga saham meningkat. Suatu kondisi harga saham yang semakin meningkat pada titik puncak. Padahal dari awal berada di tingkat harga terendah. Inilah yang disebut saham sedang ngetrend.
  2. Harga saham ke samping. Suatu kondisi harga saham yang tak menentu. Terkadang naik dan terkadang turun.
  3. Harga saham menurun. Suatu situasi harga saham yang semakin menurun. Padahal sebelumnya berada pada puncak harga saham tertinggi.

Cara membaca tren bukan hanya diperlukan dalam dunia investasi saham. Tapi juga bermanfaat dalam dunia bisnis. Barang yang trend cenderung lebih mudah laku dan laris manis.

Untuk cara membaca tren suatu harga saham akan turun atau naik dapat diketahui dengan mudah menggunakan analisis teknikal dan fundamental. Beberapa aspek bisa ikut meningkatkan harga saham seperti kondisi ekonomi dan politik suatu negara yang baik.