Tutorial Membuat Iklan Adwords : Cara Mudah Pemula

Nilai Anda Untuk Artikel Ini
Sending
User Rating ( votes)

Tutorial membuat iklan adwords memang dibutuhkan bagi para internet marketer ataupun pengusaha atau pelaku usaha lainnya. Bagi para internet marketer atau pebisnis online perlu mengetahui dan menguasai cara beriklan dan membuat iklan di adwords.

Karena iklan di adwords akan memberikan banyak keuntungan dan jaminan website sobat dapat langsung tampil di peringkat kesatu mesin pencarian google secara cepat. Untuk itulah sangat penting bagi anda untuk belajar cara membuat iklan di adwords dengan gampang.

Untuk belajar google adwords sangat gampang. Berbagai forum, grup di fb, google dan youtube banyak yang menyediakan pedoman lengkap dalam pembuatan iklan google adwords yang terbilang mudah, efektif dan gampang serta murah meriah.

Pedoman yang sangat lengkap dari awal membuat iklan adwords sampai jadi. Sebelum masuk kepada cara menggunakan google adwords, seobigbang akan lebih dahulu membahas mengenai hal hal umum yang berkaitan lainnya.

Pengertian Google Adwords

Tutorial Membuat Iklan Adwords - Cara Mudah Pemula - cover

Google adwords adalah media periklanan yang diciptakan oleh perusahaan raksasa Google. Ada tiga jenis iklan google adwords yaitu Youtube Ads, Google Display Network disingkat GDN dan Search Engine Marketing (SEM).




Namun yang menjadi pembahasan kali ini adalah iklan google adwords search engine marketing (SEM).

Baca Juga : Cara Ngeblog yang Mudah untuk Blogger Pemula

Pengertian iklan adwords search engine marketing (SEM) adalah suatu iklan yang bisa tampak di peringkat satu atau halaman pertama google berdasarkan ciri logo iklan berwarna kuning secara cepat.

Untuk memasang iklan adwords SEM membutuhkan biaya yang harus dibayarkan pada saat orang lain mengklik iklan adwords bersangkutan.

Iklan ini akkan membuat website anda berada di peringkat satu google dengan kata kunci tertentu. Sedangkan cara pembayaran menggunakan sistem pay perclick (PPC).

Dari penjelasan di atas sudah sangat jelas bahwasanya iklan adwords dimiliki oleh perusahaan google. Dan anda dapat memanfaatkannya untuk kepentingan bisnis dengan cara membuat iklan adwords.

Baca Juga :  Cara Berjualan di Shopee dengan Mudah untuk Pemula




Lalu bagaimana cara membuat iklan adwords? Bagi pemula pastinya akan merasakan kesulitan dalam membuat kampanye adwords.

Oleh sebab itu, dengan membaca artikel ini sampai tamat akan menjadikan sobat mampu membuat iklan google adwords secara mudah tanpa mengikuti pelatihan dan bantuan orang lain.

Cara paling mudah tentu saja mempercayakan pembuatan iklan adwords ke Agen Iklan Adwords terpercaya. Akan tetapi,  cara itu membutuhkan biaya tambahan. Anda bisa membuat iklan Google adwords sendiri secara mudah berdasarkan panduan dalam tulisan ini.

Keuntungan Beriklan di Google Adwords

Berikut ini beberapa keuntungan beriklan di google adwords yang mesti sobat ketahui, antara lain :




  1. Mendapatkan dukungan statistik pasar dari bisnis sobat
  2. Tertarget sekali sehingga memudahkan terjadinya penjualan
  3. Tulisan iklan sangat menarik disertai sitelink
  4. Website sobat muncul di peringkat satu google dalam waktu singkat
  5. Sobat dapat mengatur banyak keyword untuk website sobat

Yang menjadi bahan pertanyaan sekarang ini adalah lebih efektif mana iklan lewat SEO atau Google adwords dalam meningkatkan penjualan secara singkat?

Berdasarkan pengalaman penulis, iklan adwords lebih efektif dan ampuh dalam menjaring konsumen yang besar dalam waktu singkat ketimbang iklan SEO yang gratisan.

Namun dibalik kelebihan iklan google, ada kekurangannya yaitu memerlukan biaya investasi.

Tutorial Membuat Iklan Adwords

Berikut tutorial membuat iklan adwords bagi pemula, antara lain:

1. Mengunjungi situs resmi Google Adwords atau Google Ads.

Cara lain bisa mengetikan : Google Adwords” di browser. Sehingga akan tampak aplikasi Google Ads. Bagi anda pengguna ponsel android dapat mendownload aplikasi Google Ads secara gratis di Google Playstore.

Hal ini berguna untuk memantau iklan Google Adwords anda secara terus menerus cukup di smartphone.




2. Membuat akun Google.

Jika anda sudah memiliki akun google personal maka anda bisa menggunakannya untuk mendaftarkan diri dalam rangka  membuat iklan google adwords.

Namun saran penulis, lebih baik membuat akun google baru yang khusus untuk keperluan pembuatan Google Adwords.

