Tutorial SEO Off Page Paling Up To Date

Nilai Anda untuk Artikel Ini
Sending
User Rating 5 (34 votes)

Tutorial SEO Off Page – Ada banyak cara untuk memasarkan websitemu salah satunya dengan SEO off page. Teknik ini berbeda sekali dengan SEO on page yang lebih fokus pada HTML dan optimalisasi halaman website itu sendiri (Klik di sini untuk melihat Tutorial SEO On Page).

Jika teknik SEO on page sudah kamu terapkan tapi masih saja pengunjung yang datang kurang sesuai dengan ekspektasimu, silakan pelajari tutorial SEO Off Page berikut ini.

Tutorial SEO Off Page Paling Up To Date

Tutorial SEO Off Page Cover

Fokus dari teknik ini pada dasarnya lebih berfokus pada backlink. Artinya kamu mencantumkan URL websitemu sebagai backlink pada situs lain. Nah, cara ini bisa kamu tempuh dengan bekerja sama pada website lain dimana kamu juga mencamtumkan URL website mereka pada situsmu.

Jika keduanya berjalan dengan baik, maka rate pengunjungmu akan bertambah banyak. Atau jika kamu ingin lebih simpel bisa memanfaatkan fitur media sosial sebagai media marketing situs berupa backlink.

Pengertian SEO Off Page tidak lain adalah promosi website dari luar. Jadi, usahakan untuk mencari relasi atau bekerja sama dengan website yang juga punya teknik SEO yang bagus pula. Sebenarnya mengumpulkan backlink ini bisa dibilang tidak terlalu mudah. Namun, jika dibandingkan dengan teknik SEO on page, cara ini lebih mudah dan tidak terlalu membuat pusing kepala.

Optimasi SEO Off Page

Tutorial SEO Off Page yang pertama adalah buatlah artikel marketing. Artikel dengan konten yang berkualitas adalah yang paling dicari oleh orang-orang. Dengan cara tersebut, akan banyak pengunjung berdatangan sekaligus backlink.

Jadi, sebuah situs bisa berfungsi sebagai media pemasaran website atau dan sebaliknya.

Untuk menjadi dua-duanya, usahakan untuk mengoptimalkan informasi pada artikel yang dibuat supaya lebih relevan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika hendak optimasi SEO off page, yaitu :

  • Lakukan teknik rekayasa tersebut secara hati-hati supaya tidak berdampak buruk pada SERP pencarian websitemu
  • Jangan terlalu cepat membuat backlink
  • Butuh waktu lama hingga google mampu mengindek URL-mu
  • Posting artikel yang teratur
  • dan masih banyak lagi.

Tutorial SEO Off Page selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan bergabung atau berparsipasi di beberapa forum internet dengan jumlah anggota yang banyak. Utamakan cari forum dengan tema pembahasan sesuai dengan isi konten websitemu.

Pastikan menjadi salah satu anggota forum sehingga kamu bisa meninggalkan jejak pesan berupa frasa atau kata kunci terbaik dari isi websitemu. Hal ini bertujuan supaya anggota forum lain yang benar-benar haus informasi terkait bisa langsung tertarik untuk berkunjung ke situsmu.

Buatlah pesan jejakmu sesederhana mungkin dan unik supaya sekali baca orang sudah tahu isi dari websitemu. Untuk lebih maksimal, pelajari juga bagaimana cara melakukan hyperlink yang berfungsi untuk memudahkan orang-orang menuju websitemu.

SEO Off Page dan Konten

Tutorial SEO Off Page yang ampuh adalah dengan membuat blog dengan tulisan-tulisan yang kaya akan konten isi website. Pemilihan teknik ini lebih dipilih sebagian besar orang karena lebih mudah dilakukan tentunya. Ya, kamu tidak terlalu berfokus pada yang formal.

Blog mempunyai ciri berupa gaya bahasa dan tulisan yang tidak terlalu formal atau informal. Begitupula dengan respon pembaca yang lebih menyukai gaya bahasa tersebut dan bisa dilihat dari kolom komentarnya.

Nah, untuk menjadikan blog sebagai media pemasaran website, jangan lupa untuk mencatumkan nama website atau hyperlink untuk menuju laman website.

