Tutorial SEO On Page Paling Up to Date

Diposting pada
Nilai Anda Untuk Artikel Ini
Sending
User Rating 5 (33 votes)

Tutorial SEO On Page – SEO on page ini penting sekali dipahami oleh internet marketer. Dengan adanya teknik ini, kamu akan bisa mempromo sikan situsmu pada masyarakat luas. Dalam website, ada beberapa hal penting yang harus ada diantaranya headline tag, permalink, konten, tag, image alt-tag, emphasize, dan meta description.

Tutorial SEO On Page Paling Up to Date

Tutorial SEO On Page Cover

Google lebih menyukai konten website yang berbobot dan menambah pengetahuan pada para pembacanya. Jadi, usahakan jangan hanya membuat konten yang menarik, tapi cara pemasarannya.

Beberapa teknik tersebut diantaranya emphasize artinya penekanan kata-kata dalam konten yang diberi keterangan berupa bold, underline, atau italic. Selain itu ada image alt tag yang artinya dalam konten harus ada gambar yang bisa berfungsi sebagai keyword. Jadi, pastikan pada gambar disertai kata kuncinya.

Outbond link juga diperlukan untuk memasukkan link situs pada dalam website-mu. Teknik penting sekali untuk teknik periklanan atau marketing situsnmu. Simak beberapa tutorial SEO On Page berikut untuk membuat situsmu lebih dikenal masyarakat.

Pengertian SEO On Page

Sebelum mempelajari lebih lanjut tentang tutorial SEO On Page kamu harus paham dulu jika SEO On Page adalah teknik yang dilakukan oleh internet marketer untuk memasarkan situsnya supaya dibaca oleh masyarakat luas.

Ada yang bertanya-tanya jika SEO On Page sudah diterapkan tapi mengapa situsnya tetap sepi? Nah, terkadang pemilik situs tahu 3 alasan berikut yang membuat situsmu masih saja sepi.

Diantaranya yaitu pertama, panduan SEO On Page yang kamu terapkan tidak uptodate. Hal ini penting sekali supaya teknik SEO On Page-mu bisa terpasang dengan baik. Selanjutnya, teknik tersebut bisa tidak berfungsi maksimal karena panduan yang dipakai kurang lengkap atau hanya setengah-setengah.

SEO ini penting sekali jadi jangan sampai hanya memahaminya setengah-setengah. Terakhir, kebanyakan panduan SEO on page masih dalam bahasa Inggris sehingga jarang dipraktekkan oleh internet marketer.

Tahapan Tutorial SEO On Page

Tutorial SEO On Page Langkah 1

Tutorial SEO On Page pertama yang harus kamu perhatikan adalah gunakanlah permalink yang statusnya SEO friendly diantaranya /%postname% dan /%postname%/. Dua permalink tersebut sudah sering dipakai oleh pemain SEO tingkat dunia.

Nah, buat situs website yang punya postingan cukup banyak dan memerlukan jenis permalink khusus, lebih baik gunakan saja salah satu dari permalink seo friendly tersebut. Hal itu penting karena situs sudah menggunakan permalink khusus lain seperti /%category%/%postname.

Tutorial SEO On Page Langkah 2

Hal kedua yang harus diperhatikan juga adalah jangan lupa untuk menggunakan tema dengan tag H1 dan H2 yang dinamis.Maka, pemilihan tema website juga sangat penting dan perlu perhatian khusus.

Pertama, jika homepage ada setting khusus dimana H1 akan dipakai sebagai title blog dan H2 akan dipakai sebagai title postingan. Berbeda jika setting di halaman postingan dimana title postingan akanberfungsi sebagai H1 sedangkan title blog akan berfungsi sebagai H2.

Silakan cek status kedinamisan temamu dengan klik ctrl+u di halaman homepage serta di halaman postingan.

Baru cari H1 beserta H2 apakah sudah dinamis di halaman tersebut.

Kami rekomendasikan untuk cari tema lain jika heading tag-nya belum dinamis.

Yang perlu diperhatikan, dalam satu halaman H1 tidak boleh lebih dari sekali supaya tidak membingungkan mesin pencari.

Berbeda dengan H2 dan H3 yang diperbolehkan muncul lebih dari satu kali.

Tutorial SEO On Page Langkah 3

Tutorial SEO On Page up to date selanjutnya adalah gunakan desain tema yang responsive.