Sebab anda tidak maukan jika kotak masuk akun google personal anda dipenuhi email dari Google Ads? Saya umpamakan saja, sobat belum mempunyai akun google maka sobat harus membuat akun google terlebih dulu sebagai syarat utama membuat iklan adwords.

Baca Juga :  Peluang Usaha Terbaru dan Terlaris Tahun ini

3. Membuat akun Google AdWords. Caranya mengunjungi Halaman Pendaftaran Adwords. Inilah situs resminya : ads.google.com/intl/id_id/start/?subid=id-id-adon-fb-aw-a-chatbot!o2. Kemudian klik tombol : MULAI SEKARANG

4. Memilih GOAL. Selepas dapat login di Google Ads atau Adwords, selanjutnya sobat akan diberi pilihan 3 pilihan dari iklan yang akan dibuat mengenai Goalnya, yaitu :

    • Call Your Business. Yang artinya para calon pembeli potensial dapat mengontak sobat lewat saluran telepon. Opsi ini dipilih apabila bisnis sobat mayoritas dijalankan melalui telepon. Seperti bisnis konsultasi.
    • Visit Your Storefont. Artinya, calon pembeli langsung mendatangi toko fisik anda. Pilihan ini diambil jika sobat mempunyai toko fisik. Contohnya rumah makan, kafe, restoran, arena taman hiburan maupun macam bisnis yang lain. Yang mensyaratkan para calon pelanggan untuk mendatangi langsung toko anda secara fisik.




    • Take An Action on Your Website. Pilihan ketiga yaitu para pengunjung langsung berkunjung atau mendatangi website sobat untuk melakukan transaksi pembelian. Pilihan ini dapat diambil apabila bisnis yang dijalankan sobat sepenuhnya menggunakan website dalam setiap transaksinya. Anda dapat memilih salah satu Goal yang anda inginkan dari iklan Google Adwords berdasarkan kebutuhan dan kesesuaian dengan bisnis sobat.

5. Memilih jangkauan audience atau wilayah

Setelah memilih goal, berikutnya memilih jangkauan wilayah yang hendak ditargetkan. Contohnya anda bisa menargetkanj iklan Google Adwords hanya untuk daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Intinya, sobat dapat memilih sebebas mungkin wilayah yang hendak ditargetkan dari iklan Google Adwords yang hendak dibuat.



Untuk jangkauan lokasi dapat hanya di wilayah Indonesia atau mancanegara. Jangkauan iklan Adwords dapat dipersempit sampai ke setiap propinsi, kota atau kabupaten. Hal tersebut terserah anda disesuaikan dengan kebutuhan dan target pasar yang dibidik dari bisnis anda

6. Memilih kategori secara tepat

Selanjutnya anda akan diwajibkan untuk memilih kategori bisnis anda. Jika anda masih bingung apa yang harus diisi dari kategori bisnis anda maka anda bisa mengambil kategori berdasarkan saran dari Google Adwords.

Contohnya : Restoran Mie Ayam, Mie Aceh, Mie Yamin dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Mendatangkan Uang Toko Online : HOT TIPS!

7. Membuat bentuk iklan google adwords

Untuk membuat iklan paid search atau Google Adwords tidak sembarangan. Ada aturan tertentu yang ditetapkan oleh pihak perusahaan Google.



Salah satunya pembatasan jumlah karakter pada setiap unit. Pada bagian judul atau headline ditetapkan jumlah karakter huruf atau angka maksimal 30 karakter.

Adapun untuk bagian isi, jumlah karakter hingga 80 karakter.

Dengan demikian jelas, pembatasan jumlah karakter dalam copy iklan adwords membuat setiap pengiklan harus bisa membuat copy iklan Google Adwords secara menarik, jelas, padat dan singkat. Untuk dapat membuat copy iklan tersebut, anda dapat melihat contoh-contoh iklan Google Adwords yang tersedia banyak di mesin pencarian Google dengan keyword tertentu.

8. Menambahkan foto

Pilihan ini bersifat opsional. Namun alangkah baiknya anda gunakan untuk menambah daya tarik dari iklan anda. Pastikan anda memasukkan foto yang berkualitas bagus sekali yang menjelaskan tentang bisnis dan usaha anda

9. Menentukan anggaran keuangan

Anggaran keuangan untuk beriklan di Google Adwords tidak semahal yang diperkirakan. Sebab iklan adwords menggunakan sistem pay per clik.

Dalam arti, apabila iklan sobat tak diklik maka sobat tak diharuskan untuk melakukan pembayaran atas iklan tersebut. Pembayaran iklan hanya terjadi apabila iklan adwords anda di klik oleh target

10. Memilih sistem pembayaran

Pembayaran iklan Google Adwords dapat dilakukan melalui sistem transfer bank maupun kartu kredit.

Demikianlah tutorial membuat iklan di adwords yang dapat saya sampaikan. Mudah-mudahan bisa bermanfaat dalam menambah pengetahuan dan wawasan bagi para pembaca semua.