Maka, pastikan jika isi konten punya korelasi yang baik dengan websitemu. Paling tidak rajinlah membuat postingan dengan 3 tautan tiap postnya ke berbagai page pada websitemu.

Tips yang tak kalah penting adalah lakukan ketiga cara tersebut secara rutin dan konsisten. Selagi memposting artikel berkualitas di website, posting juga artikel terkait di blogmu dengan mencamtukan URL website.

Panduan SEO Off Page Alternatif

Selain ketiga cara diatas, kamu bisa lakukan tutorial SEO Off Page berikut ini. Pertama, usahakan untuk memaksimalkan backlink dari domain yang variasi. Misalnya diawal telah dibahas jika kamu menggunakan media blog sebagai media marketing website.

Maka, jangan hanya menggunakan blog saja. Gunakan media backlink lain dari platform yang berbeda. Cara ini sebenarnya sangat ampuh untuk mengoptimalkan SEO off page tapi masih kurang diperhatikan oleh banyak orang. Pada beberapa pengalaman menunjukkan jika kamu membuat backlink pada web 2.0 maka lakukanlah teknik serupa pada domain lain dengan web 2.0 yang tersedia.

Jadi, kamu akan bisa melipatgandakan jumlah platform dari domain yang berbeda. Kedua, perhatikan kekuatan backlink yang kamu pakai. Ya, pastikan jika domain yang kamu pakai mempunyai PA yang tinggi. Semakin bagus reputasi domain yang kamu pakai maka semakin kuat backlink yang kamu pakai.

Yang penting jangan sampai domain tersebut melanggar TOS yang ditentukan google. Pada beberapa pengalaman SEO, apabila kamu sudah menggunakan teknik backlink pada domain dengan PA tinggi sudah cukup ampuh untuk mendongkrak SERP mesin pencari.

Namun, dengan catatan jika SEO on page situs tersebut sudah kuat. Untuk meminimalkan biaya, tidak perlu mencari domain berkualitas dengan biaya mahal.

Kamu cukup mencari media berupa forum dengan PA yang tinggi yang bisa kamu dapatkan secara gratis. Lalu, silakan rajin posting dan berpartisipasti di forum sekaligus mencantumkan hyperlink websitemu.

Teknik SEO Off Page

Teknik tutorial SEO Off Page selanjutnya yang tak kalah penting adalah jangan terlalu terburu-buru dalam membuat backlink. Terkadang ambisi untuk cepat dikenal masyarakat harus memperhatikan faktor lain. Jangan sehari post di website kamu langsung membuat rekomendasi situs melalui blog.

Kamu harus tahu jika pihak mesin pencari google lebih cerdas dalam menanggapi hal ini. Paling tidak tunggu sampai beberapa hari setelah konten websitemu terindek oleh google dan diakses oleh pengunjung.

Atau bisa kamu cek apakah situsmu sudah masuk pada minimal halaman ketiga mesin pencari. Baru kamu sudah bisa memposting konten dengan mencantumkan URL situs.

Tutorial SEO Off Page yang perlu kamu perhatikan lagi adalah jangan terlalu membabi buta dalam membuat backlink. Inilah yang sering disalah artikan ketika teknik SEO off page harus dioptimalkan dengan membuat banyak backlink. Padahal ada hal lain yang harus diperhatikan.

Diantaranya adalah jadwalkan ketika kamu melakukan backlink. Jangan sampai over optimasi. Survei membuktikan jika hal tersebut malah akan mmbuat rate website menurun bukannya naik.

Paling tidak dalam waktu 1 sampai 2 minggu gunakan 5 backlink dengan jeda yang variatif. Intinya gunakan alur backlink yang senatural mungkin.

Teknik tutorial SEO Off Page terakhir adalah melakukan keselurahan teknik tersebut secara berkelanjutan. Intinya, jangan hanya berhenti pada satu usaha. Pelajari lagi teknik SEO off page lain.

Kamu bisa bandingkan pula bagaimana blog master yang sudah sukses dan lihat berapakah indeknya. Jadikan itu sebagai motivasi untuk selalu mengoptimalkan teknik SEO off page-mu.

Apalagi  buat para pemula, jangan patah semangat dan selalu optimis.

Baca Juga :  Panduan Membuat Niche Blog Yang Menguntungkan