Jadi, terlebih dulu pastikan siapa sasaran dari situsmu, apakah kebanyakan diakses oleh pengguna smartphone atau pengguna komputer. Hal itu demi menentukan jenis tampilan situs yang friendly device smartphone atau komputer.

Namun, akan lebih baik jika website tersebut langsung bisa menyesuaikan jenis perangkat yang mengakses atau mobile friendly.

Hal itu juga didukung oleh google supaya pemilik website mampu mengatur tampilan situsnya lebih responsive.

Kamu bisa melihat di SERP untuk melihat tampilan websitemu sudah mobile friendly atau belum. Kamu bisa pastikan fitur tema yang support dengan tampilan ini.

Tutorial SEO On Page Langkah 4

Tutorial SEO On Page selanjutnya adalah pastikan jika loading websitemu cepat.

Kamu bisa cari tutorial cara mempercepat loading situs dari mesin pencari. Poin ini sangat penting sekali sebagai salah satu kriteriadari top ranking situs.

Maka, jangan sampai untuk tidak mengoptimasinya.

Tutorial SEO On Page Langkah 5

Cara selanjutnya yang bisa kamu gunakan adalah schema markup. Maksudnya, ketika ada orang mencari salah satu keyword dan muncul beberapa artikel, sebelum kita membukanya sudah ada markup jenis artikel yang akan dibaca seperti industries atau resensi film. Tentu saja kamu harus mengatur settingnyanya.

Jika kamu menggunakan AIO SEO Pack, maka kamu cukup masuk ke setting dashboard Wp lalu all in one SEO kemudian general setting. Pada pengaturan tersebut, kamu centang bagian kolom use schema.org markup.

Pernahkah kamu menemukan halaman website seperti 404 (not found)? Jika iya dipastikan jika halaman yang kamu tuju punya konten atau isi yang tidak asli. Untuk menghindari hal tersebut, tutorial SEO On Page yang harus kamu pelajari adalah noindex low quality content.

Terkadang memang halaman berkualitas rendah tidak membutuhkan teknik SEO yang sulit tapi akan tidak berguna jika hasilnya tidak bermanfaat. Maka, lebih baik kamu tingkatkan kualitas halaman websitemu.

Tutorial SEO On Page Langkah 6

Teknik selanjutnya adalah mengoptimalkan pada linkjuice khusus halaman penting.

Jadi, linkjuice ini berfungsi sebagai backlink untuk masuk ke halaman lain pada satu link atau bisa juga sampai external link. Semakin banyak backlink yang ditampilkan pada homepage maka akan semakin kecil linkjuice yang diterima.

Maka, lebih baik fokuskanlah pada halaman atau backlinkyang penting-penting saja supaya linkjuice yang diterima semakin besar.

Jangan lupa untuk menggunakan XML sitemap untuk mesin pencari (klik di sini untuk melihat cara submit sitemap ke google webmaster).

Tutorial SEO On Page  tersebut sangat penting supaya memberi kemudahan search engine untuk mencari konten apa saja yang ada dalam situs. Kami sangat merekomendasikan layanan google XML sitemaps untuk plugin XML sitemap diantara sekian banyak layanan yang ada.

Nah, jika konten websitemu kebanyakan adalah gambar, kamu bisa menggunakan fasilitas XML image sitemap supaya lebih bisa di crawl dan di index.

Untuk search engine dalam website, kami rekomendasikan untuk menggunakan WP sitemap page. Fitur tersebut sangat penting untuk memberi kemudahan pada pengunjung untuk mengakses konten apa saja yang ada dalam situs.

Satu lagi yang tak kalah penting adalah hindari penggunaan duplicate title tags. Caranya mudah. Silakan atur setting tersebut pada google search console dan klik duplikasi deskripsi meta.

Nah, itu dia beberapa tutorial SEO On Page yang perlu diketahui oleh internet marketer agarwebsite yang dibuat mudah diakses oleh pengunjung. Penting sekali untuk memahami teknik SEO tersebut supaya mudah di index oleh mesin pencari keyword dalam situsmu.

Selain mempelajari SEO on page, sebenarnya ada hal lain yang perlu juga kamu pahami seperti seo off page (klik di sini untuk memahami Seo Off Page).

Selamat mencoba